5 Cara Cepat Menggunakan Fitur Terbaru IGTV

Inovasi besar terus dilakukan Instagram. Tidak selesai dengan fitur-fitur lucu pada Instagram Stories, kini ada lagi yang paling baru dari Instagram, yakni IGTV. IGTV adalah platform mandiri dari Instagram yang hanya fokus pada video berformat vertikal. Kelebihannya, Anda bisa mengupload video hingga berdurasi 1 jam dan konten yang diunggah tidak akan hilang layaknya Stories.

Inovasi ini digadang-gadang mampu menyaingi YouTube sebagai penyedia konten video selama ini. Apalagi dengan jumlah pengguna Instagram yang terus meningkat setiap bulan. Dari data yang diterima, ada penambahan 100 juta pengguna setiap empat bulan, lalu naik 800 juta pengguna pada 2017 dan mungkin akan mencapai 1 milliar pada bulan ini.

Tidak hanya untuk pengguna, adanya fitur anyar ini tentu menjadi tantang terbaru bagi kreator konten video. Mereka yang terbiasa menggunakan format landscape atau horizontal harus memikirkan konten menarik untuk format yang berbeda, yaitu vertikal atau portrait. Ya tentu saja konten yang menarik bisa mendatangkan lebih banyak followers.

Adanya fitur terbaru ini juga bisa menjadi pengalaman baru Anda dalam mempromosikan produk di Instagram. Dengan durasi 1 jam, bayangkan apa saja yang bisa Anda pamerkan pada pelanggan Anda.

“Ini adalah waktunya konten video lebih maju dan berevolusi,” kata CEO Instagram, Kevin Systrom, dari TechCrunch. “IGTV adalah platform untuk menonton video panjang dari kreator-kreator kesukaan Anda,” ia menambahkan.

Lalu sudahkah Anda menggunakan IGTV? Atau masih bingung bagaimana menggunakan platform tersebut? Outletz akan mengulas tutorial lengkap menggunakan fitur terbaru dari Instagram, IGTV. Berikut ulasannya.

1. Instal IGTV

Image from Google Play

IGTV adalah layanan Instagram yang memungkinkan penggunanya agar bisa membagikan dan menonton video berdurasi panjang (hingga satu jam). Uniknya tampilan video di IGTV hadir secara vertikal dan penuh di layar smartphone. Perlu diketahui pula bila sebenarnya IGTV dihadirkan dalam bentuk aplikasi mandiri, hanya saja Instagram juga tetap menambahkan IGTV sebagai fitur baru yang disematkan dalam aplikasi Instagram biasa.

“IGTV sudah bisa diinstal dan telah tersedia pada iOS dan Android.”

Karena itu, sebelumnya Anda wajib menginstal aplikasi yang sudah tersedia di iOs maupun Android. Berikut cara download aplikasi IGTV melalui ios dan android:

Sejauh ini, IGTV hanya bisa dinikmati di aplikasi smartphone saja.

2. Langsung Bisa Nonton

Image from Techcrunch

Ketika membuka aplikasi tersebut, Anda akan langsung melihat video-video pilihan tanpa harus melakukan pencarian (searching). Mekanisme ini serupa dengan yang dilakukan Tik Tok. Video-video pilihan itu berdasarkan algoritma, sehingga relevan dengan minat masing-masing pengguna. IGTV juga mendahulukan video dari orang-orang yang telah diikuti pengguna di Instagram.

“Desain IGTV sangat simpel. Siapapun langsung bisa menikmati konten video dari awal membuka aplikasi tersebut, tanpa repot klik di sana-sini.”

Meski berdiri sendiri, IGTV memiliki tombol khusus di aplikasi Instagram. Pengguna bisa menekan tombol tersebut ketika hendak beranjak ke IGTV, baik untuk membuat atau menonton video vertikal. Tombol IGTV di aplikasi Instagram juga berfungsi sebagai notifikasi. Pengguna bakal diberi tahu bila ada video baru dari kreator kesukaan mereka. Untuk sementara, IGTV masih bebas dari iklan.

3. Tantangan Baru Untuk Meningkatkan Engagement

Image from Instagram Press

Fitur terbaru pada Instagram selalu menarik perhatian pengguna. Siapapun bisa menggunakan dan cara mengaplikasikan fitur tersebut sangat mudah. Terlebih lagi pada IGTV, pengguna bisa menyaksikan video berformat vertikal dan full screen. Format ini sungguh baru dan memberikan pengalaman yang berbeda. Bayangkan, Anda menonton video vertikal dengan format full screen pula. Ini juga menjadi tantangan bagi kreator konten video untuk terus membuat karya yang menarik. Misalnya Anda tertarik untuk mempromosikan produk terbaru dari online shop Anda. Percayalah video yang unik bisa membuat orang-orang “mampir” ke akun Anda.

“Semakin kreatif dalam pembuatan konten video, maka semakin banyak orang datang ke online shop Anda.”

IGTV memang digadang menjadi saluran yang bisa diandalkan untuk media promosi maupun iklan produk. Namun bagaimana caranya Anda bisa sukses mengelola online shop, bila masih memiliki permasalahan dengan pihak supplier. Ya, problem terbesar bisnis online adalah sulit mendapatkan supplier yang bisa dipercaya. Apalagi bila variasi stok barang terbatas, barang bukan dari tangan pertama sehingga harga awal sudah mahal atau supplier itu tidak bisa dihubungi saat orderan di online shop meningkat.

Tidak ingin terus-terusan mendapatkan pengalaman seperti itu, kan? Anda bisa mencoba aplikasi buatan anak bangsa, Outletz.id. Platform ini mempertemukan reseller dengan supplier terjamin. Mereka ini memiliki jaringan luas dengan variasi produk hingga ribuan. Untuk bisa bekerja sama dengan para supplier ini, Anda bisa mendaftar free user pada link berikut. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan juga free ebook menarik.

4. Cara Menonton Video IGTV di Instagram

Image from Instagram Press

Instagram memudahkan pengguna dalam mengakses IGTV dari aplikasi Instagram. Untuk menonton video yang diposting di IGTV maka Anda bisa mengikuti langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Instagram; klik pada tombol fitur IGTV di bagian atas, dekat dengan Direct Message.
  2. Selanjutnya secara otomatis video akan berjalan.
  3. Untuk melihat video yang lain, Anda bisa melakukan swipe layar ke kanan atau ke kiri pada daftar video. Anda juga dapat mencari video yang diinginkan berdasarkan kategori tertentu (For You, Following dan Popular)
  4. Anda bisa memberikan like, komentar dan mengirimkan video di IGTV

Kini Instagram membuat durasi lebih lama dengan menggunakan IGTV untuk mendorong para kreator membuat konten yang menarik selama 10 menit hingga 1 jam. Lalu bagaimana cara mengunggah konten video? Ikuti tips selanjutnya.

5. Cara Memposting Konten Video ke IGTV

Image from Instagram Press

Untuk bisa memposting video ke IGTV, maka Anda perlu memperhatikan beberapa syarat penting, yaitu:

  • Durasi video yang bisa diposting adalah 15 detik sampai dengan 10 menit. Sementara durasi video yang lebih panjang, yaitu 60 menit hanya bisa diposting oleh pemilik akun Instagram dengan jumlah followers besar dan akun Instagram yang telah terverifikasi (tercentang biru) melalui komputer.
  • Format video MP4
  • Video dalam bentuk vertikal dengan aspect ratio minimal 4:5 dan maksimal 9:16
  • Batas besar file video adalah kurang dari 650MB untuk video berdurasi 10 menit. Sementara video dengan durasi 60 menit dibatasi besar file 3.6 GB
  • Isi video tidak melanggar kebijakan yang telah ditetapkan oleh Instagram

Yang perlu diperhatikan, Anda perlu membuat saluran (channels) di IGTV.  Caranya mudah. Kamu cari tombol pengaturan pada IGTV yang ditandai dengan gambar ikon roda bergigi lalu pilih Buat Saluran (channels). Ikuti petunjuk yang tertera pada layar untuk menyelesaikan proses membuat saluran. Cara ini juga bisa Anda lakukan pada web Instagram.

Setelah semua syarat di atas telah terpenuhi maka Anda bisa mulai memposting video ke IGTV dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Instagram lalu lakukan tap pada tombol fitur IGTV yang terletak di kanan atas layar halaman Instagram.
  2. Buka saluran yang telah dibuat sebelumnya.
  3. Klik tanda “+” untuk menambahkan video
  4. Pilih video yang ingin diposting, lalu akses pilihan bertuliskan “Berikutnya”.
  5. Tambahan judul dan deskripsi konten video Anda.
  6. Akses tombol “Posting” untuk menyelesaikan tahap memposting video.

Demikianlah ulasan mengenai tutorial lengkap menggunakan IGTV. Ulasan mengenai informasi menginstal, menonton konten video hingga cara memposting video ini semoga bisa menginspirasi pengguna Instagram. Selamat mencoba dan semoga berhasil menarik lebih banyak followers lagi sehingga online shop Anda terus berkembang.

Untuk Anda yang tertarik mendapatkan barang-barang dengan mutu terjamin dan bekerjasama dengan supplier yang bisa dipercaya, Anda bisa mengeceknya di Outletz.id. Anda perlu mendaftar free user untuk bisa menikmati manfaat baik lainnya. Informasi lengkap, klik link berikut.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: