5 Jurus Jitu Agar Online Shop Anda Banjir Orderan

outletz-Jurus-Jitu-Agar-Online-Shop-Anda-Banjir-Orderan-komunitas-bisnis-online-dropship-digital-marketing

Saat online shop mulai beroperasai, Anda perlu memikirkan cara agar produk laku terus menerus. Memang tidak mudah membuat perhatian orang tertuju pada produk Anda. Namun agar tidak terkesan memaksa, Anda bisa mencoba cara soft selling.

Banyaknya orang yang ikut-ikutan membuka online shop dengan ekspektasi terlalu tinggi. Kemudahan dan canggihnya media sosial maupun marketplace menjadi salah satu faktornya. Belum lagi jumlah pengguna aktif internet setiap tahun meningkat pesat yang mencapai 175 orang. Jumlah ini merupakan 65.3% dari total dari penduduk Indonesia yakni 268 juta orang.

Nah, salah satu cara agar produk Anda laku dan kebanjiran order adalah mencari konsumen online sebanyak-banyak. Kemudian ajak mereka mampir ke online shop Anda. Jika iklan Anda berhasil dan mendatangkan konsumen, bisa jadi diantara mereka adalah yang membeli produk.

Jika hal ini terjadi secara konsisten, maka online shop Anda bisa banjir orderan. Lalu apa yang perlu dilakukan agar toko Anda ramai dari pengunjung? Outletz telah merangkum 5 jurus jitu agar online shop Anda banjir orderan. Cek ulasan di bawah in.

1. Buat feed Instagram menarik

Photo by S O C I A L . C U T on Unsplash

Penataan akun Instagram secara tepat dan menarik menjadi salah satu daya tarik bagi promosi bisnis. Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk membuat timeline marketplace Anda terlihat berbeda dengan yang lain. Jika Anda seorang dropshipper dan mendapat foto yang biasanya ala kadarnya, Anda perlu sedikit mengeditnya. Agar foto tersebut terlihat berbeda. Sebab biasanya source foto itu diposting begitu saja di marketplace sehingga produk yang dijual tidak terlihat menarik.

“Tata gaya timeline media sosial maupun marketplace Anda layaknya menata etalase toko di dunia nyata.”

Bila Anda memiliki #website sebagai sarana promosi online, mulailah mendesain website tersebut semenarik dan seefektif mungkin. Gunakan warna-warna yang eye catching dan cantumkan informasi yang mudah diakses oleh calon pelanggan mengenai nomor kontak, katalog produk serta penawaran spesial yang Anda tawarkan.

2. Buat konten secara konsisten

Photo by Kaleidico on Unsplash

Cobalah untuk menawarkan sesuatu yang menarik untuk meningkatkan keterlibatan pengunjung dan mendorong mereka untuk berbagi dengan orang lain. Misalnya dengan membuat konten yang konsisten. Berikut ini beberapa contoh konten yang diklaim ampuh meningkatkan trafik pengunjung.

  • Blog: Buat blog yang relevan dengan bisnis online, brand maupun produk Anda agar lebih mudah terhubung dengan calon konsumen. Tambahkan informasi penting dan tidak hanya menulis tentang detail produk yang Anda jual.
  • Video: Anda boleh saja memposting video untuk meningkatkan engagement pengunjung di online shop. Beberapa marketplace sekarang ini menyediakan fitur media yang bisa digunakan untuk menyimpan dan memutar video. Anda bisa menggunakan video untuk berbagi demo produk, testimonial, tutorial, dan banyak lagi.
  • Berita: Sebuah brand, Amazara.id memposting drama Korea yang akan tayang di Instagram mereka. Brand sepatu kok posting soal drama? Mana nyambung. Tapi ternyata cara ini ampuh meningkatkan trafik dan konversi. Karena sebagian konsumen online brand tersebut menyukai drama Korea. Dengan memposting informasi yang relevan, followers Anda merasa dekat.

3. Tingkatkan iklan online

Photo by Will Francis on Unsplash

Jika memiliki budget lebih, bisa investasikan sebagian ke dalam strategi iklan yang efektif. Hal ini akan membantu mengarahkan ke target pelanggan yang diinginkan dan meningkatkan traffic. Beberapa contoh program periklanan terbesar saat ini seperti Google AdWords, Amazon Product Ads, dan Facebook Ads.

“Jika pemasangan iklan dilakukan dengan benar, penjualan produk Anda akan meningkat secara drastis.”

Tapi hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset untuk menentukan pilihan yang paling cocok dengan budget dan target pelangganmu. Gunakan Google Keyword untuk membantu mencari tahu apa yang dilakukan pesaing untuk mengarahkan traffic dan meningkatkan penjualan e-commerce mereka.

4. Adakan promo

Photo by Bench Accounting on Unsplash

Memberikan produk secara gratis? why not! Mungkin Anda ragu-ragu untuk menawarkan sesuatu yang gratis, namun teknik ini cukup berhasil untuk menarik minat pelanggan pertamamu untuk berbelanja. Berikut adalah beberapa contoh “penawaran gratis” yang bisa dipertimbangkan:

  • Gratis demo jika berlaku
  • Pengiriman gratis
  • Beli 2, dapat 1 gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Bonus atau Hadiah khusus untuk pesanan pertama

Teknik ini juga merupakan kesempatan yang bagus untuk membangun daftar email pelanggan dengan cara meminta alamat email jika mereka ingin mendapatkan penawaran gratis. Hasilnya ini akan meningkatkan basis pengguna dan memberikan feedback yang dapat digunakan sebagai testimonial untuk mempromosikan produkmu.

5. Gabung dalam komunitas bisnis online

Photo by Dylan Gillis on Unsplash

Berkontribusi secara aktif dalam komunitas online yang besar dapat membantu kita untuk mempromosikan produk bisnis. Tapi ingatlah bahwa komunitas tersebut bukan sekadar wadah promosi bagi bisnis Anda. Dengan bergabung bersama komunitas online, kita bisa memperoleh kesempatan untuk mempelajari tren yang sedang populer di masyarakat.

Misalnya, bila Anda bergabung dalam komunitas online pecinta kuliner, Anda dapat mempelajari berbagai jenis kuliner yang sedang digandrungi di kalangan masyarakat. Hal ini tentu sangat membantu Anda untuk mencari inspirasi dalam melakukan inovasi bisnis.

Demikianlah 5 jurus jitu agar online shop Anda banjir orderan. Jangan pernah bosan untuk berinovasi dan mencari tahu mengenai penggunaan media sosial yang sedang tren. Banyaknya pengguna aktif di suatu media sosial bisa menjadi lahan bagi Anda untuk mulai mempopulerkan bisnis. Selamat mencoba.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: