7 Cara Gratis Tingkatkan Penjualan Bisnis Online di Facebook

Outletz-cara-tips-gratis-tingkatkan-penjualan-bisnis-online-shop-dropship-olshop-facebook

Facebook sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia masih menjadi sebuah alat yang bisa diandalkan untuk menaikkan bisnis online Anda. Gimana caranya menaikkan bisnis online di Facebook? Anda bisa menggunakan Facebook Marketing yang terkenal sangat mudah, efisien dan efektifitas luar biasa.

Beberapa pebisnis online memanfaatkan fitur-fitur Facebook seperti Facebook Ads. Cara ini digunakan untuk mempromokan produk Anda dan berbayar. Jika Anda masih baru dan tidak memiliki dana untuk iklan berbayar, Anda bisa menggunakan cara yang free.

Outletz akan memberikan tips & trik memaksimalkan Facebook Marketing untuk keperluan bisnis secara gratis. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Ubah ke Facebook Fanspage

Photo by Tim Bennett on Unsplash

Langkah awal untuk menjalankan strategi pemasaran bisnis mengunakan facebook adalah mengetahui karakteristik facebook itu sendiri. Didalam facebook terdapat facebook personal dan fanspage. Untuk pemasaran via Facebook, gunakanlah fanspage bukan Facebook personal.

“Facebook Fanspage memiliki banyak manfaat yang bisa mendukung bisnis online Anda daripada yang personal.”

Mengapa facebook fanspage? Hal ini dikarenakan facebook personal terbatas hanya bisa menampung 5000 friends, lain halnya dengan facebook fanspage, fanspage bisa menampung friends dalam bentuk like tidak terbatas, sehingga tidak aneh ada akun merek atau public figure difanspage yang memiliki jumlah like mencapai ratusan ribu bahkan jutaan.

2. Rencanakan Konten Facebook

Photo by rawpixel on Unsplash

Tips yang penting untuk memaksimalkan facebook marketing adalah dengan membuat perencanaan konten. Konten yang terencana membantu pemasar atau pebisnis untuk menentukan arah strategi konten pemasaran yang akan dilakukan melalui Facebook. Beberapa contoh perencanaan konten tersebut bisa berisi kapan status akan dipublish serta isi statusnya.

“Menjadwalkan konten membuat Anda mudah mengarahkan memasarkan produk maupun jasa bisnis online Anda.”

Beberapa status yang bisa dibuat untuk Facebook marketing, misalnya status update yang bermanfaat : Berisi tips, link artikel, kutipan, gambar yang menarik dan berbagai artikel bermanfaat. Kemudian status berisi produk-produk yang dijual ataupun status update tentang produk atau promo terbaru.

3. Buatlah Konten Bermanfaat dan Berkualitas

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Facebook Fans Page adalah salah satu fasilitas yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan performa bisnis online Anda di internet. Buatlah konten yang bermanfaat bagi fans Anda di Facebook. Banyak orang ingin melihat konten yang menarik dan original. Hindari mempromosikan produk atau merek Anda secara langsung dan terus menerus karena orang pasti akan bosan melihat halaman Facebook Anda.

“Konten yang berkualitas bisa membuat fans Anda kembali mengklik laman bahkan membaginya di medsosnya hingga berulang kali.”

Konten yang bagus bisa didukung dari produk juga. Semakin Anda bisa mengulas detail maka konten lebih menarik. Nah masalahnya ada beberapa pebisnis yang ragu dengan produk yang dijual. Bisa jadi faktor itu karena Anda kekurangan produk. Jika Anda memiliki masalah ini, Anda bisa mengecek dan mendapatkan solusi termudahnya dari Outletz.id. Platform ini memiliki banyak supplier dengan ribuan variasi produk. Anda tidak perlu risau bekerja sama karena mereka merupakan supplier terjamin. Jika tertarik bekerja sama dengan supplier di Outletz, Anda bisa daftar disini sebagai free user dan dapatkan pula free ebook menarik.

4. Lakukan Facebook Marketing dengan Konsisten

Photo by Marten Bjork on Unsplash

Hal yang penting dalam strategi pemasaran melalui social media facebook ini adalah kita harus konsisten untuk update status. Berdasarkan riset mashable serta pengalaman kami menghandle klien, jumlah efektif update status adalah 4-6 status per hari.

“Dengan konsisten, fans akan menganggap bahwa produk Anda serius dan media sosial dikelola tim yang profesional.”

Permasalahan yang kerap dialami oleh pebisnis pemula adalah seringnya tidak konsisten saat menjalani strategi facebook marketing. Salah satu solusi yang bisa dilakukan agar kita konsisten menjalankan facebook marketing adalah perlunya rekrutmen orang khusus atau tim yang nantinya akan bertanggung jawab menangani facebook kita.

5. Kapan dan Bagaimana Memposting

Photo by Brad Neathery on Unsplash

Audiens harus merasa bahwa fanspage Anda dikelola oleh tim yang profesional. Mulailah dengan memposting 1 konten per hari dan lakukan secara konsisten karena ini bisa meningkatkan basis komunitas Anda secara bertahap. Facebook juga memungkinkan untuk penjadwalan postingan sehingga ketika Anda berhalangan atau tidak berada di dekat komputer untuk menulis maka konten Anda bisa terposting secara otomatis di Facebook fans page Anda.

“Lakukan penjadwalan unggah konten di Facebook secara otomatis untuk membantu pekerjaan Anda.”

Posting secara konsisten dan teratur akan membuat fans semakin percaya terhadap profesionalitas bisnis online Anda. Jadi jangan abaikan penjadwalan dalam posting di Facebook page.

6. Terlibat dengan Fans

Photo by rawpixel on Unsplash

Setelah mendapatkan fans di Facebook, Anda harus mempertahankan dan mengembangkan tingkat perhatian mereka. Kenali audiens dan pastikan Anda tahu kepada siapa Anda berbicara. Pantau gender, lokasi, dan usia audiens untuk memaksimalkan efek dari setiap postingan yang dibuat. Facebook memungkinkan Anda semua untuk menargetkan posting dengan faktor-faktor di atas.

“Kenali audiens dan pastikan Anda tahu kepada siapa Anda berbicara. Pantau gender, lokasi, dan usia audiens untuk memaksimalkan efek dari setiap postingan yang dibuat.”

Sangat penting untuk melibatkan diri dengan para penggemar di Facebook. Cara yang paling mudah adalah dengan mengomentari kembali komentar dari penggemar. Atau kalau tidak, sekadar klik like untuk menyukai komentar penggemar sudah sangat berarti bagi mereka. Memberikan tagging nama penggemar juga merupakan sesuatu yang baik bagi penggemar Anda di halaman Facebook.

7. Lakukan Pengujian Terus Menerus

Photo by Tran Mau Tri Tam on Unsplash

Facebook fans page adalah tempat yang sempurna untuk mencoba berbagai cara baru dalam melibatkan komunitas di media sosial dengan bisnis Anda. Uji format postingan yang berbeda, jenis konten, panjang deskripsi, jumlah hash tags, jumlah link, dan lainnya, ini untuk mengetahui jenis postingan seperti apa yang paling baik untuk komunitas Anda. Melalui dashboard Facebook fans page kita dapat menganalisis metrik yang paling penting, misalnya efektivitas postingan dan informasi demografis.

“Uji format postingan yang berbeda, jenis konten, panjang deskripsi, jumlah hash tags, jumlah link, dan lainnya, ini untuk mengetahui jenis postingan seperti apa yang paling baik untuk komunitas Anda.”

Anda akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman penting dengan cara mencobanya langsung. Percobaan yang berulang-ulang untuk mengukur efektifitas dan efisiensi yang paling sempurna. Sukses mengelola Facebook Page adalah proses berulang-ulang dengan konsistensi. Jangan takut untuk mencoba taktik baru.

Demikian tips meningkatkan penjualan bisnis online di Facebook. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda terutama bagi Anda yang tengah merintis karirnya dalam berbisnis. Selamat mencoba.

Untuk Anda yang tertarik mendapatkan barang-barang dengan mutu terjamin dan bekerjasama dengan supplier yang bisa dipercaya, Anda bisa mengeceknya di Outletz.id. Segera bergabung untuk bisa menikmati manfaat baik bisnis online dropship lainnya. Informasi lengkap, klik link berikut ► solusi bisnis online dropship.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: