5 Tips Mudah Membuat Pelanggan Kembali ke Online Shop Anda

5 Tips Mudah Membuat Pelanggan Kembali ke Online Shop Anda

Tips mudah membuat pelanggan kembali ke online shop Anda ini idenya berasal dari banyaknya pebisnis yang salah kaprah. Kesalahan paling umum dalam dunia bisnis adalah menganggap produk atau layanan yang Anda miliki sudah bagus, maka loyalitas pelanggan akan mengikuti secara alami. Faktanya, akan lebih menguntungkan jika Anda lebih mempertahankan pelanggan dibanding berusaha untuk mendapatkan pelanggan baru.

Hanya karena pelanggan pernah membeli di toko Anda dan meninggalkan review positif bukan berarti mereka akan kembali untuk membeli lagi di tokomu. Terlebih jika pelanggan itu hanya muncul saat online shop Anda sedang gencar melakukan promo potongan harga, cashback atau promo lainnya. Untuk bisa membuat mereka kembali, Anda perlu memberikan penawaran yang menarik untuk pelanggan. Selain itu, usahakan membuat konsumen Anda di media sosial lebih interaktif.

Pelanggan yang kembali berbelanja di toko Anda sangatlah penting. Mereka sudah pernah belanja di online shop dan merasakan kenyamanan berinteraksi dengan Anda. Biasanya hal baik ini bisa menyebar secara organik melalui pembicaraan hingga share di media sosial. Misalnya penggunaan Instagram Story yang membantu marketing di media sosial. Terbukti 75% pembelian produk meningkat disebabkan promosi menggunakan Instagram Story.

Jika pelanggan begitu penting lalu bagaimana cara agar pelanggan kembali ke toko Anda lagi? Outletz telah merangkum tips “memanggil” kembali konsumen yang telah berbelanja di online shop Anda. Berikut ini 5 tips mudah membuat pelanggan kembali ke online shop Anda. Cek ulasannya di bawah ini.

1. Berikan perhatian khusus

Tips Mudah Membuat Pelanggan Kembali ke Online Shop Anda
Photo by ROOM on Unsplash

Anda perlu memberikan perhatian agar membuat pelanggan kembali ke online shop-mu karena semua orang membutuhkan itu. Mulai dari bayi hingga dewasa. Begitu pula dengan pelanggan online shop Anda. Cara paling mudah adalah dengan menyapa dan mengakhiri chat dengan menyebut nama mereka. Misalnya, “Iya benar, Bu Sari” atau “Barang yang Anda cari stoknya sedang kosong Kak Irma”.

“Cobalah untuk selalu ingat nama dan kesukaan mereka setiap kali pelangganmu melakukan pembelian.”

Manfaatkan setiap transaksi untuk memberikan pendekatan personal kepada pelanggan dan membuat pelangganmu merasa dihargai. Misalnya memberikan ucapan terima kasih atau thank you note dengan menyertakan nama pelanggan. Jika Anda memiliki kesulitan untuk mengingat nama dan kesukaan pelanggan, Anda bisa membaca history chat dengan pelanggan yang sudah pernah melakukan transaksi sebelumnya.

2. Follow-up

Tips Mudah Membuat Pelanggan Kembali ke Online Shop Anda
Photo by Charisse Kenion on Unsplash

Tips lainnya untuk membuat pelanggan kembali ke online shop-mu adalah dengan melakukan follow up. Lakukan hal ini pada pelanggan setelah orderan mereka selesai. Untuk Anda yang sering membiarkan hubungan penjual-pembeli berhenti selesai barang sampai ke tujuan, cara ini wajib dilakukan. Perhatian semacam ini bagus untuk sejumlah alasan.

“Melakukan follow-up setelah pesanan selesai sangat bagus untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan.”

Pertama, pelanggan bisa mengingatkan Anda jika ada masalah dengan pesanan sehingga dapat menyelesaikan masalah tersebut sebelum mereka meninggalkan review negatif. Kedua, Anda bisa menanyakan pendapat pelanggan mengenai cara untuk meningkatkan pelayanan tokomu dan melakukan perubahan pada cara pengelolaan tokomu untuk mencegah masalah serupa terjadi lagi. Yang terakhir, Anda mendapat kesempatan untuk meminta pembeli memberikan review positif bagi toko terlebih jika mereka sangat puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan.

3. Jaga kualitas produk

Tips Mudah Membuat Pelanggan Kembali ke Online Shop Anda
Photo by Fernando Lavin on Unsplash

Yang tidak kalah penting untuk membuat pelanggan kembali ke online shop-mu adalah kualitas produk yang tetap terjaga. Jika Anda adalah seorang pengusaha busana, maka perlu memperhatikan jenis kain, tekstur, ukuran, detail kancing dan lain sebagainya. Usahakan meneliti produk-produk online shop Anda sebelum mengirimkan ke pelanggan Anda.

“Konsumen tidak akan menyukai produk kesukaannya menjadi lebih buruk. Hal itu tidak akan membuat konsumen Anda kembali membeli di online shop Anda.”

Sebelum melakukan pengiriman, selalu pastikan produk masih dalam keadaan baik dan tidak ada cacat sedikitpun. Tak hanya itu, yang perlu diperhatikan adalah Anda mengemas produk dengan baik dan sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, tambahkan extra bubble wrap jika produk yang jual mudah rusak atau pecah. Jangan lupa untuk sisipkan note ucapan terima kasih karena sudah berbelanja di online shop Anda.

4. Fast response

Tips Mudah Membuat Pelanggan Kembali ke Online Shop Anda
Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Siapa sih yang suka dicuekin? Pasti bete kan kalau lama nggak direspon? Jika Anda ingin membuat pelanggan kembali ke online shop Anda, perlu meningkatkan respon konsumen. Di beberapa marketplace seperti Shopee dan Tokopedia terdapat presentase waktu chat sehingga pengguna bisa mengetahui secepat apa pertanyaan konsumen akan dijawab.

“Semakin lama Anda membalas chat, semakin banyak pelanggan yang pergi dari online shop.”

Pastikan untuk merespon pelanggan dalam kurun waktu kurang dari 1 jam ya. Tingkat kecepatan Anda merespon pelanggan juga mempengaruhi Skor Performa Toko. Tidak semua konsumen mau bersabar menunggu Anda menjawab konsumen. Jangan sampai deh pelanggan beralih ke toko lain!

5. Berikan penawaran menarik

Tips Mudah Membuat Pelanggan Kembali ke Online Shop Anda
Photo by Kira auf der Heide on Unsplash

Rajin-rajinlah memberi penawaran menarik agar pelangganmu bisa setia dengan online shop-mu. Salah satu promosi yang bisa Anda berikan adalah bagi-bagi Voucher Toko untuk pembelian dengan nominal tertentu di sosial media. Anda bisa kasih free ongkir atau cashback yang bisa membuat pelangganmu merasa puas saat belanja di tokomu.

“Dengan memberikan voucher, pelanggan akan tertarik melakukan pembelian lagi karena masih punya promo potongan harga yang belum terpakai.”

Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon atau giveaway khusus untuk pelanggan setia. Selalu catat nama-nama pelanggan yang sudah berkali-kali melakukan transaksi di toko dan berikan mereka promosi atau hadiah khusus yang membuat mereka merasa spesial.

Itu dia 5 tips mudah membuat pelanggan kembali ke online shop Anda. Yang mana yang belum Anda lakukan? Yuk, mulai lakukan dari sekarang untuk bisnis yang lebih baik kedepannya! Dengan terjalinnya hubungan baik, maka loyalitas pelanggan akan terjaga. Karena itu pastikan untuk melakukan kelima hal di atas untuk membangun hubungan pelanggan maupun calon pelangganmu. Selamat mencoba.

Untuk Anda yang ingin belajar soal menangani pelanggan, Anda bisa bergabung di komunitas Outletz. Komunitas ini bergerak di bidang bisnis online. Setiap bulannya akan diadakan event-event menarik yang membahas tentang tren bisnis online, online shop, supplier dan topik penting lainnya. Anda juga bisa bertemu pakar bisnis online  dan konsultasi soal problem bisnis Anda.

Mau gabung sekarang? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: