5 Strategi Jitu Meningkatkan Jualan Online di Bulan Ramadan

outletz-Strategi-Jitu-Meningkatkan-Jualan-Online-di-Bulan-Ramadan-online-shop-dropship-bulan puasa

Sebentar lagi bulan Ramadan, persiapan apa saja yang Anda rencanakan untuk meningkatkan penjualan produk? Sudahkah Anda mengetahui strategi jitu mengoptimalkan marketing bisnis online di bulan Ramadan? Mengapa perlu ada cara khusus berbisnis online di bulan puasa?

Selain takjil, jualan di bulan puasa kerap ditunggu-tunggu orang. Kenapa? Karena hasilnya bisa berkali-kali lipat. Inilah yang membuat siapapun, dari golongan maupun agama apapun tertarik untuk menggelar lapak khusus hanya di bulan ramadan.

Tidak hanya secara offline, jualan online pun menggiurkan. Menurut data dari Google, selama bulan Ramadan orang cenderung lebih lama dan lebih sering mengakses internet dari smartphone di waktu luang, dengan peningkatan signifikan terjadi pada saat sahur dan menjelang berbuka puasa.

Sebagai pemilik bisnis, terutama bisnis online, tentunya Anda harus memanfaatkan kecenderungan ini untuk meningkatkan penjualan dan traffic toko online secara maksimal. Untuk Anda yang belum punya ide, Outletz akan berbagi strategi jitu meningkatkan jualan online di bulan ramadan. Cek ulasan berikut ini.

1. Buat desain khusus bulan Ramadan

Photo by Fancycrave on Unsplash

Supaya mudah diingat dan pesan bisa lebih efektif diterima oleh audiens, kemas konten media sosial dengan berbagai hal yang erat dengan nuansa Ramadan. Sebagai contoh, coba gunakan warna hijau, bentuk bulan sabit, kaligrafi, lentera Maroko, atau ketupat ke dalam desain online shop Anda.

“Aplikasikan desain khusus bulan Ramadan pada setiap promosi online shop Anda. Itu akan membantu konsumen online Anda memahami promo bulan puasa.”

Untuk melengkapi sisi visual tadi, jangan lupa rangkai caption yang juga berhubungan dengan Ramadhan, seperti sapaan saat sahur dan menjelang berbuka puasa, atau quote yang memotivasi audience untuk berbuat baik pada sesama.

2. Perhatikan stok jualan

Photo by Lauren Fleischmann on Unsplash

Desain udah bagus, promo kemana-mana tapi stok banyak yang menipis? Wiiih serem juga lho. Saat pasar sedang banyak yang suka namun di online shop Anda malah kehabisan. Jangan sampai terjadi ya. Karena itu sebelum memasuki bulan Ramadan, ada baiknya Anda mengetahui jumlah stok seluruh produk. Tidak salah juga jika Anda menyimpan stok dalam jumlah yang besar.

“Berjaga-jaga soal stok barang lebih baik dilakukan sebelum bulan Ramadan karena menghindari kehabisan produk secara massal.”

Dengan mengetahui jumlah stok, Anda akan paham produk mana yang perlu dipromosikan lebih sering. Cara lain agar produk Anda aman di bulan puasa adalah dengan bertemu dengan supplier yang memiliki ribuan produk bermutu di Outletz.id. Anda akan dibantu berbisnis online secara dropship dan memiliki ribuan produk siap kirim. Yang tidak kalah penting, ada banyak variasi produk. Jadi etalase online shop Anda akan semakin bervariasi sehingga pengunjung merasa senang berkunjung.

Mau Menjadi Reseller di Bulan Ramadan bersama OUTLETZ? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

3. Kelola keuangan dengan baik

Photo by Carlos Muza on Unsplash

Satu masalah yang tidak bisa disepelekan adalah soal keuangan. Sebagai seorang pebisnis, keuangan adalah masalah krusial yang kerap terjadi di banyak orang. Karena itu jika tidak andal, Anda bisa meng-hire seorang manajer keuangan untuk mengurusi bagian sirkulasi finansial bisnis online Anda.

“Usahakan atur keuangan online shop agar tidak keteteran.”

Mengapa perlu seorang manajer keuangan? Karena perusahaan Anda membutuhkan seseorang yang paham berapa banyak pemasukan, pengeluaran dan bagaimana proses sirkulasinya. Dengan begitu, saat edisi khusus seperti ramadan dimana penjualan meledak dan pemasukan bertambah, bisnis Anda bisa tetap berjalan lancar.

4. Siapkan strategi pemasaran

Photo by Hermes Rivera on Unsplash

Untuk bisa menarik perhatian konsumen online, Anda perlu menyiapkan strategi marketing produk Anda. Misalnya dengan mengadakan kontes atau memperbanyak konten Ramadan di media sosial. Tidak hanya konten foto, Anda juga perlu membuat konten video.

“Persiapkan konten foto dan video untuk dibagikan di media sosial selama bulan Ramadan.”

Data dari Google, ternyata selama bulan Ramadan konsumen lebih banyak memberikan perhatian pada konten dalam bentuk video. Mumpung masih ada waktu sebulan lebih, sempatkan untuk membuat video marketing bernuansa Ramadan. Buat sekreatif mungkin, siapa tahu konten Anda menjadi viral.

5. Berikan promo

Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Siapapun menyukai promo. Entah giveaway, cashback, maupun diskon. Karena itu, cara tersebut penting dilakukan saat bulan puasa. Pemberian promo bisa menarik trafik pengunjung untuk mampir di media sosial maupun marketplace online shop Anda.

“Jadi, jangan lupa siapkan banyak promo menarik untuk audiens online shop Anda.”

Yang tidak kalah penting, perhatikan stok barang dan harga sebelum membuat promo. Hindari kondisi lebih banyak produk yang menjadi gift daripada yang dijual. Jangan sampai Anda merugi karena terlalu banyak hadiah yang Anda bagikan.

Demikianlah 5 strategi jitu meningkatkan jualan online di bulan Ramadan. Anda bisa meniru dan mengaplikasikan pada online shop Anda. Jangan terpaku pada satu cara saja. Anda bisa mencontoh dan menggabungkan dengan cara yang lain. Ingat, tidak ada yang pakem untuk bisa sukses bisnis online. Selamat mencoba.

Menghadapi ledakan penjualan di bulan Ramadan, Anda perlu berkenalan dengan supplier-supplier yang memiliki ribuan produk siap kirim. Misalnya dengan bergabung menjadi reseller di outletz.id. Coba bayangkan, Anda bisa memiliki beragam produk tanpa perlu menyediakan gudang penyimpanan. Saat pembelian terjadi, Anda hanya perlu mengirimkan keterangan pembeli dan barang yang dibeli. Biarkan outletz.id yang mengirimkan produk Anda pada pelanggan. Bagaimana? Tertarik mencoba bisnis online dropship ini?

Mau Menjadi Reseller di Bulan Ramadan bersama OUTLETZ? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: