5 Kebiasaan Meningkatkan Skill Jualan Online di Media Sosial

5 Kebiasaan Meningkatkan Skill Jualan Online di Media Sosial

Untuk menjadi pebisnis online yang sukses rupanya bisa ditingkatkan dari aktivitas sehari-hari lho. Misalnya rutinitas sederhana yang mendukung bisnis online yang Anda bangun. Kebiasaan ini jika terus menerus dilakukan secara konsisten dan rutin bisa diklaim bisa mengubah mindset berbisnis online.

Aktivitas sederhana ini maksudnya rutinitas seperti minum kopi di pagi sembari Anda mencatat apa saja yang perlu dilakukan hari ini atau jika Anda memiliki event spesial. Aktivitas pagi seperti ini perlu ditingkatkan dan dilakukan setiap hari agar Anda menjadi terbiasa dan mengetahui setlist yang perlu dilakukan.

Raditya Dika, seorang YouTuber, sutradara, penulis, konten kreator punya rutinitas sendiri. Dia mengaku hanya menyisihkan 2 jam saja dalam sehari untuk memikirkan project selanjutnya. Aktivitas yang dilakukan secara rutin ini rupanya bisa menghasilkan banyak karya seperti konten video di kanal YouTube.

Rutinitas yang dilakukan Raditya Dika ini bisa dicontoh lho. Misalnya mendata apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan bisnis online Anda. Selain itu agar omzet bisnis online segera naik pesat, Anda perlu mengasah skill dengan meningkatkan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Aktivitas ini akan membentuk Anda menjadi pribadi pebisnis online yang kuat, mudah menyerah dan tahan banting. Berikut adalah 5 kebiasaan meningkatkan skill jualan online di media sosial.

1. Membaca buku

5 Kebiasaan Simpel Ini Ampuh Meningkatkan Skill Jualan Online di Media Sosial
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Kapan terakhir kali Anda membaca buku atau artikel majalah yang substansial? Ataukah kebiasaan membaca harian Anda berpusat di Twitter, Facebook , atau media sosial lainnya? Jika Anda termasuk salah satu dari banyak orang yang tidak terbiasa membaca secara teratur, Anda jelas kehilangan manfaat yang seharusnya didapatkan.

Salah satunya adalah menstimulasi mental. Studi menunjukkan bahwa membaca setiap hari dapat mencegah Alzheimer dan Demesia karena dengan membaca, otak terjaga tetap aktif dan membuatnya tidak mudah kehilangan ingatan. Sama seperti otot lainnya di dalam tubuh, otak membutuhkan latihan agar tetap kuat dan sehat.

“Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, semakin baik Anda menghadapi tantangan yang datang.”

Karena itu, segera dapatkan informasi terbaru tentang tren terbaru di industri ini. Tandai blog-blog penting yang membantu Anda tetap diperbarui dan pastikan Anda mengunjunginya setiap hari. Terlepas dari berita industri, beri makan otak Anda konten penting lainnya yang menginspirasi Anda dan membantu Anda meningkatkan proses berpikir Anda.

2. Menulis setiap hari

5 Kebiasaan Simpel Ini Ampuh Meningkatkan Skill Jualan Online di Media Sosial
Photo by NeONBRAND on Unsplash

Teknologi yang berkembang semakin memperkecil kesempatan untuk menulis dengan menggunakan pena dan kertas. Padahal ada banyak manfaat yang didapatkan dengan membiasakan diri menulis setiap hari. Menulis memang memiliki kelebihan tersendiri, dibandingkan dengan berbicara, mendengarkan maupun membaca.

“Dengan menulis, seseorang dapat mengungkapkan sesuatu yang tidak terucapkan, mencerminkan kedalaman pikiran, dapat dibaca berulang-ulang dan abadi melampaui zaman.”

Ketika Anda mencintai menulis, Anda akan terbiasa untuk mengerjakan sesuatu lebih terorganisir dan akan lebih efisien. Karena setiap hari Anda akan menulis daftar agenda yang akan dilakukan harian, mingguan atau bulanan. Dengan melakukan hal ini akan membantu mempertahankan jam sakral dan menit kreativitas Anda.

3. Melatih fokus dengan meditasi

5 Kebiasaan Simpel Ini Ampuh Meningkatkan Skill Jualan Online di Media Sosial
Photo by Erik Brolin on Unsplash

Ketika banyak agenda serta aktivitas harus dilakukan dalam waktu bersamaan, tak sedikit yang merasa stres dan tidak dapat fokus pada pekerjaannya. Alih-alih pekerjaan beres, saat stres datang fokus pikiran malah buyar dan apa yang dikerjakan menjadi berantakan. Hampir setiap orang pernah mengalami kesulitan berfokus pada satu hal dalam satu waktu.

“Meditasi juga dapat memberikan pikiran yang jernih, meningkatkan konsentrasi, memori, dan fokus.”

Dilansir dari Active Times, kemampuan untuk memfokuskan pikiran merupakan keterampilan yang bisa didapati dengan berlatih. Melatih pikiran Anda untuk berkonsentrasi pada satu hal dapat menjadi tugas yang sulit. Hal yang dapat dilakukan untuk kembali konsentrasi adalah mengembalikan pikiran Anda kembali pada jalurnya. Meditasi dapat benar-benar membantu Anda untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

4. Mencari inspirasi & ide

5 Kebiasaan Simpel Ini Ampuh Meningkatkan Skill Jualan Online di Media Sosial
Photo by Kaleidico on Unsplash

Di manakah biasanya Anda mencari ide? Semisal ada deadline minggu ini harus ada 10 konten, namun Anda sedang tidak ada ide. Bagaimana caranya Anda bisa segera mendapatkan ide? Atau hanya melamun saja, berharap inspirasi yang Anda butuhkan tiba-tiba muncul? Ide biasanya memang sulit dicari namun jika Anda sering mengasahnya.

“Semakin sering mengasah ide, akan mempermudah ketika Anda mencari inspirasi untuk konten.”

Cara menemukan inspirasi paling mudah sekarang ini adalah membuat daftar akun media sosial, blog, dan sumber lain yang menginspirasi Anda. Periksa 1-2 sumber dari daftar ini setiap hari. Ini akan membantu Anda menemukan lebih banyak ide pembuatan konten dan pemasaran, maupun ide iklan. Cara tersebut akan membantu Anda melihat konten yang ada dengan cara yang berbeda. Selain itu, Anda akan menemukan cara baru untuk menggunakan kembali konten yang ada.

5. Berinteraksi dengan audiens

5 Kebiasaan Simpel Ini Ampuh Meningkatkan Skill Jualan Online di Media Sosial
Photo by Antenna on Unsplash

Feedback dari audiens biasanya mampu membantu Anda dalam meningkatkan semangat berbisnis. Respon positif dari audiens Anda pun bisa memotivasi untuk melakukan pelayanan yang lebih baik. Berinteraksi dengan audiens setiap hari diklaim ampuh membantu Anda mengenal mereka lebih baik.

“Feedback dari audiens bisa menjadi konten baru dan tentu saja ini bisa membuat Anda lebih semangat dalam berbisnis online.”

Dalam proses jangka panjang, interaksi audiens bisa berubah dan menjadi ikatan yang lebih kuat. Ikatan ini dapat mengubah followers maupun konsumen bisnis Anda menjadi pelanggan produk. Lalu apa yang bisa Anda lakukan kini: Segera tanggapi pesan dan gunakan feedback dari audiens untuk konten Anda. Bisa diupload di story maupun feed.

Untuk membuat pelayanan pada audiens di media sosial Anda semakin sempurna, online shop Anda membutuhkan media pendukung. Di komunitas kami di OUTLETZ, para Reseller sudah disediakan CONTENT PROMOSI DIGITAL yang sangat lengkap mulai dari Image Profesional, Sales Page, Video Marketing, Blog, Email Responder dan masih banyak lagi sehingga mereka tidak perlu repot & hanya fokus mencari PROFIT. Itulah enaknya menjadi Reseller di Platform Bisnis di OUTLETZ.

Mau Mengalami Percepatan Income bersama Komunitas OUTLETZ,

Demikianlah 5 kebiasaan meningkatkan skill jualan online di media sosial. Mungkin terdengar sepele namun jika dilakukan secara rutin sehingga terasa seperti kebiasaan, ada manfaat baik yang bisa Anda dapatkan. Selamat mencoba. Sukses selalu.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: