5 Tips Simpel Mencegah Kulit Keriput di Wajah

outletz-Tips-Simpel-sederhana-Mencegah-Kulit-Keriput-di-Wajah-v10plus-dailymilkgel

Usia masih mudah tapi udah muncul keriput? Idih! Siapa yang mau!?! Belum lagi menghilangkan keriput butuh proses yang lama. Mau ke klinik kecantikan? Nggak punya waktu karena kerjaan di kantor sedang menumpuk.

Pernahkah Anda memiliki masalah di atas? Jangan sepelekan kulit keriput. Karena polusi dan kejamnya ultraviolet pada sinar matahari membuat kulit keriput muncul lebih cepat dari pada sebelumnya.

Kulit keriput memang disebabkan oleh banyak hal. Misalnya akibat kontraksi otot wajah yang menyebabkan kulit keriput di ujung mata atau di antara alis. Ekspresi murung, tersenyum atau menyipitkan mata akan meninggalkan tanda keriput di kulit. Posisi tidur juga bisa menjadi penyebab kulit keriput. Tidak peduli seberapa halus bantal Anda, tetap saja menaruh tekanan pada wajah Anda saat tidur.

Mengingat penyebab kulit keriput sangat mudah ditemukan dan juga mudah dihindari, kenapa tidak fokus pada pencegahan saja. Sebab dengan menghindari penyebab Anda bisa jadi menjauh dari hal-hal yang radikal dan tidak baik untuk kulit.

Outletz.id telah merangkun beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghindari adanya kulit keriput. Apa saja? Berikut ini 5 cara simpel mencegah kulit keriput di wajah.

1. Hindari paparan matahari

Menghindari paparan matahari berlebih merupakan salah satu cara penting yang harus Anda lakukan. Karena sinar matahari mengandung ultraviolet (UV) yang bisa merusak kulit. Bahkan bisa menimbulkan kanker kulit. Dari 3 jenis UV yang ada, menurut William B. Grant, seorang peneliti dari Pusat Penelitian Kesehatan di California, sinar UVA memiliki peran penting dalam meningkatkan risiko melanoma dibandingkan dengan UVB.

“Sinar matahari yang direkomendasikan oleh para ahli adalah mulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore. Waktu ini dianggap waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat matahari dan mengurangi risiko bahaya paparan sinar ultraviolet.”

Ketika matahari berada di bawah horizon atau langit bagian bawah yang berbatasan dengan permukaan bumi atau laut, seperti di awal pagi atau waktu sore menjelang malam sinar matahari yang dipancarkan hanya UVA, dan sangat sedikit sinar UVB. Hal ini yang menjadi alasan mengapa berjemur atau terpapar matahari di awal pagi atau sore menjelang malam sangat tidak dianjurkan. Anda bisa mendapatkan manfaat sinar matahari mulai dari jam 10 pagi hingga jam 3 sore.

2. Gunakan sunblock

Tabir surya atau sunblock selain bisa melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari, ia juga bisa memberikan perlindungan antipenuaan dasar di kulit. Gunakan setidaknya sunscreen atau tabir surya setidaknya dengan kandungan SPF 15 pada saat 30 menit sebelum terkena paparan sinar matahari untuk melindungi kulit dan sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Carilah yang terdapat kandungan zink atau titanium oksida di dalamnya.

“Para dermatologis menyarankan untuk menggunakan sunblock 3 jam sekali untuk menghindari sinar ultraviolet.”

Kandungan SPF kini tidak hanya ada pada sunblock saja. Anda bisa menemukan kandungan tersebut pada produk pelembap atau serangkaian paket harian produk kecantikan. Misalnya pada V10 Plus Day Milk Gel. Produk ini mengandung ektrak kacang kedelai yang memiliki struktur molekul kecil yang memungkinkann untuk menembus epidermis dan merangsang sintesis kolagen, dan elastin. Jadi selain melindungi dari sinar matahari (UV A & UV B), kulit menjadi lebih lembab. Anda bisa menggunakan saat di kantor untuk menjadi kulit tetap kenyal dan sehat.

3. Hindari merokok

Nikotin yang terdapat di dalam rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada lapisan terluar kulit Anda yang menyebabkan gangguan aliran darah pada kulit. Dengan berkurangnya aliran darah, maka kulit tidak memperoleh cukup oksigen dan nutrisi penting yang diperlukannya, termasuk vitamin A.

“Merokok bisa mengurangi oksigen dan nutrisi dan juga meningkatkan jumlah radikal bebas dalam sel tubuh.”

Selain itu, berbagai kandungan zat kimia (lebih dari 4.000 jenis) lainnya di dalam rokok juga dapat merusak kolagen dan elastin (serat yang membuat kulit Anda tetap kuat dan elastis) pada kulit Anda. Kerusakan kolagen dan elastin pada kulit membuat kulit menjadi kendur dan keriput sebelum waktunya. Paparan panas berulang dan ekspresi wajah yang Anda buat saat merokok, yaitu memajukan bibir dan menyipitkan mata saat menghisap rokok juga berperan dalam pembentukan keriput pada kulit.

4. Tidur telantang

Posisi tidur nyatanya memegang peran penting sebagai salah satu cara untuk menghilangkan keriput di wajah. Tidur tengkurap atau menyamping akan membuat kulit wajah rentan bergesekan dengan sarung bantal atau kasur, sehingga akan meninggalkan bekas “garis tidur” yang terukir jelas di lapisan kulit teratas. Garis tidur ini tidak bisa hilang dengan cepat ketika bangun.

“Posisi tidur terbaik untuk kecantikan kulit wajah adalah berbaring telentang.”

Posisi telentang akan membuat lapisan atas kulit dalam keadaan rileks karena tidak mendapatkan tekanan dalam jangka waktu lama. Jika Anda lebih suka tidur menyamping, pilih sarung bantal yang bisa menurunkan stress fisik pada wajah Anda. Berbahan satin atau sutra, misalnya. Bahan sutra atau satin yang sangat halus bisa mengurangi kemungkinan mengembangkan lipatan di kulit wajah Anda.

5. Mulai hidup sehat dan hindari stres

Makan makanan penuh bergizi, minum air mineral yang cukup, dan tidur cukup setiap harinya merupakan perawatan dasar untuk mencegah kulit keriput muncul lebih cepat. Penuhi juga sebanyak delapan sampai sepuluh sajian buah dan sayuran setiap harinya. Perbanyak makan ikan yang mengandung tinggi akan lemak asam omega-3, seperti mackerel,atau tuna.

“Tuna dan salmon memiliki kemampuan melawan proses penuaan karena penuh dengan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk melawan kerutan.”

Selain hidup sehat, Anda wajib menghindari stres. Ketika Anda stres, tubuh Anda mengeluarkan hormon penuaan yang kuat yang bernama kortisol ke dalam aliran darah. Bila Anda menderita stres kronis, lakukan yoga, menulis di jurnal, menyanyi, berjalan kaki, meditasi. Lakukan apa pun yang bekerja untuk mengurangi stres Anda.

Demikianlah 5 tips simpel mencegah kulit keriput di wajah. Mungkin Anda masuk dalam orang yang menyepelekan masalah keriput karena merasa usia masih mudah. Namun percayalah bahwa kulit keriput bisa muncul pada orang di usia muda juga. Apalagi sinar matahari yang semakin jahat dan polusi. Jadi, ada baiknya untuk lebih menjaga dan menghindari kulit keriput. Selamat mencoba.

Ada pepatah, daripada mengobati lebih baik mencegah. Nah, hal ini bisa Anda aplikasikan untuk mencegah kulit keriput yang kini bisa muncul di berbagai usia. Cara simpel dan efisien yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan produk dengan kandungan SPF. Misalnya pada V10 Plus Day Milk Gel. Dengan menggunakan produk asal Jepang ini, Anda akan terlindungi dari sinar matahari (UV A & UV B) dan meningkatkan kemampuan kulit dalam mempertahankan kelembaban kulit sepanjang hari.

Mau ORDER V10 Plus Day Milk Gel? KLIK TOMBOL INI

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: