7 Sambal Khas Indonesia Bikin Makan Makin Lahap

outletz-Sambal-Khas-Indonesia-Bikin-Makan-Makin-Lahap-bisnis-online-olshop-dropship-kuliner-suroboyo-sambel

Bagi orang Indonesia, makan tanpa sambal terasa kurang mantap. Sambal merupakan salah satu kuliner khas nusantara yang paling dicari. Bahkan untuk orang-orang yang akan atau tinggal lama di luar negeri, mereka sengaja membawa persediaan sambal.

Karena Indonesia terdiri atas banyak keragaman, sambal pun begitu. Bahan bakunya sama, namun terdapat cita rasa sambal yang berbeda di setiap tempat. Misalnya sambal roa dari Manado, sambal matah dari Bali dan lain sebagainya.

Sambal-sambal dia atas terbuat dari perpaduan beberapa bahan segar seperti cabai rawit, tomat, dan sedikit garam. Kerap kali orang yang tidak berasal dari daerah tersebut itu menyukainya. Lantas, sambal mana lagi yang favorit dan ampuh membuat Anda kekenyangan di meja makan? Berikut 7 sambal khas Indonesia bikin makan makin lahap.

Diantara banyaknya macam-macam sambal tersebut, beberapa diantaranya ada yang sangat populer di masyarakat. Apa sajakah jenis sambal tersebut? Yuk simak macam-macam sambal terpopuler di Indonesia berikut ini!

1. Sambal terasi

Source from Pinterest

Siapa yang tak kenal dengan sambal terasi? Sambal yang memiliki rasa yang unik dan khas ini cocok untuk disantap bersama lauk pauk lain. Sambal ini terbuat dari campuran cabai rawit, tomat, bawang merah, garam dan tentunya terasi yang ditumbuk halus.

“Terasi sendiri merupakan bumbu masak yang terbuat dari ikan yang difermentasikan dan berbentuk pasta atau adonan.”

Dalam penyajiannya, terdapat dua jenis sambal terasi yang populer, yakni sambal terasi matang dan sambal terasi mentah. Untuk menambah cita rasa, sambal terasi akan dihidangkan bersama jeruk nipis.

2. Sambal bawang

Source from Pinterest

Belakangan ini, sambal bawang mulai nge-hits dan disukai di Indonesia. Alasannya karena sambal ini memiliki rasa pedas sekaligus gurih dalam sekali lahap. Untuk Anda yang menggemari sambal, jangan lupa cicipi sambal bawang. Sambal yang terbuat dari campuran cabai rawit, bawang putih, gula dan garam, dijamin akan membuat siapa saja yang menyantapnya akan ketagihan.

“Sambal bawang terbuat dari campuran cabai rawit, bawang putih, gula dan garam.”

Rasa sambal bawang yang pedas membakar, membuat sambal bawang cocok disantap bersama dengan ayam goreng, nasi panas, dan lalapan sayur. Mau coba sambal bawang yang terbukti pedas dan gurih? Rasakan langsung Sambal Bawang khas Surabaya Tjap Njaluk. Resep turun temurun ini sengaja dibagikan agar merasakan enaknya sambal khas Surabaya.

3. Sambal kecap

Source from Pinterest

Sambal yang satu ini juga cukup legendaris. Nyaris di seluruh restoran, warung makan, atau bahkan rumahmu sendiri pasti menyediakan atau pernah membuatnya. Rasanya manis-pedas tetapi juga segar karena bahan-bahan yang digunakan masih fresh dan tidak digoreng.

“Sambal ini terbuat dari potongan cabai rawit, bawang merah dah tomat yang disiram dengan kecap manis. “

Biasanya, sambal kecap sering disajikan sebagai menu pendamping ikan bakar. Untuk menikmatinya, potongan cabai dan bawang akan dipenyetkan dengan sendok hingga keluar sari patinya, lalu disantap dengan ikan bakar dan nasi panas. Nikmat!

4. Sambal cabe ijo

Source from Pinterest

Siapa coba yang tidak suka sambal lado ijo atau cabai hijau yang ada di rumah makan khas Padang ini? Tidak terlalu pedas namun rasanya begitu khas dan menyatu dengan lauk penuh santannya. Untuk bisa menyantapnya, Anda tidak harus selalu ke rumah makan khas Padang.

“Bercita rasa sedikit pedas dengan kandungan minyak yang tinggi, sambal ini kerap dihidangkan bersama sajian bersantan seperti sayur tunjang dan rendang.”

Membuat sendiri untuk sambal sehari-hari juga nggak sesulit yang dibayangkan. Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan cabai hijau muda, bawang putih, bawang merah, gula, garam, dan sedikit minyak. Sambal cabe ijo siap disajikan bersama sepiring nasi hangat.

5. Sambal bajak

Source from Pinterest

Jenis sambal satu ini adalah yang paling sering ditemukan di warung-warung makan, terutama di daerah Jawa Tengah. Rasanya cukup manis dan nggak terlalu pedas, tapi ampuh banget untuk meningkatkan nafsu makan.

“Sambal bajak ini dijadikan cocolan untuk ayam goreng yang gurih. Jangan lupa nasi panasnya.”

Nama sambal bajak diambil dari sejarah pembuatan sambal ini. Sambal ini sering dibawa ibu-ibu petani yang membawakan masakan untuk para petani yang sedang membajak sawah. Karena itulah sambal ini dinamakan sambal bajak.

6. Sambal matah

Source from Pinterest

Bagi Anda yang pernah berlibur ke Bali, tentunya sudah tak asing lagi dengan sambal matah. Sambal khas Pulau Dewata ini biasanya menjadi pelengkap kuliner. Mulai dari nasi campur, sate lilit dan sebagainya.

“Berbeda dengan sambal lainnya yang dimasak dulu, sambal matah disajikan dari bahan-bahan segar.”

Tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk membuatnya, karena dengan bahan-bahannya yang sederhana, Anda juga bisa membuat sambal segar ini di rumah. Anda tinggal siapkan bawang merah, daun jeruk purut, cabai rawit merah, serai dan jeruk nipis, campur semuanya dan sambal matah siap disajikan.

7. Sambal mangga

Source from Pinterest

Siapa yang bisa menolak kenikmatan sambal mangga? Terbuat dari perpaduan cabai rawit, gula merah, terasi, dan irisan mangga muda segar, sambal mangga selalu menjadi favorit para pecinta pedas. Rasanya yang pedas dan sedikit asam sangat cocok dipadukan dengan nasi panas, ayam goreng, sayur asem, dan lalapan.

“Buah mangga memiliki rasa asam yang pas jika disandingkan dengan pedasnya cabe rawit. Pelengkap yang sempurna di meja makan.”

Tidak hanya sebagai pelengkap di meja makan, sambal mangga sangat sering dibuat para remaja saat teman-teman kumpul bersama. Entah di sela mengerhakan tugas maupun saat luang di hari libur. Irisan mangga muda memang cocok untuk dirasakan bersama-sama.

Demikianlah 7 sambal khas Indonesia bikin makan makin lahap. Apakah Anda pernah mencoba semuanya? Segera rasakan kekayaan kuliner khas Indonesia ini. Selamat mencoba.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: