5 Cara Alami Ini Terbukti Mengobati Radang Tenggorokan

outletz-Cara-Alami-Ini-Terbukti-Mengobati-Radang-Tenggorokan-tips-tradisional-bisnis-online-dropship-info-produk

Pernahkah Anda merasa sakit pada bagian tenggorokan lalu orang di sekitar langsung menyebutnya radang tenggorokan? Jika iya, Anda tidak sendiri. Padahal tidak semua sakit pada tenggorokan merupakan gejala radang.

Radang tenggorokan biasanya disebabkan karena infeksi bakteri Streptococcus atau tonsillitis, yaitu inflamasi yang disebabkan oleh infeksi virus. Sebagian besar kasus radang tenggorokan merupakan gejala awal flu dan bisa disembuhkan dengan bahan alami dalam waktu relatif singkat.

Namun beberapa lagi menunjukkan gejala yang lebih serius dan perlu penanganan medis profesional. Pertolongan pertama untuk mengobati radang tenggorokan dapat Anda beriklan dengan bahan-bahan herbal rumahan yang telah dipraktekan berabad-abad yang lalu.

Outletz telah merangkum tips yang ampuh mengobati radang tenggorokan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami ini tentu mudah ditemukan sehingga bisa segera Anda gunakan dan rasakan secara langsung hasilnya untuk mengobati radang tenggorokan. Apa saja bahan-bahan itu? Berikut ini 5 cara alami ini terbukti mengobati radang tenggorokan.

1. Berkumur

Photo on Betadine AU

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan nyeri pada tenggorokan. Penelitian menyebutkan berkumur air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan.

“Berkumur dengan larutan air putih hangat dan garam yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab radang.”

Campur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali untuk sepanjang hari. Jika rasa asinnya tidak tertahankan bagi Anda, campurkan sedikit madu untuk menetralkan rasa.

2. Minum teh lemon

Photo by 五玄土 ORIENTO on Unsplash

Kandungan astringent yang terdapat dalam minuman dengan campuran lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

“Minum teh lemon madu baik untuk membantu menyamankan tenggorokan.”

Sementara vitamin C dan madu akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan serangan bakteri dan virus penyebab radang. Cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

3. Minum susu kunyit

Image by Couleur from Pixabay

Rempah berwarna kuning ini merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius. Apalagi jika dicampurkan dengan susu. Susu hangat dengan sejumput kunyit bubuk merupakan obat tradisional untuk melawan infeksi dan penyakit yang diperparah dengan lemahnya kekebalan tubuh, termasuk radang tenggorokan.

“Kunyit memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi.”

Untuk meredakan radang tenggorokan, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

4. Konsumsi bawang putih

Photo by Mike Kenneally on Unsplash

Cara mengatasi sakit tenggorokan juga bisa dengan bawang putih, karena bawang putih juga memiliki sifat antibakteri alami. Bumbu dapur ini mengandung allicin, senyawa organosulfer yang dikenal karena kemampuannya untuk melawan infeksi.

“Bawang putih merupakan antibiotik dan obat anti-inflamasi alami. Jadi kunyahlah sebutir untuk mendapatkan khasiatnya.”

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen bawang putih secara teratur dapat membantu mencegah virus flu biasa. Menambahkan bawang putih segar ke dalam diet Anda juga merupakan cara mendapatkan sifat antimikroba.

5. Perbanyak minum air

Image by Pixabat from Pexels

Menjaga asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari pengobatan radang tenggorokan. Ketika kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Kondisi ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

“Tubuh yang terhidrasi dengan baik merupakan syarat untuk melawan infeksi.”

Air putih adalah solusi terbaik, namun Anda juga bisa menggantinya dengan teh jahe madu hangat, teh hijau tawar hangat, atau sup ayam lezat. Kandungan sodium dalam sup ayam memiliki fungsi anti peradangan, selain itu, menyantap makanan saat tenggorokan terasa sakit dapat menyulitkan, sehingga makanan cair seperti sup dapat menjamin kecukupan nutrisi yang Anda butuhkan untuk melawan penyakit.

Pastikan kebutuhan cairan tercukupi dengan meminum 2-3 botol OW Water, air murni aktif dan beroksigen tinggi yang menambah daya tahan tubuh, membantu regenerasi sel tubuh dan menjaga agar selaput lendir senantiasa lembap agar iritasi tenggorokan dan batuk tidak bertambah parah.

Demikianlah 5 cara alami ini terbukti mengobati radang tenggorokan. Penyembuhan radang tenggorokan tidaklah sulit asalkan ada ketekunan meminum air putih yang sehat, ditambah vitamin C dan bahan- bahan alami yang meningkatkan daya tahan tubuh dan membunuh bakteri penyebab radang. Lakukan tips-tips ini untuk tenggorokan Anda sehat kembali. Selamat hidup lebih sehat.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: