7 Tipe Caption Menarik Perhatian Konsumen Online Shop

Pernahkah Anda merasa kesulitan membuat caption di media sosial?

Membuat caption Instagram yang baik dan menarik adalah sebuah seni. Untuk menulis caption Instagram yang sukses dalam mempromosikan produk sebuah online shop maupun brand, atau Anda sedang menyampaikan pesan melalui postingan, Anda perlu menambahkan pemikiran lebih dan itu memerlukan waktu.

Contoh paling mudah, lihat caption salah satu brand favorit Anda. Apakah caption yang digunakan itu terlihat seperti sesuatu yang telah mereka tulis dalam beberapa detik saja, atau caption yang butuh investasi waktu dan energi? Kemungkinan besar yang terakhir.

Pernahkah Anda melihat gambar yang bagus namun tidak disertai caption? Postingan itu akan sangat jarang Anda temukan karena tidak masuk akal untuk menghabiskan berjam-jam membuat konten yang sempurna tapi kemudian tidak memperhatikan teks. Konten dan teks yang sempurna merupakan satu kesatuan yang penting dan yang akan diingat followers Anda.

Lalu seperti apa caption yang sukses menarik perhatian calon konsumen Anda? Berikut ini 7 tipe caption menarik perhatian konsumen online shop. Cek ulasannya berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Anda

Usahakan selalu dimulai dengan tujuan ketika akan membuat konten postingan, apakah itu tentang bualan liburan luar biasa Anda ke teman-teman atau untuk menjual sepatu kets baru yang baru saja Anda launching. Dengan demikian, Anda bisa memastikan bahwa caption yang digunakan mampu mendukung, memberdayakan, dan memperkuat tujuan tersebut.

“Sejauh mana caption Anda berhasil tergantung pada Anda, target audiens, lokasi dan lain-lain.”

Jika memperhatikan keterangan beberapa akun Instagram yang dianggap paling sukses, Anda akan melihat bahwa semuanya melakukan hal ini. Sebelum mereka menuliskan judul, mereka bertanya pada diri sendiri “Oke, pencapaian apa yang saya harapkan pada gambar ini?” Kemudian, pikirkan lagi apakah caption yang dibuat sesuai dengan tujuan. Lakukan hal tersebut hingga Anda merasa hasilnya maksimal.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah menjual sesuatu, salah satu caranya adalah dengan menggunakan caption Instagram seperti “Produk baru, beli sekarang!” atau Anda bisa mengambil pendekatan yang benar-benar berbeda dan menggunakan unsur cerita untuk memikat audiens dan membenamkan followers ke dalam cerita yang membuat mereka ingin membeli – tanpa secara eksplisit.

2. Kenali Followers

Jika tujuan Anda adalah untuk mengomunikasikan foto ke orang-orang terpilih seperti teman dan keluarga, caption Instagram harus ditentukan oleh apa yang akan menarik bagi mereka. Misalnya Anda akan mempromosikan fashion natal, sebaiknya cari dulu fakta mengenai natal, keluarga dan hal-hal yang berkaitan dengan keduanya.

Ambil contoh, foto sebuah keluarga di ruang tamu sedang memang pohon natal atau tukar kado, tuliskan caption “Hangatkan suasana di hari natal bersama keluarga dengan (sebutkan nama brand Anda).”

Ini adalah satu-satunya unsur paling penting untuk menulis caption Instagram yang menarik. Alasannya, agar bisa menjadi pembeda dalam merebut perhatian followers dan berhasil menyampaikan pesan Anda. Yang perlu Anda ketahui, setiap orang memiliki cerita yang berbeda. Semakin Anda memahami target Anda, maka akan semakin mudah membuat caption yang mengena.

“Lakukan riset secara mendalam untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh target audiens Anda.”

Contoh yang bagus adalah Wendy. Wendy telah mengidentifikasi target pemirsa mereka di media sosial, mengidentifikasi suara dan bahasa mana yang mereka gunakan, dan kemudian merekayasa balik itu menjadi suara merek mereka sendiri di media sosial. Hasilnya adalah judul Instagram yang berbicara kepada audiens mereka dan memicu minat audiens mereka.

3. Tidak Bertele-Tele & Fokus

Tahukah Anda, setiap orang mampu menilai konten yang menarik di Instagram hanya memerlukan 8 detik. Jadi kesempatan Anda untuk mendapatkan perhatian mereka sangat terbatas. Maksimalkan waktu dengan caption yang dapat dibaca hanya dalam beberapa detik. Yang perlu Anda pelajari adalah membuat caption yang ringkas. Coba pikirkan satu kalimat secara sederhana dan fokus.

“Kendali perhatian orang-orang terhadap apapun kini semakin pendek. Bahkan, sebuah studi oleh Microsoft telah menemukan bahwa rentang perhatian manusia rata-rata sekarang lebih pendek daripada ikan mas.”

Ketika menyangkut media sosial, hal ini tidak aneh karena bombardir informasi di media sosial. Untuk hanya mengonsumsi sebagian kecil informasi saja, Anda harus melakukannya dengan cepat. Karena itu, Anda perlu membuat caption Instagram yang cepat dikonsumsi, dengan kata lain, langsung ke intinya karena jika tidak, kemungkinannya konten Anda dianggap membosankan. Karena caption Anda terdiri dari teks, ini sangat penting mengingat fakta bahwa otak memproses konten visual 60 ribu lebih cepat daripada teks.

Nah, bila Anda masih bingung bagaimana memulai bisnis online atau Anda sudah pernah memiliki namun tidak berhasil meningkatkan omzet, Anda perlu belajar pada ahlinya. Kenapa tidak bergabung dengan Outletz.id saja? Outletz.id membantu supplier maupun reseller yang ingin sukses berbisnis secara mudah. Bila bergabung dengan outletz.id tidak hanya dibantu masalah produk saja tapi juga pembelajaran dan informasi terkini mengenai bisnis online. Karena Outletz.id memiliki event komunitas yang memungkinkan para member berkumpul untuk meng-upgrade bisnis Anda. Mau bergabung dengan Outletz.id? 

Mau Menjadi Reseller bersama OUTLETZ?

4. Manfaatkan CTA (call to action)

Gagasan untuk menggunakan CTA (call to action) sangat sederhana, namun telah terbukti sangat efektif. Sebagai contoh, AdRoll menemukan bahwa menambahkan CTA ke halaman Facebook dapat meningkatkan rasio klik-tayang sebesar 285%. Meskipun cara ini tidak hanya bisa digunakan pada Facebook saja, CTA menunjukkan betapa efektif hasilnya dan sangat mudah diterapkan. Anda akan kekehilangan peluang jika tidak memanfaatkan penggunaan CTA.

Coba saja intip caption di media sosial. Anda akan sering melihat CTA ketika ada maksud komersial di balik sebuah konten. Misalnya saja Anda sering mendapati call to action seperti buy here, click here, registrasi now dan lain sebagainya.

“Cara termudah membuat CTA adalah pikirkan kalimat perintah untuk mengajak followers Anda ke langkah selanjutnya setelah tertarik dengan konten di Instagram.”

Contoh: Anda ingin berbagi informasi terkini mengenai penyakit di musim penghujan. Nah, karena jumlah tulisan pada bagian caption terbatas, Anda perlu menyisipkan informasi tersebut menjadi artikel di website atau wadah lain yang mudah dijangkau followers Anda. Kemudian, untuk bisa diakses orang lain, Anda perlu memberitahu followers untuk klik pada area yang sudah ditentukan pada bio Anda. Inilah mengapa Anda sering melihat orang menggunakan ajakan bertindak “Klik tautan di bio”.

5. Gunakan emoji

Emoji sangat efektif digunakan untuk caption Instagram Anda. Mengapa? Pertama, emoji didesain berwarna-warni dan membuat caption Anda lebih menonjol dari lainnya. Pemakaian emoji akhirnya akan memicu minat orang dan membuat mereka mulai membaca caption Anda. Kedua, emoji adalah satu-satunya jenis konten visual yang dapat Anda gunakan dalam caption Instagram. Ingat bagaimana manusia menyukai konten visual.

Selain itu, karena Anda ingin menjaga keterangan Instagram Anda singkat dan to the point, dan sebuah gambar mengatakan lebih dari seribu kata, menggunakan emoji memungkinkan Anda untuk mengatakan lebih banyak kepada audiens Anda daripada teks yang Anda tulis. Luar biasa, bukan?

“Emoji juga membantu menjadikan akun Instagram Anda lebih manusiawi karena cara penyaluran emosi yang berbeda daripada hanya sekadar dengan teks.”

Dulu memang banyak brand yang tidak menggunakan emoji karena terkesan terlalu kasual. Namun saat ini, emoji digunakan secara luas di semua kelompok usia yang tidak perlu Anda khawatirkan jika berkaitan dengan bisnis. Bahkan jika perusahaan Anda bergerak di bidang  perbankan. Emoji adalah bahasa universal yang digunakan semua orang layaknya berbicara.

6. Ajukan pertanyaan

Untuk membangun hubungan pelanggan dan menjadikan mereka penggemar setia online shop Anda, tidak ada jalan pintas. Satu-satunya cara nyata untuk membangun hubungan dengan seseorang adalah melalui interaksi dan keterlibatan yang konsisten. Misalnya dengan sesi tanya jawab. Jika Anda membuka sesi tanya-jawab mengenai produk maupun online shop Anda, bisa jadi followers Anda antusias. Rupanya cara ini bisa membuat pelanggan maupun followers menjadi loyal dan terlibat.

“Dalam jangka panjang, kesetiaan ini akan mengubahnya menjadi pendukung brand maupun bisnis online Anda.”

Nah, untuk memulai percakapan dan interaksi, satu bagian harus mengambil langkah pertama. Cara hebat untuk melakukannya adalah dengan mengajukan pertanyaan di caption Instagram Anda. Cara ini memiliki sejumlah manfaat. Pertama-tama, ini menunjukkan kepedulian Anda pada audiens dan tidak hanya terfokus pada Anda. Yang kedua dan paling penting adalah Anda mendorong orang untuk merespons.

Ketika mereka menanggapi pertanyaan, Anda memiliki kesempatan yang luar biasa untuk melanjutkan percakapan. Hal ini mampu membangun dan memperkuat hubungan Anda dengan audiens.

7. Mudah Dibaca

Meskipun idealnya, Anda harus membuat caption yang singkat dan to the point namun cara itu tidak selalu bisa dilakukan. Mungkin Anda ingin menceritakan sebuah kisah atau menyertakan banyak informasi yang menuntut panjang untuk caption Anda.

“Yang terjadi jika Anda menulis caption lebih panjang adalah lebih sedikit orang akan meluangkan waktu untuk membacanya tetapi mereka yang cenderung terpengaruh jauh lebih dalam dan terlibat lebih dalam pada pesan yang Anda sampaikan.”

Untuk menulis caption panjang yang tidak membuat pembaca merasa jenuh, Anda bisa membaginya dan membuatnya dapat dibaca sebaik mungkin. Dengan melakukan hal ini, bisa meningkatkan followers yang tertarik membaca caption panjang dan membaca secara keseluruhan dari awal sampai selesai. Ini juga meningkatkan jumlah followers Anda karena tertarik dengan cara bercerita tersebut.

Demikianlah 7 tipe caption menarik perhatian konsumen online shop. Jika Anda menggunakan cara di atas secara konsisten, followers bisa merasa dekat dengan online shop dan loyal. Selamat mencoba.

Sekadar mengingatkan, jika Anda kesulitan meningkatkan omzet, susah mencari suplier atau bingung memulai bisnis online, kenapa tidak bergabung saja dengan outletz.id? Outletz.id merupakan solusi bagi Anda yang ingin memiliki bisnis online yang bisa diandalkan untuk keluarga. Karena setiap bulannya, dilakukan event untuk meningkatkan pengetahuan mengenai bisnis online terkini.

Mau Menjadi Reseller bersama OUTLETZ?

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: