7 Panduan Lengkap Menggunakan WhatsApp Business

OUTLETZ-panduan-lengkap-menggunakan-whatsapp-business-online-shop-bisnis-online-dropship

Sudahkan Anda menggunakan WhatsApp Business?
Bila belum, inilah waktunya Anda segera menggunakan media chat itu.

Anda disarankan menggunakan WhatsApp Business untuk kepentingan bisnis. Sebab aplikasi pesan yang diluncurkan September 2017 terbukti bisa mempermudah pebisnis untuk lebih komunikatif dengan konsumen. Apalagi aplikasi pesan ini memang menyasar segala kalangan, dari UKM hingga perusahaan besar.

Lalu kenapa harus menggunakan WhatsApp Business? Menurut techcrunch, pengguna WhatsApp aktif mencapai 1.5 miliar di dunia dengan pengguna di Indonesia sebanyak 35.8 juta. Setiap harinya, enam puluh miliar pesan teks dikirimkan, seratus juta kali panggilan suara dilakukan, dan 55 juta kali panggilan video dilakukan via WhatsApp.

Dengan jumlah pengguna dan aktif setiap saat tentu kondisi ini akan mempermudah Anda untuk menjalin banyak relasi dan mengembangkan bisnis Anda. Berikut tips dan trik menggunakan WhatsApp Business agar lebih memaksimalkan potensi bisnis Anda.

1. Unduh Aplikasi

Photo from Voitto Blog

Penggunaan aplikasi bisnis ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi pesan instan sebelumnya, mulai dari pengunduhan hinga pendaftaran akun. Hanya saja, akun pada WhatsApp Business memiliki fitur-fitur yang lebih menunjang usaha bisnis.

“Untuk bisa mendapatkan WhatsApp Business, aplikasi ini tersedia di Google Play.”

Pengguna Android bisa mengunduh aplikasi WhatsApp Business di Google Play secara gratis. Namun, amat disayangkan untuk para pengguna IOS tidak bisa mengunduh aplikasi bisnis ini karena hanya tersedia di platform android. Jangan bersedih, ada kemungkinan jika pihak WhatsApp akan menyediakan untuk pengguna IOS.

2. Persiapkan Profil

Photo from Business Today

Sebelum menggunakan aplikasi tersebut, Anda harus sign up dan mengisi beberapa kolom penting. Sama halnya dengan WhatsApp Messanger, Anda akan diminta untuk memverifikasi nomor telepon. Jangan lupa untuk memilih kode negara!

“Sebelum menginstal, sebaiknya Anda telah menyiapkan profil online shop agar memudahkan saat memasukkan data.”

Setelah proses sign-up berhasil, maka form selanjutnya adalah penamaan pada akun bisnis. Perhatikan dengan benar pada penamaan akun bisnis Anda karena tidak akan bisa diubah kembali. Jika sudah memasuki akun bisnisnya, Anda dapat melengkapi profil mulai dari alamat, kategori, deskripsi, jam kerja, email dan website.

3. Wadah Promosi Produk

Photo by Artificial Photography on Unsplash

Sama seperti aplikasi WhatsApp personal, WhatsApp Business juga memiliki fitur status yang bisa dijadikan wadah promosi Anda. Dengan fitur itu, Anda bisa memasang status dan berinteraksi dengan konsumen mengenai produk yang akan ditawarkan. Apalagi dengan adanya story, Anda bisa mendemonstrasikan produk secara visual. Dengan adanya status tersebut, Anda bisa mempromosikan produk secara halus pada konsumen dan mereka tidak merasa dibombardir spam atau broadcast message yang biasanya mengganggu.

“Adanya fitur status, Anda bisa mempromosikan produk terbaru di online shop pada pelanggan.”

Untuk Anda yang masih pemula di dunia bisnis online, hal yang perlu diurus tidak hanya memperluas penggunaan media chat saja. Masalah stok produk dan pemilihan supplier hingga mekanisme dropship bisa jadi belum beres. Cara termudah adalah mencari tahu supplier yang bisa Anda percaya dan mendapat panduan melakukan dropship yang benar. Misalnya dari banyak sumber seperti artikel maupun ebook free. Salah satu free ebook dropship menarik adalah “Panduan Bisnis Online Dropship Beromzet Ratusan Juta Perbulan” dari Outletz.id. Untuk mendapatkan ebook ini Anda hanya perlu registrasi mudah dan Anda tinggal mengikuti step by step sebagai berikut:

  1. Masuk ke web utama Outletz.id dan klik “Daftar Gratis Sekarang”.
  2. Isi kolom daftar.
  3. Untuk Anda yang ingin mencoba trial, bisa memilih yang free. Jangan lupa klik registrasi.

Selain Anda mendapatkan ebook secara gratis, Anda juga bisa merasakan benefit bergabung dengan Outletz.id secara trial. Anda bisa merasakan benefit seperti bertemu dengan supplier tepercaya dengan variasi barang dagangan mencapai ribuan.

4. Melengkapi Form Fitur Perpesanan

Photo from Google Play

Setelah menyelesaikan profil, sebaiknya Anda juga menyiapkan perpesanan otomatis. Perpesanan ini membantu Anda agar komunikasi dapat berjalan dengan baik terhadap pelanggan. Perpesanan otomatis ini akan membantu Anda yang tidak bisa 24 jam meng-handle chat konsumen. Salah satu pesan yang perlu diperhatikan adalah ucapan selamat datang. Ini merupakan fitur dimana Anda akan memberikan sapaan secara personal dan otomatis kepada akun yang baru saja menjadi follower.

“Anda juga perlu menyiapkan pesan cadangan di WhatsApp Business agar komunikasi tetap terjaga.”

Dengan fitur ini, kedekatan dengan follower akan lebih terbangun karena mereka akan sangat senang bila mendapatkan sapaan secara personal. Nah, Anda bisa melakukan optimasi pada welcome greeting ini. Caranya? Selain menyapa, informasikan juga hal-hal penting terkait bisnis Anda yang perlu diketahui follower. Misalkan, informasikan akun media sosial lain yang Anda miliki beserta alamat websitenya, produk yang Anda jual dan lain-lain. Dengan begitu, follower akan lebih mengenal Anda dan akan merasa lebih dekat dengan Anda.

5. Customer Care Setiap Saat

Photo by rawpixel on Unsplash

Sesungguhnya dibutuhkan orang yang bisa menjawab semua pertanyaan konsumen melalui aplikasi pesan setiap saat. Untuk perusahaan besar, memang ada orang yang bekerja harus stand by menjawab pertanyaan seputar perusahaan dan produk.

“Pada WhatsApp Business terdapat fitur perpesanan seakan Anda memiliki asisten.”

Sekarang ini hanya dengan WhatsApp Business, Anda bisa seakan memiliki customer care. Bantuan fitur respons cepat juga akan memudahkan Anda menjawab berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen.

6. Bagikan Kode Promo

Photo by Negative Space on Pexels

Anda juga bisa membagikan kode promosi kepada konsumen yang ada di dalam kontakmu. Kode promo ini dapat digunakan konsumen untuk membeli produk yang ada di situs web Anda dengan potongan harga atau penawaran menarik lainnya.

“Dengan fitur status pula, Anda bisa berbagi informasi mengenai online shop. Salah satunya bila ada promo atau diskon.”

Belum lagi dengan fitur penyematan foto dan lokasi yang memudahkan konsumen mengetahui jenis promosi yang Anda jalankan. Misalnya promo bulan puasa atau menjelang Lebaran.

7. Adakan Diskusi dengan Konsumen

Photo by Ben White on Unsplash

Untuk mendukung keberhasilan promosi maupun marketing produk, Anda memerlukan bantuan konsumen yang telah menggunakan produk yang Anda tawarkan. Di WhatsApp Business terdapat kemudahan untuk melakukan diskusi dengan konsumen. Cara ini tentu bisa membantu membangun brand Anda menjadi lebih baik.

“Kemudahan lain yang bisa Anda dapatkan adalah fitur diskusi dengan banyak pelanggan.”

Nah biasanya hasil menggunakan survey tapi untuk memangkas biaya, Anda bisa menggunakan fitur pada WhatsApp Business. Anda bisa mengadakan diskusi untuk meminta pendapat konsumen tentang produk yang relevan dengan bisnismu.

Demikianlah panduan dan tips n trik yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan mengaktifkan WhatsApp Business, Anda bisa mengupgrade hubungan dan komunikasi bersama konsumen produk bisnis onlinemu.

Untuk Anda yang tertarik mendapatkan barang-barang dengan mutu terjamin dan bekerjasama dengan supplier yang bisa dipercaya, Anda bisa mengeceknya di Outletz.id. Segera bergabung untuk bisa menikmati manfaat baik bisnis online dropship lainnya. Informasi lengkap, klik link berikut ► solusi bisnis online dropship.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: