7 Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan Bagi Generasi Milenial

Beberapa peluang bisnis ini cocok untuk generasi milenial yang terkenal dengan tabiat tidak bertahan lama bekerja kantoran. Apalagi, kantor dengan peraturan ketat. Mereka adalah generasi pemikir yang tak suka dengan hal-hal kurang efisien. Tak heran, saat ini banyak dari mereka memilih menjadi pebisnis.

Generasi milenial adalah generasi serba instan yang ingin lebih bebas dalam mengekspresikan diri. Termasuk, dalam pilihan profesi. Itulah sebabnya, sulit bagi mereka bekerja dengan penentuan jam kerja. Alih-alih melihat jam kerja mereka yang singkat, ada baiknya melihat tingkat produktivitas mereka.

Jared Buckley, seorang konsultan dan pelatih kepribadian dari Millennial Skills Coach, Amerika Serikat, mengatakan generasi milenial adalah generasi yang mudah bosan. Jika setiap hari mereka melakukan pekerjaan sama, akan bosan dan tidak akan betah di tempat kerja tersebut. Mereka justru lebih suka jika mendapat tugas-tugas baru yang lebih menantang.

Generasi milenial lebih menyukai pekerjaan yang tidak mengikat. Mereka akan memilih perusahaan yang memiliki jadwal fleksibel daripada perusahaan dengan jadwal nine-to-five. Karena dengan jadwal yang fleksibel, mereka bisa mengatur rencana bekerja mereka sendiri. Namun di balik semua fakta di atas, generasi milenial masih bisa bekerja dengan cara kreatifnya. Misalnya memulai usaha bisnis online. Lalu peluang bisnis online seperti apa yang cocok untuk generasi milenial? Cek ulasan tentang 7 peluang bisnis online yang menjanjikan bagi generasi milenial.

1. Jasa potret

Photo by Benjamin Combs on Unsplash

Jika dijalani dengan tekun, hobi pun bisa menjadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan. Contohnya saja hobi fotografi. Jika bisa mempotret gambar yang apik dan anglenya menarik, Anda bisa menjual hasil fotomu tersebut di beberapa website yang khusus menjual foto seperti shutterstock.com, istockphotos.com, dreamstime.com, dan lain sebagainya.

“Salah satu cara cepat agar pengguna internet mengenal Anda sebagai fotografer adalah dengan menaruh hasil fotografi Anda di website stok foto.”

Usahakan untuk selalu mencaritahu foto apa yang banyak diinginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat karena tingkat permintaannya pasti lebih tinggi. Dengan begitu, foto-foto Anda banyak disukai dan dicari oleh pengguna internet.

2. Berbisnis online dropship

Photo by Blake Wisz on Unsplash

Ide bisnis online selanjutnya adalah menjadi drophipper. Banyak orang yang menyamakan dropshipper dengan reseller. Padahal keduanya ini berbeda. Kalau Anda menjadi reseller, pastinya Anda butuh modal untuk membeli barang dagangan terlebih dahulu, tapi kalau Anda menjadi dropshipper, Anda tak perlu modal untuk membeli barang dagangan.

“Menjadi dropshipper merupakan cara bisnis paling mudah, cepat dan ringkas.”

Sistemnya seperti ini, Anda menjual pakaian milik distributor kepada pembeli, nanti kalau pembeli jadi membeli pakaian tersebut dan sudah membayar kepadamu, pakaian tersebut akan dikirim oleh distributor atas nama dirimu kepada pembeli setelah Anda melakukan pembayaran kepada distributor. Jadi Anda tak perlu keluar modal terlebih dahulu untuk membeli pakaian tersebut. Untung yang didapat adalah dari selisih harga yang Anda cantumkan pada harga yang ada pada toko online-mu sendiri.

Jika Anda memiliki pertanyaan dan ingin tahu lebih dari bisnis online dropship, Anda bisa bergabung dengan komunitas bisnis Outletz.id. Setiap bulannya, Outletz.id memiliki event bisnis online yang sayang bila dilewatkan. Anda bisa bertanya langsung pada pakar bisnis mengenai topik dropship maupun berkaitan dengan bisnis online lainnya.

Mau segera bergabung dengan Outletz.id? klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

3. Membuka Bisnis Kuliner unik

Photo by Le Creuset on Unsplash

Bisnis kuliner bisa dibilang tidak ada matinya. Makanan memang menjadi kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Namun, saat ini ada perubahan perilaku pelanggan dimana para pelanggan lebih menyukai bisnis kuliner yang menyajikan makanan estetik di tempat yang instagramable. Selain itu, makanan yang dihidangkan juga haruslah tampak cantik supaya terlihat menarik di Instagram.

“Apabila Anda tertarik untuk berbisnis kuliner, ada baiknya Anda mulai memikirkan dekorasi restoran atau kafe yang akan Anda bangun.”

Dunia kuliner memang sangat menjanjikan keuntungan cukup lumayan. Kalau milenial yang terjun ke bisnis tersebut, biasanya akan memunculkan ide-ide segar untuk sajian menunya. Terciptalah menu makanan dan minuman yang unik yang lahir dari pemikiran anak milenial, karena sebelum membuka bisnis kuliner, pasti mereka akan menganalisa pasar terlebih dulu. Sebagai contoh, muncul restoran dengan menyajikan menu minuman green tea, thai tea, sate taichan, dan berbagai macam menu unik lainnya.

4. Merancang bisnis travelling

Photo by Ibrahim Rifath on Unsplash

Bisnis travel di Indonesia memang sangat laku keras, baik itu yang menawarkan wisata dalam negeri maupun luar negeri. Biasanya agen travel akan menawarkan paket wisata 3 hari 2 malam atau 5 hari 4 malam sehingga harganya jadi lebih murah. Nah, Anda bisa menjadikan bisnis travel ini sebagai ide bisnis online. Tawarkan paket wisata yang sesuai dengan tren atau yang sesuai dengan kepribadian calon pelanggan Anda. Gandeng beberapa perusahaan travel untuk dapat menjalankan bisnis paket wisata ini.

“Cara paling mudah memulai bisnis travelling adalah menciptakan itinerary sesuai dengan kebutuhan klien.”

Bisnis travelling online tidak melulu itinerary saja. Anda juga bisa menyiapkan faktor pendukung lainnya. Misal membuka persewaan sepeda, sepeda motor, mobil maupun alat transportasi lainnya. Namun jika Anda memiliki skill bahasa asing, Anda juga bisa menjadi pemandu wisata.

5. Menjual jasa desain

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Buat yang suka mendesain, Anda bisa menjalankan ide bisnis online jasa desain grafis yang mengandalkan kreativitas, imajinasi, dan seni. Jasa desain grafis yang diberikan bisa berupa jasa pembuatan logo, banner, poster, kemasan, kartu nama, kartu undangan pernikahan, dan lain sebagainya.

“Semakin banyak undangan online yang dibutuhkan pengguna internet menjadi lahan bisnis yang bisa Anda coba.”

Untuk menarik banyak minat pelanggan, Anda harus membuat portofolio terlebih dahulu agar calon pelanggan bisa melihat sejauh mana kemampuanmu mendesain. Unggah portofolio di Instagram pribadi agar banyak orang yang bisa melihat karyamu.

6. Memulai bisnis fashion online

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Industri fashion saat ini sedang berkembang drastis. Salah satu pemicu perkembangannya adalah munculnya media sosial yang menjadi alat promosi yang ampuh. Melihat perkembangan ini, banyak lho millenial yang sukses mendirikan bisnis fashion.

“Kreativitas para millenial menghasilkan produk-produk fashion otentik yang digandrungi banyak anak muda.”

Untuk Anda yang ingin terjun di bisnis fashion, terus asah kreativitas Anda dan hasilkan produk-produk otentik. Buatlah produk fashion yang unik sehingga tampil menonjol dibanding kompetitor.

7. Mendirikan agensi media sosial

Photo by Kobu Agency on Unsplash

Media sosial mengalami perkembangan pesat akhir-akhir ini. Setiap orang kemungkinan besar memiliki smartphone dan akun media sosial. Pelaku bisnis saat ini sedang bersaing untuk memperebutkan perhatian calon pelanggan di media sosial. Namun, seringkali usaha mereka gagal lantaran mereka tak tahu caranya, tak memiliki tim, atau tak memiliki waktu. Nah, di sinilah Anda bisa berperan.

“Agensi medsos bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan karena bidang ini sangat dibutuhkan saat ini.”

Jika Anda memiliki pengetahuan dan skill untuk me-manage media sosial, Anda bisa memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan itu untuk dijadikan layanan. Anda bisa memasarkan jasa Anda ke online shop dan bisnis yang sedang membangun brand secara online.

Itulah tadi 7 peluang bisnis menjanjikan yang bisa dilakukan millenial di 2019. Meskipun ditujukan untuk millenial, bisnis-bisnis di atas juga bisa Anda jalani juga lho. Asalkan Anda tekun, kreatif, dan jeli melihat peluang, usaha Anda akan berbuah manis. Selamat mencoba.

Jika ada di antara Anda yang masih bingung bagaimana cara memulai bisnis online atau tertarik mengulik bisnis, Anda bisa datang dan bertanya langsung pada pakar bisnis online di Outletz.id. Karena setiap bulannya, Outletz.id mengadakan event seminar bisnis online khusus untuk member. Dengan bergabung, Anda bisa bertanya langsung mengenai bisnis online.

Mau bergabung dengan Outletz.id? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: