5 Solusi Bagi Dropshipper Akibat Tokopedia Tutup Dropship

Bagi Anda yang telah lama menggantungkan hidup menjadi dropshipper di Tokopedia, penutupan dropship internal adalah berita buruk. Sebab Anda kehilangan kesempatan menjual maupun menerima pesanan dari pelanggan. Perubahan kebijakan ini akan berlaku mulai tanggal 5 November 2018.

Dilansir dari website resmi Tokopedia, diketahui bahwa marketplace buatan William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison tidak memperbolehkan transaksi dilakukan oleh internal dropshipper. Dropshipping hanya bisa dilakukan ke pembeli di luar Tokopedia atau dari penjual di luar Tokopedia. Jika ternyata masih terjadi transaksi sebagai dropshipper internal, pihak Tokopedia akan mengembalikan dana ke pembeli. Kerugian akan sepenuhnya ditanggung oleh Internal Dropshipper.

Namun jangan menyerah. Ada baiknya, Anda mencari jalan keluar. Sehingga bisnis online dropship Anda tetap dapat berjalan. Karena itu, Outletz.id akan menyajikan 5 solusi bagi dropshipper akibat Tokopedia tutup dropship internal. Berikut ulasannya.

1. Gunakan media sosial

Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Perubahan peraturan dropship dari Tokopedia memiliki dampak besar. Apalagi untuk Anda yang harus kehilangan banyak pelanggan di online shop. Anda perlu mengembangkan ke media sosial. Misalnya ke Instagram. Promosi di media sosial menjadi salah satu dari teknik pemasaran paling ampuh dalam bisnis online. Cara promosi di media sosial juga sangat mudah, yaitu dengan membuat akun khusus untuk bisnis online, posting foto, dan testimoni. Testimoni berguna sebagai tanda bukti atas transaksi penjualan yang berfungsi untuk menambah kredibilitas Anda sebagai reseller online.

“Canggihnya teknologi membuat Anda semakin mudah untuk menjalankan bisnis. Gunakan kesempatan ini mengembangkan bisnis online Anda.”

Yang tidak kalah penting adalah menjalin relasi dalam berbisnis. Manfaatkan relasi atau hubungan pertemanan baik yang telah dijalin dengan sahabat Anda. Mintalah bantuannya agar dia mau memasarkan produk yang Anda jual melalui media sosialnya. Agar sahabat atau teman Anda tergiur, Anda bisa menawarkan komisi yang akan dia dapatkan setiap kali berhasil menjual 1 produk.

2. Perindah Tampilan Media Sosial

Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Seperti halnya bertemu dengan seseorang, Anda akan lebih tertarik dengan seseorang yang penampilannya menarik. Hal ini berlaku juga jika Anda memiliki bisnis online di media sosial. Maka dari itu buatlah tampilan akun-akun media sosial terlihat menarik karena orang akan mudah tertarik jika penampilan sosmed Anda menarik. Jika penampilannya unik pastilah menjadi ciri khas bagi Anda. Buatlah display toko online atau blog dengan tema yang clean dan responsive, membuat profile picture yang menarik di Facebook, dan mengganti background pada Twitter dengan gambar menarik.

“Membuat tampilan akan mudah menarik perhatian calon konsumen bisnis online Anda. Setidaknya buat mereka nyaman melihat display produk, tema hingga feed di media sosial.”

Yang tidak kalah penting, Anda wajib memberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai produk. Detail ini bisa Anda tambahkan di media sosial. Cara ini membantu calon pembeli yang ingin berkonsultasi secara personal dengan menghubungi kontak person bisnis Anda atau keterangan mengenai produk yang tidak detail. Jadi amatlah penting kelengkapan informasi baik di dalam blog maupun akun-akun media sosial  lainnya.

3. Cari supplier lain

Photo by Martin Adams on Unsplash

Untuk Anda yang membutuhkan produk dan telah hubungan baik dari supplier Tokopedia, peraturan dropship terbaru menghilangkan kesempatan Anda mendapatkan penghasilan dari marketplace tersebut. Meski begitu, Anda perlu cara cepat untuk segera mendapatkan supplier dari pihak lain. Ada banyak cara mendapatkan supplier. Misalnya bergabung dengan Outletz.id. Aplikasi buatan anak bangsa ini merupakan wadah berkumpulnya para supplier dengan produk yang mencapai ribuan variasi. Anda yang baru saja bergabung bisa merasakan langsung bekerja sama dan mendapatkan produk dengan kualitas terjaga.

“Faktanya 80% pebisnis online pemula kesulitan menemukan supplier yang bisa dipercaya dengan mutu kualitas produk yang tetap terjaga.”

Bila bergabung dengan outletz.id, Anda akan merasakan kemudahan berbisnis online. Misalnya Anda mengetahui banyaknya produk di gudang, proses transaksi pembayaran dan pengirim juga bisa Anda monitor melalui aplikasi Outletz.id. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi ini, Anda bisa klik ► https://outletz.id.

4. Posting konten secara konsisten

Photo by Icons8 team on Unsplash

Konten bisa dalam bentuk apa saja. Misalnya video pendek di story maupun di IGTV, konten gambar di feed Instagram, bikin polling seru-seruan di Twitter, buat blog, podcast dan lain-lain. Lakukan posting konten ini secara konsisten agar dapat menumbuhkan hubungan positif dengan konsumen Anda. Fakta lainnya, posting konten secara konsisten bisa meningkatkan trafik media sosial Anda.

“Memposting konten secara konsisten berguna untuk mempererat engaagement dengan konsumen Anda.”

Posting konten secara konsisten memerlukan strategi agar bisa berjalan lancar dan mendapat hasil yang maksimal. Misalnya Anda memerlukan penjadwalan konten untuk posting di media sosial. Kelola saja konten dengan bantuan kalender editorial. Apa itu? Kalender editorial adalah dokumen kerja yang memberi semua orang yang terlibat dalam upaya konten Anda dengan informasi yang mereka butuhkan untuk memproduksi, menyampaikan, dan mempromosikan rencana strategi konten.

5. Berikan Award

Photo by Kira auf der Heide on Unsplash

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah pemberian award pada konsumen bisnis online. Misalnya Anda sengaja membuat kuis atau kontes khusus untuk pelanggan. Event menarik ini juga kerap dilakukan saat waktu-waktu tertentu seperti Lebaran, Natal atau pas perayaan tahun baru. Pembuatan kontes ini memang tujuannya untuk memberikan award tapi tidak secara langsung.

“Memberikan award pada  konsumen di momen-momen tertentu bertujuan untuk menghargai mereka yang sangat penting bagi peningkatan penjualan Anda.”

Selain itu, memberikan penghargaan kepada konsumen bisnis online akan membantu mengikat hubungan positif kalian. Karena bisa saja mereka akan pindah ke produk pesaing jika Anda tidak memperhatikan ini. Langkah ini di tujukkan agar mereka tidak beralih ke produk pesaing. Hal yang bisa Anda lakukan dengan memberikan kuis tanya jawab di Twitter dan Facebook, atau video kontes di YouTube. Terserah Anda bagaimana mensiasati ini, yang jelas menghargai mereka sangat penting bagi peningkatan penjualan Anda.

Kelima langkah di atas adalah tips sederhana untuk membantu Anda mendapatkan penjualan yang meledak hanya dalam sebulan. Sebaiknya segera Anda lakukan agar bisa merasakan manfaat yang positif. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang menjalankan kegiatan jual beli dengan memanfaatkan media sosial.

Jika Anda masih kesulitan mendapat barang produk terbaik, mungkin karena Anda belum bertemu supplier yang baik pula. Ya, problem terbesar bisnis online adalah sulit mendapatkan supplier yang bisa dipercaya. Apalagi bila variasi stok barang terbatas, barang bukan dari tangan pertama sehingga harga awal sudah mahal atau supplier itu tidak bisa dihubungi saat orderan di online shop meningkat. Ingin menambah pengetahuan lebih mengenai cara bertemu supplier terjamin yang memiliki ribuan produk siap jual. Klik ► https://outletz.id/panduan-dropship/.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: