7 Tips Memilih Supplier Produk Olshop Terjamin & Bisa Dipercaya

OUTLETZ-tips-supplier-cari-terjamin-tepercaya-dipercaya-olshop-onlineshop-terkenal-populer

Di dunia bisnis online tidak ada hal yang tidak mungkin. Misalnya saja Anda tertarik berbisnis online namun tidak memiliki barang. Keinginan ini bisa terwujud dengan bantuan supplier atau produsen. Dengan menjual barang dari orang lain, Anda bisa memulai bisnis online Anda sendiri.  Kebutuhan ini terus berkembang mengikuti tren dan pasar. Kini tren beralih tidak semata berhubungan dengan supplier saja, Anda bisa berbisnis online secara mudah dan cepat dengan cara dropship.

Dropship merupakan cara berbisnis online yang mudah dan tidak menyita banyak tempat dimana Anda tidak perlu memiliki stok barang dan gudang untuk menyimpan barang. Ketika toko online Anda memiliki order dari pembeli, Anda hanya perlu menyalurkan kembali pesanan tersebut pada supplier maupun produsen. Biarkan mereka yang mengemas hingga mengirimkan pesanan Anda ke pembeli. Cara ini sedang diminati pebisnis pemula.

Namun apapun jenis bisnis online yang Anda pilih, jika Anda bukan produsen atau supplier maka Anda membutuhkan bantuan supplier. Faktanya, masalah terbesar bisnis online adalah sulit mencari supplier yang bisa dipercaya. Bila tidak berhati-hati, banyak orang bekerja sama pada supplier yang salah sehingga berpengaruh buruk pada sirkulasi bisnis online dan pelayanan Anda ke pembeli bisa tercoreng. Misalnya, pengiriman barang yang lama atau bisa saja supplier pergi saat barang sedang banyak dicari pembeli.

Tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, bukan? Karena itu, sebelum bekerja sama dengan supplier, Anda harus benar-benar menyelidiki apakah supplier itu memiliki barang dengan mutu terjamin, stok yang bisa diandalkan, dan mudah dihubungi sehingga Anda bisa mempercayai supplier tersebut. Untuk memudahkan Anda, Outletz membagi 7 cara memilih supplier produk online shop yang terjamin dan bisa dipercaya. Berikut  beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan ketika memilih supplier yang dapat diandalkan dan tepercaya.

1. Selidiki Track Record

Photo by mentatdgt from Pexels

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui supplier tersebut dapat dipercaya atau tidak, yaitu dengan melihat track record para customer atau pembeli yang pernah bertransaksi dengan suplier tersebut. Luangkan waktu Anda untuk mengintip aktifitas para supplier di media sosial. Cek apa mereka cepat membalas atau memang ada plaform tersendiri agar tidak terkesan ramai di media sosial.

“Untuk bisa mengetahui baik tidaknya supplier, sebaiknya luangkan waktu Anda untuk mengintip aktifitas para supplier di media sosial.”

Baca kolom komentar untuk mengetahui testimoni klien dari supplier itu tapi jangan langsung percaya karena testimoni juga bisa palsu. Agar tidak terkecoh, Anda bisa bisa melihatnya di page Facebook dari supplier tersebut atau Anda bisa menanyakan kepada teman-teman di forum-forum online shop apakah suplier yang akan Anda pilih tersebut tepercaya atau tidak.

2. Produsen Langsung

Photo by Luo ping on Unsplash

Pada dasarnya setiap penjual ingin bekerja sama dengan produsen langsung sehingga margin keuntungan yang didapat akan lebih besar. Namun dalam model bisnis online dropship, tangan pertama sudah tentu adalah suppliernya. Jika seorang dropshipper mengambil dari supplier yang ternyata sudah tangan ke sekian, ini tentunya akan berdampak pada harga ritel barang yang akan dipasarkan ke konsumen. Bukan hanya harga barang menjadi tidak kompetitif karena lebih mahal, namun margin keuntungan sudah tentu juga akan semakin tipis.

“Pilih supplier dengan tangan kedua atau ketiga agar bisa mendapat keuntungan yang lebih besar dan Anda bisa mematok harga yang masih kompetitif.”

Sebaiknya pilihlah supplier yang dekat dengan produsen. Maksudnya bukan tangan ke sekian agar keuntungan yang didapat tetap bisa diandalkan. Caranya teliti harga dari supplier. Bila Anda menggunakan bisnis online dropship, harga dari supplier ini berpengaruh. Bila supplier termasuk tangan kedua maka range harga masih bisa kompetitif. Sebaiknya hindari supplier yang sudah mematok harga produk tinggi.

3. Gabung Sebagai Member

Photo by rawpixel.com from Pexels

Salah satu manfaat bergabung sebagai member supplier-seller adalah tersedianya sistem support. Ini baik untuk pebisnis pemula. Bergabung sebagai member, akan membuat Anda mendapat dapat banyak informasi terkait produk, cara berjualan dan pengetahuan bisnis lainnya. Sementara bagi para dropshipper dapat belajar dan berbagi pengalaman antar sesama. Dengan adanya sistem support, kedua belah pihak akan sama-sama diuntungkan.

“Menjadi member sebuah komunitas supplier-seller, Anda bisa belajar cara berjualan, mendapat banyak informasi terkait produk hingga berbagai pengalaman antar sesama.”

Jika tertarik bergabung bersama komunitas dengan anggota supplier-seller terjamin, Anda bisa mencari tahu lebih dalam tentang Outletz.id (Pendaftaran Gratis). Platform ini merupakan bikinan anak bangsa yang mewadahi supplier dan seller seluruh Indonesia. Terbukti 2.000 orang telah bergabung dan menggunakan Outletz.id untuk memudahkan bisnis online mereka. Bila menjadi member Outletz.id, Anda akan mudah mencari banyak supplier yang memiliki variasi produk hingga jutaan. Anda tidak bingung mencari supplier lain dan takut menjalin kerjasama karena memang terbukti bisa diandalkan. Cara registrasinya mudah dan Anda tinggal mengikuti step by step sebagai berikut:

  1. Masuk ke web utama Outletz dan klik “Daftar Gratis Sekarang“.
  2. Isi kolom daftar dan klik registrasi.
  3. Setelah login sukses, gunakan username dan password untuk sign in.

Inilah cara mendaftar dengan gratis, mudah dan langsung mendapatkan supplier tepercaya menggunakan platform Outletz.id. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan free ebook dropship menarik adalah “Panduan Bisnis Online Dropship Beromzet Ratusan Juta Perbulan”.

4. Supplier yang Aktif

Photo by rawpixel.com from Pexels

Pastikan supplier tampak selalu aktif di dunia online.  Supplier yang dapat diandalkan seyogyanya memiliki tim admin atau customer service (CS) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang datang dari dropshipper. Semakin cepat merespon jawaban, tentunya akan semakin baik. Dapat dibayangkan jika ada potensi penjualan dimana calon konsumen menanyakan ketersediaan produk lalu dropshipper meneruskan pertanyaan ke supplier sementara respon jawaban cukup lama, maka potensi penjualan pun akan gagal karena konsumen pindah ke penjual lain.

“Supplier yang bisa diandalkan selalu aktif dan dapat dihubungi setiap waktu pada jam kerja.”

Cari juga supplier yang selalu mengupdate produk secara berkala yang bisa menandakan kalau barang mereka selalu mengalir, laku dan restock lagi. Selain itu, mereka juga tampak aktif mempromosikan dirinya sebagai supplier yang menerima dropshipping. Hal ini menunjukkan keseriusan supplier dalam mengembangkan usahanya karena tanpa pembeli tidak akan ada penjual. Menjadi seorang pelaku bisnis online pemula memang harus aktif memastikan kredibilitas supplier dan toko Anda terjaga agar tidak mengecewakan konsumen.

5. Pengiriman Order Cepat

Photo by KailPilger from Pixabay

Bisnis online dropship sangatlah kompetitif. Selain harga produk dan tim yang responsif, lamanya pemrosesan barang keluar dari gudang supplier juga menentukan kesuksesan penjualan. Kebiasaan konsumen di Indonesia sebelum membeli biasa bertanya terlebih dahulu “barang ready?” atau “bisa dikirim hari ini?”. Bayangkan jika ternyata setelah membeli status pengiriman barang diinfokan lebih dari satu hari kemudian, konsumen tentunya akan kecewa.

“Lamanya pemrosesan barang keluar gudang supplier juga menentukan kesuksesan penjualan bisnis online.”

Namun jika berharap pengiriman dilakukan pada saat itu juga umumnya tidak memungkinkan mengingat supplier juga harus menangani ratusan dropshipper lainnya. Jadi berapa lamakah waktu yang ideal? Akan lebih baik jika dapat dipenuhi masih dalam kurun waktu 24 jam. Seandainya Anda menemukan supplier yang dapat mengirimkan dibawah 24 jam, bisnis online Anda selangkah di depan.

6. Garansi

Photo from Pixabay

Tidak semua supplier menawarkan garansi. Hanya supplier tertentu saja yang berani memberikan fasilitas ini. Jarang ada supplier yang bisa memberikan garansi pada seller maupun dropshipper apalagi garansi penggantian berupa uang. Garansi pada umumnya diberikan untuk barang yang diterima pelanggan rusak, maka supplier akan mengirimkan barang penggantinya.

“Adanya garansi menunjukkan komitmen bisnis supplier terhadap pelanggannya.”

Periksa mengenai pengiriman barang, pembayaran maupun pengembalian barang. Ini karena akan berpengaruh pada kelancaran usaha yang Anda tekuni. Pastikan juga jika barang yang tidak sesuai dengan pesanan atau berbeda dengan deskripsi maka dapat dikembalikan. Jika tidak ada kebijakan ini, sebaiknya carilah supplier yang menerapkan sistem pengembalian barang.

7. Kualitas Produk

Photo by Alok Sharma from Pexels

Selama mencari supplier yang akan diajak kerjasama, Anda juga harus melihat produk-produk yang disediakan oleh supplier. Pertama, jenis produk bisa mempengaruhi seberapa besar retur barang dari konsumen. Misal barang berbahan gelas yang rawan pecah. Supplier juga tidak dapat memberikan kepastian apakah barang yang sampai ke konsumen dalam kondisi baik atau tidak karena ada ketergantungan dari pihak jasa pengiriman. Jadi semakin sedikit retur barang yang terjadi maka Anda juga akan semakin sedikit berhadapan dengan keluhan dari konsumen.

“Sebelum menjalin kerjasama sebaiknya memperhatikan produk-produk yang disediakan oleh supplier.”

Kedua, produk diharapkan berkualitas. Jika hanya melihat dari katalog produk, Dropshipper tidak akan dapat menilai kualitas produk tersebut. Akan lebih baik jika dicoba membeli sendiri satu atau dua produk yang umum dipasaran sebagai sample, lalu bandingkan dan lihatlah kualitasnya. Karena produk yang berkualitas akan menentukan kepuasan pelanggan, minim retur, dan akan mendapatkan komentar review yang bagus. Akhirnya konsumen akan kembali lagi ke Anda dan peluang untuk pemasaran gratis dari konsumen.

Itulah 7 tips yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika mencari supplier produk yang terjamin dan bisa dipercaya untuk online shop Anda. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang masih awam dengan dunia bisnis online dan supplier. Dengan berhati-hati, Anda bisa terhindar dari penipuan supplier dan tidak terkecoh supplier yang buruk.

Untuk Anda yang tertarik mendapatkan barang-barang dengan mutu terjamin dan bekerjasama dengan supplier yang bisa dipercaya, Anda bisa mengeceknya di Outletz.id. Segera bergabung untuk bisa menikmati manfaat baik bisnis online dropship lainnya. Informasi lengkap, klik link berikut ► solusi bisnis online dropship.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: