5 Tips Sukses Bisnis Online dari Miliarder Terkaya di Dunia

Outletz-Tips-Sukses-Bisnis-Online-dari-Miliarder-Terkaya-di-Dunia-olshop-dropship

Siapa sangka Amazon yang dulu awalnya hanya menjual buku kini sukses mengantarkan foundernya menjadi orang terkaya di dunia. Baru-baru ini pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos kembali menduduki posisi puncak daftar Forbes World’s Billionaires 2019 atau menjadi orang terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai $131 miliar atau sekitar Rp 1.854 triliun.

Jeff Bezos terkenal sebagai seseorang yang berani mengambil peluang bisnis. Bahkan, ketika dia hanya melihat itu berupa satu peluang kecil, berani mengambilnya. Penilaiannya yang cerdik ini kemudian bisa memacu pertumbuhan bisnis Amazon, yang awalnya hanya toko buku online kecil menjadi perusahaan senilai hampir 1 triliun dollar AS saat ini.

Di balik semua itu, Bezos terkenal sebagai seseorang yang dermawan. Dia juga kerap membagikan rahasia kesuksesan pada para pemegang saham dalam surat tahunan Amazon sejak 1997. Anda pun tertarik bagaimana tips membangun bisnis agar bisa sesukses Bezos, bukan?

Outletz.id telah merangkum apa saja tips sukses berbisnis agar bisa meniru Amazon yang kini memiliki 300 ribu orang karyawan dan menghasilkan hampir 1 triliun dollar AS saat ini. Berikut ini 5 tips sukses bisnis online dari miliarder terkaya di dunia. Cek ulasan di bawah ini.

1. Berpikir jangka panjang

Photo by bruce mars on Unsplash

Sejak awal seorang Bezos sepertinya begitu yakin dengan kesuksesan yang bisa diraihnya dari Amazon. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana pria ini memikirkan berbagai langkah yang akan memajukan bisnisnya untuk jangka yang panjang. Berbagai strategi dijalankan untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan, dan bukan hanya sekadar mendapatkan laba besar dalam waktu yang singkat dan sesaat.

“Jika ingin sukses, Anda harus memiliki niat untuk bertahan di bidang yang Anda sukai dalam jangka waktu yang lama.”

Ketika dihadapkan pada beberapa pilihan, Bezos cenderung tidak impulsif dengan mengikuti bursa saham atau keinginan investor. Sebagian besar keputusannya didasarkan pada analisa dan kesabaran untuk menuai hasil di masa mendatang.

2. Jangan takut gagal

Image by Free-Photos from Pixabay

Sebagai seorang pebisnis, Jeff Bezos terkenal sebagai seseorang yang pantang menyerah. Proses Amazon menuju kesuksesan tidak didapat dengan instan. Jeff Bezos juga melakukan trial and error. Yang membedakan Jeff dan orang yang gagal adalah cara Jeff menghadapi kegagalan itu sendiri.

“Jika tidak keras kepala, Anda akan menyerah pada eksperimen yang terlalu cepat. Dan jika tidak fleksibel, Anda tidak akan melihat solusi berbeda untuk masalah yang Anda coba selesaikan.”

Ketika ada ide yang kurang berhasil, Jeff dan tim Amazon langsung mengambil langkah untuk berhenti dan digantikan dengan hal lain. Langkah cepat dan rasa tidak takut gagal juga menjadi hal yang penting bagi kesuksesan Amazon.

3. Fokus pada pelanggan

Image by Pexels from Pixabay

Tidak sekadar berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Amazon memang secara khusus berupaya keras untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan-pelanggannya. Kepuasan pelanggan akan menjadi poin penting di dalam bisnis online, dan hal ini disadari betul oleh seorang Bezos sejak awal.

“Satu hal yang paling penting adalah fokus secara obsesif pada pelanggan. Tujuan Amazon adalah menjadi perusahaan yang paling berpusat pada pelanggan di dunia.”

Secara konsisten Amazon mempelajari kebutuhan dan juga perilaku pelanggannya, sehingga situs belanja ini bisa berupaya lebih baik untuk memberikan apa yang dicari dan dibutuhkan pelanggan secara maksimal. Hal ini dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan menampung berbagai masukan dari para pelanggannya.

Bukan hanya itu saja, Amazon juga memberikan ruang yang cukup luas bagi pelanggan yang ingin berbagi ulasan dan pengalaman mereka, sehingga bisa menjadi tolak ukur bagi pelanggan lainnya yang akan berbelanja. Jika sebagian besar perusahaan menghindari berbagai keluhan pelanggan, maka hal tersebut tidak terjadi di Amazon.

4. Perlakukan karyawan seperti pemilik

Image by Werner Heiber from Pixabay

Di dalam setiap pertemuan dan rapat internal, Amazon menerapkan pola yang unik dalam mengambil keputusan. Setiap orang akan diminta untuk menuliskan ide mereka dan menuangkann dalam beberapa lembar kertas, di mana masing-masing yang datang akan memiliki kewajiban untuk membaca dan membedah setiap ide ini secara mendalam, sebelum akhirnya sebuah keputusan diambil untuk perusahaan.

“Ada dua jenis perusahaan, yaitu perusahaan yang bekerja untuk meningkatkan proses dan perusahaan yang bekerja untuk menurunkan proses.”

Hal ini akan efektif, sebab berbagai ide cemerlang untuk mengembangkan bisnis bisa dihasilkan dengan proses yang lebih kreatif dari setiap orang yang berkepentingan di dalam perusahaan. Sebagai imbalan, Bezos tidak sungkan-sungkan untuk memberikan penghargaan kepada para karyawannya, baik kepada mereka yang mencoba dan berhasil dengan baik ataupun kepada mereka yang mencoba dan tidak berhasil dalam percobaan tersebut.

5. Alokasikan uang untuk prioritas

Image by Kevin Schneider from Pixabay

Mengatur keuangan dengan ketat merupakan salah satu kunci utama yang mendukung kesuksesan Amazon hingga seperti sekarang. Hal ini telah dibiasakan oleh Jeff Bezos sejak awal berdirinya Amazon dan masih menempati ruangan kecil saja sebagai kantornya.

“Saya pikir berhemat mendorong inovasi, seperti halnya kendala lainnya. Satu-satunya cara untuk keluar dari kotak pengekang adalah dengan menemukan jalan keluar Anda.”

Bezos menerapkan sistem penghematan untuk berbagai kebutuhan yang tidak begitu penting dan lebih memilih untuk mengalokasikan dana ke berbagai kepentingan lainnya. Terlebih yang berkaitan dengan pengembangan dan pertumbuhan bisnis secara berkesinambungan. Hal ini jelas berimbas dan menjadi salah satu pola kerja yang diterapkan di Amazon, di mana para karyawannya tidak dibiasakan dengan berbagai fasilitas gratis yang nyaman.

Demikianlah 5 tips sukses bisnis online dari miliarder terkaya di dunia. Amazon terkenal sebagai perusahaan yang menomor satukan pelanggan. Kenyamanan pembeli dalam bertransaksi dan bagaimana mereka menggunakan produk dari Amazon begitu dijunjung tinggi. Jika ingin sukses seperti Jeff Bezos dan Amazon, Anda bisa meniru dengan 5 tips di atas. Selamat mencoba.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: