5 Perawatan Wajah Mengatasi Kulit Kering di Rumah

outletz-Perawatan-Wajah-Mengatasi-Kulit-Kering-di-Rumah-info-produk-dropship-bisnis-online

Kulit kering saat ini menjadi keluhan nomor satu banyak wanita pekerja. Keluhan ini terjadi tidak hanya pada orang yang bekerja di luar tapi juga mereka yang bekerja di dalam kantor. Kulit kering memang terkesan sepele dan tidak berbahaya. Namun masalah kulit ini cukup mengganggu penampilan.

Penyebab kulit kering pun berbeda. Untuk mereka yang menghabiskan waktu di luar, polusi dan paparan sinar ultraviolet adalah musuh terberat. Sedangkan para pekerja di dalam kantor kerap terkena dehidrasi. Duduk seharian, bekerja menatap monitor terkadang membuat orang melewatkan minum air.

Kulit kering sendiri merupakan kondisi umum kulit yang terjadi karena kekurangan cairan pada lapisan luarnya. Bagian kulit yang paling rentan mengalami gangguan adalah wajah, lengan, tangan dan kaki. Gejalanya kulit terasa gatal, pecah-pecah, dan mudah terkelupas.

Untuk Anda yang mengalami kondisi kulit kering, Anda bisa mengatasi problem ini dengan perawatan ringan di rumah. Anda bisa mendapatkan hasil maksimal, diperlukan perawatan yang berulang dan konsisten. Agar perawatan ini menjadi kebiasaan dan kulit Anda menjadi sehat kembali. Apa saja perawatan kulit kering ini? Berikut ini 5 perawatan wajah mengatasi kulit kering di rumah.

1. Kompres air hangat

Photo by bruce mars on Unsplash

Cara pertama untuk mengatasi kulit kering adalah mengompres bagian kulit kering Anda. Hindari penggunaan air panas karena dapat menghilangkan minyak alami kulit. Sedangkan Anda masih perlu sebanyak mungkin penghalang yang membantu memerangkap kelembapan demi menjaga kulit Anda tetap halus dan lembap.

“Dermatologis merekomendasikan untuk mandi maupun mengompres kulit dengan air hangat tak lebih dari 5-10 menit.”

Alternatifnya, Anda bisa mengompres area kulit kering bersisik dengan kompres air hangat. Gunakan waslap bayi bersih yang telah dicelupkan di air hangat, kemudian gosok lembut dengan gerakan melingkar kecil untuk mengangkat sisa kulit mati. Ulangi beberapa kali sehari, jika perlu. Pastikan untuk menggunakan waslap baru setiap kali akan mengompres. Setelah itu, keringkan kulit dan oleskan pelembab tubuh.

2. Oleskan pelembap

Photo by rawpixel.com from Pexels

Gunakan pelembap yang tebal untuk meningkatkan kadar kelembapan kulit dalam beberapa menit setelah mandi. Terlebih jika sabun maupun facial wash Anda berguna mengangkat kulit mati. Sebaiknya gunakan pelembap 2 kali dalam sehari, saat pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur.

“Jika kulit Anda tetap kering sepanjang hari, Anda mungkin perlu mengulangi mengoleskan pelembab beberapa kali dalam sehari.”

Leslie Baumann, MD, direktur Kosmetik Kedokteran dan Research Institute di University of Miami menyarankan untuk cari pelembap yang mengandung shea butter, ceramides, asam stearat, atau gliserin untuk mengatasi kulit kering. Yang tidak kalah penting adanya kolagen dalam produk pelembap. Sebab kandungan ini ampuh mencegah pengisian kembali kulit dari asam hialuronat, suatu zat yang secara alami terdapat pada kulit kita yang menyimpan kelembapan.

3. Gunakan petroleum jelly

Image by silviarita from Pixabay

Petroleum jelly bekerja dengan baik untuk mengunci kelembapan dan membantu meringankan kekeringan di kulit. Jika Anda tidak rajin melebapkan kulit, kulit akan bekerja lembur untuk memproduksi lebih banyak minyak demi menjaga kulit tidak semakin mengering.

“Petroleum jelly bertindak sebagai humektan, yang menarik dan menyegel kelembapan ke dalam kulit.”

Meski tekstur petroleum jelly mungkin tampak kental dan lengket bisa menutupi pori, sebenarnya molekul jeli ini terlalu besar untuk merasuk ke dalam kulit. Anda juga bisa menggunakan minyak organik, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa yang cenderung lebih baik untuk memerangkap kelembapan ke dalam kulit.

4. Membuat masker alami

Photo by Thought Catalog on Unsplash

Masker yang dijual di pasaran bisa jadi tidak cocok untuk kulit Anda. Entah karena kandungannya, scrub maupun raksi aktif di dalam produk tersebut. Karena itu Anda bisa membuat sendiri masker dari bahan-bahan alami di rumah. Misalnya dengan membuat masker alpukat dan madu. Kedua bahan ini merupakan sumber yang baik dari sterolin dan humektan yang mampu mengobati kekeringan kulit.

“Gunakan masker dari bahan-bahan alami, diamkan 15 menit lalu bilas dengan air bersih.”

Caranya, tumbuk halus alpukat dan aduk rata bersama satu sendok madu hingga menjadi pasta lembut. Balurkan masker di area kulit kering, diamkan selama 15 menit, dan bilas bersih. Alternatif lainnya adalah masker pisang dan yogurt. Campuran ini tidak hanya melembabkan kulit, tetapi juga mengelupas sel-sel mati. Tumbuk halus pisang dan aduk rata bersama sesendok yogurt plain hingga menjadi pasta lembut. Balurkan masker di area kulit kering, diamkan selama 30 menit, dan bilas bersih.

5. Jangan lupa tabir surya

Image by chezbeate from Pixabay

Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab kulit kering bersisik dan munculnya keriput yang paling umum. Anda dapat mencegah kerusakan kulit dengan mengoleskan tabir surya broad spectrum ber-SPF 30 setiap kali akan keluar rumah dan berpakaian dengan tepat.

“Untuk mencegah, kulit kering di cuaca dingin, gunakan sunscreen yang mengandung tabir surya SPF 30.”

Untuk menghindari sinar matahari di cuaca panas, usahakan pakai pakaian tangan panjang yang tipis dan longgar, baju lengan panjang, dan topi bertepi lebar untuk menaungi leher, telinga, dan mata. Dalam cuaca dingin, pastikan untuk berpakaian berlapis yang menyerap keringat untuk mencegah kepanasan dan berkeringat berlebihan karena keduanya dapat mengiritasi kulit.

Demikianlah 5 perawatan wajah mengatasi kulit kering di rumah. Cara tersebut cukup mudah dilakukan. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan di pasaran. Yang perlu ditingkatkan adalah penggunaan yang konsisten agar Anda semakin cepat merasakan hasilnya. Selamat mencoba.

Outletz.id adalah platform bisnis yang menjembatani ratusan supplier dengan banyak variasi produk bisnis dan reseller. Anda bisa bekerja sama dengan salah satu supplier maupun ingin fokus menjual produk yang spesifik dengan menggunakan platform ini. Outletz sangat mudah digunakan dengan bantuan sistem yang terintegrasi dengan gudang. Sehingga Anda bisa tahu produk mana saja yang stoknya menipis. 

Mau segera mencoba outletz.id? https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: