7 Strategi Meningkatkan Jualan Online di Marketplace dengan Media Sosial

Strategi ini dibutuhkan untuk meningkatkan jualan online Anda di marketplace menggunakan media sosial. Kini marketplace dan media sosial merupakan 2 komponen bisnis online yang saling melengkapi. Apalagi jika Anda ingin memajukan bisnis online. Kedua komponen tersebut wajib menjadi senjata ampuh Anda dalam menggaet lebih banyak konsumen. Mengingat kini banyak orang aktif menjadi media sosial dan marketplace saat membutuhkan barang.

Platform media sosial telah muncul sebagai alat yang kuat untuk pebisnis dan marketers untuk mempromosikan brand dan mendapatkan arahan yang berkualitas. Khususnya, untuk usaha marketplace, media sosial ini adalah salah satu cara terbaik untuk memasarkan produk dan jasa secara efisien. Sebagai operator, marketers telah memahami pentingnya media sosial dan bagaimana memanfaatkan platform ini untuk soft selling yang digunakan untuk meningkatkan penjualan dengan membangun brand, mengembangkan hubungan dan diakhiri dengan transaksi penjualan.

Sedangkan, situs web adalah tulang punggung bisnis marketplace Anda dan dengan bantuan platform media sosial, Anda dapat dengan mudah mendapatkan tautan kembali ke portal Anda. Jadi untuk bisa mengeksplor semua potensi dari media sosial, Anda wajib memiliki toko online dengan konversi tinggi. Selain mendapatkan tautan berkualitas ke situs web Anda, platform media sosial juga memiliki dampak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Menurut survei pada tahun 2017, 89% responden mengatakan mereka telah dipengaruhi oleh iklan media sosial saat melakukan pembelian.

Melihat pentingnya kerjasama marketplace dan media sosial, Anda perlu bisa menggabungkan kedua komponen ini agar bisnis online Anda berjalan lancar. Outletz telah merangkum apa saja yang bisa menaikkan konversi penjualan bisnis Anda. Berikut ini 7 taktik meningkatkan jualan online di marketplace dengan media sosial.

1. Bangun integritas & tingkatkan kesadaran brand dengan media sosial

7 Taktik Meningkatkan Jualan Online di Marketplace dengan Media Sosial
Photos Helena Lopes from Stock Snap

Untuk meraih sebanyak mungkin followers, Anda perlu membuat halaman marketplace bisnis Anda pada setiap platform ini menarik secara visual serta diperkaya dengan konten yang menarik dan sedap dipandang mata. Selain itu, Anda harus berusaha keras untuk membangun citra yang kuat untuk brand Anda.

“Bangun citra brand dengan cara merangkul audiens Anda.”

Jangan lupa untuk mengupload foto berkualitas dari produk yang Anda miliki. Biasakan berpartisipasi dalam diskusi dan mengajukan pertanyaan kepada audiens Anda. Atur jajak pendapat yang berbeda untuk followers Anda di mana mereka dapat mengekspresikan pikiran mereka secara bebas. Juga, bagikan konten dari sumber eksternal yang andal yang menurut Anda dapat menambah nilai dan dapat membuat pelanggan Anda tetap terlibat.

2. Posting/ bagikan video informatif dan menarik

7 Taktik Meningkatkan Jualan Online di Marketplace dengan Media Sosial
Photos Christina Morillo from Stock Snap

Video-video menarik dan edukatif di marketplace atau halaman media sosial Anda bisa menjadi alat terbaik untuk meraih lebih banyak perhatian. Tetapi pastikan bahwa video Anda terhubung dengan baik dengan ceruk/ niche bisnis Anda.

“Posting atau bagikan video yang relevan dari sumber eksternal di situs web atau platform media sosial Anda.”

Misalnya, buka YouTube dan temukan video yang dapat memiliki dampak besar pada prospek Anda. Bagikan salah satu dari ini dan cobalah untuk mendapatkan lebih banyak target market. Tapi ingat untuk menjaga video ini tetap mobile-friendly sehingga Anda dapat terhubung dengan basis pelanggan yang terdiversifikasi dan global.

Bila Anda kesulitan memilah, mencari dan bingung bagaimana membuat konten yang baik, sebaiknya Anda perlu belajar dari orang yang paham membuat konten. Misalnya para pakar bisnis online yang tergabung di komunitas yang diprakarsai Outletz.id. Mereka sering membagi cara praktis membuat konten yang mudah menarik perhatian audiens karena disesuaikan dengan target market bisnis online Anda.

Yuk, bergabung, klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

3. Jualan langsung di media sosial

7 Taktik Meningkatkan Jualan Online di Marketplace dengan Media Sosial
Photos Wilfred Iven from Stock Snap

Pernahkah Anda melihat bulatan kecil saat melihat sebuah produk di Instagram? Ketika Anda klik bulatan tersebut, maka akan segera muncul keterangan kecil dan harga. Jika Anda klik lagi, maka akan masuk ke laman mengenai produk tersebut dan mendapati lebih banyak detail produk seperti ukuran, bahan dan harga. Di bagian paling bawah, Anda akan mengetahui cara cepat membayarnya. Bila Anda selesai membayar, Anda akan menerima notifikasi pembayaran di email. Dan begitulah proses membeli produk menggunakan Instagram.

“Menurut studi bisnis, penjualan menggunakan media sosial sangat membantu proses marketing dan akan membantu Anda closing lebih banyak transaksi.”

Yap, kini Anda dapat memanfaatkan media sosial Anda untuk menjual penawaran Anda langsung ke pelanggan yang ditargetkan. Mereka dapat menyelesaikan proses checkout bahkan tanpa meninggalkan halaman media sosial. Anda hanya perlu memperhatikan persyaratan spesifik dari platform terkait.

4. Gunakan tagar yang relevan

7 Taktik Meningkatkan Jualan Online di Marketplace dengan Media Sosial
Photo by rawpixel.com from Pexels

Dengan bantuan tagar yang relevan, berbagai posting di platform media sosial akan diklasifikasikan ke dalam bagian yang berbeda. Ini dapat membantu Anda meningkatkan lalu lintas organik ke portal web marketplace Anda karena produk Anda akan terlihat oleh audiens yang tertarget.

“Hashtag yang baik mampu mencakup semua target yang sesuai dengan karakter, lokasi, golongan secara spesifik dan detil.”

Pastikan untuk menemukan tagar yang sedang tren di ceruk/ niche pasar Anda dan mengintegrasikannya ke dalam posting Anda untuk memperluas jangkauan brand Anda. Juga, jangan lupa sertakan beberapa di bagian komentar Anda untuk mencegah posting diberi label sebagai spam.

5. Tingkatkan layanan pelanggan Anda untuk mendapatkan prospek baru

7 Taktik Meningkatkan Jualan Online di Marketplace dengan Media Sosial
Photo by bruce mars from Pexels

Peluang obrolan online melalui media sosial dapat menjadi aset terbesar dalam proses pemasaran. Anda juga dapat terhubung dengan pembeli yang potensial dan segera menanggapi pertanyaan mereka untuk membangun fondasi untuk hubungan yang kuat.

“Layanan CS di media sosial dapat membantu mendekatkan diri pada konsumen mereka dengan mudah, cepat serta support langsung.”

Selain itu, obrolan media sosial memberi prospek Anda peluang untuk mencari dukungan waktu yang nyata dan cepat dari tim Anda yang dapat membawa lebih banyak petunjuk ke media sosial. Anda juga dapat menjaga arahan berkualitas ini dengan perangkat lunak CRM yang ramah untuk memulai.

6. Atur penjualan cepat

7 Taktik Meningkatkan Jualan Online di Marketplace dengan Media Sosial
Photo by Anastasiya Gepp from Pexels

Mengatur penjualan secara kilat dapat membantu Anda menciptakan kesadaran audiens pada produk karena Anda akan menawarkan beberapa produk dengan harga diskon tapi jangka waktunya lebih pendek. Dengan bantuan posting yang menarik dan unik, Anda dapat dengan mudah mempromosikan penawaran ini di banyak halaman media sosial. Misalnya di Instagram dan Facebook.

“Penjualan secara kilat ini akan semakin ampuh jika didukung promosi soft selling sebelumnya.”

Posting ini dapat mendorong lebih banyak pengunjung untuk setidaknya mengunjungi marketplace Anda dan mempertimbangkan untuk mencoba produk tertentu. Selain itu, mereka akan meningkatkan visibilitas merek Anda dan memungkinkan Anda memberikan sesuatu yang sangat istimewa dan bernilai tinggi kepada pelanggan yang kembali berbelanja pada online shop Anda.

7. Menguji iklan online

7 Taktik Meningkatkan Jualan Online di Marketplace dengan Media Sosial
Photo by Negative Space from Pexel

Saat ini, data insight Instagram telah menjadi sangat penting bagi Anda yang melakukan Instagram ads. Ini memberi Anda wawasan yang berguna dalam mengembangkan strategi masa depan. Demikian pula, Anda harus menguji iklan online yang telah Anda pasang di saluran sosial seperti Facebook dan Instgram untuk mengenali kelompok atau kategori pengguna yang paling cocok dengan bisnis online Anda.

“Berdasarkan wawasan, Anda dapat dengan mudah menemukan strategi untuk diterapkan di masa depan.”

Media sosial masih memiliki potensi yang belum dimanfaatkan yang dapat dieksploitasi untuk mendorong penjualan dan konversi untuk bisnis marketplace. Ingatlah untuk selalu menjalankan marketing media sosial untuk bisa mendapatkan 10 kali lipat trafik organik dan meningkatkan visibilitas portal online Anda.

Jika Anda tertarik dengan bagaimana mendapatkan trafik yang baik di media sosial, Anda perlu belajar pada orang-orang yang pakar di bidangnya. Misalnya dengan bergabung dengan komunitas bisnis online yang diprakarsai Outletz.id. Setiap bulannya rutin diadakan event seminar bersama para pakar bisnis online sehingga Anda bisa bertanya langsung mengenai topik problem maupun hal-hal yang dirasa menghambat bisnis online Anda.

Mau segera bergabung? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Demikianlah 7 taktik meningkatkan jualan online di marketplace dengan media sosial. Ingat kedua komponen, media sosial dan marketplace saling melengkapi dalam membantu proses marketing bisnis online Anda. Selamat mencoba. Sukses selalu.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: