5 Cara Cepat Closing Penjualan Produk di Online Shop

Outletz-Cara-Cepat-Closing-Penjualan-Produk-di-Online-Shop-

Faktanya, semakin banyak pilihan produk online shop, semakin lama konsumen melakukan proses pembelian. Karena itulah Anda memerlukan teknik closing penjualan yang cepat sehingga tidak kena PHP (Pemberi Harapan Palsu) calon konsumen. Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia online shop, tentunya tidak asing dengan konsumen yang kerap PHP. Sebagian dari Anda mungkin pernah dihubungi konsumen, mereka bertanya-tanya soal produk namun kenyataannya mereka tak kunjung melakukan proses penjualan. Hanya bertanya saja.

Terkadang setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan mereka langsung menghilang tanpa kabar. Konsumen yang begini ini disebut PHP karena seller berharap mereka akan melakukan order tapi tidak jelas lanjutannya.

Tujuan Anda membuka online shop adalah mendapatkan untung sebesar-besarnya dengan closing yang cepat pula. Bukan bertele-tele karena calon konsumen yang hanya bertanya-tanya soal produk Anda. Itu bukan salah mereka. Karena mungkin teknik pendekatan dan closing yang Anda lakukan pada konsumen bisa menyebabkan mereka mengurungkan niat melakukan pembelian.

Teknik closing adalah serangkaian strategi untuk mendorong calon konsumen melakukan transaksi pembelian. Teknik ini adalah salah satu hal yang penting dalam marketing produk karena akan berpengaruh pada berhasilnya proses pembelian itu tercapai. Lalu seperti apa cara closing yang cepat untuk online shop Anda. Outletz telah merangkum hal-hal yang bisa mempercepat calon konsumen melakukan closing. Berikut 5 cara cepat closing penjualan produk di online shop.

1. Bertanyalah

Outletz-Cara-Cepat-Closing-Penjualan-Produk-di-Online-Shop-

Cara cepat closing penjualan produk di online shop adalah dengan menanyakan sesuatu pada calon pembeli Anda. Kesalahan paling fatal dan banyak dilakukan admin chat online shop adalah membiarkan obrolan berhenti di penjual. Misalnya calon pembeli bertanya: “Kak, apakah warna produk yang tersedia hanya hitam saja?” dan jawabannya “Iya kak”. Obrolan selesai di sana.

“Bertanya ke calon pembeli akan membuat mereka nyaman berada di online shop Anda dan merasa dibutuhkan.”

Padahal Anda bisa menanyakan apa yang calon pembeli perlukan, tanyakan keinginannya, ukuran produk yang diinginkan, warna yang disukai, alasannya hingga bertanya bagaimana kondisinya. Namun, perlu diingat untuk tidak asal mengajukan pertanyaan atau bertanya secara terus menerus tanpa ada jeda. Hal ini dapat membuat calon pembeli Anda kabur karena malas menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. Jadi, tanyakan seperlunya.

2. Buat daftar FAQ

Outletz-Cara-Cepat-Closing-Penjualan-Produk-di-Online-Shop-

Buat FAQ atau Frequently Asked Question agar menghemat waktu Anda menjawab pertanyaan yang sama setiap hari. Pastinya melelahkan menjawab pertanyaan yang sama dari calon pembeli setiap hari. Daftar FAQ ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang kerap ditanyakan calon pembeli di online shop Anda. Misalnya deskripsi singkat tentang online shop, produk-produk yang dijual, alamat pengiriman, lokasi toko offline, no rekening dan pertanyaan umum lainnya.

“Menyediakan daftar FAQ akan mengurangi waktu Anda menjawab pertanyaan yang sama setiap waktu.”

Dengan adanya FAQ, maka calon konsumen yang bertanya dan menghubungi admin CS adalah calon pembeli yang benar-benar tertarik dengan produk Anda dan mereka ingin tahu lebih spesifik lagi. Sebelumnya Anda perlu menambahkan note agar calon pembeli wajib membaca FAQ sebelum menanyakan ke admin CS.

3. Balas chat dengan cepat

Outletz-Cara-Cepat-Closing-Penjualan-Produk-di-Online-Shop-

Siapa sih saat ini yang mau menunggu balasan chat yang lama? Tak cuma Anda, orang-orang lain pun begitu. Bahkan untuk meningkatkan kinerja online shop, beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia memiliki fitur “Perform Chat” yang memperlihatkan seberapa cepat admin menjawab chat.

“Sebaiknya hindari membuat calon pembeli menunggu, Anda perlu menbalas chat calon pembeli dengan cepat.”

Menunggu dapat menyebabkan calon pembeli batal melakukan pembelian. Untuk memenangkan persaingan bisnis saat ini, jangan buat pelanggan yang sudah tertarik dengan produk Anda, pindah ke kompetitor. Caranya dengan memberikan respon yang cepat dalam melayani calon pembeli. Kemampuan ini harusnya dimiliki semua pebisnis online yang ingin melakukan cepat closing di online shop-nya.

4. Kuasai produk jualan

Outletz-Cara-Cepat-Closing-Penjualan-Produk-di-Online-Shop-

Pastikan customer service bisnis Anda sudah menguasai seluruh informasi tentang produk atau jasa yang akan dijual sebelum berhadapan dengan calon pembeli. Khususnya untuk bisnis di bidang teknologi atau dengan target market orang awam. Sehingga tidak hanya bermodalkan ramah dan respon cepat, tapi juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan calon pembeli, bahkan dapat mengedukasi mereka.

“Dengan menguasai produk jualan, akan lebih mudah mempromosikan produk di online shop.”

Selain itu, CS juga perlu mengetahui kelebihan dan keuntungan produk jualan Anda. Tawarkan sejumlah keuntungan yang dapat menjawab kebutuhan calon pembeli. Berikan informasi detail pada calon pembeli mengenai kelebihan produk serta keuntungan yang akan mereka dapatkan jika membeli produk Anda. Kelebihan dan keuntungan tersebut dapat berupa manfaat fitur produk, bisa juga berupa diskon, bonus, atau layanan yang akan mereka dapatkan.

5. Berikan batasan

Outletz-Cara-Cepat-Closing-Penjualan-Produk-di-Online-Shop-

Setelah calon pembeli bertanya banyak hal, namun tak kunjung melakukan pembelian, Anda perlu memberikan batasan. Teknik ini cukup ampuh untuk mengatasi calon pembeli untuk segera transfer. Cara ini juga ampuh untuk meningkatkan peluang terjadinya penjualan secara cepat dengan membuat urgency.

Disadari atau tidak, hampir setiap pembeli suka membeli barang yang dibuat terbatas, langka, dan tidak pasaran. Maka buatlah suatu promosi yang membuat calon pembeli melakukan pembelian sekarang juga agar mereka dapat keuntungan lebih. Misalnya:

  • Hanya Hari Ini! Semua Produk Diskon 50%
  • Transfer diatas pukul 16:00, bonus make up pouch senilai Rp100.000
  • Hari terakhir promo, besok harga normal
  • Stok terbatas, barang habis tidak ada restock dan lain sebagainya.

Apa saja yang bisa Anda buat langka? Anda bisa membuat promosi produk yang langka dari segi jumlah produksi/stok, jumlah pembeli, hingga akses membeli. Satu hal yang perlu dicatat, dalam teknik kelangkaan ini, Anda tidak boleh bohong. Kalau memang tidak terbatas, sebaiknya jangan katakan terbatas. Gunakan sesuai porsinya saja dan sesuai kenyataan.

Demikianlah 5 cara cepat closing penjualan produk di online shop. Kelima cara ini perlu dipraktekkan secara bersamaan karena hasilnya akan maksimal untuk online shop Anda. Menggunakan cara ini di awal tahun 2020 akan membuat meningkatkan omset online shop Anda. Selamat mencoba.

Untuk Anda yang tertarik mempelajari bisnis online lebih dalam, Anda bisa bergabung dengan komunitas Outletz. Komunitas ini mengadakan pertemuan rutin setiap bulannya untuk mengupgrade pengetahuan member komunitas. Selain itu, pada event itu juga diundang pakar bisnis online yang membagikan pengalaman mereka dalam menjalankan bisnis online.

Mau segera bergabung? Klik ►https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: