5 Penyebab Calon Konsumen Tidak Mau Membeli Produk Anda

Outletz-penyebab-calon-konsumen-tidak-mau-membeli-produk-Anda-bisnis-online-shop-digital-marketing

Penyebab calon konsumen tidak mau membeli produk online Anda bisa dikarenakan banyak hal. Mungkin karena sedang tidak butuh produk Anda, kemasannya tidak menarik, atau bisa jadi karena calon konsumen tidak tahu adanya produk Anda. Menyedih memang saat Anda mengetahui hal tersebut.

Coba bayangkan, Anda sangat antusias dengan peluncuran produk dari bisnis online Anda. Namun ternyata pasar tidak merespon dengan baik. Padahal Anda sudah mencoba banyak cara marketing sehingga target market bisa tahu produk Anda. Dalam sekejap seolah-olah kerja keras Anda dalam melakukan promosi sia- sia belaka. Apa yang sebenarnya terjadi? Mengapa pasar tidak tertarik dengan produk Anda? Dimana letak kesalahannya?

Anda tidak bisa menarik kesimpulan dari 1 penyebab saja dan perlu mencari kesalahan dengan menelusuri benang merahnya terlebih dulu. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengevaluasi strategi marketing yang dijalankan. Dari data yang Anda miliki, apakah promosi sudah dijalankan dengan cara dan audiens yang tepat? Apakah split test sudah dilakukan secara optimal? Setelah mengevaluasi dari sisi strategi marketing, Anda kemudian dapat menganalisa penyebab produk Anda kurang diminati pembeli.

Outletz.id telah merangkum apa saja penyebab yang membuat produk jualan Anda tidak dilirik massa sama sekali. Saat Anda membaca artikel ini, bisa menjadi pembelajaran dan menghindari penyebab tersebut. Inilah 5 penyebab calon konsumen tidak mau membeli produk Anda.

1. Calon pembeli tidak tahu produk Anda

Outletz-penyebab-calon-konsumen-tidak-mau-membeli-produk-Anda-bisnis-online-shop-digital-marketing

Penyebab calon konsumen tidak mau membeli produk Anda bisa karena mereka tidak tahu. Kok bisa mereka tidak ahu produk Anda? Ini yang perlu dievaluasi. Pasar yang membutuhkan atau yang potensial berminat tidak akan membeli produk Anda jika mereka bahkan tidak mengetahui produk Anda. Jika Anda merasa sudah melakukan banyak strategi marketing dan iklan Anda sudah ada dimana-mana, namun calon pembeli tetap tidak datang juga, mungkin ada yang salah dengan strategi pemasaran Anda.

“Lakukan evaluasi apakah produk Anda dipasarkan di lingkungan yang benar atau produk Anda beneran sampai ke calon pembeli potensial agar marketing bisnis online semakin maksimal.”

Dari hasil evaluasi, Anda bisa menemukan beberapa point yang dapat membantu Anda menganalisa di mana letak kesalahannya. Dari point- point ini, Anda dapat melakukan perbaikan dalam melakukan promosi produk agar produk Anda benar-benar dijangkau oleh mereka yang membutuhkan atau mereka yang mempunyai minat dan ketertarikan.

2. Tidak mempunyai nilai lebih

Outletz-penyebab-calon-konsumen-tidak-mau-membeli-produk-Anda-bisnis-online-shop-digital-marketing

Penyebab kedua audiens tidak mau membeli produk Anda adalah karena produknya tidak memiliki nilai lebih. Saat kompetitor atau pesaing semakin banyak dan tren bakar duit semakin menggila, value dari sebuah product harus semakin ditonjolkan. Bagi calon pembeli, produk yang mempunyai nilai lebih, baik dari segi manfaat, dan kualitas adalah produk yang sulit untuk ditolak.

“Untuk memperkuat produk, bisnis online perlu memiliki branding. Dengan adanya branding, maka value yang ada pada produk Anda akan meningkat.”

Lalu yang menjadi persoalan yang perlu dipikirkan adalah: bagaimana cara memberi nilai lebih pada produk Anda? Lakukanlah branding! Selain itu, jangan lupa untuk meningkatkan kualitas, menampilkan packaging yang menarik, foto yang berkualitas, dan berikan penawaran special yang masuk akal.

3. Manfaat produk tidak tersampaikan

Outletz-penyebab-calon-konsumen-tidak-mau-membeli-produk-Anda-bisnis-online-shop-digital-marketing

Salah satu penyebab calon konsumen tidak mau membeli produk karena tidak mendapati adanya manfaat lebih. Ada beberapa jenis produk yang saat dijual, perlu dilengkapi dengan edukasi terkait produk tersebut. Misalnya Anda menjual produk suplemen herbal. Tentu saja Anda perlu menjelaskan kepada target konsumen Anda apa manfaat dari supplement tersebut, seperti untuk menurunkan berat badan, meningkatkan nafsu makan, melancarkan peredaran darah, mengoptimalkan metabolisme, dan lain sebagainya.

“Selain value, konsumen perlu mengetahui manfaat lebih dari produk yang Anda jual dan ini wajib menjadi komponen yang dishare saat melakukan marketing.”

Karena produk yang Anda jual adalah supplemen, Anda juga perlu meyakinkan calon pembeli Anda bahwa produk Anda ini aman, sehat, halal, dan sudah terdaftar di BPOM (tentu saja karena Anda benar- benar menjual produk yang bagus!). Jika informasi seperti ini tidak sampai ke calon pembeli Anda, wajar saja jika produk Anda hanya diabaikan. Berapa pun budget iklan yang Anda gelontorkan semua akan percuma jika calon konsumen tertarget Anda hanya scroll iklan Anda. Mereka tidak mengerti apa manfaat dari produk Anda.

4. Calon konsumen merasa tidak butuh produk Anda

Outletz-penyebab-calon-konsumen-tidak-mau-membeli-produk-Anda-bisnis-online-shop-digital-marketing

Akan lebih mudah menjual barang yang berjenis need base atau sesuai dengan kebutuhan konsumen untuk menghindari calon konsumen tidak mau membeli produk jualan Anda. Bukan berarti Anda harus berjualan beras atau gula saja yang merupakan kebutuhan sehari- hari. Anda bahkan bisa membuat seolah- olah konsumen membutuhkan produk yang Anda tawarkan -padahal yang nggak butuh. Bagaimana triknya? Mainkan copywriting dan berikan penawaran berbatas waktu.

“Di materi iklan, sampaikan hal apa yang stand out dari produk Anda dan mengapa produk Anda tidak boleh dilewatkan. Inilah kunci yang membuat produk Anda dirasa penting untuk dibeli oleh calon konsumen.”

Jika memungkinkan, beberkan digit angka yang konsumen bisa hemat dengan menggunakan produk Anda. Testimoni berpengaruh? Tentu saja! Kumpulan testimoni dapat menambah nilai jual dari penawaran Anda dan membuat calon konsumen merasa bahwa produk Anda memang sayang untuk tidak dimiliki.

5. Calon konsumen sulit menjangkau produk

Outletz-penyebab-calon-konsumen-tidak-mau-membeli-produk-Anda-bisnis-online-shop-digital-marketing

Alasan lainnya penyebab calon konsumen tidak mau membeli produk Anda adalah karena kesulitan menjangkau produk Anda. Berbeda dengan penyebab pertama dan lainnya, ada sekelompok calon pembeli potensial yang sebenarnya sudah ingin membeli produk Anda. Sayangnya, saat membutuhkan produk Anda, mereka tidak jadi melakukannya karena kesulitan melakukan proses pembelian. Penyebab, produk Anda sulit dijangkau oleh calon konsumen pun dipengaruh banyak hal.

“Jika point ini yang terjadi, apa yang harus dilakukan? Coba evaluasi cara pemesanan yang Anda terapkan di bisnis Anda. “

Apakah cara pemesanan cocok dengan target Anda? Apakah fitur add-to-cart di website Anda berjalan normal? Apakah Anda menyediakan layanan WA atau live chat untuk mendukung terjadinya pembelian? Jika memang ‘kebocoran’ terjadi dalam proses pemesanan, Anda harus segera menambalnya. Buat proses pemesanan hingga pembayaran menjadi semudah mungkin. Biar bagaimanapun, user experience adalah hal yang sangat vital dalam proses jual beli modern. Bukan hanya pembeli baru yang akan menikmati proses ini, tapi perbaikan ini juga dapat membuat angka repeat order menjadi lebih baik lagi.

Demikianlah 5 penyebab calon konsumen tidak mau membeli produk Anda. Jika Anda merasa marketing sudah berjalan, namun produk tidak kunjung laku maka yang harus dilakukan adalah menelaah dan menganalisa kenapa hal itu terjadi. Bisa jadi penyebabnya sama seperti poin-pon di atas. Semakin Anda sadar hal tersebut, maka akan semakin cepat Anda mengetahui penyebab bisnis online ada yang terhambat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Jika Anda tertarik belajar lebih dalam tentang bisnis online, ada baiknya Anda belajar bersama komunitas bisnis online. Misalnya seperti komunitas bisnis online yang dibuat Outletz.id. Ini menjadi wadah bagi Anda yang ingin mengetahui insight lebih dalam tentang bisnis online dan perkembangannya saat ini. Jika Anda tetap update mengenai bisnis online, bukannya lebih mudah menjangkau, menjual dan mendapatkan semakin banyak laba dari bisnis Anda.

Mau segera bergabung dengan komunitas Outletz.id? Klik ►https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: