5 Tips Membuat Konten Video Agar Viral di Media Sosial

outletz-Tips-Membuat-Konten-Video-Agar-Viral-di-media-sosial-instagram-0 Kini orang berlomba-lomba membuat konten yang viral di Instagram. Sebab konten yang dibagikan berkali-kali bisa mendorong bisnis online ke level selanjutnya, dengan cara mengarahkan orang ke situs Anda, dan meningkatkan konversi pengunjung menjadi pembeli. Banyak sekali manfaat yang didapat dan baik untuk kelangsungan bisnis online jika terus bisa membuat konten yang viral. Namun kenyataannya, membuat konten yang viral tidaklah mudah. Setiap harinya ratusan ribu video baru bermunculan di Instagram. Reaksinya, ada yang sekadar melihat namun ada banyak pula yang berhenti dan melihat video hingga habis. Pertumbuhan signifikan juga terjadi pada jumlah penonton video di Instagram. Penonton video di Instagram naik sekitar 113% setiap tahunnya.

Faktanya, 80% pengguna Instagram tertarik membeli produk setelah menonton video review.

Hingga saat ini tidak ada rumus pasti membuat video menjadi viral. Membuat video menjadi viral adalah sesuatu yang sulit digapai dan direplika. Sebab setiap video yang menjadi viral, ada puluhan, bahkan ratusan, kegagalan. Namun jangan putus asa. Outletz.id telah merangkum apa saja yang bisa membuat konten Anda menjadi viral. Berikut ini 5 tips membuat konten video agar viral di media sosial. Cek ulasannya berikut ini.

1. Relevan dan Memiliki Value

Tips pertama untuk membuat konten video yang menarik buat konsumen adalah membuat video yang relevan dan memiliki value. Dengan adanya video yang relevan atau sejalan dengan isu yang sedang ramai dibicarakan di masyarakat maka video tersebut memiliki peluang yang besar untuk menjadi viral. Contohnya saja video tentang melemahnya mata uang Rupiah atas Dollar yang menjadi viral di sebuah media sosial. Video ini bisa Anda jadikan acuan untuk konten video Anda.

“Buatlah video yang mengangkat isu-isu yang sedang hangat. Cari topik yang sedang dibicarakan. Biasa bisa mengaju pada sosok. Seperti Kiki yang pernah terkenal karena kosmetiknya.”

Selain relevan, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah value. Perhatikan lagi contoh video menurunnya mata uang Rupiah yang viral beberapa pekan yang lalu, apakah video tersebut memiliki value (nilai), tentu saja jawabannya iya. Maka dari itu jangan lupa untuk memperhatikan aspek relevansi dan value pada video Anda jika ingin menarik publik.

2. Bikin Video yang Mudah Dipahami Semua Orang

Salah satu hal yang tidak boleh diremehkan adalah membuat video yang mudah dipahami oleh semua orang. Jangan hanya berfokus pada diri Anda sendiri. Karena ini video untuk umum, maka Anda mau tidak mau harus bisa membuat video yang mampu dipahami semua orang. Untuk mengakali Anda bisa membuat teaser pendek sekitar 8-15 detik. Teaser tersebut disajikan berseri untuk mengingatkan followers Anda. Cara ini disinyalir mampu membuat followers Anda paham maksud dari video karena dilakukan secara berseri.

“Buat video pendek di Stories sebagai teaser sebelum Anda membuat video panjang di IGTV atau feed maupun sebelum membuat video secara live.”

Jika Anda masih belum memahami cara membuat followers menjadi konsumen, ada baiknya Anda menambah informasi dengan mengembangkan jejaring. Misalnya dengan bergabung dengan komunitas bisnis online seperti yang dikoordinir outletz.id. Setiap minggunya tersedia seminar bernama MOBILE BUSINESS XPLOSION (M.B.X) sehingga Anda bisa dibimbing secara mendalam untuk meningkatkan bisnis online Anda.

3. Buat Video Live

Video yang mampu berinteraksi dengan penonton memang lebih berpeluang untuk mendatangkan ketertarikan. Kini banyak pengusaha bisnis online yang mengupayakan mempromosikan barang dagangannya secara langsung. Cara ini membuat followers maupun calon pembeli bisa melihat produk yang akan dibeli. Kalaupun ada followers yang belum tertarik membeli, dengan melihat video Anda, dia memiliki informasi penting sehingga saat membutuhkan, dia langsung mengontak Anda.

“Data terkini mencatat, 80% pengguna Instagram memilih video live dari brand daripada membaca blog.”

Dengan video secara langsung juga memudahkan dalam berinteraksi. Saat video berjalan, Anda bisa menjawab pertanyaan dari followers maupun calon membeli. Salah satu contoh video secara langsung yang dinantikan adalah bentuk unboxing sebuah produk. Cara ini sukses membangkitkan rasa penasaran followers Anda.

4. Lakukan Kolaborasi dengan Influencer

Membuat video bersama influencer bisa membuat video Anda mudah terangkat. Misi ini disebut panjat sosial. Upaya ini kerap dilakukan karena dengan kolaborasi, pengguna pengikut influencer tersebut bisa mengetahui video Anda. Jika menarik, mereka biasanya tertarik untuk membagikan.

“Dengan melakukan kolaborasi dengan influencer yang notabene sudah memiliki fanbase dan followers dalam jumlah besar maka seseorang akan memiliki peluang besar untuk menarik pengunjung atau konsumen.”

Pilih influencer yang sesuai dengan bisnis online Anda. Sesuaikan juga dengan target bisnis online Anda. Dengan begitu, akan lebih mudah mendapatkan apresiasi dari pengguna Instagram. Cari influncer dengan engagement yang tinggi pula. Ini akan lebih mudah menjangkau target Anda.

5. Sisipkan Cerita yang Menarik

Terakhir, tips untuk membuat konten video yang viral adalah dengan menyelipkan cerita yang juga menarik. Kok bisa? Cerita bisa membuat followers melihat video Anda lebih lama. Terkadang mereka malah lebih menyukai cerita yang Anda sajikan daripada upaya promosi produk dari bisnis online Anda.

“Menurut sebuah riset, sebuah cerita memang sangat kuat untuk bisa mempengaruhi penonton.”

Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal jika mampu membuat cerita yang sangat menarik pada video iklan tersebut. Ketika bisa menyisipkan cerita yang menarik pada sebuah video, penonton akan menyaksikan video iklan tersebut dengan sendirinya, walaupun durasi video tersebut cukup panjang. Jika menarik, mereka tentu mau membagikan pada followers yang lain. Mau belajar membuat konten dengan cerita yang menarik? Anda bisa belajar bersama para ahli bisnis online yang tergabung di Outletz.id. Setiap minggunya, akan ada event M.B.X berkaitan dengan bisnis online dan bagaimana menarik banyak konsumen. Dengan mengikuti event M.B.X di Outletz.id Anda bisa menambah banyak pengetahuan dan mengetahui perkembangan bisnis online sehingga Anda bisa paham cara meningkatkan omzet bisnis Anda.

Mau daftar MBX? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Demikianlah 5 tips membuat konten video agar viral di media sosial. Sekali lagi tidak ada rumus pasti membuat sebuah konten disukai, lalu menjadi viral. Yang terpenting Anda perlu konsisten dalam membuat konten. Terlebih lakukan secara serius dan jangan setengah-setengah. Selamat mencoba.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: