7 Usaha Unik di Dunia Ini Terbukti Hasilkan Ratusan Juta

Penjualan toko Anda gitu-gitu aja?
Produk Anda tidak dilirik konsumen?

Bisa jadi karena produk yang Anda jual tidak menarik bagi konsumen. Alasan lainnya produk atau jasa yang Anda tawarkan sama seperti yang ditawarkan pedagang lainnya.

Jika begitu, bagaimana konsumen tertarik membeli produk Anda?

Memiliki ide usaha yang kreatif dan unik adalah sebuah modal besar dalam mendirikan bisnis. Apalagi saat ini kompetisi semakin tinggi sehingga orang-orang yang membuka usaha dituntut memiliki inovasi yang unik dan kreatif agar membuat konsumen penasaran untuk membeli.

Masih bingung akan menjual produk atau jasa apa? Outletz membagikan beberapa produk atau jasa jualan unik dan menarik yang bisa saja Anda tiru di Indonesia. Simak ulasan berikut.

1. Menjual Cincin Orang Gagal Menikah

Joshua Opperman menciptakan marketplace khusus untuk perhiasan orang-orang yang gagal bertunangan atau pernikahan. (sumber: Entrepreneur)

Bagi sebagian orang yang pernah mengalami kegagalan dalam pernikahan pastinya ingin membuang seluruh kenangan termasuk cincin pernikahan yang gagal diberikan. Namun, karena harganya mahal terkadang sayang juga membuangnya. Lebih baik dijual saja.

Hal tersebut sempat terpikir juga oleh Joshua Opperman, yang juga pernah gagal menikah. Untuk membuang rasa sakitnya itu, dia pun mendirikan sebuah marketplace khusus untuk menjual cincin bekas pertunangan.

“Joshua Opperman menciptakan marketplace khusus untuk perhiasan orang-orang yang gagal bertunangan atau pernikahan.”

Bagaimana apakah Anda terinspirasi untuk membuka usaha yang sama? Jika iya, ada maka ada baiknya Anda membuat market place yang bukan hanya cincin yang dijual namun juga barang-barang lainnya seperti gaun pengantin, jas pengantin. Mahar, bahkan bisa juga Anda melelang sebuah gedung yang tak jadi disewa karena pernikahan batal.

2. Katering Duka Cita

David Stroke menjalankan katering khusus untuk suasana duka karena usaha dirasa lebih bermanfaat dan dibutuhkan orang-orang yang sedang berbelangsungkawa. (sumber: Pinterest)

Bisnis katering biasanya identik dengan suasana suka cita. Misalnya pernikahan, wisudaan, ulang tahun dan lain-lain. Namun, bagaimana jika katering itu dibutuhkan dalam suasana duka cita? Di Indonesia memang untuk jual bisnis makanan duka cita belum semarak yang ada di luar negeri.

Ide ini keluar dari seorang David Storke. Dia merasa miris ketika melihat banyak karangan bunga duka cita justru terbuang begitu saja padahal harganya lumayan mahal. Bila dipikir lebih jauh, seseorang yang sedang berduka lebih membutuhkan makanan karena tidak memiliki banyak waktu saat tamu berdatangan. Selain itu, Stroke berpikir rasa bela sungkawa lewat bunga sepertinya sudah biasa.

“David Stroke menjalankan katering khusus untuk suasana duka karena usaha dirasa lebih bermanfaat dan dibutuhkan orang-orang yang sedang berbelangsungkawa.”

Karena itu, dia mengabadikan diri di rumah duka selama 27 tahun sambil membuka sebuah bisnis makanan duka yang di pasarkan dalam website dengan nama sympathyfood.com. Makanan yang dijual harganya lebih murah, sehat, dan efektif untuk mengungkapkan rasa duka. Sepertinya bisnis seperti ini jika dilakukan di Indonesia akan banyak peminatnya.

3. Menjadi Dropshipper Sukses dengan Modal Minim

Untuk menjadi seorang dropshipper sukses, Anda tidak perlu memiliki stok dan menyediakan tempat penyimpanan untuk mulai berbisnis online. (Photo by LinkedIn Sales Navigator on Unsplash)

Dari banyak peluang usaha unik yang sedang berkembang, dropship menjadi salah satu ide yang sayang bila dilewatkan. Dropship saat ini sangat menguntungkan. Apalagi sekarang ini didukung banyak produsen atau supplier yang belum bisa berjualan online. Pilihan media online untuk berjualan pun bervariasi. Anda hanya perlu gambar produk dari supplier yang kemudian dipost di toko online. Bisa di marketplace atau media sosial seperti Instagram maupun Facebook.

“Untuk menjadi seorang dropshipper sukses, Anda tidak perlu memiliki stok dan menyediakan tempat penyimpanan untuk mulai berbisnis online.”

Salah satu platform dropship yang bisa Anda gunakan adalah Outletz.id. Jika Anda bergabung dengan Outletz, ada banyak benefit yang bisa dinikmati. Anda akan bertemu dengan supplier tepercaya dengan variasi barang dagangan mencapai ribuan. Cara registrasinya mudah dan Anda tinggal mengikuti step by step sebagai berikut:

  1. Masuk ke web utama Outletz.id dan klik “Daftar Gratis Sekarang.
  2. Isi kolom daftar dan klik registrasi.
  3. Setelah login sukses, gunakan username dan password untuk sign in.

Inilah cara mendaftar dengan gratis, mudah dan langsung mendapatkan supplier tepercaya menggunakan platform Outletz.id. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan free ebook dropship menarik adalah “Panduan Bisnis Online Dropship Beromzet Ratusan Juta Perbulan”.

4. Menjual Botol Oksigen

Moses Lam memproduksi udara segar kemasan dari Pegunungan Rocky dan bekerjasama dengan Troy memasarkan di eBay seharga Rp 2,2 juta. (sumber: Pinterest)

Polusi yang mengancam pernapasan makhluk hidup menjadi salah satu pemicu Moses Lam memproduksi udara kemasan dengan merek Vitality Air. Dia bekerja sama dengan Troy Paquette memasarkan barang tersebut di situs Ebay. Mereka mengklaim oksigen di dalam tabung itu langsung diambil dari Pegunungan Rocky.

Target market mereka adalah kota Beijing, Tiongkok. Bencana asap di Tiongkok akibat pencemaran polusi udara sudah mencapai tingkat berbahaya. Karena khawatir tak bisa menghirup udara segar, botol oksigen jinjing laris seantero Negeri Tirai Bambu.

“Moses Lam memproduksi udara segar kemasan dari Pegunungan Rocky dan bekerjasama dengan Troy memasarkan di eBay seharga Rp 2,2 juta.”

Lam mengatakan 500 botol udara segar yang dipasarkan secara perdana telah terjual habis dalam empat hari. Padahal udara kemasan berukuran 7,7 liter itu dijual dengan harga yang tidak murah, yaitu USD 160 atau setara dengan Rp 2,2 juta. Kini 4.000 botol tengah disiapkan untuk pengirimannya dari Kanada namun begitu hampir seluruhnya sudah terjual.

5. Menjual Arwah dalam Botol

Avie Woodbury menjual 2 botol yang dia klaim berisi arwah jahat disegel air suci seharga Rp 20 juta. (sumber: Daily Mail)

Barang dagangan paling aneh yang laku terjual bahkan sempat viral dibicarakan orang terjadi pada tahun 2010. Avie Woodbury asal Selandia Baru melelang 2 botol yang dia klaim berisi hantu di situs TradeMe. Woodbury mengatakan botol berisi cairan biru itu ditempati 2 arwah negatif yang disegel dengan air suci.

“Avie Woodbury menjual 2 botol yang dia klaim berisi arwah jahat disegel air suci seharga Rp 20 juta.”

Dilansir dari Daily Mail, dia sendiri yang meminta paranormal untuk menangkap hantu-hantu tersebut agar tidak mengganggu hidupnya lagi. “Saya hanya ingin menyingkirkan mereka karena mereka membuat saya takut. Nilai kedua botol arwah itu di TradeMe mencapai NZD 2.000 atau sekitar Rp 20 juta.

Bagi Anda yang masih bingung menjalankan bisnis online dan tertarik mempelajari online shop lebih dalam, Anda boleh bergabung dalam komunitas pebisnis online yang rutin diselenggarakan Outletz.id. Salah satu program untuk meningkatkan pengetahuan anggota akan tren bisnis online terkini adalah event-event menarik yang mendatangkan para praktisi expert di bidang bisnis online.

Bila bergabung dengan event menarik selanjutnya, Anda bisa belajar dan mengelola bisnis online secara baik sehingga bisa menghasilkan banyak keuntungan. Terlebih untuk Anda yang  yang sedang fokus membangun online shop didukung dengan media sosial sebagai alat marketing sehingga penjualan produk semakin laku dan dicari konsumen. Untuk info event menarik selanjutnya, kamu bisa mendaftar pada link berikut ► Cek Event Menarik Komunitas Bisnis Online.

6. Jasa Mendengarkan Curahan Hati

Takanobu Nishimoto membuka usaha rental curhat bernama Ossan Rental khusus hanya untuk mendengar curhatan hari orang-orang. (sumber: Rocketnews 24)

Tidak semua orang mampu mencurahkan isi hati ke orang terdekat karena biasanya malu atau takut dihakimi oleh teman maupun keluarga. Sehingga beberapa orang dari mereka memilih menyewa orang lain. Toh pada dasarnya ketika seseorang memiliki masalah, yang dibutuhkan hanya didengar. Peluang ini rupanya dipahami Takanobu Nishimoto. Karena permasalahan itu, dia membuka usaha rental curhat bernama Ossan rental.

“Takanobu Nishimoto membuka usaha rental curhat bernama Ossan Rental khusus hanya untuk mendengar curhatan hari orang-orang.”

Pelanggan Takanobi biasanya adalah pelajar sekolah dengan tarif per jamnya USD 10 atau setara dengan Rp 137 ribu. Bagi Takanobi usahanya tersebut adalah hobinya sehingga dirinya tak merasa bosan mendengarkan curhatan yang berbeda-beda. Pelanggannya yang menggunakan jasanya biasanya hanya meminta dirinya untuk menceritakan sesuatu selama satu atau dua jam namun kebanyakan hanya menyuruhnya untuk mendengarkannya saja.

Menurutnya ide ini keluar untuk membuktikan bahwa para pria seumurnya (48tahun) masih bisa berguna untuk memberikan solusi dari masalah orang lain. Kini Ossan Rental telah berusia 4 tahun dan memiliki 60 pegawai yang rata-rata usianya 45 hingga 55 tahun.

7. Jasa Salurkan Kemarahan

Shawn Baker dari Texas menciptakan ruangan dengan segala isi yang bisa Anda hancurkan sebagai pelampiasan kemarahan. (sumber: Vice)

Rasa marah adalah salah satu bentuk emosi yang dimiliki manusia. Terkadang, saking bencinya pada seseorang, Anda tergoda untuk berbuat jahat padanya. Mencekiknya, barangkali? Atau kamu tergoda untuk menghancurkan mobilnya atau membakar rumahnya? Tapi tentu saja itu semua bisa membuatmu berakhir dalam penjara.

“Shawn Baker dari Texas menciptakan ruangan dengan segala isi yang bisa Anda hancurkan sebagai pelampiasan kemarahan.”

Cara ampuh menyalurkan emosi kemarahan ini membuat Shawn Baker terdorong menciptakan Anger Room. Bila Anda menggunakan Anger Room, Anda akan ditempatkan di sebuah ruangan yang dipenuhi barang-barang bekas. Di sana Anda boleh menghancurkan barang-barang itu dengan kayu ataupun tongkat baseball.  Jika ingin menggunakan Anger Room, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar $25 atau sekitar Rp 275 ribu per 5 menit, $45 atau setara Rp 619 ribu per 15 menit, dan $75 atau setara Rp 1 juta per 25 menit.

Inilah ke-7 produk unik yang sukses menarik pembeli dan menghasilkan keuntungan hingga ratusan juta. Tertarik menjual produk yang unik pula? Cobalah mengidentifikasi masalah yang ada dan berpikir kreatif untuk menciptakan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Selamat mencoba.

Bagi Anda ingin merasakan benefit bertemu dengan supplier tepercaya yang memiliki variasi produk hingga ribuan, Anda bisa bergabung dengan Outletz.id. Anda juga bisa belajar bisnis online dropship beromzet jutaan perbulan. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan mudah, caranya registrasi disini secara gratis.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: