5 Hal Penting Dilakukan Online Shop Menyambut Lebaran

OUTLETZ-hal-penting-dilakukan-wajib-online-shop-olshop-menjelang-menyambut-idul-fitri-lebaran-bulan-puasa

Faktanya, waktu terbaik untuk berjualan online adalah saat bulan Ramadan atau menjelang Lebaran. Kenapa? Karena setelah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) banyak orang berbondong-bondong untuk belanja. Belum lagi event sale yang mendukung aktivitas belanja di mal-mal besar.

Berdasarkan survei Marketing Research Indonesia, sebanyak 61% masyarakat Indonesia memiliki alokasi dana yang lebih tinggi untuk dibelanjakan di momen Ramadhan dan Idul Fitri. Dengan peningkatan daya beli yang berbeda kalangan masyarakat. Masing-masing peningkatan dibagi menjadi, masyarakat kalangan atas 15%, menengah 20% dan bawah 30%.

Ini momen yang langka karena hanya datang setahun sekali. Alangkah baiknya Anda menggunakan kesempatan sebaik-baiknya agar bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat. Kesempatan ini tidak hanya untuk orang yang senior di bisnis online tapi juga terbuka lebar untuk Anda yang ingin membuka online shop. Apalagi Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi pebisnis, terutama bagi Anda yang mempunyai usaha di bidang retail, busana, kuliner, furniture dan parcel bahkan rental mobil.

Belum terlambat untuk segera memulai. Mengingat sebentar lagi juga mendekati Hari Raya Idul Fitri. Sudahkah Anda mempersiapkan bisnis online untuk meraih kesuksesan menjelang Idul Fitri? Jika belum, berikut hal-hal penting yang harus diperhatikan online shop Anda menyambut lebaran.

1. Desain Online Shop

Photo by Olu Eletu on Unsplash

Layaknya toko fisik, Anda perlu memperhatikan desain khusus untuk online shop Anda. Bulan Ramadan hingga menjelang Lebaran biasanya didominasi warna hijau dan putih. Anda juga bisa menambahkan aksesori dan tulisan berkaitan Hari Raya Idul Fitri. Desain ini bisa diaplikasikan pada media sosial hingga background foto produk.

“Komitmen pada 1 desain saat dalam promo menyambut Idul Fitri membantu meningkatkan kualitas online shop Anda.”

Semakin sama dalam 1 konsep, maka Anda akan dianggap prepare dalam menyiapkan gimmick Idul Fitri. Pembeli maupun pengunjung yang lain pun akan merasa nyaman di melihatnya. Tidak hanya desain visual saja, tapi ini berkaitan pula pada bahasa dan hashtag yang dipakai.

2. Bingkisan khusus Lebaran

Photo by Kristina Balić on Unsplash

Parcel menjadi salah satu produk yang dicari pembeli. Entah untuk dibagikan atau mencari untuk diri sendiri. Parcel tidak hanya diberikan atasan ke bawahan tapi juga sebagai bingkisan ucapan terima kasih telah bergabung dan bekerja sama sebagai relasi. Anda perlu menyiapkan parcel untuk Anda berikan pada relasi yang telah membantu bisnis online Anda. Jangan lupa desain harus sepadan dengan desain online shop Anda.

“Memberikan parcel pada relasi yang telah membantu online shop akan membantu meningkatkan kerja sama di waktu mendatang.”

Tak hanya itu, hal lain yang perlu saat Hari Raya adalah kartu ucapan. Sebuah bingkisan atau parcel Lebaran yang disertai dengan kartu ucapan dan tentunya didukung dengan kemasan yang bertemakan Hari Raya Idul Fitri, akan terlihat lebih menarik dan tertuju pada penerima dibanding dengan bingkisan tanpa kartu ucapan.

3. Variasi Stok Produk Melimpah

Photo by Joshua Rawson-Harris on Unsplash

Karena permintaan yang banyak konsumen, sebaiknya hindari kekurangan stok. Memang ini perlu dipersiapkan jauh hari agar ketika dibutuhkan Anda telah siap sedia stok produk yang diinginkan pembeli. Jika kesusahan memiliki tempat menyimpan stok atau gudang, Anda bisa mencoba berbisnis online secara dropship. Salah satu platform yang bisa membantu Anda berjualan secara dropship adalah Outletz.id. Ini merupakan aplikasi buatan anak bangsa yang menjadi tempat berkumpul supplier dan reseller.

“Persiapkan banyak stok atau kerja sama dengan banyak supplier jualan Anda agar menghindari kekurangan stok.”

Dengan menggunakan Outletz.id, Anda bisa merasakan manfaat lain berbisnis online secara dropship seperti tidak perlu takut kehabisan stok karena terhubung otomatis dengan para reseller. Anda juga tidak direpoti dengan pengemasan dan pengiriman ke pembeli. Banyaknya orang yang belanja ini juga merupakan momen baik untuk Anda menjual lebih. Menariknya, ada bonus hingga jutaan rupiah yang bisa Anda dapatkan di bulan Ramadan ini. Tertarik mendapatkan bonus menyambut lebaran? Klik info selengkapnya di sini ► https://outletz.id/sales-contest/.

4. Promo Potongan Harga

Image by FlashBuddy on Pixabay

Demi meningkatkan penjualan bisnis online Anda, sediakan juga produk dengan promo khusus bulan Ramadan. Genjot promo ini mendekati lebaran karena antusias pembeli untuk berbelanja lebih meningkat saat seminggu sebelum hari raya Idul Fitri. Promo potongan harga tidak hanya melimpah di dunia online saja. Pada mal-mal besar, setiap gerai produk menyediakan potongan harga agar menarik pembeli.

“Promo sale selalu bisa memikat perhatian pembeli. Gunakan dan tambahkan jumlah sale mendekati hari raya Idul Fitri.”

Sebelum memberikan diskon, teliti dulu produk mana yang dibutuhkan pembeli menjelang lebaran. Karena sudah pasti produk itu yang dicari konsumen. Untuk besaran diskon bisa mengikuti banyak permintaan produk oleh pembeli. Semakin banyak dicari, maka semakin sedikit diskon produk yang diberikan.

5. Hadapi Peningkatan Penjualan

Photo by Thought Catalog on Unsplash

Tidak hanya toko offline saja yang membutuhkan fisik tubuh yang kuat jika menghadapi penjualan yang meningkat. Toko online pun begitu. Biasanya kendala yang dihadapi adalah banyaknya chat yang masuk secara bertubi-tubi yang terkadang miss oleh bagian CS. Belum lagi bila permintaan sangat melimpah di waktu dengan mepet. Sedangkan tenaga untuk meng-handle terbatas.

“Tenaga fisik yang kuat di bulan puasa merupakan modal penting menghadapi penjualan yang meningkat di minggu terakhir menjelang Lebaran.”

Hal utama yang harus Anda perhatikan yaitu menjaga kesehatan Anda sendiri termasuk karyawan Anda. Khususnya saat memasuki bulan puasa, baik Anda maupun karyawan tetap berpuasa sekaligus bekerja, sehingga kurangi waktu lembur agar kesehatan terjaga dan bisnis tetap berjalan dengan lancar.

Demikianlah hal-hal penting yang wajib diperhatikan online shop saat menjelang lebaran. Bila Anda melakukan hal tesebut, Anda bisa mendapatkan keuntungan berkali lipat. Yuk, siapkan bisnis online Anda dengan cara yang tepat agar bulan Ramadan ini menjadi momen terbaik untuk memajukan online shop Anda.

Momen banyaknya orang yang belanja ini sebaiknya Anda gunakan sebaik-baiknya. Karena bila menggunakan langkah yang tepat, Anda akan mendapat banyak keuntungan plus bonus. Salah satu bonus yang bisa Anda dapatkan adalah dengan mengikuti Reseller Sales Contest. Menariknya, ada bonus hingga jutaan rupiah yang bisa Anda dapatkan di bulan Ramadan ini. Tertarik mendapatkan bonus menyambut lebaran? Klik info selengkapnya di sini ► https://outletz.id/sales-contest/.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: