7 Manfaat Alami Kayu Manis Untuk Meningkatkan Kesehatan

OUTLETZ-manfaat-alami-kayu-manis-untuk-meningkatkan-kesehatan-raw100

Familiarkah Anda dengan kayu manis?

Sejauh mana Anda mengetahui kehebatan kayu manis? Tahukah Anda, kayu manis adalah rempah-rempah yang bagus untuk menurunkan berat badan? Tak hanya itu saja, di dalam kayu manis terdapat banyak kandungan baik seperti potasium, mangan, kalsium, magnesium, seng, dan zat besi.

Kayu manis ini sebenarnya mudah sekali ditemukan dan khasiatnya telah banyak diketahui orang-orang. Cara mengolah kayu manis pun mudah. Beberapa orang menambahkan kayu manis ke dalam masakan karena ampuh menambah aroma lezatnya. Anda juga bisa menaburkan bubuk kayu manis atau mengonsumsi makanan dengan bahan kayu manis. Cara paling sederhana mengolah kayu manis adalah dengan merebus kayu manis. Dengan meminum air rebusan itu, Anda bisa mendapatkan manfaat sehat. Apa saja? Berikut ini 7 manfaat alami kayu manis untuk meningkatkan kesehatan. Cek ulasannya berikut ini.

1. Manfaat kayu manis untuk kesuburan

Manfaat kayu manis lainnya untuk kesehatan adalah dengan mendukung kesuburan. Ya, bukan rahasia lagi bahwa kesuburan memegang peranan penting terutama bagi mereka yang mendambakan buah hati. Sebuah penelitian seperti yang dikutip dari Natural Fertility Info, konsumsi kayu manis akan mengurangi risiko wanita untuk terkena penyakit PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome. Penyakit ini membuat fungsi ovarium terganggu sehingga menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormonal.

“Kayu manis berguna dalam melawan penyakit ini karena kandungan enzim phosphatidylinositol 3-kinase di dalamnya.”

Manfaat kayu manis lainnya untuk kesuburan adalah berguna untuk memperlancar siklus mentruasi bagi mereka yang jadwal datang bulanannya kacau balau.

2. Melindungi Wajah dari Iritasi

Photo by Andreas Fidler on Unsplash Kayu manis adalah sumber serat yang sangat baik untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Sebab, racun yang menumpuk bisa akan membuat kulit tidak bercahaya dan cantik lagi.

“Kayu manis memiliki sifat antibiotik dan antimikroba yang akan melindungi kulit dari iritasi, ruam, reaksi alergi, dan infeksi.”

Manfaat kayu manis untuk wajah ini bisa Anda dapatkan dengan cara mengoleskan minyak esensial jika kulit yang mengalami peradangan, nyeri, atau kemerahan. Selain itu, mencampur bubuk kayu manis dengan madu juga berguna untuk mencegah jerawat atau gangguan kulit lainnya.

3. Menurunkan Berat Badan

Photo by i yunmai on Unsplash

Manfaat kayu manis yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan. Penelitian dari University of Michigan Life Sciences Institute menemukan bahwa kayu manis mengandung zat yang disebut dengan Cinnamaldehyde. Zat ini berguna untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

“Untuk mendapatkan kayu manis guna menurunkan berat badan, rebuslah kayu manis dan kemudian minum air rebusan tersebut dengan dicampur madu.”

Air rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Sebab minuman ini membantu dalam mendetoksifikasi sistem tubuh, membuatmu cepat kenyang, serta menekan nafsu makan.

Sumber dari outletz.id

Mau punya tubuh bebas lemak dan indah dipandang namun tidak punya waktu untuk mengolah kayu manis? Ada cara lain mengonsumsinya lho, misalnya dalam bentuk suplemen. RAW 100% adalah produk kesehatan teruji yang memiliki varian kayu manis.

4. Tinggi zat antioksidan

Photo by rawpixel on Unsplash

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang tinggi akan kandungan zat antioksidan di dalamnya. Bisa dikatakan antioksidan adalah musuh besar radikal bebas. Jika dibiarkan, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat. Radikal bebas ditengarai sebagai penyebab berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga Alzheimer. Antioksidan sebagai penetralisir sifat reaktif radikal bebas dapat mencegah penyakit-penyakit tersebut.

“Beberapa jenis antioksidan yang banyak ditemukan di dalam kayu manis adalah polifenol, asam fenolik, dan flavonoid.”

Tidak hanya diseduh dalam bentuk minuman, Anda bisa mengonsumsi kayu manis menjadi makanan. Kayu manis bisa ditambahkan ke oatmeal, roti panggang, dan sebagainya. Tapi jika terlalu banyak, kayu manis bisa berbahaya bahkan membuat kinerja hati menjadi buruk. Saat ini dokter masih terus melihat manfaat dari kayu manis ini.

5. Mengobati Flu

Photo by Spencer Backman on Unsplash

Flu yang disebabkan virus influenza ini sangat mudah menyebar, apalagi di musim penghujan. Untuk Anda yang tidak memiliki imun tebal, akan sangat mudah terkena flu.  Kebanyakan orang biasanya langsung pergi ke dokter atau meminum obat untuk mengatasinya. Namun, tahukah Anda bahwa ada satu cara mudah, sederhana dan murah untuk mengatasi penyakit ini?

“Di setiap 1 sendok teh kayu manis mengandung 19 kalori, 4 gram serat, kalsium, zat besi, vitamin K, dan mangan.”

Anda bisa mengatasi flu hanya dengan mengonsumsi madu dan juga kayu manis. Madu mengandung zat anti peradangan, antioksidan, dan juga anti jamur yang akan mengobati flu dan mengembalikan stamina tubuh agar sehat. Saat dipadukan dengan kayu manis, dua campuran ini akan menenangkan gejala flu. Cara lainnya, Anda bisa mencampurkan saja 1/4 sdt bubuk kayu manis dan 1 sdm madu. Minum campuran ini dua kali dalam sehari untuk mengobati flu. Anda juga bisa menyeduhnya menjadi teh hangat yang akan membuat tubuh lebih tenang. Campurkan saja 2 sdm madu dalam teh kayu manis. Minum minuman hangat ini dan flu akan segera enyah dari tubuhmu.

6. Mencegah Gangguan Kognitif dan Mendukung Kesehatan Otak

Photo by NordWood Themes on Unsplash

Lagi-lagi karena kandungan zat antioksidan memberi manfaat kayu manis untuk mencegah penurunan kognitif dan melindungi kesehatan otak. “Kandungan zat antioksidan di dalam kayu manis akan mengaktifkan protein pelindung saraf yang melindungi sel-sel otak dari mutasi dan kerusakan stres oksidatif. Sehingga penyakit dengan gangguan neurologis seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer bisa dicegah,” terang penelitian seperti yang dikutip dari Draxe.

“Kayu manis memiliki kemampuan untuk memperlambat perkembangan penyakit otak seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer karena nutrisi di dalamnya akan meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak.”

Ini telah teruji bahwa mencium aroma kayumanis dapat meningkatkan proses kognitif Anda. Akan tetapi mengonsumsi secara rutin dapat meningkatkan fungsi otak. Kayu manis meningkatkan memori, fokus, dan perhatian. Selain itu, mengonsumsi sedikit kayu manis setiap harinya dapat melawan sikap cepat marah, depresi, dan mencegah sakit kepala.

7. Meredakan Nyeri Haid

Photo by rawpixel on Unsplash

Menurut National Center For Biotechnology, wanita yang tersiksa dengan kram menstruasi bisa meringankan kram yang mereka derita dengan minum air kayu manis. Karena kayu manis bersifat analgesik dan anti koagulasi yang membantu mengurangi rasa nyeri.

“Kayu manis memiliki khasiat anti-inflamasi yang membantu meringankan gejala PMS seperti kram dan juga kembung.”

Aroma kayu manis akan membantu menenangkan suasana hati dan juga emosi yang labil selama PMS. Susu kayu manis adalah solusi terbaik untuk mengatasi semua gejala PMS yang mengganggu. Konsumsi saja susu kayu manis setiap hari saat PMS, menstruasi, dan beberapa hari pasca menstruasi. Anda juga disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral selama masa menstruasi. Perbanyak juga minum air putih untuk menghindari berbagai gangguan saat PMS agar tidak terlalu menyakitkan.

Demikianlah 7 manfaat alami kayu manis untuk meningkatkan kesehatan Anda. Cara mengelola kayu manis sangat bervariasi. Anda bisa memilih sesuai dengan selera. Ada yang menyeduhnya dengan air dan madu atau menambahkan pada roti bakar. Konsumsi secara rutin agar bisa merasakan khasiat kayu manis. Selamat mencoba.

Untuk Anda yang tidak punya waktu, Anda bisa mengonsumsi kayu manis dalam bentuk kapsul. Misalnya mengomsumsinya pun simpel. Hanya memakan kapsulnya sesuai dengan takaran. Diantara suplemen kayu manis yang terbukti bagus ada RAW 100% yang ampuh menurunkan kadar gula penderita Diabetes Tipe II, membantu tubuh mengkonversi gula dalam darah menjadi sumber energi (mencegah beralih menjadi lemak) dan memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Dapatkan RAW 100% hanya di Outletz. Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: