5 Hal Sepele Membuat Sundar Pichai Menjadi CEO Google

Outletz-Hal-Sepele-Membuat-Sundar-Pichai-Menjadi-CEO-Google-Opray-Winfrey-Tim-Cook-Richard-Branson-Kevin-OLeary-david-rubenstein-mariah-carey-1

Semua orang mengejar kesuksesan di dunia ini. Tentu saja sukses menurut pribadi masing-masing. Bisakah kali ini patokan kesuksesan ditujukan pada Sundar Pichai, Chief Executive Google saat ini. Pichai tidak pernah bermimpi menjadi CEO tapi karena aktivitas sepele ini, seorang anak dari India sukses menduduki posisi CEO Google sejak Agustus 2015.

Tekanan di kantor maupun aktivitas sehari-hari terkadang membuat kita lengah bahwa untuk bisa menjadi sukses tidak bisa diukur dari apa yang dikejar selama ini. Terkadang passion membuat kita lupa bahwa banyak hal-hal receh dan sepele adalah jalan pintas menuju kesuksesan. Sundar Pichai mengungkapkan bahwa sukses dan stres tidak perlu berjalan beriringan. Rutinitas pagi yang tenang dan sederhana adalah kuncinya. Meski  perlu mengawasi lebih dari 85.000 karyawan di lima benua, hal-hal sepele ini dia lakukan sambil mengemban tuntutan perusahaan untuk menciptakan strategi pertumbuhan jangka panjang dalam bisnis Google.

Sekarang ini banyak orang memilih menatap layar smartphone sambil skrolling timeline media sosial maupun membalas email. Namun Sundar memilih cara lain. Sebisa mungkin dia membuat suasana tenang di pagi hari. Menurut sebuah studi Wharton Business School, seseorang yang memulai pagi hari dengan suasana hati yang tenang biasanya akan tetap seperti itu sepanjang hari. Hal itu membantu orang tersebut untuk tetap fokus dalam penyelesaian masalah. Pagi yang tenang adalah kunci sukses untuk generasi milenial yang identik dengan usaha tergesa-gesa dalam bertindak. Sebab tekanan dari generasi sebelumnya sangat kuat.

Tekanan yang kuat untuk berhasil kepada generasi ini dapat membuat setiap hari mereka terasa lebih stres. Sementara itu, menurut sebuah studi dari Family Work Institute, orang yang bekerja terlalu keras lebih cenderung membuat kesalahan pada pekerjaan atau merasa marah dan dendam terhadap rekan-rekan mereka. Mereka juga cenderung tidak mampu mengatasi kejadian kehidupan sehari-hari. Tekanan untuk berhasil dalam semua aspek kehidupan bahkan bisa membuat rumah lebih stres ketimbang kantor.

Lalu apakah Anda ingin menjadi bagian dari generasi yang penuh amarah dan menjauhi ketenangan tersebut. Sundar Pichai memiliki serangkaian rutinitas yang menjaga ketenangan hati dari hal-hal yang sepele. Apa saja itu? Berikut ini 5 hal sepele yang membuat Sundar Pichai menjadi CEO Google.

1. Bangun pagi

 Outletz-Hal-Sepele-Membuat-Sundar-Pichai-Menjadi-CEO-Google-Opray-Winfrey-Tim-Cook-Richard-Branson-Kevin-OLeary-david-rubenstein-mariah-carey

Banyak pengusaha besar menyarankan siapapun yang ingin sukses berbisnis online untuk mengawali hari dengan bangun pagi. Kevin O’Leary dan Tim Cook bangun pada pukul 04.30 pagi atau lebih awal. Richard Branson, pengusaha sukses yang berhasil mendirikan 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group. Beliau memiliki kebiasaan untuk bangun jam 5 pagi. Pichai memiliki pandangan yang berbeda. “Aku bukan orang pagi,” Pichai mengakui dalam sebuah wawancara dengan Recode. Sundar mengawali lompatan hari dengan bangun sekitar pukul 06.30-07.00 setiap pagi.

“Kebiasaan pertama yang harus dijalankan seseorang menurut Sundar Pichai saat pagi untuk mencapai sukses adalah bangun lebih awal.”

Jika belum terbiasa bangun pagi, beberapa penelitian mungkin mengubah pikiran Anda. Dalam sebuah penelitian, seorang ahli biologi menemukan bahwa bangun pagi akan berpengaruh pada posisi untuk kesuksesan bisnis karena mereka lebih proaktif dan rutinitas mereka akan selaras dengan jadwal perusahaan. Dalam penelitian lain, para ilmuwan menemukan bahwa orang-orang yang bangun dari tempat tidur pukul 07.00 pagi rata-rata bekerja lebih baik di tempat kerja dan memiliki kesempatan lebih rendah untuk mengalami depresi, stres, dan kelebihan berat badan.

2. Baca buku atau koran

 Outletz-Hal-Sepele-Membuat-Sundar-Pichai-Menjadi-CEO-Google-Opray-Winfrey-Tim-Cook-Richard-Branson-Kevin-OLeary-david-rubenstein-mariah-carey

Setelah bangun bagi, hal sepele yang dilakukan Sundar Pichai adalah membaca. Tak hanya Pichai saja yang menyisihkan sedikit waktunya untuk membaca, David Rubenstein pun begitu. Pebisnis yang juga salah satu pendiri perusahaan ekuitas The Carlyle Group itu membaca 8 surat kabar dalam sehari. Sedangkan Oprah Winfrey memiliki kebiasaan “Aturan Lima Jam” yang dipopulerkan Benjamin Franklin, yakni dengan menyisihkan setidaknya waktu 1 jam dalam sehari atau 5 jam per minggu untuk membaca buku.

“Membaca secara teratur membuat daya ingat menajam dan kinerja otak menjadi lebih kuat sehingga perform kerja di kantor tentu berdampak baik.”

Kebiasaan ini bisa melatih otak layaknya latihan fisik untuk tubuh, membaca bisa membuat kinerja otak menjadi lebih kuat. Jadi, jika biasanya Andamelihat media sosial saat bangun, cobalah menggantinya dengan buku atau koran. Penelitian menunjukkan bahwa tindakan membaca dapat meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan, meningkatkan memori dan meningkatkan fleksibilitas mental. Membaca juga bisa mengurangi tingkat stres. Untuk Sundar, dia membaca koran setiap pagi.

3. Tidak melewatkan sarapan

Outletz-Hal-Sepele-Membuat-Sundar-Pichai-Menjadi-CEO-Google-Opray-Winfrey-Tim-Cook-Richard-Branson-Kevin-OLeary-david-rubenstein-mariah-carey

Penting bagi tubuh menerima asupan nutrisi sebelum beraktivitas. Layaknya mesin yang perlu oli sebelum bekerja, nutrisi sangat baik untuk menyokong aktivitas Anda yang sebagian besar di mulai di pagi hari. Karena sangat penting, Anda perlu sarapan dengan makanan yang bergizi. Pichai adalah seorang vegetarian dan untuk melengkapi unsur protein, dia mengonsumsi telur dadar di pagi hari dengan roti panggang.

“Makanan bergizi di pagi merupakan modal awal Anda bisa mengerjakan maupun menghasilkan karya yang baik dan bermanfaat.”

Sebagai makanan pertama hari itu, sarapan berkualitas tinggi memainkan peran penting dalam penyediaan energi dan nutrisi yang sangat penting untuk produktivitas sepanjang. Di sisi lain, makan sarapan yang buruk atau melewatkannya sama sekali dapat menyebabkan penurunan perhatian, memori dan fungsi kognitif dan kinerja kerja secara keseluruhan. Makan buah dan sayur serta susu merupakan beberapa menu yang layak Anda konsumsi pada pagi hari agar bisa produktif dan meraih suskes. Hindari makan bahan makanan yang berlemak dan berminyak yang dapat menurunkan semangat.

4. Minum teh

Outletz-Hal-Sepele-Membuat-Sundar-Pichai-Menjadi-CEO-Google-Opray-Winfrey-Tim-Cook-Richard-Branson-Kevin-OLeary-david-rubenstein-mariah-carey-1

Bila pebisnis lain banyak yang mengonsumsi kopi di pagi hari, Sundar Pichai lebih menikmati secangkir teh hangat sebagai pendamping sarapan sederhananya. Tidak ada teh spesifik. Tapi apapun jenisnya, teh memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan dan bisa menjadi alternatif yang baik untuk penikmat kopi. Selain Pichai, Mariah Carey juga penggemar teh. Pelantun “All I Want to Christmas is You” itu kabarnya saat gelaran event Tahun Baru meminta secangkir teh panas di atas panggung untuk dia nikmati.

“Kebiasaan minum teh yang dilakukan Sundar Pichai dipercaya ampuh membantu memperbaiki fungsi otak termasuk peningkatan suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi dan memori.”

Dari berbagai sumber, diketahui teh memiliki fraksi kafein yang ditemukan dalam kopi yang berarti Anda masih bisa mendapatkan sedikit kafein dalam secangkir teh. Kafein dalam teh dikenal sebagai stimulan otak. Apa yang dilakukan kafein di otak adalah memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut Adenosine. Kafein telah dipelajari secara intensif sebelum dan secara konsisten mengarah pada perbaikan dalam berbagai aspek fungsi otak, termasuk peningkatan suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi, dan memori.

5. Pikirkan tentang “gambaran besar”

Outletz-Hal-Sepele-Membuat-Sundar-Pichai-Menjadi-CEO-Google-Opray-Winfrey-Tim-Cook-Richard-Branson-Kevin-OLeary-david-rubenstein-mariah-carey-1

Di pagi hari, sembari mengumpulkan nyawa setelah bangun tidur, melamun adalah me time yang menyenangkan. Namun agar lebih bermanfaat, melamunlah untuk hal-hal yang besar misalnya masa depan dan apa yang akan Anda tuju selanjutnya. Sundar mengatakan dia tidak menganggap pekerjaan yang dilakukan Google sebagai “permainan zero-sum” dan berpikir untuk jangka panjang. Berfokus pada gambaran besar dapat membantu semua pekerja mendapatkan perspektifnya, meningkatkan cara mereka memprioritaskan dan bagaimana seseorang bereaksi sepanjang hari.

“Meluangkan waktu sejenak di pagi hari untuk memikirkan gambaran besar passion Anda saat ini akan membuat menghasilkan semakin banyak ide-ide yang menarik.”

Raditya Dika menyisihkan waktu 2 jam saja untuk memikirkan hal-hal besar yang bakal dia buat selanjutnya setiap hari. Cara ini, dia klaim sangat efektif dalam mendapatkan ide-ide baru. Untuk meraih sukses, Anda memang harus berpikir sesuatu yang besar. Bila Anda selalu menghadirkan gagagan-gagasan yang besar pada pagi hari, maka hal ini akan membuat diri Anda selalu terpacu untuk berbuat yang terbaik.

Demikianlah 5 hal sepele membuat Sundar Pichai menjadi CEO Google. Nah, bila Anda sudah terbiasa melakukan hal terbaik maka peluang untuk meraih suskes pun akan menjadi terbuka lebar. Berpikir dengan gagasan besar pada pagi hari inilah yang juga seringkali dilakukan Sundar Pichai sehingga kemudian meraih sukses di perusahaan sebesar Google. Selamat mencoba.

Menjadi orang yang sukses dimulai dari hal-hal yang sepele. Seperti misalnya mengetahu fakta-fakta terbaru mengenai bisnis online. Cara paling mudah adalah bergabung dengan orang-orang berbisnis online pula. Outletz.id memiliki komunitas bisnis online dengan member dari kalangan pebisnis dari supplier hingga reseller. Keragaman ini menumbuhkan support system yang kuat untuk para membernya komunitas Outletz.id ini. Sehingga saat terjadi problem di salah seorang member, member yang lain akan membantu. Entah dalam dukungan moriil hingga ketersediaan stok barang.

Mau segera bergabung? Klik ►https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: