5 Langkah Sukses Memulai Bisnis Online Dropship Untuk Pemula

5 Langkah Sukses Memulai Bisnis Online Dropship Untuk Pemula

Faktanya dropship adalah cara bisnis online yang paling mudah dilakukan oleh siapa saja. Termasuk untuk Anda yang baru saja terjun ke bisnis online. Bisnis online dropship tidak membutuhkan tempat penyimpanan. Selain itu, Anda tidak perlu mengurusi produk jualan secara langsung karena supplier-lah yang meng-handle.

Bisnis jual beli online saat ini semakin berkembang. Hal ini bisa berkembang pesat karena didukung dengan perkembangan digital pula. Segala macam produk dapat dijual secara online. Media melakukan transaksi jual beli tidak hanya dari online shop di Instagram saja, tapi juga di marketplace.

Biasanya orang yang baru akan terjun ke bidang bisnis baru akan keki dan memiliki banyak ketakutan. Misalnya takut produk yang dijual tidak laku, supplier yang tidak bertanggung jawab, hingga keuntungan yang didapat hanya sedikit. Namun tidak ada salahnya bila Anda mengunakan dropship dalam berbisnis online.

Outletz.id telah merangkum langkah-langkah mudah dalam memulai proses berbisnis online menggunakan cara dropship. Berikut 5 langkah mudah sukses memulai bisnis online untuk pemula. Cek ulasannya di bawah ini.

1. Tentukan konsep dan fokus pada 1 kategori produk

5 Langkah Sukses Memulai Bisnis Online Dropship Untuk Pemula
Photo by Nicole on Stock Snap

Faktanya pebisnis yang sukses adalah mereka yang memiliki perencanaan bisnis yang matang dan terperinci. Rencana bisnis tidak harus panjang dan bertele-tele, namun cukup singkat dan padat. Jangan lupa untuk menentukan target pasar dan identitas dari merek pakaian yang ingin Anda angkat. Cara bisnis online yang pertama kali harus Anda lakukan ialah menentukan produk apa yang cocok untuk diperjualbelikan.

“Usahakan untuk fokus pada 1 kategori agar penjualan lebih maksimal dan tidak terjadi kebingungan, sehingga pembeli bisa dengan mudah menemukan apa yang dicari dan butuhkan.”

Untuk menentukannya, lakukan riset kecil-kecilan tentang produk apa yang populer dan disukai banyak orang.Lalu, pilih satu jenis produk yang ingin Anda kembangkan, misalnya produk pakaian wanita dengan potensi pembeli antara usia 17-35 tahun. Gali potensi target pasar tersebut secara maksimal. Apa saja kebutuhan mereka yang masih berkaitan dengan fesyen. Lalu, masukkan semua produk tersebut ke dalam katalog toko online Anda.

2. Cari keunikan dan selalu berinovasi

5 Langkah Sukses Memulai Bisnis Online Dropship Untuk Pemula
Photo by Christina Morillo on Stock Snap

Persaingan usaha kian hari semakin ketat. Untuk itulah Anda harus mampu mencari keunikan dan inovasi dari produk yang dijajakan. Keunikan akan memberikan Anda kesempatan untuk menjadi pioner dalam bisnis jenis itu. Beragam keunikan dari inovasi produk pakaian juga akan membuat konsumen semakin puas.

“Melakukan riset tentang produk atau pelanggan merupakan salah satu hal penting untuk menentukan apa saja produk yang lebih populer dan diminati ketika ingin memulai bisnis online.”

Namun, yang tak kalah penting juga adalah meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam menjalankan dan mengembangkannya. Sebab berbisnis online sangatlah unik dan menarik. Karena itu, jangan berkecil hati meskipun Anda masih pemain baru. Tingkatkan kreativitas dan inovasi agar mampu bersaing.

3. Temukan supplier yang tepat

5 Langkah Sukses Memulai Bisnis Online Dropship Untuk Pemula
Photo by Sikai Gu on Unsplash

Ketika Anda sudah mendapatkan produk apa yang sesuai untuk dikembangkan sebagai dagangan, saatnya Anda mulai memilih dan mencari supplier. Ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan. Pilih dan jalinlah kerjasama hanya dengan supplier bahan pakaian yang bagus dan dapat dipercaya.

“Lakukan kerjasama awal dengan beberapa supplier handal dan selanjutnya anda dapat memilih supplier mana yang terbaik sebagai rekan bisnis jangka panjang.”

Ada dua pilihan dalam bisnis online shopping untuk mendapatkan supplier, yakni dengan sistem reseller atau dropshipper. Jika Anda memilih sistem reseller, biasanya Anda harus menyiapkan modal lebih dulu untuk menyediakan produk dagangan. Semakin besar toko online Anda dengan item produk yang banyak, akan makin banyak pula modal yang diperlukan. Namun, Anda dapat menjual langsung ke pelanggan dengan harga yang bisa di otak-atik sendiri.

Berbeda dengan reseller, sistem dropshipping ini hampir tak memerlukan modal, tapi hanya butuh paket data internet yang selalu online. Mengapa? Sebab semua produk yang Anda pajang akan disiapkan dan didukung supplier untuk ke tangan konsumen. Jadi Anda hanya bertindak sebagai tenaga pemasaran dan ketika ada pelanggan yang berminat, supplier yang akan mengirimkan produk tersebut ke pelanggan atas nama Anda. Tentunya dengan ketentuan-ketentuan yang sebelumnya telah disepakati bersama.

Salah satu wadah bisnis online yang mendukung sistem dropship adalah https://outletz.id. Aplikasi ini menjembatani supplier dan buyer sehingga transaksi jual beli online menjadi lebih mudah. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa mengetahui proses jual-beli secara transparan, jumlah produk di gudang online, pengiriman hingga pembayaran.

Mau segera mencoba outletz.id? https://outletz.id/solusisusahmiskin/

4. Lakukan promosi unik

5 Langkah Sukses Memulai Bisnis Online Dropship Untuk Pemula
Photo by NordWood Themes on Unsplash

Membangun sebuah strategi untuk bisnis kita tidak bisa sembarangan. Rahasia penjualan barang agar cepat menuai kesuksesan hanya cuma satu, yaitu strategi pemasaran nan unik dan kreatif. Cobalah pikirkan kira-kira trik pemasaran seperti apa yang ingin Anda pakai. Pemasaran produk yang baik akan sangat berpengaruh pada performa penjualan produk bisnis online Anda nantinya.

“Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan promosi secara menyeluruh mulai dari media sosial, media chat hingga marketplace Anda.”

Ada banyak cara untuk mengenalkan toko online Anda, mulai dari media sosial hingga platform khusus online shopping. Misalnya, Facebook, Instagram, ataupun marketplace lainnya. Lakukan branding pada toko online Anda dengan maksimal agar tercipta kepercayaan dari calon pelanggan. Pengenalan merek produk/jasa yang bagus dengan promosi yang sesuai target akan membuat calon pelanggan penasaran, dan akhirnya mulai mencari tahu, kemudian tertarik membeli apa yang Anda tawarkan.

5. Tambah pengetahuan tentang bisnis online

5 Langkah Sukses Memulai Bisnis Online Dropship Untuk Pemula
Photo by Austin Distel on Unsplash

Kurangnya pengetahuan umum bisnis seperti istilah dasar bisnis atau bagimana caranya beroperasi dapat membuat bisnis Anda gagal. Walaupun Anda sudah memiliki bisnis online dan mendaptkan keuntungan besar tetapi Anda tidak tahu berapa biaya operasional yang dikeluarkan, hal ini bisa menjadikan bisnis Anda gagal di masa depan.

“Salah satu cara menambah pengetahuan bisnis online dropship yang mujarab adalah dengan bergabung dengan komunitas bisnis online.”

Menjalankan bisnis tidak sesederhana mengurangkan pengeluaran Anda dari keuntungan. Jadi sebelum memulai bisnis online, pastikan Anda memiliki pengetahuan lengkap tentang cara menjalankannya. Anda dapat mencari kursus bisnis online, atau belajar dari seminar, atau lebih baik, jika memang Anda memang tertarik sekolah bisnis, Anda bisa belajar lebih banyak di sana.

Komunitas OUTLETZ menyediakan CONTENT PROMOSI DIGITAL siap pakai yang sangat lengkap mulai dari Image Profesional, Sales Page, Video Marketing, Blog, Email Responder dan masih banyak lagi sehingga mereka tidak perlu repot membuat & hanya tinggal fokus mencari PROFIT. Itulah enaknya menjadi Reseller di Platform Bisnis bersama Komunitas di OUTLETZ.

Mau segera bergabung di Komunitas Outletz? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin

Demikian 5 langkah sukses memulai bisnis online dropship untuk pemula. Kelima cara di atas bukan pedoman. Sesuai dengan bisnis online yang terus berkembang, Anda perlu mengupgrade informasi agar dropship bisa berjalan maksimal. Selamat mencoba.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: