5 Cara Praktis Jadi Reseller Online Sukses Untuk Pemula

OUTLETZ-Cara-Praktis-Jadi-Reseller-bisnis-Online-Sukses-Untuk-Pemula-olshop-viral-omzet-meningkat

Reseller online adalah sebutan orang-orang yang menjual kembali suatu barang yang dibelinya secara online. Bagi pebisnis pemula, menjadi reseller bisa jadi pilihan yang menarik karena dapat dijalankan dengan modal minim. Menjadi seorang reseller bisnis online kini semakin mudah karena internet yang memadai. Banyak orang yang ingin menjadi reseller online shop karena berbisnis melalui internet itu gampang dan dapat dilakukan sendiri dari rumah.

Langkah paling mudah memulai menjadi reseller online adalah mencari produsen, supplier atau toko online yang mau memberikan harga reseller. Harga ini biasanya lebih murah karena ditawarkan secara grosir.  Anda bisa mendapatkan semakin murah bila bisa membeli dalam jumlah yang cukup banyak. Bekerja sama, mengambil barang, memotret kemudian mempostingnya di toko online Anda. Misi Anda pun selesai.

Meskipun terlihat mudah, masih banyak orang yang bingung dan merasa kesulitan memulai menjadi reseller bisnis online. Apalagi untkuk seorang pemula yang tidak pernah bersinggungan dengan dunia bisnis online. Karena itu, Outletz membagikan cara praktis menjadi reseller bisnis online pemula. Cek ulasannya berikut ini.

1. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Sebelum memulai bisnis dengan menjadi reseller online, cobalah cari tahu produk seperti apa yang ingin Anda jual. Entah itu pakaian, make up, automotif, atau aksesoris. Jangan lupa untuk menentukan siapa yang menjadi target pasar agar proses penjualan produk jelas. Usahakan produk yang dijual sesuai dengan permintaan pasar. Agar proses pemasaran produk lebih mudah, Anda perlu tahu mengenai seluk beluk dari produk yang dijual. Ketika suatu saat konsumen menanyakan detail dari produk yang dijual, Anda dapat menjelaskannya dengan baik dan lengkap.

“Dengan meriset produk dan target market, akan memudahkan Anda dalam menentukan strategi pemasaran agar efektif dan jelas.”

Untuk memudahkan Anda dalam mencari dan mendapatkan produk berkualitas baik, sebaiknya Anda perlu membandingkan beberapa supplier. Anda harus mempelajari latar belakang supplier yang menjadi tempat Anda membeli produk. Anda harus menelitinya agar tidak tertipu. Anda bisa mengecek jejak digital supplier melalui mesin pencari seperti Google. Cari tahu juga komentar reseller lainnya sebelum bergabung.

2. Tetapkan Harga yang Terjangkau

Selanjutnya adalah menentukan harga jual per produk. Penetapan harga jual harus sesuai dengan keadaan ekonomi masyarakat Indonesia. Sebaiknya Anda menjual produk dengan harga yang terjangkau. Hindari menjual dengan harga yang terlalu mahal. Memang harga jual yang rendah tidak memberikan keuntungan yang optimal. Namun, cara ini lebih baik untuk mempercepat laju perputaran barang dan pendapatan. Dengan begitu, bisnis Anda terus berjalan.

“Jika Anda masih saja mengurusi harga hingga membanting-banting mengikuti pasar, pelanggan hanya datang saat Anda memiliki barang murah. Sebaiknya, bila Anda tidak memilikinya, mereka akan mencari yang lain.”

Usaha Anda hanya akan mengurusi harga saja jika tidak bertemu supplier yang berkualitas baik dengan harga yang bersaing. Karena itu, Anda membutuhkan platform bisnis online seperti Outletz.id, wadah para supplier yang memiliki variasi mencapai ribuan produk dengan harga yang bersaing di pasaran.

Mau Menjadi Reseller bersama OUTLETZ? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

3. Kenali Kompetitor

Posisi kompetitor tentu dapat membahayakan posisi Anda sebagai reseller bisnis online. Tidak dapat dipungkiri, semakin banyak reseller, semakin ketat pula persaingan. Akibatnya, proses perputaran barang semakin lambat. Apalagi jika pesaing memonopoli harga barang. Di mana harga yang ditetapkan pesaing jauh lebih murah dibandingkan harga yang Anda tetapkan.

“Jika Anda siap dengan kompetitor, Anda bisa menemukan strategi pemasaran yang lebih baik dari pesaing sehingga bisnis online Anda terlihat berbeda dan melejit diantara online shop lainnya.”

Lain halnya jika sudah memiliki pelanggan tetap. Proses perputaran barang tidak terkena dampak yang siginifikan. Selain persaingan harga, Anda dan kompetitor juga akan bersaing di sektor kualitas produk. Juga dalam hal pelayanan bisnis online. Semakin sedikit pesaing, semakin bagus untuk bisnis reseller Anda, karena Anda akan lebih leluasa menarik pembeli. Anda perlu mendata daftar reseller sejenis yang berada di satu kota yang sama dengan kota. Kunjungi website dan media sosialnya. Perhatikan aktivitas promosi dan pemasarannya agar Anda bisa membuat strategi penjualan yang lebih baik.

4. Strategi Pemasaran yang Tepat

Tips selanjutnya adalah menetapkan teknik atau strategi pemasaran yang tepat. Seperti yang telah disinggung di atas, strategi pemasaran bisnis online bisa matang jika riset yang Anda lakukan secara mendalam. Riset tidak hanya pada produk yang laris, target market tapi juga pesaing. Teliti strategi dan bagaimana mereka menjalankan online shop. Anda tidak perlu meniru semuanya. Namun dari sana Anda bisa mendapatkan celah bagaimana menarik perhatian calon konsumen Anda.

“Strategi pemasaran bisa ampuh menjaring konsumen jika Anda betul-betul paham produk dan bagaimana menggaet target bisnis online Anda.”

Strategi pemasaran ini ada banyak sekali bentuk, contoh dan aplikasinya. Namun karena sekarang ini bisnis online sedang baik. Kenapa Anda tidak mencobanya? Anda perlu mempromosikan bisnis Anda secara online. Misalnya menggunakan media chat seperti LINE, WhatsApp maupun Telegram.

5. Gunakan Media Sosial

Promosi di media sosial menjadi salah satu dari teknik pemasaran paling ampuh dalam bisnis online. Metode promosi biasanya dilakukan melalui akun media sosial, misalnya Facebook dan Instagram. Anda juga dapat mencoba media sosial lainnya, seperti Twitter, blog, ataupun online marketplace. Cara promosi di media sosial juga sangat mudah, yaitu dengan membuat akun khusus untuk bisnis online, posting foto, dan testimoni. Testimoni berguna sebagai tanda bukti atas transaksi penjualan yang berfungsi untuk menambah kredibilitas Anda sebagai reseller online.

“Canggihnya teknologi membuat Anda semakin mudah untuk menjalankan bisnis. Gunakan kesempatan ini mengembangkan bisnis online Anda.”

Yang tidak kalah penting adalah menjalin relasi dalam berbisnis. Manfaatkan relasi atau hubungan pertemanan baik yang telah dijalin dengan sahabat Anda. Mintalah bantuannya agar dia mau memasarkan produk yang Anda jual melalui media sosialnya. Agar sahabat atau teman Anda tergiur, Anda bisa menawarkan komisi yang akan dia dapatkan setiap kali berhasil menjual 1 produk.

Demikianlah 5 cara praktis agar Anda yang pemula dan baru saja terjun berbisnis online menjadi reseller bisa sukses. Kelima cara ini wajib dilakukan secara berkesinambungan agar omzet yang ingin diraih bisa dicapai. Selamat mencoba sebagai seorang reseller online. Semoga sukses selalu.

Jika Anda tertarik bekerja sama dengan supplier berkualitas, Anda bisa bergabung di Outletz.id. Platform bisnis online ini menjadi jembatan bagi supplier dan reseller. Anda bisa menemukan ribuan produk berkualitas dengan stok yang bisa dicek langsung. Ini akan membantu Anda dalam melayani pelanggan di online shop Anda. Mereka tidak akan menunggu lama saat bertanya soal stok produk yang sedang dicari.

Mau Menjadi Reseller bersama OUTLETZ? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: