5 Tips Meningkatkan Daya Saing Untuk Pebisnis Online

Perkembangan bisnis yang didukung kecanggihan teknologi kini berjalan kian pesat. Begitu banyak tren bisnis berjalan dan membuat pebisnis yang tidak bisa mengejar akan ketinggalan. Inilah mengapa pebisnis membutuhkan daya saing yang optimal. Agar selain bisa bertahan, pebisnis mampu menjalankan bisnisnya dengan fokus dan terarah.

Untuk bisa bersaing di tengah maraknya bermunculan kompetitor baru, tentu seorang pebisnis membutuhkan tenaga dan daya saing yang penuh. Sebab, jika tidak, bisnis yang dibangun tidak cukup bisa bersaing dan bisa jadi ketinggalan. 

Tak hanya kesiapan di bagian luar saja, bagian dalam seorang pebisnis pun perlu sering di-upgrade. Misalnya dengan riset pasar, analisa produk hingga target market. 

Apakah itu saja? Outletz telah merangkum apa saja yang bisa membuat seorang pebisnis online bertahan dalam membangun bisnis onlinenya. Berikut ini 5 tips meningkatkan daya saing untuk pebisnis online.  

1. Membuka cabang baru

Jika 1 bisnis online berhasil, Anda bisa memulai bisnis lainnya untuk memperoleh keuntungan lebih besar. Misalnya, Anda telah sukses membuka bisnis kuliner, maka Anda bisa membuka bisnis lain yang bisa saling mendukung. Diusahakan letaknya bersebelahan dengan kafe atau restoran yang dibuka.

“Tidak berpaku pada 1 bisnis membuat seorang pebisnis terus belajar dan ini baik untuk kelangsungan bisnis yang sedang dibangun.”

Jarak yang dekat memudahkan Anda untuk mengelola bisnis pada waktu yang bersamaan. Usahakan agar segmen bisnis yang baru berada di luar zona nyaman, sehingga Anda mau terus belajar untuk mengembangkan bisnis. Kalau bisa, libatkan orang lain saat membangun bisnis agar Anda bisa saling belajar antara satu dengan yang lain.

2. Asah skill leader

Tidak semua pebisnis memiliki jiwa seorang leader, namun skill ini bisa dibangun. Sifat dan cara memimpin pun berbeda di setiap era. Maksudnya, cara memimpin pada tahun 90-an jelas terkesan kolot dan tidak relevan untuk diaplikasikan saat ini. 

“Menjadi seorang leader tidak hanya mampu mengatur, tapi juga mampu mengambil keputusan penting yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis.”

Karena itu, Anda perlu upgrade skill leader dengan cara mempelajari hal-hal baru seperti mengikuti pelatihan, seminar, atau organisasi bisnis. Contoh konkret yang bisa Anda lakukan sekarang adalah berikan kontribusi pada kegiatan di sekitar Anda. Jika kontribusi Anda maksimal, bisa jadi Anda akan ditunjuk sebagai ketua. Di sanalah Anda bisa mengasah keterampilan seorang pemimpin.

3. Belajar data

Di era teknologi, data menjadi kekuatan kunci untuk memenangkan persaingan. Banyak perusahaan yang memanfaatkan data statistik sebagai pembanding, terutama dari segi kinerja secara keseluruhan. Data-data seperti ini bisa juga digunakan untuk mengamati karier yang sedang diminati.

“Semakin andal membaca data, maka riset bisnis online semakin mudah.”

Kemahiran dalam membaca data bisa Anda manfaatkan dalam berkarier. Anda bisa menjajal karier di dunia olah data dengan gaji yang sangat tinggi. Untuk itu, mulailah mengakrabkan diri dengan data-data yang ada demi perkembangan karier atau bisnis Anda.

4. Berani menerjang risiko

Salah satu risiko berbisnis online adalahnya tidak laku hingga jualan bangkrut. Oke mungkin ini level risiko tertinggi dan malah membuat keki. Namun alangkah lebih baik seorang pebisnis memahami risiko yang akan terjadi sehingga dia mencari tahu cara menghindari risiko tersebut.

“Untuk bisa kuat dalam menghadapi risiko, seorang pebisnis perlu mengupgrade diri dengan cara menambah knowledge tentang bisnis online.”

Salah satu tips meningkatkan daya saing adalah dengan berani menerjang risiko. Sebab biasanya orang yang berani menerjang risiko memiliki sikap yang nekat dan tidak mudah takut. Risiko bukan lagi sesuatu yang harus dihindari, melainkan disyukuri karena risiko memberikan banyak keuntungan bagi perkembangan karier.

5. Memprioritaskan konsumen

Teknologi adalah musuh yang dapat mengancam kesuksesan manusia di masa mendatang. Namun, teknologi juga yang dapat mendatangkan keberhasilan bagi karier jika Anda mampu memanfaatkan teknologi secara bijak.

“Gunakan teknologi untuk menjaga dan mempererat hubungan Anda dengan konsumen.”

Dalam dunia bisnis, misalnya, penyediaan Wi-Fi berkecepatan tinggi membuat konsumen betah duduk berlama-lama di kafe yang Anda dirikan. Apabila kebutuhan konsumen tidak terpenuhi, konsumen akan lari ke perusahaan lain yang dapat memberikan pelayanan maksimal. 

Demikian 5 tips meningkatkan daya saing untuk bisnis online. Yang tidak kalah penting, fokuslah untuk kemajuan di hari ini dan hari esok, bukan menatap masa lalu yang dapat menimbulkan ketakutan untuk berkembang dan mengembangkan bisnis yang Anda bangun. Selamat mencoba.

Sangat penting bagi pebisnis untuk memiliki support system. Karena Anda akan memiliki penyemangat untuk terus belajar. Sama seperti orang yang ingin belajar renang, dia akan gabung dengan komunitas renang. Bukan tenis, bulutangkis atau lainnya. Pebisnis pun begitu. Support system bisa didapatkan dengan cara bergabung dengan komunitas bisnis online Outletz. Komunitas ini fokus pada perkembangan bisnis online di Indonesia. Jika Anda ingin mendapatkan tren dan bagaimana bisa bertahan di dunia bisnis online, sebaiknya Anda bergabung dengan komunitas bisnis online.

Mau segera mencoba outletz.id? https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: