5 Tanaman Herbal Ampuh Mengobati Sakit Demam Berdarah

ACTIVFANS-tanaman-herbal-ampuh-menyembuhkan-sakit-demam-berdarah-dengue-plus-free-download

Tahukah Anda memasuki musim penghujan, semakin banyak pula nyamuk berkeliaran. Diantara banyaknya jenis nyamuk, terdapat Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus betina yang perlu menjadi perhatian. Karena kedua jenis ini terkenal sebagai penyebar virus dengue yang menyebabkan orang menderita demam berdarah dengue (DBD).

Menurut data yang dihimpun oleh WHO, setidaknya sebanyak 50-100 juta kasus terjadi di seluruh dunia. Karena itulah, demam berdarah dengue masuk dalam daftar penyakit yang mematikan. Perhatian ini semakin ditingkatkan sebab wabah hanya bisa ditemukan di daerah beriklim tropis dan subtropis seperti di Indonesia.

Anda dapat menjauhkan nyamuk penyebab demam berdarah dengue dengan perhatian lebih di rumah. Misalnya dengan mengatur ulang kegiatan di luar ruangan. Hindari berada di luar ruangan pada dini hari, senja, atau malam hari, di mana banyak nyamuk di luar. Sebisa mungkin mengurangi tempat tinggal nyamuk. Nyamuk yang membawa virus dengue biasanya tinggal di dalam dan sekitar perumahan, berkembang biak di genangan air, seperti ban mobil. Kurangi habitat perkembangbiakan nyamuk untuk mengurangi populasi nyamuk.

Terkadang meski Anda sudah membersihkan sekitar tempat tinggal dari jangkau nyamuk, penyebaran virus bisa saja terjadi. Hal ini menyebabkan Anda atau orang sekitar tertular demam berdarah dengeu. Namun jika telah tertular, amaka ada cara alami yang bisa Anda gunakan tanpa efek samping.  Cara alami ini menggunakan tanaman herbal yang ampuh mengobati demam berdarah. Berikut ini 5 tanaman herbal paling mujarab mengobati sakit demam berdarah. Cek ulasan berikut ini.

1. Meniran

Sumber dari Deltomed

Meniran atau Phyllanthus Urinaria merupakan salah satu tanaman herbal yang dipercaya mampu mengatasi demam berdarah. Kandungan flavonoid yang terkandung didalamnya berkhasiat untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Selain flavonoid, meniran juga mengandung beberapa senyawa yang kaya akan manfaat misalnya saja alkaloid, asam fenolat, tanin dan triterpenoid.

“Kandungan flavonoid yang ada dalam meniran berguna untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.”

Selain dipercaya mampu menyembuhkan demam berdarah daun meniran juga dipercaya mengatasi beberapa penyakit diantaranya adalah: Penyakit hati (liver), penyakit kelamin, obat batuk, diare, obat sariawan, panas dalam dan lain sebagainya.

2. Pepaya Gandul

Sumber dari Sipayo

Pepaya gandul adalah satu diantara tanaman obat tradisional yang dipercaya mampu mengatasi penyakit demam berdarah karena beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya. Pepaya dipercaya mengandung beberapa senyawa yang berkhasiat diantaranya adalah kontinin, miosmin, glikosida, karposid, karpain, dan papain.

“Bagian pepaya yang memiliki keefektifan dalam menangani demam berdarah adalah terletak pada bagian daun.”

Selain dipercaya mampu mengobati demam berdarah, daun pepaya juga berkhasiat untuk mengobati malaria, obat pencahar, cacingan, merangsang kinerja sistem ekskresi empedu serta membantu proses pencernaan. Berdasarkan hasil penelitian para ahli, kandungan papain dalam daun pepaya memiliki efek terapi pada pasien yang menderita pembengkakan organ hati, kelamin, mata dan usus halus. Hal ini sejalan dengan ditemukannya banyak kasus pada penderita penyakit demam berdarah yang disertai dengan membengkaknya hati.

3. Angkak Merah

Sumber dari Dedaunan

Pernahkah Anda mendengar tentang angkak? Angkak merupakan salah satu jenis beras merah yang berasal dari Tiongkok alias China, yang dikembangkan dengan cara di fermentasi dengan menggunakan ragi khusus. Meskipun berwarna merah, namun pada awalnya angkak merupakan jenis beras putih. Mungkin masyarakat di Indonesia belum familiar namun di China, angkak sudah dimanfaatkan sebagai salah satu bahan obat-obatan herbal yang sangat manjur untuk berbagai macam penyakit. Apalagi untuk penderita demam berdarah.

“Angkak memiliki kandungan yang secara alami mampu untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh penderita demam berdarah.”

Manfaat angkak yang paling utama adalah untuk mengobati demam berdarah dan sudah sangat terkenal di pelosok dan penjuru dunia. Demam berdarah merupakan suatu kondisi demam, dimana kandungan trombosit dari si penderitanya mengalami penurunan secara drastis. Kondisi ini akan sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan akibat yang fatal, salah satnya adalah kematian. Namun, anda tidak perlu khawatir, untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh penderita demam berdarah, anda dapat memanfaatkan angkak.

Saat ini untuk memperoleh angkak tidaklah terlalu sulit. Anda dapat dengan mudah menjumpai angkak di pasar tradisional, pasar swalayan dan juga toko–toko obat terdekat. Saat itu, angkak yang dimanfaatkan sebagai obat telah banyak dijual dalam bentuk kapsul. Salah satunya dalam produk RAW 100% yang semakin hari semakin dicari. Selain ampuh menyembuhkan demam berdarah, angkak juga mampu menurunkan kolesterol pada batas normal.

Mau segera merasakan manfaat baik dari Angkak, beli di sini, klik ► http://bit.ly/RAW100-angkak.

4. Kunyit

Sumber dari Cairo Food

Tidak jauh beda dengan ketiga bahan alami di atas, kunyit juga dipercaya mampu mengatasi penyakit demam berdarah. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, kunyit atau cutcua domestica ini memiliki senyawa yang kaya akan manfaat.

“Dalam kunyit mengandung minyak atsiri (turmeron, zingiberene) dan zat berkhasiat dari golongan kurkuminoid (kurkumin I, II, dan III).”

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit memiliki aktivitas sebagai anti mikroba (berspektrum luas), antivirus HIV, anti oksidan, anti tumor (menginduksi apostosis), menghambat perkembangan sel tumor payudara, anti invasi sel kanker, anti reumatoid artritis (rheumatik), dan untuk mengobati penyakit pencernaan (tukak lambung).

5. Jambu Biji

Sumber dari Hello Sehat

Jambu biji juga mengandung flavonoid yang berkhasiat dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Sedangkan daun jambu biji mengandung beberapa senyawa yang kaya akan manfaat, misalnya tanin, minyak atsiri, dan minyak lemak. Sedangkan buahnya kaya akan vitamin c. Lengkap banget, bukan?

“Jambu biji merupakan tumbuhan dengan manfaat lengkap menyembuhkan penderita demam berdarah dengeu.”

Dalam beberapa penelitian, tanin yang terkandung dalam daun jambu biji telah terbukti mampu memperlambat bahkan menghambat aktivitas enzim ereverse transcripstase dari virus dengue. Berdasarkan uji klinis, mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji kering selama 5 hari dapat mempercepat tersedianya trombosit, jumlahnya >100.000/µl tanpa efek samping.

Demikianlah ulasan mengenai 5 tanaman herbal ampuh mengobati sakit demam berdarah yang bisa Anda temukan di sekitar tempat tinggal. Dengan menggunakan bahan-bahan alami di atas, Anda tidak perlu takut efek samping. Sebab bisa dijamin, ketika dikonsumsi dengan takaran yang sesuai maka Anda tidak akan mendapatkan efek samping.

Sumber: outletz.id

Di antara bahan alami di atas, beras angkak merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat. Bahkan sangat ampuh untuk menyembuhkan penderita demam berdarah dengue. Angkak memiliki kandungan baik yang bisa menaikkan jumlah trombosit dari si penderita yang mengalami penurunan secara drastis. Untuk siapapun yang membutuhkan angkak, sekarang ini tidak memerlukan waktu lama dan keribetan dalam mengolah. Karena angkak bisa ditemukan dalam bentuk kapsul. Seperti pada RAW 100%. Dengan mengonsumsi RAW 100%, trombosit darah bisa meningkat. Tidak hanya baik untuk penderita demam berdarah, Angkak juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol.

Untuk bisa merasakan manfaat baik angkak, Anda membeli di sini. Klik ► http://bit.ly/RAW100-angkak.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: