5 Cara Menambah Ribuan Followers Untuk Media Sosial Bisnis Online Dropship

5 Cara Menambah Ribuan Followers Untuk Media Sosial Bisnis Online Dropship

Bisnis online dropship disukai banyak pengguna karena kemudahannya. Untuk bisa memulai berbisnis online dropship, Anda tidak perlu menyiapkan produk sendiri dan gudang penyimpanan. Bahkan pengemasan barang hingga pengiriman dilakukan dari supplier ke customer Anda. Mudah, bukan? Anda tidak perlu ribet lagi. Alokasi waktu lainnya bisa Anda gunakan untuk fokus pada pembeli toko online.

Agar semakin banyak konsumen yang Anda jangkau, maka Anda perlu merambah ke media sosial. Tercatat pengguna aktif media sosial pada tahun 2018 mencapai 150 juta. Jumlah ini adalah 56% dari total populasi warga Indonesia. Coba bayangkan jika hanya 1% saja pengguna media sosial aktif yang menjadi konsumen di online shop Anda. Seberapa ramai tuh.

Mengingat ini merupakan lahan hangat yang menjanjikan untuk pebisnis online, Anda perlu paham betul bagaimana menjangkau pengguna media sosial. Salah satunya adalah dengan menambah followers Anda di media sosial. Hal ini penting karena jumlah followers masih menjadi tolok ukur sebuah bisnis online dikatakan punya kredibilitas yang baik dan tepercaya. Lalu bagaimana cara memiliki banyak followers hingga ribuan untuk bisnis online dropship Anda?

Outletz telah merangkum tips yang ampuh menarik perhatian pengguna aktif media sosial agar mereka mau menjadi followers akun bisnis Anda. Apa saja? Berikut ini 5 cara menambah ribuan followers untuk media sosial bisnis online dropship. Cek ulasannya di bawah ini.

1. Buat feed yang menarik

5 Cara Menambah Ribuan Followers Untuk Media Sosial Bisnis Online Dropship
Photo by Jakob Owens on Unsplash

Jika ingin mendapatkan lebih banyak followers Instagram di tahun 2019, Anda perlu memperhatikan profil Instagram secara keseluruhan. Feed yang menarik adalah kesempatan utama Anda untuk membuat followers terkesan dan membujuk calon konsumen klik “follow”. Kesempatan pertama yang harus Anda buat untuk membuat kesan luar biasa dan membujuk orang untuk menekan tombol “follow”.

“Karena profil Instagram menjadi sama pentingnya dengan feed, Anda wajib memastikan bahwa keduanya terlihat tepat.”

Ketika seseorang mengunjungi profil Instagram Anda, mereka akan memutuskan dalam beberapa detik apakah akan mengikuti bisnis Anda atau tidak. Bagaimana mereka membuat keputusan itu? Dengan skroling feed Anda dengan cepat, membaca bio Anda, atau mengklik highlight cerita Anda. Ketika mengubah pengunjung menjadi pengikut, itu bukan lagi hanya gaya pengeditan foto Anda yang harus konsisten.

2. Pakai tag lokasi pada Instagram story

5 Cara Menambah Ribuan Followers Untuk Media Sosial Bisnis Online Dropship
Photo by henry perks on Unsplash

Orang yang sukses menarik perhatian pengguna aktif media sosial adalah mereka yang kreatif dalam mengeksplor Instagram story. Siapa sih sekarang ini yang posting story secara plain dan tanpa emotikon? Untuk bisa menarik perhatian, Anda wajib menggunakan GIF, musik, stiker, check out, polling, pertanyaan, dan banyak lagi! Dan dengan begitu banyak alat kreatif baru, brand semakin kreatif dengan Instagram story saat mereka mencoba menjangkau audiens baru dan meningkatkan followers.

“Cara termudah dijangkau oleh banyak orang adalah dengan menambahkan hashtag di caption maupun pada story Anda.”

Instagram story akan muncul di eksplor Anda, artinya orang yang bahkan tidak mengikuti Anda masih dapat menemukan dan menonton story Anda. Jika mereka menyukai apa yang mereka lihat, mereka dapat mengetuk ikuti profil Anda dan klik “follow”. Cara ini sangat kurang dimanfaatkan oleh brand-brand di Instagram. Jadi jika Anda ingin mendapat lebih banyak followers, saatnya untuk mulai menggunakan fitur ini.

3. Bagikan konten kegiatan Anda

5 Cara Menambah Ribuan Followers Untuk Media Sosial Bisnis Online Dropship
Photo by Marco Xu on Unsplash

Meski akun Instagram Anda fokus pada bisnis, namun sebenarnya aplikasi ini bersifat sangat sosial. Pengguna memang menyukai konten yang berisi informasi terkini, games ringan hingga katalog produk jualan Anda. Tapi sesungguhnya mereka tidak ingin berhubungan dengan bot. Karena itu, penting untuk membuat akun Instagram seramah mungkin.

“Tahukah Anda 38% konten yang menampilkan wajah orang lebih banyak mendapatkan like di Instagram.”

Cara mendapatkan model untuk postingan adalah wajah pemilik akun Instagram itu sendiri. Brand perhiasan Mejuri membuat konten video yang bercerita mengenai bisnis pada story dan feed mereka. Tokoh utamanya adalah owner, desainer dan tim bisnis. Salah satu dari ketiganya memberikan info pada audiens Mejuri secara konsisten sehingga membuat followers merasa dekat dan kenal brand bisnis tersebut.

4. Bikin Instagram ads

5 Cara Menambah Ribuan Followers Untuk Media Sosial Bisnis Online Dropship
Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

Instagram adalah pasar yang sangat kompetitif untuk brand tapi ada peluang untuk membangun followers jika Anda menyajikan iklan yang tepat untuk audiens baru Anda. Ada banyak jenis iklan Instagram yang dapat Anda jalankan mulai dari gambar dan video di feed hingga iklan Instagram Stories yang akan muncul ketika target audiens sedang menonton story teman-temannya.

“Yang terpenting dalam membuat Instagram ads adalah memastikan bahwa Anda menargetkan pemirsa yang tepat dengan cara yang benar.”

Untungnya, menargetkan audiens di Instagram yang sesuai dengan postingan Anda sangatlah mudah. Instagram sudah melakukan kerja keras untuk Anda. Instagram mampu menarik audiens yang serupa dengan postingan. Selain itu, Anda juga bisa mengatur audiens sesuai dengan minat, rentang usia dan jenis kelamin. Misalnya, ada konten tentang kedai kopi di Surabaya Barat yang sering dikunjungi oleh generasi milenium, jadi target market yang Anda sasar adalah orang-orang yang tertarik dengan kopi, usia 20-35 tahun, tinggal di Surabaya.

5. Kerjasama dengan influencer

5 Cara Menambah Ribuan Followers Untuk Media Sosial Bisnis Online Dropship
Photo by Diggity Marketing on Unsplash

Marketing dengan menggunakan influencer adalah bukan hanya tentang kerjasama saja tapi juga tentang membangun kepercayaan dan loyalitas yang tulus dengan followers Anda. Jika Anda bekerja sama dengan influencer untuk brand, mereka bertindak sebagai duta bisnis Anda. Untuk lebih meyakinkan followers, biasanya brand bekerjasama di waktu yang lama.

“Kunci untuk mendapatkan lebih banyak followers di Instagram dengan influencer adalah memiliki proyek yang tahan lama, bukan hanya sekali posting yang disponsori.”

Kerjasama dengan influencer sebaiknya di waktu yang lama agar followers Anda tidak menganggap postingan tersebut hanya endorse-an singkat. Jika Anda ingin membangun kepercayaan dan loyalitas brand untuk jangka panjang, berkolaborasilah dengan influencer yang memiliki ketulusan terhadap brand dan dapat memamerkannya kepada audiens sepanjang tahun.

Demikianlah 5 cara menambah ribuan followers untuk media sosial bisnis online dropship. Mengatur Instagram terlihat seperti sebuah tantangan, tapi jika Anda mengikuti teknik dan strategi yang tepat, Anda pasti bisa mendapatkan lebih banyak followers Instagram untuk media sosial bisnis online dropship. Selamat mencoba.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan informasi leih lanjut mengenai bisnis online dropship, Anda bisa bergabung dengan https://outletz.id. Aplikasi bisnis online ini akan membantu Anda dalam memulai membangun online shop, menambah pengetahuan bisnis, dan lain sebagainya.

Mau segera mencoba? Klik ► https://outletz.id

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: