7 Cara Sukses Memulai Online Shop dari Nol

OUTLETZ-tips-buka-olshop-dari-nol

Tak banyak orang yang memahami bagaimana cara membuka online shop untuk pemula. Outletz akan memberikan 7 tips yang terbukti ampuh mudah diaplikasikan sehingga kamu bisa mencontoh dan merasakan sendiri bagaimana mudahnya bikin online shop.

Mungkin Anda adalah seorang anak dari pengusaha yang telah lama memiliki usaha. Orang tua Anda kebingungan untuk mencoba bisnis secara online. Nah, mereka meminta Anda untuk meneruskan usaha keluarga dan merambah ke bidang online. Sayangnya Anda tidak memiliki banyak pengalaman di ranah online.

Kisah lainnya, mungkin Anda adalah orang yang bukan siapa-siapa namun tertarik untuk mencoba dunia bisnis online. Mengingat sekarang semuanya serba digital dan orang-orang memilih membeli apapun dengan mudah dan cepat dari ponselnya.

Apapun latar belakang Anda, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis online. Berikut ulasan yang bisa dicontoh untuk mulai membangun bisnis online.

1. Paham Produk yang Dijual

Ada baiknya sebelum memulai bisnis online Anda terlebih dahulu menentukan produk untuk dijual secara online. Anda bisa melakukan survey untuk melihat produk yang sedang tren dan banyak dicari masyarakat. Misalnya produk fashion, elektronik, obat herbal, aksesori kuliner dan lain-lain.

“Dengan menentukan produk yang tepat untuk dijual maka usaha Anda dapat berjalan dengan baik dan banyak meraih keuntungan.”

Riset produk paling mudah dilakukan lewat marketplace. Cari produk melalui kolom pencarian dan seberapa banyak produk tersebut dicari. Lalu cari supplier produk tersebut.

2. Bergabung dengan Komunitas Online

“Dengan bergabung dengan komunitas bisnis online yang positif, Anda bisa mendapat banyak belajar.”

Misalnya saling berbagi kisah inspiratif dan bagaimana mereka bertahan di bisnis online. Anda serasa memiliki mentor yang juga relasi dalam bisnis online tersebut. Proses belajar tersebut membuat Anda merasa kondusif dan terarah dengan pasar online.

3. Menentukan Target Pasar

Seringkali calon pebisnis online tidak memikirkan hal ini terutama pebisnis pemula.

“Padahal sangat perlu untuk menentukan target pasar sebelum membuka online shop mengingat persaingan yang semakin ketat.”

Menentukan target pembeli yang lebih spesifik seperti pria dan wanita atau anak-anak remaja dan orang dewasa akan dapat membuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan yang besar karena ketika melakukan promosi arahnya jelas siapa target konsumen.

4. Mencari Pemasok atau Supplier

Setelah menentukan produk apa yang akan dijual secara online dan target pembeli maka langkah selanjutnya adalah mencari pemasok barang atau supplier.

“Saat ini ada banyak sekali supplier yang menawarkan kerjasama baik dalam bentuk dropship maupun dalam bentuk agen.”

Misalnya jika ingin menjual produk pakaian, Anda bisa melakukan survey pakaian yang lagi tren lalu mencari supplier yang menyediakan barang tersebut. Anda bisa menghubungi supplier untuk menjalin kerjasama.

5. Buat Website Online

Langkah selanjutnya membuat website jualan. Dengan memiliki website sendiri, Anda bisa mengakomodir dan menata sesuai dengan kebutuhan dan selera.

“Memiliki website online sendiri bisa menjadi parameter apakah Anda orang yang serius dalam menjalani bisnis online ini.”

Konsumen pun akan menjadi mantap bila hendak bertransaksi dengan Anda.

6. Promosi secara Online

Selain membuat website sendiri, Anda juga bisa menjual produk di marketplace. Kemudian yang perlu Anda lakukan adalah adalah proses promosi. Dengan media sosial yang kini membludak, tentu saja ini memudahkan konsumen mengetahui produk Anda.

“Social chat ini akan berguna bila konsumen menginginkan informasi lebih lanjut terkait produk yang Anda jual, transaksi hingga konfirmasi penjualan.”

Anda perlu memilih media sosial yang dikuasai. Misalnya, Facebook, Twitter maupun Instagram. Anda juga perlu memiliki social chat khusus untuk melayani konsumen.  Seperti BBM, WhatsApp, Telegram maupun LINE.

7. Punya Mindset Bisnis yang Benar

“Untuk memulai bisnis, sebaiknya Anda mempunyai aset mindset bisnis yang baik dan benar.”

Bila belum punya, sebaiknya segera dibangun. Kenapa penting? Karena aset ini akan bekerja untuk Anda. Jangan sampai usaha online tersebut malah membuat Anda mengorbankan hal-hal lainnya. Misalnya pekerjaan utama atau waktu bersama keluarga.

Demikianlah tips dan trik memulai online shop sukses untuk pemula. Relasi, kerja keras, dan semangat pantang menyerah merupakan kunci memulai usaha tersebut. Selamat mulai membuka toko online Anda.

Untuk Anda yang tertarik mempelajari media sosial guna meningkatkan penjualan secara online, Outletz mengadakan seminar yang akan memberikan Anda banyak insight berkaitan dengan bisnis online dan bagaimana memasarkan menggunakan media sosial.

Mau Menjadi Reseller bersama OUTLETZ? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: