5 Cara Sukses Bisnis Online di Media Sosial di Tahun 2020

Outletz-outletzid-Cara-Sukses-Bisnis-Online-di-Media-Sosial-di-Tahun-2020-medsos-digital-marketing-online-shop-instagram

Tinggal selangkah lagi menyambut tahun 2020, sudahkah Anda menyiapkan strategi jitu berbisnis online di tahun depan? Jika belum, rencanakan mulai dari sekarang untuk berjaga-jaga. Lakukan riset dan analisa cara marketing yang sudah dilakukan apakah telah menghasilkan goal yang maksimal. Untuk menambah pengetahuan, mari ikuti ulasan 5 cara sukses bisnis online di media sosial di tahun 2020 ini.

10 tahun terakhir, media sosial telah sukses menjadi wadah komunitas yang berkembang dan beragam di dunia online. Kini, ada lebih dari 3,2 miliar orang di seluruh dunia aktif menggunakan media sosial setiap harinya. Lebih dari 90 persen milenium secara teratur menggunakan setidaknya satu dari platform ini, dan lebih dari 85 persen Generasi Z belajar tentang produk baru melalui media sosial. Tidak sulit mengetahui mengapa hampir tiga perempat marketers percaya bahwa media sosial adalah bagian yang efektif dari bisnis online mereka.

Ya, media sosial akan terus berkembang. Ada yang semakin disukai banyak audiens atau ditinggalkan karena tidak lagi menarik. Dulu ada MySpace, Yelp, foursquare, Google Plus dan kini tergantikan oleh YouTube, Twitter, Facebook, Instagram. Meski Instagram kini adalah salah satu media sosial dengan pengguna terbesar di dunia saat ini namun hal ini tidak menjadikan aplikasi rekaan Kevin Systrom dan Mike Krieger tetap menjadi nomor satu. Usut punya usut, TikTok, aplikasi dari Tiongkok ini mulai menarik perhatian audiens online.

Saat menutup dekade ini, tidak ada keraguan bahwa media sosial akan memainkan peran yang tumbuh dalam kehidupan di masa mendatang. Jadi, bagaimana seharusnya bisnis online, brand, dan bahkan pengguna biasa mengantisipasi masa depan untuk platform media sosial? Berikut ini 5 cara sukses bisnis online di media sosial di tahun 2020.

1. Media sosial jadi tempat meningkatkan kepercayaan

Outletz-outletzid-Cara-Sukses-Bisnis-Online-di-Media-Sosial-di-Tahun-2020-medsos-digital-marketing-online-shop-instagram

Brand sebaiknya mengganti pola pikir bahwa media sosial bukan hanya platform untuk marketing dan periklanan. Media sosial  benar-benar tempat terbaik untuk memelihara kepercayaan dan membangun hubungan dengan audiens mereka. Media sosial menawarkan peluang pamungkas untuk mengomunikasikan nilai brand dan engagements dengan pelanggan  yang berpotensial.

“Menampilkan sisi manusiawi brand Anda dan meningkatkan transparansi akan membangun kepercayaan diri dengan followers.”

Proses ini membuat brand menemukan cara untuk terbaik memahami karakter audiens dan bagaimana berkomunikasi dengan mereka layaknya orang-orang biasa. Misalnya, fokus pada kesenangan, engagements yang sederhana, tanggap pada komunikasi pelanggan, dan temukan cara yang berarti untuk menunjukkan tanggung jawab sosial dan tingkat interaksi sosial yang lebih dalam. Melakukan pendekatan ini akan membantu Anda tetap terdepan dalam menjangkau semakin banyak followers di media sosial.

2. Menggunakan jasa influencer semakin meluas

Outletz-outletzid-Cara-Sukses-Bisnis-Online-di-Media-Sosial-di-Tahun-2020-medsos-digital-marketing-online-shop-instagram

Jasa influencer pertama kali dilirik saat brand sadar bahwa iklan besar di baliho maupun TV tidak lagi bisa menarik perhatian pembeli baru. Nah, makin ke sini, tradisi mouth to mouth alias review dari orang terdekat lebih bisa dipercaya daripada iklan besar-besaran tersebut. Kehadiran orang-orang yang terkenal dan memberikan reviewnya ke sebuah produk dianggap adalah terobosan saat ini. Cara inilah yang membuat jasa influencer semakin dipakai di tahun depan.

“Agar mendapatkan ledakan terbesar di media sosial, brand harus mempertimbangkan kerjasama dengan micro influencer maupun nano sekalipun.”

Meskipun kemungkinan akan selalu ada pasar untuk influencer nama besar, jangan meremehkan pengaruh mikro-influencer, yang memiliki audiens yang lebih kecil dan lebih baik. Influencer pada level ini menawarkan tingkat personal yang lebih besar dan engagements audiens yang lebih kuat. Tidak hanya itu, tapi pengguna lebih cenderung mengikuti influencer yang relevan dan dekat dengan karakter mereka.

3. Kunci konten otentik untuk penjualan sosial

Outletz-outletzid-Cara-Sukses-Bisnis-Online-di-Media-Sosial-di-Tahun-2020-medsos-digital-marketing-online-shop-instagram

Ketika melakukan hardsell di media sosial, coba hitung ada berapa audiens yang langsung tertarik dan melakukan proses pembelian? Jumlahnya akan tidak lebih besar jika Anda melakukan promosi yang beruntut dan dilakukan dengan pendekatan yang slow ke audiens sebelum melakukan hardsell. Pendekatan yang slow ini menggunakan konten-konten video, blog, maupun di media sosial untuk mengenalkan produk itu sendiri. Kini, konten yang diiinginkan audiens bukan soal produk dengan teknik cerita yang itu-itu saja. Mereka ingin mendengar review dari orang sungguhan sebelum mereka  mengeluarkan kartu kredit dan melakukan pembayaran.

“Di sinilah konten yang dibuat langsung dari review pelanggan sangat penting, dengan kuncinya adalah bahwa konten tersebut harus asli.”

Konten buatan pelanggan (bisa mencomot dari review dan ulasan pelanggan) memberikan bukti-bukti produk tersebut layak untuk dicoba. Konten yang dihasilkan pelanggan sedikit lebih luas dan dapat mencakup video, gambar atau posting blog, yang mungkin menyinggung misi dan nilai-nilai perusahaan mereka, dan manfaat keseluruhan dari produk atau layanan. Pelanggan maupun followers dipandang sebagai orang yang pernah mencoba dan perlu didengar ulasannya daripada postingan langsung dari brand itu sendiri di media sosial.

4. Audiens menginginkan koneksi yang bermakna

Outletz-outletzid-Cara-Sukses-Bisnis-Online-di-Media-Sosial-di-Tahun-2020-medsos-digital-marketing-online-shop-instagram

Makin ke sini, orang-orang menyaring apa saja gambar maupun video yang bakal diposting di media sosial, dan interaksi dengan orang lain tidak lagi diumbar-umbar, malah menjauh dari kerumunan publik. Jika itu trennya, maka marketing juga perlu mengikuti. Brand harus menemukan cara untuk membuat hubungan yang lebih pribadi dan intim dengan audiens mereka tanpa terlalu mengganggu dan mengusik privasi. Cara ini dilakukan untuk membangun komunitas atas brand. Komunitas ini juga wadah berkumpulnya followers yang menjadi fans brand Anda. Sehingga mereka adalah orang pertama yang tahu promosi terbaru maupun produk yang akan dimunculkan.

“Cinta akan 1 hal akan membuat orang menjadi fanatik. Hal ini baik jika marketers bisa mengarahkan pelanggan maupun followers yang fanatik ke wadah komunitas.”

Pertimbangkan survei Facebook tahun 2018 tentang 8 ribu di mana 69 persen responden mengatakan bahwa pengiriman pesan secara langsung dari perusahaan membantu mereka merasa lebih percaya diri tentang brand tersebut. Platform lain, seperti Instagram, menawarkan fitur “Close friend” yang memungkinkan pengguna untuk berbagi posting dan story dengan sekelompok teman tertentu. Tujuannya adalah untuk memberi audiens koneksi yang lebih bermakna dan perasaan berada di lingkungan yang eksklusif dan intim.

5. Kurang interaksi publik, lebih pribadi

Outletz-outletzid-Cara-Sukses-Bisnis-Online-di-Media-Sosial-di-Tahun-2020-medsos-digital-marketing-online-shop-instagram

Ketika menjadi teman di media sosial menjadi semakin sulit, dan kekhawatiran tentang privasi tumbuh pesat, semakin banyak pengguna yang beralih ke grup pribadi dan aplikasi pesan untuk terhubung dengan orang lain. Aplikasi olahpesan seperti Facebook Messenger, WhatsApp dan Instagram Messaging memungkinkan kita untuk membuat grup yang lebih intim di mana kita dapat merasa aman dalam berbagi informasi yang intim dan terperinci dengan orang lain.

“Komunikasi yang lebih pribadi akan semakin disukai tahun depan karena audiens merasa dibutuhkan dan penting untuk kelangsungan brand itu sendiri.”

Tren ini, yang benar-benar titik balik kembalinya komunikasi langsung, memiliki potensi besar untuk menjangkau semakin banyak followers. Bahkan, aplikasi perpesanan itu telah melampaui media sosial sebagai alat penghubung pilihan bagi banyak pengguna internet. Aplikasi perpesanan teratas sekarang digunakan hampir 5 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Itu lebih banyak pengguna daripada media sosial di seluruh dunia. Karena itu, inilah saatnya Anda menjaring pelanggan setia dan arahkan menjadi komunitas. Agar komunikasi Anda semakin terarah dan pengguna pun merasa penting.

Demikianlah 5 cara sukses bisnis online di media sosial di tahun 2020. Untuk bisa menjangkau semakin banyak konsumen brand, Anda perlu melakukan pendekatan seperti yang dilakukan orang-orang secara personal. Bukan seakan-akan brand besar yang lupa pada pelanggannya. Dengan cara pendekatan ini, pelanggan akan merasa dibutuhkan oleh brand itu sendiri. Sehingga keduanya bisa tumbuh bersama. Selamat mencoba.

Jika Anda tertantang mengulik masa depan bisnis online tahun depan, ada baiknya Anda bergabung dengan komunitas bisnis online yang diprakarsai oleh Outletz.id. Komunitas ini berisi kalangan pebisnis dari supplier hingga reseller dengan masing-masing produk jualan dan pengalaman yang berbeda. Sehingga ketika berkumpul bersama, ada support sistem yang terjalin. Komunitas ini tentu menguatkan Anda secara mental untuk bisa bertahan dan lebih tertantang menghadapi persoalan berbisnis online.

Mau segera bergabung? Klik ►https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: