5 Kesalahan Jualan Online Bikin Bangkrut di Facebook

OUTLETZ-hindari-cara-ini-online-shop

Tercatat 130 juta penduduk Indonesia menjadi pengguna Facebook pada tahun 2017. Data ini menyatakan bahwa Facebook menjadi media sosial dengan pengguna terbanyak dan populer di Indonesia.

Banyaknya orang yang menggunakan media sosial ini tentu menguntungkan orang-orang yang tertarik mempromosi online shop. Berjualan di Facebook memang sah-sah saja. Namun kamu juga mesti memahami bahwa aktivitas berdagang nggak mengganggu pengguna yang lain. Sebab, bila salah langkah bisa jadi akun Anda di-block maupun unfriend.

Agar online shop laku dan nggak mengganggu orang lain, berikut kesalahan yang mesti kamu hindari di Facebook.

1. Gunakan Facebook Profile

Gunakan Facebook Fanpage agar bisa memaksimalkan potensi online shop kamu. (Photo by William Iven on Unsplash)

Agar online shop kamu makin menghasilkan keuntungan, sebaiknya hindari membuat akun di Facebook biasa. Gunakan Facebook Fanpage. Pada Facebook Fanpage terdapat banyak fitur yang mendukung online shop kamu. Misalnya jumlah like yang tak terbatas, statistik untuk memantau usaha promosi dan konektivitas ke layanan media sosial kamu gunakan untuk promosi toko online.

2. Terlalu Sering Men-Tag Produk

Jangan terlalu sering men-tag yang nggak perlu. (Photo by Bence Boros on Unsplash)

Jika terlalu sering memberikan tag pada teman atau orang yang kamu kenal di Facebook, tentu hal ini bisa membuat risih. Agar nggak mengganggu, lakukaan tag bila ada postingan yang bermanfaat. Hal ini akan jauh lebih berkesan dan loyal. Tentunya kamu juga perlu melakukan interaksi dengan follower yang akan berpengaruh pada kepopuleran akun Facebook Fanpage kamu, bukan?

3. Gambar Kualitas Jelek

Usahakan pilih foto produk terbaik sebelum memposting di online shop kamu. (Photo by Eaters Collective on Unsplash)

Mungkin karena tergesa-gesa deadline posting dan nggak ada gambar kualitas baik, kamu asal comot produk gambar dan segera saja mempostingnya pada online shop kamu.

“Tidak tahukah kamu bila gambar dengan kualitas yang jelek bisa mengurangi kepercayaan konsumen pada kualitas barang.”

Hal ini juga akan berpengaruh pada reputasi keprofesionalan yang menurun sehingga merugikan produk yang kamu tawarkan. Yang nggak kalah penting, hindari juga edit berlebihan. Calon pembeli yang kecewa karena menerima produk yang nggak sama ketika promosi akan mengurangi minat untuk kembali membeli produk lain di lapak kamu. Hal ini akan berpengaruh pada jumlah pelanggan. Jadi, usahakan buatlah foto senatural mungkin dengan kualitas bagus.

4. Tak Mengatur Waktu Posting

Perhatikan waktu posting agar nggak sia-sia. (Photo by Mpho Mojapelo on Unsplash)

Kamu wajib mengetahui waktu yang tepat untuk mengunggah postingan terbaru agar nggak membuat usaha promosi sia-sia. Usahakan posting produk pada waktu yang tepat. Kapan? Ketika orang orang menggunakan atau membuka Facebook. Data mencatat kebanyakan orang membuka media sosial ketika makan siang atau ketika sepulang kerja.

5. Selling Terus Menerus

Jangan hanya memposting mengenai produk kamu. Sesekali posting tips dan trik akan lebih menarik. (Photo by Joshua Rodriguez on Unsplash)

Buatlah personal branding pada online shop di akun Facebook Fanpage. Jangan melulu hanya berdagang saja yang kamu posting. Jika hanya itu saja yang diunggah, tentu saja akan membuat follower merasa jenuh dan tidak respek pada produk kamu.

Layaknya akun Facebook pribadi, buatlah akun fanpage yang terlihat seperti manusia. Kamu bisa memposting kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Namun sekali lagi lakukan hal itu secara wajar dan jangan berlebihan. Kamu bisa juga berbagi tips yang bermanfaat atau apapun yang berkaitan dengan produk. Dengan copywriting yang baik, caption pada foto atau status bisa jadi nggak terkesan jualan. Hal ini bisa menarik perhatian pengunjung online shop.

Itulah ke-5 cara yang perlu kamu hindari agar online shop kamu semakin laris manis. Sudah saatnya para pebisnis online untuk lebih serius dalam menangani promosi agar semakin sukses. Semoga tulisan ini bisa memicu online shop kamu menjadi lebih baik.  Selamat mencoba.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: