7 Rahasia Sukses Jualan online di Marketplace

OUTLETZ-rahasia-tips-trik-jualan-online-bisnis-supplier-baik-shop-sukses-marketplace

Kemudahan dunia digital kini merambah ke banyak hal termasuk dalam berbisnis. Aktivitas berbisnis online semakin diminati karena kemudahan dan keuntungan yang didapat. Modalnya pun tidak sebanyak bila Anda tertarik membuka kios di pasar atau tenant di mal. Tentu biayanya mahal. Namun kini bisnis online bisa dilakukan menggunakan banyak media. Misalnya media chat dengan WhatsApp, Line maupun Telegram.

Yang tidak kalah disukai adalah berbisnis online di media sosial seperti menggunakan Facebook atau Instagram. Kedua aplikasi ini disukai pebisnis online pemula karena pemakaiannya yang mudah dan segera mendapat respon dari calon konsumen. Anda pun bisa segera berkomunikasi dan melakukan transaksi jual beli produk di toko online Anda.

Tidak berhenti pada 2 media itu saja, kemunculan marketplace kini bisa dikatakan menjadi sarana jual-beli yang kini diminati pebisnis online pemula. Ada banyak orang “menaruh” barang, memberikan caprion yang mendetail, tidak lupa harga dan kontak agar mudah dihubungi. Kini ribuan barang tersedia di marketplace. Mau mencari barang di marketplace, Anda tinggal mengetik jenis produk maka tersedialah variasi barang yang Anda cari.

Berjualan di marketplace sebenarnya tidak semudah yang Anda kira. Ada banyak tips, trik dan rahasia agar toko online Anda tetap bisa berkembang dan diterima masyarakat. Untuk Anda yang tertarik mengembangkan bisnis dan membuka toko di marketplace, Outletz akan memberikan rahasia penting yang perlu Anda ketahui agar bisa sukses berjualan online di sana. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Produk Siap Jual

Photo by Jason Blackeye on Unsplash

Sebelum berjualan di marketplace, Anda perlu menyiapkan produk yang akan ditawarkan. Cara termudah mendapatkan barang yang cepat laku dan sedang diburu konsumen adalah meneliti pasar di sekitarmu. Ada juga yang menyarankan, lebih baik menjual produk yang unik dan berkualitas dari daerah sekitar Anda. Karena dengan produk khas daerah atau unik, biasanya keberadaannya mudah di jumpai di sekitar Anda dan memiliki harga yang lebih bersaing karena banyaknya produsen yang memproduksi barang tersebut.

“Menjual barang dari sekitar Anda akan memudahkan dalam mencari stok barang lainnya. Dampak lainnya, harga lebih terjangkau dan keuntungan yang didapat lebih banyak.”

Saran lainnya, kalau bisnis online bergerak di bidang perabotan rumah tangga, Anda perlu menyiapkan jenis-jenis perabotan rumah tangga dengan lengkap. Kekhasan atau keunikan produk menjadi kunci utama untuk menarik minat para konsumen. Namun, Anda harus memerhatikan produsen produk tersebut sehingga saat produk habis di toko, Anda dapat me-restock produk dengan cepat agar konsumen tidak menunggu terlalu lama.

(Baca juga: 5 Jenis Produk Terlaris Untuk Bisnis Online Dropship)

2. Jual Kualitas

Photo by The Creative Exchange on Unsplash

Hal kecil yang sering diabaikan para pebisnis adalah kualitas produk. Tidak dapat dimungkiri, barang yang berkualitas memiliki harga jual yang cukup mahal sehingga sering kali menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen sebelum membeli suatu produk. Namun, produk berkualitas memiliki umur ekonomis yang cukup lama sehingga dapat dipakai selama bertahun-tahun.

“Ingat, untuk selalu menjual barang-barang yang berkualitas agar konsumen tidak kecewa dan memiliki keinginan untuk melakukan pemesanan kembali.”

“Apa yang dibayarkan sesuai dengan kualitas yang didapat”. Meskipun produk yang Anda jual mahal, kualitasnya dijamin bagus. Konsumen akan merasa puas dan pasti akan kembali berbelanja di lain kesempatan. Bandingkan jika produk yang Anda jual cepat rusak, konsumen akan merasa kecewa dan tidak akan kembali lagi untuk berbelanja.

3. Bertemu Supplier Baik

Photo by Tim Mossholder on Unsplash

Berdagang tidak hanya menjual produk tapi juga bagaimana mendapat supplier yang baik sehingga keuntungan yang didapat bisa lebih banyak. Ini akan menjadi masalah bila Anda hanya bergantung pada 1 supplier dan itu belum terjamin kinerjanya. Hal ini kerap terjadi pada pebisnis online pemula yang masih sulit membedakan supplier.

“Cara bisa sukses menjadi pebisnis online adalah bertemu dan menjalin relasi dengan banyak supplier yang bisa diandalkan.”

Bertemu supplier yang baik bisa dari relasi atau Anda mendapatkan informasi dari internet. Semakin banyak Anda mendapatkan informasi, akan memudahkan Anda memilah para supplier. Mau cara lain bisa bertemu supplier yang bisa diandalkan? Anda bisa mencoba langsung dan bergabung di Outletz.id. Di aplikasi buatan anak bangsa ini mewadahi supplier dan reseller yang kompeten. Mereka ini memiliki jaringan luas dengan variasi produk hingga ribuan. Untuk bisa bekerja sama dengan para supplier ini, Anda bisa mendaftar free user pada link berikut. Menariknya, ada bonus hingga jutaan rupiah yang bisa Anda dapatkan di setiap bulan. Tertarik mendapatkan bonus bulan ini? Klik info selengkapnya di sini ► https://outletz.id/sales-contest/.

4. Download Aplikasi

Photo by Fancycrave on Unsplash

Jenis marketplace di Indonesia kini ada bermacam-macam. Misalnya Lazada, Bukalapak, JD.ID, Tokopedia, Shopee dan lain-lain. Anda bisa membuka toko online di banyak marketplace secara sekaligus. Yang Anda bisa segera lakukan adalah mendownload aplikasi. Bila menggunakan iOS maka mencari aplikasi marketplace di App Store. Jika smartphone Anda menggunakan Android, maka aplikasi bisa ditemukan di Play Store.

“Untuk memudahkan berjualan di marketplace, Anda bisa membuka online shop dengan bantuan smartphone Anda. Aplikasi bisa ditemukan di App Store (jika menggunakan IOS) dan Play Store (jika menggunakan Android).”

Anda bisa mendownload aplikasi market place pada ponsel, setelah itu lakukan proses pendaftaran dengan mamasukkan profil Anda, nomor handphone, e-mail, Pin BBM ataupun social media lain yang Anda miliki. Dengan memiliki aplikasi market place secara langsung, Anda dapat lebih mudah menjalankan usaha Anda di mana pun dan kapan pun.

5. Lengkapi Data & Foto Produk secara Serius

Photo by freestocks.org on Unsplash

Mengapa disarankan secara serius? Karena foto dan caption yang serius akan menunjukkan bahwa pembuatnya niat. Jika dibuat secara serius, maka foto produk dan caption tidak akan asal-asalan. Sebab, foto yang asal-asalan akan membuat calon pembeli bingung dan akhirnya malah tidak jadi membeli. Anda perlu mengambil gambar produk secara baik dan menuliskan caption yang detail agar bisa membantu calon pembeli membayangkan produk itu. Ingat, kelemahan membeli secara online adalah tidak bisa mengetahui barang secara langsung.

“Cari keunikan pada produk Anda dan gambarkan pada deskripsi untuk membuat online shop Anda tidak dipandang sama dengan pesaing lainnya.”

Produk yang Anda jual di marketplace kemungkinan besar sama dengan para pesaing lain. Namun, Anda bisa membuat sedikit perbedaan dari deskripsi produk. Tuliskan deskripsi yang jelas, informatif, dan lengkap mengenai produk yang Anda jual agar konsumen mengetahui gambaran kasar dari produk tersebut sebelum memutuskan untuk membeli.

(Baca juga: 5 Caption Online Shop di Facebook Beromzet Jutaan Perbulan)

6. Mengenali Kebutuhan Konsumen

Photo by Vadim Sherbakov on Unsplash

Kebutuhan tiap-tiap konsumen tentu berbeda. Contoh konkretnya adalah gadget pada anak muda dan orang tua. Jika anak muda membutuhkan gadget yang super canggih di era digital, orang tua cukup membutuhkan gadget yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Supaya dapat memahami kebutuhan konsumen, Anda harus menetapkan target pasar yang jelas terlebih dahulu agar dapat menentukan spesifikasi produk yang hendak dijual.

“Dengan memahami target pasar yang jelas akan membuat produk Anda cepat laku karena produk tersebut benar-benar dibutuhkan konsumen.”

Cara lainnya adalah meneliti dan memahami pasar. Misalnya Anda dalam sehari memfokuskan diri sebagai konsumen dan mencoba mengunjungi online shop yang lain. Anda bisa mencoba pelayanan yang lain dan membandingkan apakah pelayanan pada online shop Anda sudah lebih baik. Dengan begitu, Anda bisa merasakan dan mengaplikasikan pada toko di marketplace yang telah dipilih.

7. Memberikan Fasilitas yang Memadai

Photo by rawpixel on Unsplash

Fasilitas yang dimaksudkan di sini berupa kemudahan-kemudahan yang diberikan toko online. Entah itu dari segi transaksi, pengembalian barang, ataupun biaya pengiriman. Agar toko online milik Anda tidak kalah bersaing, sediakan segala kemudahan bagi para konsumen agar mereka bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan mudah pula tanpa hambatan sedikit pun.

“Dengan memberikan nomer kontak yang bisa dihubungi konsumen akan membuat terjalin hubungan penjual-pembeli yang baik.”

Satu hal yang tidak kalah penting adalah komunikasi. Bangun komunikasi yang baik dengan para konsumen. Tidak hanya dari segi bahasa yang digunakan, tapi juga dari segi kecepatan saat merespons pertanyaan konsumen. Berikan nomor kontak yang selalu bisa dihubungi agar tidak membuat konsumen bosan lalu pergi dan merasa kecewa dengan pelayanan Anda.

Demikianlah rahasia sukses membuka online shop di marketplace yang bisa Anda terapkan. Marketplace merupakan wadah bagi para pebisnis online untuk menjajakan produk yang dijualnya dengan lebih mudah, aman, dan menguntungkan. Agar berbisnis di marketplace mendulang kesuksesan, lakukan tips-tips di atas dengan benar. Jangan lupa juga untuk selalu berinovasi pada strategi pemasaran dan produk yang dijual agar tidak kalah bersaing dengan toko online yang lain.

Menambah untung bisa dari mana saja. Misalnya kesuksesan membuka online shop di marketplace hingga mendapat undian karena menjual lebih banyak produk. Mau bonus tambahan setiap bulan total hingga 250 juta? Ikuti Reseller Sales Contest yang diadakan Outletz.id. Setiap bulan akan diundi pemenang dan mendapatkan jutaan rupiah. Tertarik mendapatkan bonus bulan ini? Klik info selengkapnya di sini ► https://outletz.id/sales-contest/.

Mau dapat banyak informasi mengenai dropship, bisnis online dan bagaimana memulainya, Anda bisa mengikuti terus blog ini atau membaca related post di bawah ini. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: