5 Tips Jitu Membuat Bisnis Online Anda Meledak Dalam Sebulan

Untuk Anda yang tertarik berbisnis online, apa saja yang telah Anda persiapkan sebelum memulainya? Sudahkah Anda woro-woro ke orang di sekitar Anda? Apakah Anda sudah tahu barang atau jasa yang akan ditawarkan di online shop? Kalaupun sudah, strategi apa yang akan Anda lancarkan agar penjualan online shop Anda bisa terus laris setiap bulan?

Bonus eksklusif: Download Kunci Sukses Menjadi Reseller Beromzet Jutaan Perbulan untuk mempermudah Anda meningkatkan pendapatan setiap bulan.

Mungkin Anda memiliki pemikiran, Kenapa sih perlu memikirkan cara, tips maupun strategi berbisnis online jika memulai saja belum. Faktanya ada banyak pebisnis online pemula yang gagal karena tidak mengetahui medan bisnis, target dan detail produk yang ditawarkan. Jika ketiga faktor itu tidak dikuasai, bagaimana bisa pebisnis bisa bertahan?

Layaknya seseorang yang akan terjun menapaki hal baru, tidak ada salahnya bila Anda menambah knowledge mengenai bisnis online. Sebab ternyata tekad saja tidak cukup untuk bisa membuat Anda bertahan berbisnis online. Tidak perlu muluk, untuk Anda yang akan memulai berbisnis online, goals yang perlu dituju adalah mendapatkan penjualan yang meningkat bahkan meledak setiap bulan.

Keinginan ini sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu mengetahui tips yang dan benar dan merancang bagaimana agar online shop Anda tidak sepi pengunjung. Untuk memudahkan pebisnis pemula, Outletz akan membagikan tips jitu membuat bisnis online Anda meledak dalam sebulan. Cek artikel berikut ini.

1. Kenali Produk

Photo by rawpixel on Unsplash

Untuk menjual suatu produk yang sukses, Anda perlu mengenali dan memahami produk yang Anda jual. Dengan menguasai product knowlegde maka akan lebih mudah memasarkan produk, dan orang akan tertarik untuk mencoba menggunakan produk tersebut karena Anda menjualnya dengan penuh optimisme. Pernahkah Anda menemukan penjual yang bahkan tidak mengenal produk yang dijualnya? Hal ini tentu saja akan membuat kita ragu untuk membeli produk tersebut.

“Memahami produk yang akan ditawarkan sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan Anda di media sosial.”

Dengan sistem pemasaran online pembeli akan mudah mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan terkait produk Anda. Apa lagi jika berjualan di Twitter, Facebook dan Instagram, komentar konsumen akan sangat berdampak bagi baik buruknya reputasi produk Anda, karena terposting secara publik dan semua orang dapat membacanya.

Selain dituntut untuk menguasai produk sendiri, Anda juga harus mengenali produk pesaing. Hal ini penting sebagai perbandingan, apakah produk Anda sudah lebih baik? Apakah pelayanan sudah lebih baik? Bahkan untuk membandingkan harga yang di banderol oleh pesaing, hal ini penting untuk menjadi tolak ukur kita meningkatkan sales dan kualitas. Dan dengan media sosial, Anda dapat dengan mudah memantau aktifitas mereka untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan.

Baca Juga: 3 Kesalahan Fatal Pebisnis Online Gagal di Tahun Pertama

2. Menentukan Target Market

Photo by Joshua Rodriguez on Unsplash

Untuk memulai sebuah kegiatan jual beli, hendaknya Anda terlebih dahulu menentukan target pasar. Misalnya apakah target Anda pria atau wanita, anak muda atau orang tua, lokasi target market tertentu, dan lainnya. Untuk memudahkan hal itu, Anda bisa meriset dengan bantuan media sosial, bergabung di forum-forum atau group, mem-follow akun komunitas tertentu yang berhubungan dengan target pasar. Contohnya jika Anda akan menjual spare part motor, Anda bisa bergabung di komunitas pecinta motor atau pencinta modifikasi motor yang banyak tersedia di Facebook.

“Media sosial memudahkan Anda dalam menentukan target market sesuai dengan produk yang akan dijual di bisnis online Anda.”

Mendapatkan knowledge bisnis online bisa dari mana saja. Misalnya Anda yang tertarik membaca artikel. Namun ada cara lain yang lebih efektif, yakni mengikuti seminar bisnis online. Karena selain mendapatkan ilmu langsung dari para praktisi, Anda juga bisa bertemu teman-teman dengan 1 misi yaitu pebisnis online lainnya. Dengan misi yang sama tentu akan membuat Anda mendapatkan obrolan bisnis online. Anda bisa berbagi pengalaman sehingga dari sana Anda bisa belajar lagi. Nah, seminar bisnis online terdekat yang sayang bila dilewatkan adalah Road to 100. Dalam seminar ini, Anda akan dibimbing menuju jalan mendapatkan omzet 100 juta di tahun pertama. Tidak ingin ketinggalan event menarik ini? Info lengkap klik ► http://digimaru.org/digimaru-outletz/.

3. Tampilan Menarik dan Unik

Photo by Kobu Agency on Unsplash

Seperti halnya bertemu dengan seseorang, Anda akan lebih tertarik dengan seseorang yang penampilannya menarik. Hal ini berlaku juga jika Anda memiliki bisnis online. Maka dari itu buatlah tampilan blog atau akun-akun media sosial terlihat menarik karena orang akan mudah tertarik jika penampilan blog atau akun sosmed Anda menarik, terlebih jika penampilannya unik pastilah menjadi ciri khas bagi Anda. Buatlah display toko online atau blog dengan tema yang clean dan responsive, membuat profile picture yang menarik di Facebook, dan mengganti background pada Twitter dengan gambar menarik.

“Membuat tampilan akan mudah menarik perhatian calon konsumen bisnis online Anda. Setidaknya buat mereka nyaman melihat display produk, tema hingga feed di media sosial.”

Yang tidak kalah penting, Anda wajib memberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai produk. Detail ini bisa Anda tambahkan di media sosial. Cara ini membantu calon pembeli yang ingin berkonsultasi secara personal dengan menghubungi contact person bisnis Anda atau keterangan mengenai produk yang tidak detail. Jadi amatlah penting kelengkapan informasi baik di dalam blog maupun akun-akun social media lainnya.

4. Konsisten Posting Konten

Photo by rawpixel on Unsplash

Konten bisa dalam bentuk apa saja. Misalnya video pendek di story maupun di IGTV, konten gambar di feed Instagram, bikin polling seru-seruan di Twitter, buat blog, podcast dan lain-lain. Lakukan posting konten ini secara konsisten agar dapat menumbuhkan hubungan positif dengan konsumen Anda. Fakta lainnya, posting konten secara konsisten bisa meningkatkan trafik media sosial Anda.

“Memposting konten secara konsisten berguna untuk mempererat engaagement dengan konsumen Anda.”

Posting konten secara konsisten memerlukan strategi agar bisa berjalan lancar dan mendapat hasil yang maksimal. Misalnya Anda memerlukan penjadwalan konten untuk posting di media sosial. Kelola saja konten dengan bantuan kalender editorial. Apa itu? Kalender editorial adalah dokumen kerja yang memberi semua orang yang terlibat dalam upaya konten Anda dengan informasi yang mereka butuhkan untuk memproduksi, menyampaikan, dan mempromosikan rencana strategi konten.

Baca juga: 5 Rahasia Meraih Omzet 100Juta Pertama di Bisnis Online Shop

5. Berikan Award

Photo by freestocks.org on Unsplash

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah pemberian award pada konsumen bisnis online. Misalnya Anda sengaja membuat kuis atau kontes khusus untuk pelanggan. Event menarik ini juga kerap dilakukan saat waktu-waktu tertentu seperti Lebaran, Natal atau pas perayaan tahun baru. Pembuatan kontes ini memang tujuannya untuk memberikan award tapi tidak secara langsung.

“Memberikan award pada konsumen di momen-momen tertentu bertujuan untuk menghargai mereka yang sangat penting bagi peningkatan penjualan Anda.”

Selain itu, memberikan penghargaan kepada konsumen bisnis online akan membantu mengikat hubungan positif kalian. Karena bisa saja mereka akan pindah ke produk pesaing jika Anda tidak memperhatikan ini. Langkah ini di tujukkan agar mereka tidak beralih ke produk pesaing. Hal yang bisa Anda lakukan dengan memberikan kuis tanya jawab di Twitter dan Facebook, atau video kontes di YouTube. Terserah Anda bagaimana mensiasati ini, yang jelas menghargai mereka sangat penting bagi peningkatan penjualan Anda.

Kelima langkah di atas adalah tips sederhana untuk membantu Anda mendapatkan penjualan yang meledak hanya dalam sebulan. Sebaiknya segera Anda lakukan agar bisa merasakan manfaat yang positif. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang menjalankan kegiatan jual beli dengan memanfaatkan media sosial.

Sekadar mengingatkan lagi bahwa untuk sukses berbisnis online Anda perlu terus belajar dan mendapat banyak informasi mengenai bisnis. Bisa dari banyak membaca artikel, berkumpul dengan komunitas dan mengikuti seminar bisnis online. Dari ketiga cara itu, mengikuti seminar paling efektif meningkatkan knowledge Anda. Karena Anda bisa belajar langsung dari praktisi-pratisi hebat di dunia bisnis online. Di waktu terdekat ini ada seminar menarik bisnis online yang sayang bila dilewatkan. Dengan mengikuti seminar itu, Anda akan dibimbing langsung para ahli bisnis online menuju jalan mendapatkan omzet 100 juta di tahun pertama. Tidak ingin ketinggalan event menarik ini? Info lengkap klik ► http://digimaru.org/digimaru-outletz/.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: