7 Tips Meningkatkan Omzet Bisnis Online Dari Jack Ma

OUTLETZ-tips-meningkatkan-omzet-ratusan-juta-perbulan-dari-jack-ma-bisnis-online

Keputusan Jack Ma pensiun dari Alibaba menjadi trending topik di media sosial. Betapa tidak, Jack Ma merupakan orang yang berjasa besar di Alibaba, retailer online terbesar di Tiongkok dan pada posisi kedua di dunia setelah Wal-Mart. Selain telah digunakan 500 juta orang Tiongkok setiap bulannya, ternyata ada sekitar 200 negara yang menggunakan aplikasi Alibaba.com untuk berbelanja.

Kebesaran perusahaan tidak bisa dijauhkan dari Jack Ma. Dia bersama 17 karyawan lainnya pada tahun 1999. Sejak tahun 2014, Jack Ma telah dinobatkan menjadi orang terkaya di Tiongkok bahkan sahamnya dari Alibaba.com diprediksi akan terus meroket. Dan di tahun 2017, Tiongkok dinobatkan satu-satunya sebagai negara Asia yang mampu menghasilkan 400 milyar dollar US.

Bercermin dari kegigihan Jack Ma dalam membangun bisnis, Anda pun bisa mencontoh darinya. Jack Ma kerap berbagi rahasianya di Tiongkok dengan menjadi tamu di seminar bisnis, berbagi melalui wawancara dengan wartawan, dan melalui buku yang dia tulis.

Untuk membantu Anda, Outletz telah merangkum beberapa tips meningkatkan omzet bisnis online dari Jack Ma. Cek ulasannya berikut ini.

1. Tertantang Untuk Maju

Photo by Thomas Drouault on Unsplash

Bisnis bukan hanya tentang produk dan pelanggan, melainkan juga tentang kompetitor. Banyaknya kompetitor membuat Jack Ma selalu berpikir untuk maju, memikirkan bagaimana cara menjadikan bisnisnya mendunia dan lebih dari para pesaing. Berkat pola pikirnya yang maju, Jack Ma bersama timnya mampu membawa Alibaba secara internasional.

“Jangan jadikan pesaing sebagai musuh bisnis online, tapi anggaplah sebagai kompetitor sehingga dalam prosesnya bisnis Anda bisa lancar.”

Untuk bisa bersaing dengan kompetitor dan lebih maju dengan mereka, diperlukan riset mendalam. Untuk bisa maju seperti yang dilakukan Jack Ma, Anda perlu melakukan penelitian pasar, produk dan target. Mencontoh cara yang dipakai pesaing pun sah-sah saja lalu tambahkan dengan inovasi agar bisnis online Anda makin lancar.

Baca Juga: 10 Jenis Peluang Bisnis Online Cuma Modal 500 Ribu

2. Terus Mencoba

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Terbatasnya internet di Tiongkok membuat Jack Ma semakin terpacu dalam mengembangkan bisnisnya. Walaupun hanya ada satu orang saja yang mau sejalan dengannya, Jack Ma tidak merasa putus asa. Jack Ma memulai bisnis tersebut dalam keterbatasan internet dan hanya bermodalkan tekad serta keyakinan. Cobalah untuk terus berusaha sesuai dengan pendapat Jack Ma. Sebab kesempatan tidak akan datang dua kali. Jika ingin mencoba sesuatu dalam usaha, cobalah dengan penuh percaya diri dan teruslah berpikir positif dalam menjalaninya. Jika gagal, itu hanyalah permulaan. Yang perlu Anda lakukan adalah terus mencoba.

“Kiat sukses mencapai omzet 100 juta perbulan adalah berpikir positif dan percaya diri dengan bisnis yang ditekuni.”

Untuk mendukung upaya kegagalan, Anda perlu menambahkan dengan informasi terkini mengenai bisnis online. Sehingga ketika memulainya kembali, Anda tidak jatuh di lubang yang sama dalam menghindari kegagalan. Informasi itu bisa didapat dari mana saja. Misalnya internet, buku hingga seminar bisnis online. Kebetulan event bisnis online terdekat membahas mengenai cara bangkit dari kegagalan dan bagaimana caranya mencapai omzet 100 juta dari bisnis online, Road to 100. Dengan mengikuti seminar ini, Anda dibantu, diarahkan dan dibimbing bagaimana memiliki online shop yang baik dan memiliki prospek bagus kedepannya. Jangan tunggu lama-lama, segera daftar, klik ► http://digimaru.org/digimaru-outletz/.

3. Fokus pada Pelanggan

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Pertarungan di dunia bisnis online marketplace sangatlah ketat. Kompetitor besar sangatlah banyak. Bisa dibilang siapa kuat, dialah yang menang. Namun, Jack Ma tidak pernah takut terhadap kompetitor-kompetitornya. Mengapa? Sebab kompetitor hanya dapat bertahan berkat pelanggannya. Ketika seorang kompetitor kehabisan pelanggan, bisnis itu bisa gulung tikar.

“Melayani pelanggan dengan sabar dan mau menerima keluah kesah akan membuat pelanggan betah belanja di online shop Anda.”

Hal inilah yang membuat Jack Ma selalu menomorsatukan pelanggan. Baginya, Alibaba bisa sukses kalau berhasil mempertahankan kepercayaan pelanggannya. Dengan pelayanan terbaik, pelanggan mana pun akan betah berbelanja di satu marketplace saja. Hal ini bisa Anda contoh dan pertahankan di bisnis online Anda.

4. Abaikan Haters

Photo by Jon Tyson on Unsplash

Dalam perjalanan bisnisnya, Jack Ma pernah berinisiatif untuk menciptakan Alipay, sebuah mekanisme pembayaran khusus bagi pelanggan Alibaba. Tapi, Alipay mendapat banyak cibiran dari pengusaha e-commerce lain. Mereka menganggap kalau Jack Ma sudah gila karena bisnis yang dijalankannya. Namun, Jack Ma tidak peduli dengan semua cibiran itu.

“Akan sulit menghindari ejekan dari orang lain apalagi bila dirasa bisnis itu mustahil. Namun dengan terus mencoba dan tidak mempedulian ejekan, niscaya akan memanen omzet dari bisnis tersebut.”

Dia mengabaikan komentar para haters dan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan Alipay. Hingga pada akhirnya Alipay berhasil menjadi salah satu metode pembayaran online terbesar di Tiongkok. Pengusaha yang sukses mampu mengubah haters menjadi salah satu konsumen setia.

Baca Juga: 5 Kesalahan Jualan Online Bikin Bangkrut di Media Sosial

5. Jeli melihat peluang

Photo by rawpixel on Unsplash

Jack Ma berpesan, kemiskinan itu Anda yang membuat dan bukan keadaan yang membuat. Manfaatkanlah masa produktif untuk mengejar sesuatu yang bermanfaat dan menguntungkan. Masa produktif sangat tepat untuk memulai kesuksesan agar nantinya Anda tidak perlu bekerja lagi pada masa tua. Selama Anda masih muda, carilah pengalaman sebanyak mungkin agar nantinya mampu sukses di masa depan. Terimalah kesalahan yang Anda buat sendiri. Ambilah sebuah pelajaran dari kegagalan. Jika Anda gagal dalam satu kali usaha, cobalah lagi. Jika gagal lagi, bangkit dan coba lagi.

“Jika Anda gagal, jatuh, atau mengalami penolakan, cobalah lagi hingga Anda sudah mencapai sebuah kesuksesan.”

Minimnya infrastruktur di Tiongkok pada tahun 1990-an menjadi penyebab mengapa pengusaha-pengusaha disana sulit berkembang. Kendala inilah yang dijadikan Jack Ma sebagai peluang. Berkat ide kreatifnya, dia berhasil mendirikan Alibaba, sebuah perusahaan e-commerce yang dapat membantu para pengusaha untuk menjalankan bisnisnya. Para pengusaha dapat bergabung di Alibaba dan menjual produknya di satu marketplace tanpa perlu memperdagangkannya sendiri. Model bisnis di Alibaba sangatlah banyak mulai dari B2B, B2C, dll.

6. Harus inovatif dan kreatif

Photo by Kobu Agency on Unsplash

Tidak dapat dimungkiri, pengusaha mana pun dituntut untuk selalu berinovasi dan berkreasi agar bisnisnya tetap berada di puncak. Inilah yang berhasil diwujudkan Jack Ma. Dia selalu memutar otak untuk mendapatkan ide-ide inovatif dan kreatif demi perkembangan Alibaba. Ketika ide tersebut muncul, Jack Ma pun langsung mengimplementasikan ide-ide tersebut. Ketika ada ide yang gagal diimplementasikan, Jack Ma mencari cara mencapainya atau bahkan mencari ide yang lebih brilian lagi demi kemajuan bisnisnya.

“Terus menggali ide dan inovasi terkini agar bisnis online tidak stagnan akan menghindarkan Anda dari kegagalan.”

Jack Ma termasuk seorang pengusaha yang mau bekerja keras di tengah banyaknya penolakan dan diskriminasi akibat ide luar biasanya yang dianggap tidak berguna. Namun, Jack Ma tetap bersikeras untuk meneruskan ide usahanya dan akhirnya sukses hingga hari ini. Pelajaran yang bisa Anda petik adalah perjuangan bukanlah hal yang mudah. Pasti ada pasang surut tentunya. Untuk menghadapi pasang surut tersebut, Anda wajib memiliki hati dan pola pikir yang terbuka, positif, dan mau untuk berjuang untuk masa depan yang sukses.

Baca Juga: 5 Ide Tingkatkan Engagement Pelanggan Hingga 100%

7. Selalu fokus

Photo by rawpixel on Unsplash

Banyak tanggapan, komentar, kritik, dan saran yang diberikan pengusaha lain agar Alibaba tetap menjadi e-commerce terbesar di Tiongkok. Namun, semua tanggapan yang dia dapatkan akan dipilah secara matang. Ketika dia tidak setuju dengan tanggapan tersebut, Jack Ma tidak ragu untuk mengatakan “tidak”. Namun, dia tetap fokus untuk menjalankan bisnis sesuai dengan rencana yang disusunnya di awal.

“Yang tidak kalah penting dalam berbisnis online adalah bertahan. Caranya mudahnya adalah tetap fokus dalam menjalankan bisnis dan tidak mudah menyerah.”

Mencapai kesuksesan dalam berbisnis itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Meskipun Alibaba sudah menjadi bisnis e-commerce terbesar di dunia, Jack Ma tetap bekerja keras untuk mempertahankan kejayaan e-commerce miliknya. Usaha dan kerja keras Jack Ma inilah yang perlu Anda tiru agar bisnis bisa sukses seperti Alibaba.

Demikian 7 tips meningkatkan bisnis online dari Jack Ma. Tips-tips tersebut memang membutuhkan kerja keras buat Anda yang mau memiliki omzet jutaan perbulan. Yang tidak kalah penting, lakukan tips di atas secara konsisten.

Sekadar mengingatkan, akan ada event menarik berkaitan dengan jalan pintas menuju omzet 100 juta pertama. Untuk Anda yang pesimis dan hilang semangat, seminar ini akan mengembalikan passion Anda dalam berbisnis online. Mau segera merasakan langsung sensasinya? Info lengkap, klik ► http://digimaru.org/digimaru-outletz/.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: