9 Poin Penting Pada Konten di Media Sosial Wajib Dihindari

9 Poin Penting Pada Konten di Media Sosial Wajib Dihindari

Faktanya 80% pembelian produk tergantung pada konten di media sosial suatu brand. Namun masalahnya membuat konten bukan hal yang remeh dan bisa disepelekan.  Harus ada proses yang matang dari perencanaan, pembuatan hingga ketika posting di media sosial. Hal tersebut dilakukan agar brand terlihat profesional dan penjualan secara soft selling berjalan lancar. 

Saat ini, konten adalah modal branding yang efektif, paling dekat dan mudah dibagikan ke follower Anda. Dengan adanya konten, Anda bisa mempromosikan produk terbaru, mengetahui topik favorit penggemar brand Anda, meningkatkan engagement pelanggan dan bisa menaikkan trafik kunjungan pada web maupun media sosial Anda.

Sayangnya, ketika memposting konten yang tidak sesuai dengan aturan, Anda beresiko merusak image branding yang telah dibangun selama ini. Anda tak lagi dipandang sebagai brand yang bisa dipercaya, engagement dengan follower renggang dan Tidak mau kan dampak negatif terjadi pada brand Anda?

Karena itu, Outletz merangkum apa saja poin penting yang perlu Anda hindari agar tidak merusak branding bisnis online shop saat akan membuat maupun memposting konten. Hal ini termasuk olshop yang ada di media sosial. Berikut ini 9 poin penting konten di media sosial wajib dihindari.

1. Konten terlalu berjualan

9 Poin Penting Pada Konten di Media Sosial Wajib Dihindari
Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Beberapa brand membuat kesalahan dengan mengasumsikan bahwa apa yang berharga bagi mereka juga penting bagi audiens mereka. Karena itu, mereka menggunakan media sosial untuk menyiarkan, membagi, “menjual, menjual, menjual”, daripada mempertimbangkan tujuan penting yang bisa dibagikan pada follower online shop Anda.

“Apa pun tujuan media sosial Anda, yang penting adalah Anda memberikan nilai kepada audien.”

Daripada menggunakan Instagram untuk hanya berjualan saja, cobalah menggunakannya untuk chat dengan follower. Dengarkan apa yang sudah dibicarakan audien, baca apa yang ditulis influencer lalu lemparkan konten Anda untuk menanggapi isyarat tersebut. Untuk mempermudah, Anda mempertimbangkan aturan 5-3-2 untuk setiap 10 konten yang Anda posting:

► 5 harus kurasi – membagikan konten orang lain
► 3 harus berupa kreasi – konten yang relevan yang telah Anda buat sendiri
► 2 harus berupa humanisasi – konten pribadi, menyenangkan, dan santai yang memanusiakan brand Anda

2. Konten politik atau agama

9 Poin Penting Pada Konten di Media Sosial Wajib Dihindari
Photo by Jerry Kiesewetter on Stock Snap

Agama dan politik adalah 2 bidang studi yang sangat privat. Jika brand Anda tidak ada hubungannya dengan politik maupun agama, sebaiknya hindari 2 bidang ini. Setiap kali Anda memposting konten yang terlalu politis atau religius, Anda tidak akan terhubung dengan semua audien. Mereka tidak merasa relevan dengan konten dan malah menyinggung audien yang tidak sejalan dengan Anda.

“Buat konten yang netral dan tidak menyinggung Anda sebelum Anda mempublikasikannya ke feed sosial Anda.”

Kecuali jika brand Anda adalah organisasi politik atau agama. Namun apa itu sebaiknya Anda menghindari mmeposting konten yang menyebabkan kontroversial. Jika tidak, Anda berisiko menyinggung dan kehilangan follower. Kecuali Anda berani mengambil keputusan dan memilih cara promosi yang kontroversi.

3. Posting konten viral tapi tidak relevan

9 Poin Penting Pada Konten di Media Sosial Wajib Dihindari
Photo by Mikhail Vasilyev on Unsplash

Coba tengok postingan kucing-kucing imut atau anak bayi yang berekspresi lucu. Seketika banjir likes pada kedua konten tersebut dan viral. Kedua konten tersebut langsung bisa menarik perhatian para audien dan membuat Anda ingin memposting pada media sosial Anda. Namun kembali telaah, apakah konten tersebut relevan dengan follower Anda.

“Rencanakan konten Anda terlebih dahulu untuk memastikan bahwa apa yang Anda posting relevan dengan audien.”

Postingan yang viral mungkin menggoda Anda untuk diposting kembali di Instagram Anda saat sedang kosong ide, tapi berhati-hatilah karena kemungkinan audien Anda sudah pernah melihat konten viral tersebut. Me-repost hanya membuat brand Instagram Anda terlihat kurang usaha.

Jika Anda bingung dengan konten yang relevan pada audien, Anda bisa belajar langsung pada ahlinya. Komunitas OUTLETZ menyediakan CONTENT PROMOSI DIGITAL siap pakai yang sangat lengkap mulai dari Image Profesional, Sales Page, Video Marketing, Blog, Email Responder dan masih banyak lagi sehingga mereka tidak perlu repot membuat & hanya tinggal fokus mencari PROFIT. Itulah enaknya menjadi Reseller di Platform Bisnis bersama Komunitas di OUTLETZ.

Mau segera bergabung dengan outletz.id?

4. Konten negatif dan merendahkan

9 Poin Penting Pada Konten di Media Sosial Wajib Dihindari
Photo by Mihai Surdu on Unsplash

Menghindari konten negatif dan merendahkan adalah cara marketing yang aman untuk Anda yang baru memulai bisnis online. Meski biasanya hal ini dilakukan secara nekat untuk menjatuhkan pesaing Anda. Misalnya produk Anda tidak sengaja mirip dengan kompetitor tapi harganya lebih murah. Anda buatkan konten lalu secara terang-terangan Anda menyebut produk dan mereka yang bersangkutan. Cara tersebut tidak profesional.

“Hindari membuat konten yang negatif dan merendahkan pesaing Anda jika ingin menaikan branding online shop Anda.”

Ada waktu dan tempat untuk menyuarakan kekhawatiran tentang klien atau pesaing Anda. Dan itu tidak di media sosial. Jika pelanggan yang tidak puas mengeluh tentang pelayanan Anda di Twitter mereka, maka tahan untuk membalas secara jahat. Jika Anda memperlakukan mereka dengan sopan dan penuh hormat maka pelanggan akan segan dan Anda sukses menenangkan suasana yang chaos.

5. Salah ejaan

9 Poin Penting Pada Konten di Media Sosial Wajib Dihindari
Photo by Andrej Lišakov on Unsplash

Profil media sosial Anda, seperti situs web adalah jendela toko virtual Anda. Membuat kesalahan dalam konten Anda seperti salah ketik yang sederhana atau kesalahan tata bahasa yang lengkap dapat menggambarkan bahwa Anda seolah-olah tidak peduli dengan bisnis online Anda.

“Salah ejaan maupun salah tata bahasa membuat Anda terlihat menyepelekan hal-hal kecil namun itu krusial.”

Jadi, saat menyusun konten, pastikan Anda mengoreksi sebelum dipublikasikan. Atau bahkan lebih baik, bagikan pada rekan kerja untuk dikoreksi sebelum diposting.

6. Konten tidak konsisten

9 Poin Penting Pada Konten di Media Sosial Wajib Dihindari
Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

Profil media sosial Anda adalah perpanjangan dari brand bisnis online Anda. Karena itu, Anda perlu berkreasi lebih agar bio Instagram Anda terlihat menggambarkan brand Anda secara keseluruhan. Meskipun dibatasi format platform media sosial, Anda masih memiliki kontrol kreatif atas kreasiidentitas pada bio Instagram dan media sosial lainnya.

“Pastikan konten yang Anda buat terasa relevan dan sedekat mungkin dengan gaya dan tema brand Anda.”

Saat merencanakan konten sosial, coba rasakan persona brand Anda lagi. Lihat tone warnanya, bahasa menyapa audien, gaya gambar yang dibuat. Pikirkan tentang apa yang akan mereka katakan di media sosial ketika melihat konten Anda.

7. Sama pesan di semua media sosial

9 Poin Penting Pada Konten di Media Sosial Wajib Dihindari
Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

Meskipun Anda ingin mempertahankan gaya brand yang konsisten, tapi itu adalah kesalahan jika Anda memposting konten yang persis sama di semua platform media sosial. Tidak perlu dikatakan bahwa semua jaringan sosial berbeda. Mereka berbicara dengan demografi yang berbeda untuk satu hal, dan mereka masing-masing memberikan konten yang berbeda.

“Jangan lupa jika media sosial seperti Instagram, Twitter, Instagram, LinkedIn memiliki gaya pengguna yang berbeda.”

Misalnya, LinkedIn biasanya lebih formal, Instagram mengutamakan visual dan gaya bicara informal, sedangkan Twitter lebih cocok untuk tulisan pendek berupa komentar dan informal. Pikirkan masing-masing akun media sosial Anda dan sesuaikan konten. Sekalipun Anda memiliki konten yang hampir sama, pastikan bahwa pesan Anda sesuai dengan gaya setiap platform.

8. Konten tidak menyebut sumber

9 Poin Penting Pada Konten di Media Sosial Wajib Dihindari
Photo by Mert Talay on Unsplash

Tidak ada yang salah dengan membagikan konten orang lain tapi jangan lupa untuk menyebutkan sumbernya. Belakangan ini banyak akun komedi di Instagram yang sengaja me-repost meme milik orang lain tanpa menyebutkan sumber. Hal yang sama berlaku untuk kutipan-kutipan inspirasional dari tokoh-tokoh terkenal, tapi ketika Anda tidak menyebutkan sumber kutipan, itu terlihat ceroboh.

“Jika menggunakan kutipan, gambar, tapi mencantumkan sumber pada konten Anda adalah hal yang sembrono.”

Lain kali bila Anda membuat konten dengan kutipan dari tokoh atau foto dari fotografer, gunakan sesi ini untuk lebih terhubung. Tambahkan tag pada konten tersebut sehingga sumbernya akan secara otomatis dimasukkan dalam postingan Anda.

9. Hashtag tidak relevan

9 Poin Penting Pada Konten di Media Sosial Wajib Dihindari
Photo by Allie Smith on Unsplash

Hashtag sangat berguna untuk membantu meningkatkan visibilitas dan kemampuan berbagi konten Anda di media sosial. Hashtag dapat menumbuhkan audiens dan membuat konten Anda dibicarakan follower. Namun jika Anda menggunakan hashtag yang tidak relevan, maka postingan Anda berisiko tidak dibaca dan dibanned oleh pihak Instagram.

“Hindari menggunakan hashtag yang tidak menggambarkan konten Anda agar segera terbaca oleh follower.”

Menggunakan hashtag yang tidak relevan hanya menyia-nyiakan waktu Anda dan tidak terbaca oleh pengguna Instagram yang lain. Lain kali saat akan memposting, lakukan riset hashtag terlebih dahulu untuk memastikan bahwa yang Anda pilih relevan dengan audien dan konten.

Demikianlah artikel 9 poin penting pada konten di media sosial wajib dihindari. Tips ini akan membantu Anda menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terlihat tidak profesional oleh follower, tidak teliti, menyepelekan dan hal negatif lainnya. Selamat mencoba.

Untuk bisa mendapatkan insight yang lebih manjur pada online shop Anda, bisa bergabung dengan komunitas online seperti yang dimiliki Outletz.id. Cara ini akan mempermudah Anda mendapatkan hingga meningkatkan omzet setiap bulannya. Terlebih untuk Anda yang kebingungan mendapatkan produk bermutu. Segera bergabung dan dapatkan keuntungan berbisnis online bersama OUTLETZ.

Mau Mengalami Percepatan Income bersama Komunitas OUTLETZ,

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: