Fakta Lengkap Soal Angka SPF pada Sunscreen

Outletz-Fakta-Lengkap-Soal-Angka-SPF-pada-Sunscreen-v10-plus-sunblock-SPF40

Apakah Anda familiar dengan SPF (Sun Protection Factor)? Atau malah belum pernah mendengar sama sekali? Tidak masalah. Poinnya adalah jika Anda membaca artikel “Fakta Lengkap Soal Kandungan SPF pada Sunscreen” saat ini, maka luangkan sebentar untuk mengetahui pentingnya penggunaan SPF pada sunscreen atau tabir surya zaman sekarang.

Untuk sebagian wanita, SPF masuk dalam daftar kata penting mereka. Karena penggunaannya memang dianjurkan pada dokter. Terlebih saat Anda berada di tempat terbuka dengan paparan sinar matahari yang menyengat di sana. Sinar matahari itu mengandung ultraviolet yang berbahaya untuk orang-orang. Tidak terkecuali, anak-anak, dewasa, wanita, pria, muda hingga tua. Jika ingin menghindari kanker kulit akibat sinar matahari, maka Anda wajib menggunakan sunscreen.

Meski kerap didengar, namun masih banyak yang sangsi dengan cara penggunaan sunscreen. Apalagi ada berbagai mana nominal SPF 15, SPF 25, SPF 50 dan lain sebagainya. Apakah pembeda dari banyaknya variasi SPF tersebut? Sepenting apa sih sehingga orang-orang harus menggunakan sunscreen saat ini? Apakah sunscreen dengan SPF hanya digunakan orang dewasa? Bagaimana jika untuk anak-anak? Bagaimana cara yang tepat menggunakan sunscreen?

Outletz telah merangkum inflormasi lengkap mengenai kandungan SPF pada sunscreen misalnya soal penggunaan sunscreen yang tepat, diaplikasikan berapa kali sehari, kandungan sunscreen yang baik dan lain sebagainya. Berikut ini Fakta Lengkap Soal Angka SPF pada Sunscreen. Simak selengkapnya di bawah ini.

Mengapa perlu menggunakan sunscreen atau tabir surya?

Outletz-Fakta-Lengkap-Soal-Angka-SPF-pada-Sunscreen-v10-plus-sunblock-SPF40

Banyak orang terganggu dengan panasnya sinar matahari saat terik atau di kala jam 12 siang karena sinar matahari sedang berada di atas puncak kepala. Namun tidak banyak yang terganggu karena efek sinar UV. Memang dampak itu tidak langsung bekerja atau terlihat di kulit Anda, efek paparan sinar UV bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dampak jangka pendek menyepelekan paparan sinar UV adalah kulit menjadi terbakar (sunburn), kulit menjadi gelap, hitam dan kusam. Sedangkan jangka panjangnya, kulit mengalami penuaan dini, keriput, tidak kencang, muncul bercak-bercak kecoklatan atau flek hitam. Bahkan, risiko kanker kulit.

Nggak mau mengalami efek-efek paparan sinar UV kan? Jangan lupa pakai sunscreen setiap hari. Terutama saat Anda beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan sunscreen tidak hanya untuk orang dewasa saja, bayi di atas usia 6 bulan wajib dioleskan sunscreen setiap kali dibawa keluar rumah.

Bagaimana sunscreen bekerja?

Outletz-Fakta-Lengkap-Soal-Angka-SPF-pada-Sunscreen-v10-plus-sunblock-SPF40

Saat matahari memancarkan sinarnya, terkandung radiasi ultraviolet yang buruk untuk kulit. Jenisnya ada 2, ultraviolet A dan unltraviolet B. Kedua radiasi ini bisa diserap kulit dan menyebabkan banyak masalah kulit. Karena itu, kulit butuh pelindung berupa sunscreen. Kandungan pada sunscreen yang cukup dominan adalah zinc oxide (seng oksida) dan titanium dioksida, yang dapat menyerap dan menyebarkan radiasi UV.

Karena kedua zat aktif ini, biasanya tekstur sunscreen terasa lebih pekat dari losion pada umumnya. Setelah mengoleskan tubuh dengan sunscreen, biasanya pada permukaan kulit Anda terlihat ada lapisan berwarna putih. Lapisan inilah yang akan menangkal radiasi berbahaya. Selain zat aktif tersebut, di dalam sunscreen juga terdapat emulsi—seperti, losion, susu, krim, minyak, busa atau gel—merupakan bahan yang membawa zat aktif tersebut.

Emulsi juga membantu agar tabir surya anti air, mempengaruhi rasa dan aroma tabir surya, dan seberapa baik menempel pada kulit. Bicara soal emulsi, biasanya orang cocok karena jenis kulit pribadi masing-masing. Saat ini sunscreen berbasis air dan gel, lebih disukai. Misalnya V10 Plus Sunblock SPF 40/PA +++. Skincare ini memiliki kandungan zat-zat baik dengan manfaat yang baik pula untuk kulit wajah. Terlebih karena berbasis gel, penggunaan V10 Plus Sunblock langsung menyerap ke kulit tanpa terlihat pekat.

Dapatkan V10 Plus Sunblock di Outletz, Klik ►https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Pengertian SPF (Sun Protection Factor)

Outletz-Fakta-Lengkap-Soal-Angka-SPF-pada-Sunscreen-v10-plus-sunblock-SPF40

Ketika kali pertama membeli sunscreen, seringkali kita melihat informasi bertuliskan SPF 24 hingga 50. Mungkin di antara Anda hingga kini mempertanyakan perbedaan nominal SPF di produk-produk sunscreen tersebut. Pertama-tama, Anda harus mengerti pengertian dari SPF itu sendiri. SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor. Angka SPF adalah penentu seberapa lama Anda dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk sunscreen tersebut.

Semakin tinggi SPF yang terkandung dalam tabir surya maka semakin tinggi pula proteksi yang diberikan. Namun ada pula pengertian SPF menggunakan menit, seperti perhitungan di bawah ini:

  • Produk yang mengandung SPF 15, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 15 = 150 menit atau 2,5 jam.
  • Produk yang mengandung SPF 25, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 25 = 250 menit atau 4 jam 10 menit.
  • Produk yang mengandung SPF 30, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 30 = 300 menit atau 5 jam
  • Produk yang mengandung SPF 50, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 50 = 500 menit atau 8 jam lebih.

Melihat perhitungan di atas, Anda dapat memilih kira-kira SPF mana yang cocok untuk melindungi tubuh saat berlibur di pantai atau sekadar berjalan-jalan di mall. Untuk Anda yang berelencana ingin libur ke pantai pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan di atas 5 jam agar kulit senantiasa terlindungi, ya.

Cara menggunakan sunscreen yang tepat

Outletz-Fakta-Lengkap-Soal-Angka-SPF-pada-Sunscreen-v10-plus-sunblock-SPF40

Sunscreen memiliki karakter yang berbeda dari skincare lainnya. Karena bersifat melindungi kulit, maka penggunaan sunscreen perlu diperhatikan. Lalu seperti apa cara menggunakan sunscreen yang tepat? Perhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Pakai sebanyak 2 jari: Tidak seperti moisturizer yang cuma 3-4 dots, lalu diratakan ke seluruh wajah, penggunaan sunscreen harus dipakai minimal 2 hari. Kurang dari itu, perlindungannya tidak akan maksimal.
  • Gunakan berulang kali: Berapapun tingginya nominal SPF yang tercantum pada sunscreenmu, Anda tetap harus menggunakan kembali. Kadar sunscreen bisa menghilang dalam beberapa jam. Karena itu, Anda wajib menggunakan sunsreen 3 jam sekali.
  • Tunggu 30 menit: Setelah menggunakan sunscreen, jangan langsung beraktifitas di bawah sinar matahari. Anda perlu menunggu selama 30 menit agar sunscreen dapat bekerja melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Jangan lupa double cleansing: Pemakaian sunscreen perlu dibersihkan berulang kali. Sebab, banyak yang mengeluh, saat menggunakan sunscreen, akan lebih mudah jerawatan. Ini bukan soal sunscreen-nya, tapi pada cara pembersihkan yang tidak menyeluruh sehingga pori-pori menjadi tersumbat.
  • Gunakan sunscreen apapun cuaca di luar: Meski sinar UVB melemah saat hujan, namun sinar UVA menjadi lebih kuat. Oleh karena itu, Anda tetap harus menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit Anda dari masalah kulit.

Demikianlah fakta lengkap soal angka SPF pada sunscreen. Semoga dengan adanya artikel ini menambah pengetahuan soal dampak buruk sinar ultraviolet setiap harinya dan semakin waspada sehingga rajin tidak lagi menyepelakan dan menggunakan sunscreen secara rutin. Selamat menjadi kesehatan kulit.

Lindungi kulit dengan V10 Plus Sunblock SPF 40, Klik ►https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: