7 Rahasia Sukses Pebisnis Online dari Kota Medan

OUTLETZ-karakter-pebisnis-online-dari-medan

Apakah Anda salah satu orang Medan?

Berbanggalah jika Anda berasal dari Medan karena dikenal sebagai orang yang gigih dan tak pantang menyerah. Karakter orang Medan cocok sekali bila menjadi seorang enterpreneur maupun pengusaha di bisnis online. Misalnya saja Chairil Tanjung yang sukses dan masuk dalam daftar orang-orang terkaya menurut Forbes. Pengusaha kelahiran Medan ini tokcer dan memiliki banyak bisnis di bidang media online maupun retail.

Meski selama ini Orang Medan dinilai seseorang berperingai keras dan kasar namun tahukah Anda bahwa itu hanya “sampul”-nya saja. Orang Medan pun dikenal sebagai pribadi yang memiliki etos kerja keras yang tinggi dan kemampuan bekerja dengan tim sehingga banyak goals yang tercapai. Nilai-nilai ini tentu sangat dibutuhkan bila ingin menjadi seorang entrepreneur. Tidak terkecuali bila ingin mencoba dunia bisnis online.

Lalu, apa saja keunggulan orang Medan? Berikut karakter asli orang berdarah Medan yang memiliki jalan menuju pebisnis yang sukses.

1. Lugas, Pengambil Risiko dan Cepat

Selain blak-blakan, Orang Medan juga lugas dalam mengutarakan pendapat (Photo by Helloquence on Unsplash)

Orang Medan dikenal lugas dan cepat dalam mengambil keputusan. Kemampuan ini sangat dibutuhkan di dunia digital yang juga cepat berganti. Tak hanya cepat, mereka juga tanggap dalam mengatasi perubahan. Faktor adaptasi ini menjadi salah satu skill yang bisa membuat siapapun bertahan dengan keras dan cepatnya perubahan di dunia digital. Nah, nilai-nilai ini bisa Anda temukan dalam darah seseorang berkelahiran Medan. Mereka tidak akan menyia-nyiakan peluang yang ada. Namun mereka tidak suka dengan arus bisnis yang tidak jelas karena orang batak memiliki konsistensi tinggi dalam setiap menjalankan bisnis.

“Selain itu, orang Medan berani mengambil resiko.”

Hal inilah yang membuat mereka sangat sering menjadi seorang pengusaha yang sukses. Wajar saja banyak bisnis yang dijalankan oleh orang-orang Medan berhasil dalam bisnisnya.

2. Perantau Tangguh

Jangan kaget bila Orang Medan dikenal sebagai perantau yang tangguh (Photo by Ben White on Unsplash)

Orang Medan juga dikenal tangguh. Mereka tidak mau hanya berdiam diri di kampung halaman dengan tanpa pekerjaan atau menganggur. Orang Medan dikenal sebagai orang yang jika di kampungnya dirasa sudah tidak ada pekerjaan, mereka akan pergi merantau.

“Orang Medan memiliki anggapan pantang pulang kampung sebelum sukses.”

Perhatikan saja, ketika orang Medan pergi merantau kadang dalam keadaan dengan membawa uang secara pas-pasan, mereka berani pergi jauh dari kampungnya. Dengan hidup di rantau tersebut, mereka berpikir bagaimana cara menghasilkan uang. Sehingga pada akhirnya mereka bisa berhasil dalam bisnis yang mereka jalankan. Itulah rahasia sukses berbisnis orang Medan yang jarang diketahui oleh banyak orang.

3. Orang yang Keras

Orang Medan dikenal sebagai pribadi dengan watak yang keras (Photo by rawpixel.com on Unsplash)

Pernah berbicara dengan Orang Medan atau melihat karakter ini di layar televisi Anda? Bagaimana karakter mereka? Kebanyakan orang Medan digambarkan seseorang dengan cara bicara yang keras ditambah dengan aksen melayu. Beberapa dari mereka memang begitu tapi tidak semua orang Medan begitu. Namun jangan pernah sepelekan mereka dalam mempertahankan prinsip.

“Orang Medan terkenal sebagai pribadi yang keras kepala dan sulit untuk dialihkan bila sudah mempercayai suatu prinsip.”

Hal ini juga yang mendorong orang-orang Medan sukses dalam berbisnis. Watak keras tersebut membuat orang Medan itu bisa sukses dalam menjalankan setiap bisnisnya. Anda pun harus memiliki sikap keras dalam mempertahankan prinsip mereka. Untuk itu, rahasia sukses berbisnis orang Medan ini bisa Anda contoh ketika Anda menjalankan bisnis. Terlebih untuk pebisnis online.

Untuk Anda yang tertarik menjadi lebih sukses dalam berbisnis online, Anda bisa belajar dari para pakar dan praktisi yang akan menyelenggarakan Seminar Bisnis Online di Medan. Seminar ini juga akan dihadiri komunitas bisnis online dari Medan dan Aceh. Anda bisa mempelajari bagaimana meningkatkan bisnis online Anda, bertemu dengan seller-supplier dan saling berbagi pengalaman. Seminar ini cocok buat Anda yang sedang fokus membangun online shop didukung dengan media sosial sebagai alat marketing sehingga penjualan produk semakin laku dan dicari konsumen.

Untuk info lengkap, Anda bisa mendaftar pada link berikut ► Seminar Bisnis Online.

4. Toleran dan Menerima Perbedaan

Orang Medan juga terkenal mampu menerima perbedaan (Photo by rawpixel.com on Unsplash)

Orang Medan itu bermacam-macam. Mereka memiliki banyak ras, agama, suku, dan kepentingan. Penampakannya sangat heterogen. Namun mereka tidak terbelit dengan perpecahan karena perbedaan latar belakang. Merek hidup dengan damai satu sama lain dan tidak saling mengusik.

“Dengan perbedaan yang mencolok, orang Medan bisa menerima dan menghargai perbedaan di sekitarnya.”

Tidak semua orang bisa berlaku dewasa dalam menyikap perbedaan. Apalagi untuk orang-orang yang hanya mementingkan diri sendiri. Anda bisa meniru sifat positif ini untuk bisa menerima segala perbedaan yang memang telah ada dalam jiwa Republik Indonesia. Perpecahan hanya bisa memperkeruh perbedaan. Sebaiknya hal ini dihindari agar bisa hidup damai di Indonesia.

5. Irit

Membangun bisnis dengan uang yang sedikit diolah dengan niat yang giat (Photo by rawpixel.com on Unsplash)

Menjadi pengusaha memang membutuhkan modal. Namun jangan berpikir modal dengan nominal yang langsung besar. Bila bisa memulai dengan modal yang sedikit, tentu ini lebih dicari. Nah kemampuan menggunakan modal yang sedikit dan irit ini untuk membangun bisnis online dimiliki orang Medan. Dengan modal yang kecil ditambah dengan etos kerja yang keras membuat bisnis online yang dimulai lambat laun bisa menjadi besar. Anda bisa menguji kesabaran orang Medan dalam mewujudkan niatnya.

Orang Medan sangat bisa diandalkan dalam mengolah keuangan. Ketika seseorang berani menanamkan modal, orang Medan akan menggunakan materi itu sebaik-baiknya dalam menjalankan bisnis. Inilah rahasia yang tidak dimiliki kebanyakan orang yang akan menjadi pengusaha.

“Tanpa disadari, orang Medan memang terlahir menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur sejati.” 

6. Tidak Lupa Kampung Halaman

Orang Medan selalu ingat dari mana asal mereka (Photo by rawpixel.com on Unsplash)

Ketika merantau dan sukses, Orang Medan tidak pernah lupa akan kampung halamannya. Meskipun mereka sudah berada di rantau bertahun-tahun, ketika dirasa bisnisnya sukses, maka mereka akan pulang kampung. Meskipun hanya sekadar melihat kondisi kampung saja. Hal itu terbukti dari banyaknya orang berdarah Medan yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

“Mereka akan segera balik kampung ketika sudah sukses dalam berbisnis.”

Tidak hanya itu, orang Medan sangat menjunjung tinggi budaya asal sehingga di manapun berada. Orang Medan tidak meninggalkan identitas. Segala yang dianggap baik diserap dan akan selalu diamalkan di manapun mereka berada. Contohnya menghormati orang yang lebih tua atau menghargai sesama.

7. Pintar Mengelola Keuangan

Salah satu skill terbaik Orang Medan adalah pintar mengelola uang (Photo by Helloquence on Unsplash) 

Rahasia sukses berbisnis orang Medan yang jarang diketahui oleh orang banyak orang lainnya adalah mereka orang yang pintar dalam mengelola keuangan bisnis. Orang Medan selalu menghitung setiap harga produk, keuntungan dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan keuangan.

Tidak banyak orang yang bisa mengelola keuangan dengan baik karena diperlukan perhitungan yang tepat dalam menentukan keputusan. Kebanyakan orang salah langkah sehingga keuangan menjadi kacau.

“Orang dengan kepintaran dalam mengelola keuangan dijamin mampu mengatur bisnis online dan biasa bertahan lama.”

Itulah ke-7 karakter yang telah mendarah daging dalam tubuh orang Medan. Karakter-karakter ini mendukung seseorang untuk menjadi pebisnis online. Untuk Anda yang masih ragu, bingung dan takut mencoba bisnis online, cobalah datang ke seminar yang diadakan Outletz. Di sana Anda akan bertemu reseller-supplier yang tergabung dalam komunitas bisnis online sehingga tidak merasa sendiri dan memiliki semangat penuh memulai bisnis online. Tertarik mendaftar, klik di sini ► Seminar Bisnis Online.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: