5 Ide Tingkatkan Engagement Pelanggan Hingga 100%

Engagement yang baik tentu bisa meningkatkan penjualan Anda terlebih untuk bisnis online. Pelanggan yang pernah membeli di toko online Anda dan mendapat pelayanan yang baik tentu akan kembali jika membutuhkan sesuatu. Bila hal ini berulang, pelanggan bisa saja bercerita ke orang lain soal online shop Anda. Dari mulut ke mulut, online shop Anda akan dikenal orang.

Cara ini terbukti sukses meningkatkan penjualan produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Namun yang menjadi persoalan adalah semakin banyak orang yang juga promosi hingga menjual brand di Facebook. Kini Anda tidak hanya baik dalam pelayanan tapi juga harus unik sehingga diingat pelanggan dan mereka mau membagi ke teman atau followers mereka.

Lalu seperti apa cara meningkatkan engagement konsumen Anda? Berikut ide postingan di Facebook yang bisa meningkatkan hubungan dengan konsumen hingga 100 persen.

1.Bikin Kontes

Kontes membuat akun Anda lebih sering dikunjungi pengguna Facebook (Photo by rawpixel.com on Unsplash)

Cara ini kerap dilakukan sebagai upaya memahami keinginan audiens para produk atau jasa yang ditawarkan. Anda bisa menanyakan pendapat pelanggan tentang produk yang ssat ini dan saran di kedepannya.

Dengan mengetahui keinginan pelanggan, mereka secara tidak langsung akan merasa dihargai karena ditanyai pendapat dan merasa menjadi bagian dari kesuksesan lapak online Anda. Cara ini digadang bisa meningkatkan hubungan emosional pelanggan dengan brand Anda.

2. Berbagi Saran Gratis

Berikan saran gratis pada konsumen layaknya seorang teman akan membuat mereka merasa dekat (Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)

Tentu saja daripada membayar, orang lebih suka mendapat secara cuma-cuma. Darren Slaughter, salah seorang kontraktor perbaikan rumah menjelaskan mengenai strategi mereka dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan. Cara paling utama yang dilakukan oleh Darren adalah dengan membuat tulisan di blog tentang bagaimana memasarkan konstruksi.

Para pelanggan yang memiliki masalah akan menghubungi Darren dan dia akan memberikan bantuan secara gratis tanpa ada embel-embel harus menggunakan jasa Darren. Karena aksi ini, sekitar 1.500 postingan masuk di situs perusahaan konstruksi Darren.

Bila tertarik lebih jauh mengenai engagement Facebook dan segala hal berhubungan dengan bisnis online, Anda bisa bergabung dengan komunitas bisnis online yang diselenggarakan oleh Outletz. Di sana Anda bisa bertemu dengan pebisnis online dan merasakan langsung belajar Start Bisnis Online dari para praktisi dan seller maupun supplierUntuk info selengkapnya Anda bisa mendaftar pada link berikut Seminar Start Bisnis Online.

3. Dengarkan Keluhan Pelanggan

Mendengarkan keluhan konsumen membuat mereka merasa menjadi prioritas (Photo by rawpixel.com on Unsplash)

Tak cuma sebagai alat pemasaran, Anda juga seharusnya menggunakan media sosial khususnya Facebook sebagai alat pengaduan konsumen. Anda bisa menerima kritik dan keluhan atas barang maupun jasa yang ditawarkan. Anda harus cepat melayani para audiens yang berkeluh kesah ini. Dengan begitu mereka akan merasa dianggap dan dilayani sebagai konsumen. Cara ini dianggap bisa mengakrabkan hubungan dengan konsumen. Facebook lapak Anda juga bisa lebih optimal dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan.

“Sebuah studi oleh New Voice Media menemukan bahwa sekitar 42 persen pelanggan akan beralih ke kompetitor jika panggilan mereka ditangani oleh staf yang tidak sopan atau tidak membantu.”

Tunjukkan pada pelanggan bahwa Anda tidak mengejar uang mereka, namun kepercayaan dan kesetiaan mereka akan brand Anda. Saat pelayanan menjadi prioritas utama Anda, pelanggan akan lebih mempercayai dan besar kemungkinan membantu Anda mendapatkan pelanggan baru.

4. Sebarkan Review Pelanggan di Media Sosial

Jangan lupa untuk menyebarkan review positif di laman Anda (Photo by Mia Baker on Unsplash)

Selain untuk mempromosikan barang yang Anda tawarkan, Facebook bisa juga digunakan untuk mengunggah review barang oleh pelanggan. Interaksi dengan pelanggan bisa menjadi nilai plus.

Tak hanya di Facebook, Anda bisa menghubungkan dengan media sosial lainnya. Misalnya, Twitter dan LinkedIn yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menyebarkan review dari pelanggan. Review yang positif tentu akan membangun kepercayaan pada calon pelanggan untuk menggunakan jasa atau produk Anda. Calon pelanggan tentunya akan lebih mempercayai review dari pelanggan lain dibandingkan iklan.

Menambahkan review di Facebook membantu meningkatkan durasi pelanggan berada di situs milik Anda sebanyak 9.9 persen dan 35 persen jika dibagikan di Twitter. Trafik dari review lebih melibatkan pelanggan dibandingkan strategi peningkatan lainnya.

5. Berikan Hadiah

Sebagai tanda terima kasih, Anda bisa memberikan hadiah pada audiens (Photo by rawpixel.com on Unsplash)

Siapa yang tidak suka mendapatkan sesuatu setelah mengerjakan suatu hal? Saat Anda mengirimkan permintaan untuk memberi review, mengikuti survey kepuasan pelanggan, atau menghubungi pelanggan yang telah lama tidak aktif, sebaiknya berikan hadiah atas waktu yang telah mereka berikan.

Banyak brand yang memberikan potongan harga atau kupon kepada pelanggan yang sebelumnya telah melakukan pembelian. Tidak hanya pelanggan merasa senang mendapatkan sesuatu, mereka juga akan merasakan hubungan yang lebih baik dengan brand Anda setelah memberikan review.

Demikian beberapa ide postingan di Facebook yang dijamin bisa meningkatkan hubungan dengan audiens. Intinya jangan pernah meninggalkan konsumen Anda dan jadikan mereka menjadi bagian dari kesuksesan bisnis Anda. Dengan begitu, pelanggan akan menyukai dan secara tidak langsung mereka akan mempromosikan pada orang terdekat mereka.

Untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dari sesama pebisnis yang fokus di dunia online, ada baiknya bila Anda bergabung dengan komunitas bisnis online yang diwadahi Outletz. Setiap bulan diadakan pertemuan dan seminar dengan mendatangkan praktisi-praktisi andal di bidang online, khususnya Anda yang baru saja dan awam akan dunia bisnis online. Di sana Anda bisa bertemu dengan pebisnis online dan merasakan langsung belajar Start Bisnis Online dari para praktisi dan seller maupun supplierUntuk info selengkapnya Anda bisa mendaftar pada link berikut Seminar Start Bisnis Online.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: