5 Konten TikTok Ini Ampuh Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

5 Konten TikTok Ini Ampuh Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

TikTok menjadi buah bibir belakangan ini, terutama di Indonesia. Banyak orang tertarik untuk mencoba aplikasi bikinan Zhang Yiming ini. Tiktok sendiri adalah aplikasi video pendek buatan ByteDance dari Tiongkok, yang belakangan semakin banyak digunakan. Bahkan TikTok pernah menjadi aplikasi yang paling banyak di-download di Amerika Serikat. Namun apakah aplikasi video pendek ini cocok digunakan semua usia? Apakah juga bisa digunakan untuk bisnis online?

Seiring berjalannya waktu, TikTok berkembang pesat. Aplikasi itu digunakan semakin banyak orang, terlebih usia 15-34 tahun. Head of Public Policy TikTok Indonesia, Malaysia & Filipina, Donny Eryastha mengatakan platform kreatif ini mendefinisikan ulang ‘Fun’ di media sosial. “Bukan cuma yang lucu-lucu, tapi juga bisa untuk hal serius seperti pesan pemerintah atau kampanye pariwisata,” kata Donny di event Social Media Week.

Bagaimana TikTok begitu mudah menarik perhatian pengguna internet usia muda? Jika diperhatikan aplikasi ini sangat ringan. Bahasa kekiniannya, receh. Penggunaannya pun mudah. Anda tinggal install, bikin akun baru, aktivasi melalui email dan TikTok bisa segera digunakan. Untuk mendukung munculnya konten yang kreatif, menurut Dina Bhirawa selaku Head of Marketing TikTok Indonesia, TikTok dilengkapi dengan teknologi interaktif dari pengenalan wajah, gestur tangan sampai aneka tantangan untuk user untuk menjaga engagement sampai memanfaatkan trending topic untuk menjadi tema konten.

Inilah yang membuat banyak orang menggunakan TikTok. Bahkan data menyebutkan orang bisa 3,9 jam sehari nonton TikTok. Jika sudah ada data ini, apakah Anda masih ragu menggunakan TikTok sebagai media promosi bisnis online? Lalu konten apa saja yang cocok untuk dikonsumsi di TikTok? Dina membocorkan jenis-jenis konten paling populer di TikTok yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis online. Berikut 5 konten TikTok ini ampuh tingkatkan penjualan bisnis online.

1. Komedi

5 Konten TikTok Ini Ampuh Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Komedi merupakan unsur alami konten yang sangat disukai pengguna Internet. Tidak hanya di TikTok, di media sosial lainnya seperti Instagram, Twitter dan YouTube, komedi ampuh menarik perhatian penggunanya. Coba tengok video-video pendek di Instagram yang membuat tertawa dan betapa mudahnya video tersebut dibagikan ke user lainnya. Teknik komedi yang ditawarkan Raditya Dika pun masih disukai hingga saat ini. Konten kreator, komika, sekaligus sutradara itu bahkan mengawali konten komedi sejak aktif menggunakan Twitter, kini Raditya hanya menggunakan Instagram dan YouTube saja.

“Tren konten komedi lebih mudah menarik perhatian pengguna karena isinya yang mencairkan suasana dan membuat tertawa.”

Konten komedi sangat mudah dibagikan pengguna lainnya. Inilah yang membuat konten Anda lebih mudah viral. Jadi jika Anda ingin jualan maupun brand Anda semakin dikenal audiens lainnya, maka konten komedi perlu menjadi prioritas. Dan TikTok adalah platform yang pas dengan target market anak muda. Bersiaplah membuat konten lucu untuk target market audiens muda berdurasi di bawah 15 detik.

2. Vlog

5 Konten TikTok Ini Ampuh Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Jika biasanya TikTok hanya berdurasi 15 menit, kini ada update terbaru hingga 1 menit. Douyin, TikTok versi aslinya alias dari Tingkok ini mengijinkan usernya untuk membuat vlog atau video blog. Jika di Amerika maupun Asia Tenggara seperti Indonesia familiar dengan format vlog, berbeda di Tingkok. Tidak banyak user yang suka membagikan konten soal kehidupan sehari-hari. Karena itu, pihak TikTok mengarahkan usernya untuk mencoba format ini dan berhasil. Di Tiongkok semakin banyak user TikTok yang mengunggah konten berformat vlog.

“Vlog adalah format yang disukai di Tiongkok dan viral belakangan ini. Format yang terbilang pendek dan bisa menggambarkan keseharian si influencer kerap menantang kreatornya.”

Tidak sulit membuat konten vlog di Indonesia. Sebab format ini sangat familiar dan bisa dijumpai di platform media sosial lainnya seperti Instagram dan YouTube. Namun ini merupakan pengalaman yang menantang dan berbeda bila menggunakan TikTok. Jika dibandingkan dengan video di YouTube, durasi yang hanya 1 menit ini sangat efisien. Sisi kreatifitas pembuat konten bakal diuji. Penggunaan format vlog untuk media promosi brand akan berjalan lancar dengan bantuan selebgram maupun influencer di media apapun. Sebab brand tersebut bisa sangat halus dipromosikan di audiensnya seakan-akan dipakai setiap hari.

3. Fashion dan kecantikan

5 Konten TikTok Ini Ampuh Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Pernahkah Anda melihat video TikTok Gempita, anak Gading dan Gisel yang sedang promosi brand Madame G di TikTok yang dibagikan melalui Instagram Story. Video tersebut menampilkan muka jelek Gempi tanpa kosmetik dalam 2 babak dan kemudian berubah cantik di babak ketiga. Video itu sangat mudah menarik perhatian audiens karena kelucuan Gempita ditambah dengan audio yang unik.

“TikTok memiliki ratusan template video unik yang bisa cocok untuk promosi bisnis online Anda terlebih jika jualan fashion dan brand kecantikan.” 

Video tampilan muka jelek berubah 180 derajat menjadi cantik maupun tampan masih disukai banyak audiens. Jenis konten ini paling mudah mendapat likes di Instagram. Tidak terkecuali di TikTok. Format tampilan buruk yang berubah karena 1 produk ini bisa Anda gunakan untuk mempromosikan brand kecantikan Anda. Misalnya diganti dengan compact powder, eyeliner, blush on dan lain sebagainya. Jadi jika brand skincare maupun kosmetik Anda lebih dikenal pengguna internet lainnya, jangan lupa gunakan tema berubah 180 derajat ini.

4. Talent (bakat)

5 Konten TikTok Ini Ampuh Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Bakat juga bisa menjadi konten yang Anda bagikan di TikTok. Misalnya joged dan bernyanyi maupun lipsinc. Kreator yang membuat konten video dengan user yang memamerkan bakat dance begitu disukai. Bahkan saking banyaknya, TikTok menciptakan fitur terbaru bertajuk TikTok GAGA Dance. Fitur ini dilengkapi teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk pengalaman permainan motion-sensing di smartphone sehingga user bisa menari sesuai dengan yang diperintahkan kemudian sensor akan mendeteksi gerakan dan memberi nilai pada gerakan Anda.

“Konten talent atau bakat kerap mengejutkan audiens sehingga menyukai dan membagikan ke teman maupun media sosialnya.”

Bakat lainnya adalah teknik drawing dan painting. Seperti yang diusung akun @True Color. Akun tersebut fokus membagikan painting yang unik dan hasil yang tidak terduga dari coretan awal yang biasa saja. Misalnya, awalnya hanya gambar hati dengan sisi biru dan pink. Namun semakin banyak goresan cat membuat kanvas itu berubah menjadi painting dengan gambar pantai di kala senja yang dinikmati sepasang kekasih. Jika Anda tertarik menggunakan konten ini, Anda bisa menyelipkan brand di saat user dance atau di kala painting.

5. Makanan

5 Konten TikTok Ini Ampuh Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Sebenarnya konten makanan ini bisa masuk ke talent karena hobi memasak dan juga vlog tapi karena makin ke sini semakin banyak user yang men-share video makanan, komponen ini menjadi tema tersendiri. Jadi siapa di sini yang tidak suka dengan makanan? Terlepas Anda memang hobi makan atau tidak, tetapi melihat video tentang makanan adalah persoalan sendiri. Efeknya tentu saja membuat Anda jadi mengelus perut, menjadi lapar atau lebih. Karena efek inilah, video makanan menjadi laris manis dibagikan ke teman-teman lainnya.

“Video makanan sangat disukai dan menginspirasi karena fans mereka biasanya tertarik untuk mencontoh resep dan mempraktekkan itu di dapur mereka.”

Cara promosi untuk Anda yang memiliki bisnis online berupa makanan bisa mencoba yang dilakukan akun TikTok @Putri Ayu Zulvanny. Akun TikTok dengan jumlah followers mencapai 601 ribu itu memamerkan cara menyantap makanan siap saji, cola, french fries dan burger secara bertumpuk. Video dengan latar lagu “What The Hell” milik Avril Lavigne. Video tersebut disukai 160 ribu orang, 575 kali dibagikan dan menerima 381 komentar.

Demikianlah 5 konten TikTok ampuh tingkatkan penjualan bisnis online. Kelima cara tersebut masuk cara marketing yang tidak langsung. Karena konten lebih ditonjolkan daripada jualan itu sendiri. Jadi gunakanlah TikTok sebagai media marketing secara tidak langsung dan dilakukan di proses yang lama dengan bantuan influencer TikTok agar jualan online Anda semakin maksimal. Selamat mencoba.

Untuk Anda yang tertarik meningkatkan skill bisnis online, namun tidak tahu solusinya, Anda bisa bergabung dengan https://outletz.id. Aplikasi bisnis online dropship ini memiliki komunitas bisnis yang bisa membuat Anda tidak merasa sendiri dan menimbulkan ambience bisnis online yang kuat. Sehingga timbul rasa kekeluargaan antar supplier. Menjalankan bisnis online menjadi lebih ringan karena adanya support system tersebut.

Mau Menjadi Reseller bersama OUTLETZ? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: