5 Rahasia Meraih Omzet 100Juta Pertama di Bisnis Online Shop

OUTLETZ-rahasia-meraih-omzet-100juta-pertama-bisnis-online-shop-dropship-digital-marketing-digimaru

Keuntungan dan kemudahan bisnis online memang tidak diragukan lagi. Telah banyak orang mencoba dan sukses menjalani usaha secara online tersebut. Kemudahan itu dikarenakan akses yang kini semakin mendukung bisnis online daripada 10 tahun yang lalu. Apalagi sekarang ini dunia seakan diarahkan secara online semuanya. Siapa di sekitar Anda sekarang yang tidak mengenal internet? Berapa lama mereka bersinggungan dengan internet setiap harinya?

Menariknya lagi, siapapun bisa mencoba berbisnis online tidak terbatas pada pendidikan yang dipilih. Alasannya pun beragam. Anda karyawan atau mahasiswa yang ingin punya pendapatan lain? Atau ibu rumah tangga yang tidak ingin selalu minta uang tambahan dari suami? Mencoba berbisnis tidak ada salahnya. Perkembangan bisnis online yang semakin cepat dan efisien kini semakin membantu kehidupan manusia.

Untuk Anda yang tertarik dan mau mencoba berbisnis, ada baiknya mempersiapkan hal-hal penting sebelum memulai bisnis online. Usaha ini dilakukan akan membantu Anda menghindari kegagalan yang kerap terjadi pada pebisnis pemula. Kiat ini juga merupakan rahasia yang jarang diungkap pebisnis sukses. Apa saja? Berikut 5 rahasia meraih omzet 100 Juta pertama pada bisnis online.

1. Survei Pasar

Photo by Glenn Tan on Unsplash

Dan yang paling penting dari semuanya adalah Anda harus melakukan survei terhadap pasar terlebih dahulu. Pastikan bahwa Anda menjual produk yang benar-benar dibutuhkan dan dicari oleh pasar. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan trend pasar tanpa jelas alasan mengapa Anda menjual produk tersebut. Apakah Anda sudah siap untuk menghadapi persaingan toko online di tahun 2018?

“Survei merupakan proses penting dalam pembuatan konsep bisnis online. Jika proses ini tidak ada, bisa jadi pondasi bisnis online tidak kuat dan mudah jatuh.”

Kesalahan terbesar orang ketika membuka online shop adalah tidak riset sehingga produk yang dijual kesulitan menemukan pasar yang pas. Karena itu, untuk menghindari sudah pasti Anda perlu melakukan survei yang menyeluruh mengenai produk, rival hingga target yang Anda tuju. Jika semua itu terpenuhi, akan memudahkan Anda dalam membuat konten menarik pada media sosial sebagai upaya mempromosikan online shop Anda.

2. Ikut Seminar Bisnis Online

Photo by Nicholas Green on Unsplash

Jangan biarkan diri Anda hanya sekadar berjualan, sesekali mengupgrade skill penjualan Anda juga penting lho. Hal ini sangat penting agar Anda tahu trik dan tips cara promosi toko online terkini. Sesekali sempatkan diri untuk mengikuti seminar bisnis online agar Anda juga bisa dapat tambahan ilmu tentang prospek bisnis toko online di tahun depan. Dari situ Anda tidak hanya bisa mendapatkan pengalaman baru, tapi juga bisa memperluas jaringan pemasaran.

“Dengan mengikuti seminar bisnis online, Anda bisa mengupgrade pengetahuan dan memperluas jaringan relasi serta pemasaran.”

Salah satu seminar bisnis online yang sukses membantu alumninya adalah event yang diadakan Digimaru bekerjasama dengan Outletz.id. Kebetulan akan ada acara menarik berjudul Digimaru Road to 100 yang khusus membantu Anda menuju kesuksesan dengan omzet 100 juta di tahun pertama memulai bisnis online. Dengan mengikuti event menarik ini, Anda bisa menambah pengetahuan mengenai perkembangan bisnis online hingga mendapatkan solusi menghindari bisnis gagal. Jika tertarik lebih lanjut, info selengkapnya klik ► http://digimaru.org/digimaru-outletz/.

3. Menjual Produk yang Memiliki Nilai

Photo by Devin Avery on Unsplash

Kendati produk yang Anda jual sebenarnya sudah ada banyak di pasaran tapi agar terlihat beda buatlah tampilan produk Anda lebih bernilai di depan calon konsumen. Misalnya dengan mengganti bungkusnya dengan kemasan produk yang menarik atau bisa juga membubuhkan label brand pada produk tersebut. Meski terlihat sederhana, tapi bisa meningkatkan nilai jual produk di mata konsumen lho. Nggak percaya? Coba saja.

“Jeli mengetahui barang yang masih memiliki nilai akan membuat Anda mudah meraih keuntungan. Apalagi jika olshop yang lain tidak paham betul akan nilai produk.”

Bagaimana cara mengetahui nilai sebuah produk? Kembali lagi pada poin 1 yaitu survei. Luangkan waktu Anda untuk memahami pasar yang Anda tuju. Dengan demikian Anda akan mengetahui berbagai produk yang sedang laris diburu konsumen, barang cuci gudang yang masih memiliki nilai hingga barang yang tidak laku sama sekali.

4. Lingkungan Positif

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Carilah mentor yang bisa membimbing Anda dalam masa-masa awal membangun bisnis, baik secara langsung maupun tidak langsung. Mentor ini bisa teman Anda, orang tua, saudara, guru, dosen, maupun pelaku bisnis yang Anda anggap sudah berhasil dalam bidang usaha yang digelutinya.  Selain itu, bergabunglah dengan komunitas bisnis dan komunitas-komunitas lain yang mendukung tujuan Anda serta milikilah lingkungan yang positif. Ini juga akan sangat mendukung proses belajar Anda supaya lebih kondusif dan terarah.

“Dengan adanya mentor ini, Anda bisa mempercepat proses trial and error yang Anda butuhkan selama berproses menuju puncak.”

Mereka yang Anda jadikan mentor ini sudah melalui proses jatuh bangun dan manis pahit getir serta asam garam dalam membangun bisnis dan kehidupannya sehingga Anda bisa belajar dari pengalaman prosesnya. Memiliki mentor dan teman-teman dengan lingkungan yang positif akan mengarahkan Anda pada misi sukses menggeluti bisnis online.

5. Optimalkan Marketplace dan Medsos

Photo by Elyssa Zornes on Unsplash

Sebelum memulai bisnis online, cobalah memahami karakter bisnis yang akan Anda mulai. Apakah bersifat grosir maupun jualan reguler biasa? Lalu Anda akan menggunakan media apa untuk mempromosikan barang? Jika Anda berpikir memiliki banyak teman sekadar cukup sebagai promosi online shop, itu salah kaprah. Memang jualan dari mulut-ke-mulut dianggap mampu sebagai media promosi namun untuk mengoptimalkan lagi, ada baiknya Anda mencoba secara online.

“Marketplace dan media sosial kini menjadi primadona sebagai media sukses mempromosikan produk jualan bisnis online.”

Cara lainnya, Anda bisa mencoba menggunakan Instagram, Facebook, maupun Twitter sebagai media promosi produk online shop Anda. Selain itu, manfaatkan juga marketplace yang kini semakin menjamur di Indonesia. Misalnya Anda bisa bergabung dengan Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya untuk mempromosikan lapak toko online Anda. Cara ini bisa meningkatkan jumlah pengunjung Anda lho.

Itulah kelima rahasia yang bisa membantu online shop meraih omzet 100 juta di tahun pertama memulai bisnis online Anda. Coba kelima cara diatas sekaligus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Saran lainnya jangan menyerah untuk mencoba. Anda perlu mengingat bahwa masa awal memulai online shop tidaklah mudah. Tetap semangat dan semoga bermanfaat.

Sekali lagi untuk Anda yang tertarik untuk belajar mengenai bisnis online, perkembangan dan bagaimana menghindari kegagalan, Anda perlu mencoba mengikuti seminar bisnis online. Misalnya seperti yang diadakan Digimaru bekerjasama dengan Outletz.id berjudul Digimaru: Road to 100. Event ini bagus untuk Anda yang masih pemula dalam bisnis online dan ingin sukses meraih goals omzet 100 juta di tahun awal pertama. Jika tertarik lebih lanjut, info selengkapnya klik ► http://digimaru.org/digimaru-outletz/.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: