7 Manfaat Fitur Instagram Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

outletz-Manfaat-Fitur-Instagram-Tingkatkan-Penjualan-Bisnis-Online-digital-marketing-olshop-dropship

Fitur pada Instagram terbukti ampuh mendorong peningkatan jualan online sehingga omzet bisa terus melonjak. Cara ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal asalkan penerapannya sesuai dengan target dan relevan dengan market.

Banyak pebisnis yang mengklaim Instagram sebagai media yang sukses menaikkan penjualan produk dalam sebuah promosi brand. Karena fakta ini, Instagram bersinergi membuat wadah khusus bisnis yang pastinya memberikan kemudahan seperti adanya insight. Selain itu, adanya fitur-fitur pada Instagram dibuat untuk terus mendukung bisnis online.

Misalnya fitur stiker yang sampai saat ini selalu ada yang baru. Stiker ini ampuh menarik perhatian followers dengan desain, GIF, efek foto, dan warna yang tentu saja perlu dipadu padan sedemikian rupa. Belum lagi stiker polling dan question yang diklaim ampuh meningkatkan keterlibatan followers karena mereka bisa mengajukan pertanyaan seputar produk maupun brand Anda.

Fitur-fitur lainnya juga tidak kalah hebat. Apa saja? Outletz telah merangkum 7 manfaat fitur Instagram tingkatkan penjualan bisnis online Anda. Cek ulasannya berikut ini.

1. Membuat kuis

Photo by Paul Hanaoka on Unsplash

Instagram punya fitur stiker baru. Fitur interaktif ini berbentuk kuis. Sebelumya, mungkin Anda familiar dengan fitur poling dan tanya-jawab. Kini, satu fitur baru dirilis, yakni “quiz sticker”.

“Fitur quiz sticker memungkinkan Anda melempar pertanyaan pilihan ganda yang nantinya bisa dipilih followers.”

Fitur quiz sticker di Instagram Stories tersedia di menu “sticker”. Jika Anda belum mendapatkannya, perbarui (update) Instagram lebih dahulu melalui Google Play Store atau Apple App Store. Apabila masih belum tersedia, bersabarlah, karena fitur ini disebar oleh Instagram secara bertahap di beberapa wilayah.

Cara menggunakan fitur ini sama dengan penggunaan stiker lainnya. Setelah video atau foto Instagram Stories dibuat, ketuk ikon “sticker” di sisi kanan atas. Kemudian pilih “quiz”, dan isi pilihan ganda yang diajukan. Maksimal pilihan ganda yang bisa ditulis hanyalah empat pilihan. Fitur ini telah meluncur untuk platform Android maupun iOS.

2. Kantong belanja

Photo by freestocks.org on Unsplash

Akhirnya Indonesia measakan fitur belanja (Shopping) di Instagram Stories. Sebelumnya, hanya beberapa negara saja yang bisa merasakan fitur ini. Awalnya fitur hanya tersedia pada linimasa utama alias Feed. Dengan fitur Shopping pada Stories, para brand bisa menjajakan katalog produk dan membubuhkan stiker tas belanja (Shopping Bag).

“Ketika diklik, Shopping Bag bakal memberikan informasi lebih lanjut tentang produk tersebut.”

Bukan cuma itu, pengguna juga bisa tertaut langsung untuk membeli produk via Stories. Dengan begitu, fungsi Stories dan Instagram secara keseluruhan telah bertambah. Bukan cuma untuk mencari inspirasi visual dan mengetahui kabar teman, Instagram juga bisa dibilang sebagai platform e-commerce.

3. Menghitung mundur

Photo by Aron Visuals on Unsplash

Selain fitur di atas, Intagram juga memperkenalkan stiker Countdown interaktif pada Instagram Stories. Pengguna dapat menghitung mundur dan membangkitkan antusiasme pengguna lain dalam menyambut sebuah momen tertentu, seperti Tahun Baru atau akhir pekan.

Tambahkan stiker Countdown pada Story dengan memilihnya di laman stiker setelah mengambil sebuah foto atau video. Beri nama untuk Countdown, tambahkan tanggal dan jam, serta pilih warna stiker yang ingin Anda gunakan sebelum membagikannya dalam Story pengguna.

“Setelah hitung mundur berakhir, setiap orang yang mengikuti atau membagikan Countdown akan menerima notifikasi bahwa Countdown telah berakhir.”

Setelah membuat stiker Countdown, pengguna dapat menggunakan kembali dan melanjutkan Countdown dengan mengakses stiker Countdown dari laman stiker hingga hitung mundur terhadap sebuah momen tertentu selesai. Follower dapat menekan simbol anak panah di sudut kanan atas stiker untuk mengikuti Countdown atau membagikannya di Story mereka.

4. Menampung pertanyaan

Photo by bruce mars on Unsplash

Instagram punya fitur tanya-jawab serupa AskFM.  Lewat fitur ini, pengguna bisa menyediakan kolom pertanyaan yang dapat diunggah lewat Instagram Stories. Pada kolom inilah pengguna lain bisa melontarkan pertanyaan pada si pemilik akun. Pertanyaan-pertanyaan ini kemudian bisa ditampung dan dijawab oleh pemilik akun lewat unggahan Instagram Stories berikutnya.

“Fitur question ini semakin meramaikan lini masa Insta Stories Anda. Apalagi jika Anda memiliki banyak pengikut dan ingin terus berinteraksi dengan followers.”

Menggunakan stiker pertanyaan ini pun caranya sederhana. Pertama, pastikan Instagram Anda sudah diperbarui lewat Play Store maupun App Store. Kemudian siapkan foto yang akan diunggah di Insta Stories. Setelah foto dipilih, maka akan muncul opsi berupa ikon stiker (kotak tersenyum) pada bagian atas. Opsi ini juga sama dengan pilihan untuk memunculkan fitur polling dan lokasi. Jika ikon tersebut disentuh, maka akan muncul banyak pilihan fitur. Untuk fitur tanya-jawab maka pilih opsi “Question”. Fitur Question di Instagram memungkinkan pengguna berinteraksi lewat tanya-jawab.

Setelah itu, kolom pertanyaan akan muncul. Anda tinggal mengisi seruan atau ajakan untuk memberi pertanyaan pada Anda. Jika ada pertanyaan yang masuk Anda bisa melihatnya dengan menggeser layar ke atas, serupa dengan cara mengecek siapa saja yang telah melihat Stories yang diunggah. Untuk membalasnya pertanyaan pun sangat simpel. Anda tinggal memilih pertanyaan mana yang akan Anda jawab. Secara otomatis jawaban tersebut akan menjadi unggahan Insta Stories berikutnya.

5. Jajak pendapat

Photo by John Schnobrich on Unsplash

Dengan stiker polling Instagram Stories, Anda bisa membuat pertanyaan dan menawarkan pilihan. Orang yang menyaksikan Story-mu, bisa menekan salah satu pilihan. Kemudian Anda bisa melihat mana yang lebih banyak dipilih.

“Fitur Polling membuat followers dan Anda bisa terlibat interaksi yang seru.”

Caranya tidak berbeda dengan menggunakan stiker lain. Pertama, tentu saja Anda merekam gambar terlebih dahulu. Entah foto atau video. Kedua, aktifkan pilihan stiker, dan tekan pilihan POLL. Ketiga, tulis pertanyaan beserta pilihannya. Setelah itu tinggal kirim ke Instagram Stories. Bagaimana melihat hasilnya?

Tekan Stories-mu, geser ke atas, dan lihat hasilnya. Selain ada jumlah hasil, juga ada informasi siapa saja orang yang memilih di stiker polling Instagram Stories-mu.

6. Menjawab cepat

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Tipe konsumen Indonesia memiliki ciri khas yang unik dalam komunikasi yang disebut social commerce. Konsumen sangat menyukai chatting dengan menanyakan berbagai macam informasi, termasuk yang telah tertera. Untuk tetap bisa mengatur komunikasi dengan pelanggan, Instagram bisnis memiliki fitur “auto reply” atau balasan cepat.

“Dari survey Instagram dan IPSOS, 82% responden dari UMKM mengaku menerima pesan langsung (DM) dari pelanggannya setiap hari.”

Fungsi fitur ini mirip dengan frequently ask question (FAQ). Anda bisa menemukan di pengaturan, lalu cari pengaturan bisnis kemudian pilih balasan cepat. Anda bisa menulis balasan yang bersifat baku untuk mempercepat respon ke konsumen. Setelah tersemat, Anda bisa memilih ikon pesan yang berjajar dengan ikon GIF, foto dan hati.

7. Meluncur ke website

Photo by Le Buzz on Unsplash

Semakin banyak selebgram,  influencer, toko online, atau media online di Instagram kerap menampilkan opsi “swipe-up” (geser ke atas) di bagian bawah layar. Fitur “swipe-up” di Instagram Story memungkinkan pengguna untuk menuju ke sebuah laman web yang disematkan pemilik akun. Dengan begitu, traffic atau kunjungan ke situs web tersebut akan terdongkrak.

“Fitur swipe up memudahkan followers menuju link dengan cara menaruh di kolom yang sudah disediakan.”

Untuk sementara, fitur ini hanya tersedia untuk akun Instagram yang terverifikasi (dengan lencana biru), atau akun Instagram untuk bisnis yang memiliki pengikut lebih dari 10.000 akun. Selebgram, influencer, atau pun penerbit berita, telah memanfaatkan fitur ini untuk memudahkan follower (pengikut) mereka menuju ke laman situs web mereka, atau yang mereka iklankan.

Demikianlah 7 manfaat fitur Instagram tingkatkan penjualan bisnis online. Kemunculan fitur-fitur ini terus berlanjut karena ini sebaiknya jangan hanya terpaku pada 1 fitur saja. Anda wajib mengeksplor fitur lainnya agar semakin banyak interaksi bersama followers. Selamat mencoba.

Jika Anda masih mau belajar lagi soal media sosial untuk meningkatkan konversi bisnis online, Anda bisa bergabung dengan komunitas Outletz.id. Komunitas ini bergerak bisnis online. Setiap bulannya akan selalu ada event seminar dimana akan ada pakar bisnis online yang share tren bisnis online dan bagaimana bisa bertahan termasuk soal media sosial. Anda bisa cerita langsung sekaligus mendapat jawaban atas problem Anda. 

Mau segera mencoba outletz.id? https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: