7 Strategi Penting Agar Online Shop Tidak Kalah Bersaing

OUTLETZ-terkenal-laku-bisnis-online-mudah-strategi-agar-online-shop-tidak-kalah-bersaing

Sudah berapa lama Anda membangun bisnis online namun tidak ada perkembangan?

Anda memotret semua produk dan mem-postingnya di Instagram atau pada marketplace. Tapi hingga sekarang usaha Anda tidak membuahkan hasil. Bahkan Anda merasa kalah dengan pesaing yang jika diperhatikan masih muda daripada Anda. Tenang, Anda tidak sendiri. Ada banyak orang merasa hal yang sama dengan Anda.

Yang perlu Anda tanamkan: Jangan sampai online shop Anda tenggelam di tengah ribuan toko online lainnya. Terdengar mudah namun bila terjun di bisnis online yang terus berkembang, merasa memiliki online shop dengan jumlah ribuan produk saja masih kurang.

Ada cerita dari seorang teman. Dia membangun bisnis online setahun yang lalu. Upaya yang telah dia lakukan adalah memiliki banyak produk yang dia rasa mumpuni, dia juga memiliki web domain, mem-posting produk jualan di Facebook dan Instagram. Lalu tidak ada aksi selanjutnya karena dia menganggap cara-cara tersebut pasti membuat online shopnya sukses. Padahal, kenyataan di lapangan tidak sesimpel itu.

Setahun bukan waktu yang lambat. Seiring berjalannya waktu, dia mulai sadar bahwa usahanya tidak berbuah apa-apa. Dia mulai menyerah. Ingat, 98% online shop gagal bertahan di tahun pertama. Contoh seperti ini sering terjadi. Lalu apa yang harus dilakukan agar online shop Anda bisa tetap bertahan dan tidak kalah bersaing. Outletz akan menyajikan beberapa strategi agar online shop Anda tidak kalah bersaing. Berikut ulasannya.

1. Analisa Online Shop

Photo by Dai KE on Unsplash

Konsep yang kuat mungkin sudah ada dan Anda sudah sangat yakin. Namun pendirian usaha online Anda tentu akan memiliki banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktir ini dapat bersifat positif maupun negatif. Namun bisakah faktor negatif itu dihindari? Jawabannya adalah tidak bisa. Tapi Anda dapat mengantisipasi hal-hal tersebut dan meminimalisir hal-hal tersebut dan mengurangi dampak buruk bagi online shop Anda. Maka, buatlah analisa SWOT (strengths, weakness, opportunities, threats) seperti ini:

  • Strengths merupakan kekuatan atau unggulan dalam usaha yang akan Anda bangun. Tonjolkan keunggulan-keunggulan online shop Anda dari usaha yang telah ada sebelunya. Jangan ragu untuk berkreasi dan menjadi unik. Menjadi berbeda dari usaha kebanyakan yang telah berdiri bisa membuat online shop Anda menjadi lebih disukai.
  • Weakness merupakan kelemahan dalam usahamu. Jangan pernag berpikir bahwa usaha yang kamu dirikan meruapakan usaha yang sempurna dan tidak memiliki kelemahan. Menganalisa kelemahan online hsop kamu akan membuat Anda lebih siap menghadapi peprubahan iklim pasar.
  • Opportunities merupakan peluang pendirian online shop Anda. Hal ini membutuhkan kecermatan dalam menganalisa demografi dan menentukan segmentasi pasar. Analisa peluang dapat menjadi tolak ukur apakah usaha yang Anda buat baik atau sulit untuk dijalankan.
  • Threats merupakan ancaman-ancaman yang mungkin akan datang ketika usaha Anda selesai didirikan. Ancaman ini dapat berasal dari toko fisik lama Anda atau online shop yang baru setahun Anda dirikan.

2. Berikan Pelayanan yang Baik

Photo by rawpixel on Unsplash

Service adalah pengalaman. Pengalaman adalah faktor utama yang membuat konsumen mau kembali ke online shop Anda. Pelayanan yang baik adalah pengalaman yang baik pula. Begitu sebaliknya. Percayalah jika seseorang mendapat pelayanan yang baik, itu akan membuat dia mau untuk kembali mampir ke online shop dan membelu produk-produk Anda yang lain.

“Service yang baik adalah yang mampu mengambil hikmah dari tiap saran serta keluhan para pembeli demi pengalaman berbelanja yang lebih baik lagi di masa mendatang.”

Jika Anda memiliki karyawan maka latihlah karyawan Anda untuk memberikan pelayanan yang baik pada konsumen. Jangan pernah marah jika konsumen yanng memberika saran dan kritik. Selalu berpikir dan mengamil tindakan. Bantulah karyawanmu ketika mereka sedang mengalami kesulitan. Pelayanan yang baik bukan hanya konsumen saja tapi juga karyawan Anda. Jika karyawan bahagia, merekapun akan bekerja dengan bahagia pula.

3. Pastikan Jual Produk Unik

Photo by timothy muza on Unsplash

Selama setahun membuka online shop, coba cari tahu kenapa penjualan produk Anda hanya gitu-gitu saja. Tidak ada kenaikan yang signifikan. Langkah awalnya, analisa karakter produk yang Anda jual. Misalnya coba jawab pertanyaan ini:

  • Apakah produk yang Anda jual sedang dicari orang?
  • Apakah produk tersebut berkualitas?
  • Apakah produk Anda cukup unik hingga menarik perhatian calon konsumen?
  • Apa pembeda barang yang Anda jual dengan online shop lain?

Dari pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda akan mengetahui karakter produk yang Anda tawarkan. Langkah selanjutnya, gali kekuatan dan sisi unik produk dan pastikan konsumen tahu akan kelebihan ini.

Jika Anda masih kesulitan mendapat barang produk terbaik, mungkin karena Anda belum bertemu supplier yang baik pula. Ya, problem terbesar bisnis online adalah sulit mendapatkan supplier yang bisa dipercaya. Apalagi bila variasi stok barang terbatas, barang bukan dari tangan pertama sehingga harga awal sudah mahal atau supplier itu tidak bisa dihubungi saat orderan di online shop meningkat. Ingin menambah pengetahuan lebih mengenai cara bertemu supplier terjamin yang memiliki ribuan produk siap jual. Klik ► https://outletz.id/panduan-dropship/.

4. Foto Produk Menarik

Photo by Igor Miske on Unsplash

Pada dasarnya semua orang menyukai foto yang cantik sehingga bagi merka yang menonton, foto itu terlihat menarik. Ada 3 hal yang wajib Anda pahami mengapa harus ada foto yang menarik:

  • Nyaman di Mata: Foto yang menarik itu biasanya membuat indera penglihatan merasa nyaman. Jika ini terjadi, bisa jadi calon konsumen Anda akan lama bertahan di online shop Anda.
  • Betah: Jika seseorang merasa nyaman dengan sebuah gambar atau foto, dia akan bertahan di waktu yang lama. Coba bayangkan jika Anda menaruh banyak foto yang bagus pada display online shop, calon konsumen yang awalnya hanya iseng mampir, bisa saja langsung tertarik membeli produk Anda.
  • Niat: Setiap orang menghargai karya yang dihasilkan dengan niat. Hal itu bisa terbukti dari hasil akhir. Misalnya gambar yang menarik itu tadi. Calon pembeli akan mengapresiasi niat Anda dengan cara melihat foto produk lainnya.

Jangan selesai hanya dengan foto produk yang menarik. Anda juga perlu membuat caption foto dan detail produk. Sehingga calon pembeli tidak merasa bingung. Jika calon pembeli bingung, mereka bisa merasa online shop Anda tidak siap lalu mereka pergi dan tidak jadi membeli.

5. Kerjasama dengan Brand Lain

Photo by Elijah O’Donell on Unsplash

Sama seperti manusia, sesungguhnya online shop Anda bisa semakin berkembang jika bekerja sama dengan brand atau produk yang dapat memberikan pengaruh serta nilai tambah positif terhadap produk Anda. Dengan begitu gaung online shop akan semakin luas terdengar dan pelanggan dari brand yang berkolaborasi akan ikut menikmati manfaat maupun citra produk Anda.

“Kerjasama bisa meningkatkan level online shop Anda. Tidak hanya untuk calon konsumen tapi juga pada pesaing yang lain.”

Buat kerjasama yang bisa membuat Anda dan yang lainnya juga berkembang. Bukan hanya sekadar menumpang ketenaran. Upaya kerjasama itu bisa menjadi nilai plus untuk Anda karena pelanggan tidak bosan dengan online shop Anda. Dengan produk yang semakin beragam, tentu pelanggan bisa semakin betah untuk berkunjung di online shop Anda.

6. Ikut Serta ke Bazaar

Photo by Anthony Martino on Unsplash

Meski toko Anda secara online bukan berarti upaya pemasaran hanya dilakukan secara online saja. Anda sah-sah saja kok ikut serta menjadi peserta bazaar. Dengan begitu online shop Anda bisa dikenal lebih banyak orang, minimal oleh pengunjung bazaar. Dengan bertemu langsung calon pembeli, mereka bisa bertanya mengenai produk Anda dengan mendetail dan saat itu juga tanpa menunggu seperti saat online.

“Mengikuti acara offline bisa menjadi salah satu cara menjaring calon-calon konsumen untuk membeli di online shop Anda.”

Jika akan berlangsung beberapa acara seperti pop-up market, workshop, urban market hingga kelas kreatif dan mereka sedang mencari tenant, maka segera ikut saja. Acara offline seperti ini juga tidak kalah menggalang banyak calon konsumen untuk mampir ke online shop Anda. Sentuhan langsung seperti ini akan meninggalkan kesan tersendiri yang membuat online shop Anda terus buzzing.

7. Buatlah Cerita

Photo by Gyorgy Bakos on Unsplash

Menjual tidak hanya sekadar terus-menerus menjejali konsumen dengan info produk terkini yang ada di online shop Anda. Bila itu saja yang Anda lakukan, pelanggan bisa bosan. Anda memerlukan cara lain, misalnya dengan bercerita. Anda bisa bercerita mengenai bagaimana berhubungan dengan salah satu pelanggan. Ceritakan bagaimana serunya hubungan timbal balik penjual-pembeli.

“Teknik bercerita dianggap ampuh membuat konsumen kembali ke online shop Anda.”

Cerita juga bisa dilakukan sebagai upaya mempromosikan produk Anda. Misalnya efek yang didapat ketika menggunakan produk Anda. Anda boleh minta toling beberapa pelanggan untuk bercerita mengenai produk yang telah digunakan. Testimoni seperti biasanya lebih bisa diterima calon konsumen lainnya. Cerita seperti ini lebih bisa diingat calon konsumen sehingga mereka mau kembali membeli ke online shop Anda.

Itulah 7 strategi yang bisa Anda gunakan agar tidak kalah bersaing dengan online shop yang lain. Anda bisa segera mengaplikasi strategi di atas pada online shop Anda tidak usah menunggu hingga setahun berjalannya online shop Anda. Selamat mencoba.

Jika Anda masih kesulitan mendapat barang produk terbaik, mungkin karena Anda belum bertemu supplier yang baik pula. Ya, problem terbesar bisnis online adalah sulit mendapatkan supplier yang bisa dipercaya. Apalagi bila variasi stok barang terbatas, barang bukan dari tangan pertama sehingga harga awal sudah mahal atau supplier itu tidak bisa dihubungi saat orderan di online shop meningkat. Ingin menambah pengetahuan lebih mengenai cara bertemu supplier terjamin yang memiliki ribuan produk siap jual. Klik ► https://outletz.id/panduan-dropship/.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: