5 Tips Memasarkan Bisnis Online Kuliner Bagi Pemula

Kuliner menjadi bisnis online yang menduduki urutan ketiga terlaris setelah fashion dan travel di Indonesia. Bersaingnya kuliner diantara travel dan fashion disebabkan penyuka makanan yang semakin membludak sekarang ini. Kuliner bukan hanya sekadar makan dan rasa. Tetapi juga gaya hidup.

Tak jarang kuliner diburu karena menjadi buah bibir di media sosial. Misalnya, es kepal milo yang booming beberapa saat yang lalu. Siapa yang tidak penasaran dengan kepalan es dengan taburan milo cair yang menggugah selera tersebut. Dalam sekejab, es kepal milo dicari, disukai, viral di media sosial. 

Selain makanan itu sendiri, agar menarik perhatian calon pembeli, restoran pun kini dipercantik. Minimal indah ketika diupload di Instagram. Semakin banyak gambar bagus itu dibagikan, maka lokasi restoran tersebut akan semakin dikenal banyak orang. 

Hal inilah yang sering dijadikan peluang untuk membuka bisnis makanan atau bisnis kuliner. Baik makanan ringan maupun berat, keduanya sama-sama menawarkan tingkat keuntungan yang menguntungkan selagi Anda dapat mengelolanya dengan baik.

Lalu apa saja yang perlu diketahui untuk memulai bisnis online kuliner? Outletz.id telah merangkum 5 tips memasarkan bisnis online kuliner bagi pemula. Cek ulasannya berikut ini.

1. Ciptakan Produk Makanan yang Unik

Photo by Niklas Rhöse on Unsplash

Setiap orang cenderung bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Hal ini menyebabkan daya jual menjadi berkurang. Akibatnya, tingkat keuntungan yang diperoleh juga berkurang. Jika Anda tidak menginginkan hal ini, ciptakanlah produk makanan yang unik.

“Produk makanan yang unik biasanya menarik minat konsumen karena mereka penasaran cita rasa dan bentuk dari makanan tersebut.”

Yang artinya berbeda dari jenis makanan pada umumnya.Keunikan produk makanan Anda tidak hanya dari segi jenisnya. Namun, juga dari segi rasa, packaging, promosi, dan harga. 

2. Buatlah Makanan Lebih Bervariasi

Photo by Rachel Park on Unsplash

Banyak pebisnis kuliner hanya fokus pada satu jenis makanan saja. Laju pertumbuhan bisnis pun menjadi stagnan alias lambat. Lagi pula masyarakat pasti juga bosan jika hanya disuguhkan dengan satu jenis makanan.

“Ingat, menu-menu yang lebih bervariasi lebih menarik di mata konsumen.”

Buat produk makanan lebih bervariasi. Apabila bisnis kuliner Anda untuk jenis makanan berat, buat variasi dari segi menu yang ditawarkan. Misalnya, nasi dengan ayam goreng, ikan bakar, lele panggang, ayam penyet, dan lain-lain.

Bisnis online kuliner memang membutuhkan ketekunan. Apalagi jika Anda berada di lingkungan yang mendukung. Misalnya jika Anda memiliki teman-teman 1 komunitas bisnis online maupun kuliner. Dengan berkumpul bersama orang-orang yang 1 misi, akan membantu Anda mengembangkan bisnis online kuliner Anda sendiri. Namun jika tidak, bisa jadi bisnis Anda akan mononton dan tidak mengalami peningkatan. 

Salah satu cara untuk bisa berkumpul dengan komunitas bisnis online adalah dengan mengikuti seminar bisnis online dibimbing para pakar bisnis bersama teman-teman pebisnis lainnya. Misalnya komunitas bisnis online yang tergabung bersama Outletz.id. Setiap bulannya terdapat event bisnis online yang bisa meningkatkan pengetahuan Anda sehingga bisnis Anda mengalami perubahan. Anda juga bisa berdiskusi bersama teman-teman pebisnis lainnya. Biasanya setelah pertemuan iitu, ada yang menjadi relasi bisnis, mendapatkan asupan produk, menjadi dropship dan lain sebagainya.

3. Jual Makanan pada Orang Terdekat

Photo by rawpixel.com from Pexels

Memanfaatkan orang-orang terdekat juga termasuk strategi pemasaran jitu. Apalagi jika mereka merupakan sanak saudara, pasti mau membantu bisnis yang Anda geluti. Caranya sangatlah mudah.

“Selain promosi secara online, Anda juga bisa memasarkan jualan kuliner pada orang terdekat.”

Mintalah pendapat mereka tentang cita rasa makanan yang Anda buat. Apabila mereka suka, jangan lupa minta bantuan mereka untuk mempromosikan bisnis kuliner kepada teman-teman di kantornya. Dengan demikian, bisnis yang Anda geluti bisa menjadi lebih populer dan banyak diminati.

4. Kemas Produk Semenarik Mungkin

Photo by Alex Jones on Unsplash

Percaya atau tidak, kemasan produk juga menentukan daya beli masyarakat. Kemasan yang lucu dan unik biasanya lebih menarik, apalagi kalau pangsa pasarnya anak-anak. Mengemas produk tidak harus selalu menggunakan kemasan yang mahal.

“Cari kemasan unik yang belum pernah digunakan tempat makan lainnya agar konsumen akan selalu mengingat Anda.”

Anda hanya perlu memerhatikan cara mengemasnya saja agar terlihat lebih menarik. Misalnya, produk dikemas dalam paperbag yang menjadi logo toko kuliner Anda. Kemasan ini juga bisa digunakan jika Anda memiliki prinsip sayang lingkungan.

5. Cari Harga yang Pas

Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Harga merupakan unsur paling penting saat memutuskan untuk membeli barang. Masyarakat Indonesia cenderung tertarik untuk membeli produk saat harganya murah. Adanya diskon khusus tentu akan menarik perhatian masyarakat untuk membeli.

“Harga dan rasa adalah 2 hal yang bersinggungan jika berbicara soal kuliner. Cari harga yang pas sesuai dengan rasa pada target market Anda.”

Sesekali, Anda perlu memberikan potongan harga. Namun diskon yang ditawarkan tidak selalu harus gila-gilaan, apalagi untuk bisnis makanan. Cukup berikan potongan diskon untuk jumlah pembayaran tertentu.

Demikianlah 5 tips memasarkan bisnis online kuliner bagi pemula. Cara di atas perlu dilakukan secara konsisten agar Anda bisa segera mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

Sekali lagi, untuk Anda yang tertarik belajar dan mengembangkan bisnis online, cobalah mengikuti seminar & training. Seperti yang diselenggarakan Outletz.id. Karena selain Anda akan dibimbing para pakar bisnis, Anda juga akan bertemu teman-teman 1 pemikiran. Tidak hanya mengembangkan bisnis saja, Anda juga bisa menambah relasi yang nantinya bisa membantu bisnis online Anda.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: