5 Caption Online Shop di Facebook Beromzet Jutaan Perbulan

OUTLETZ-caption-online-shop-olshop-foto-produk-keterangan-Facebook-omzet-jutaan-perbulan

Pernahkah Anda merasa buntu saat membuat caption foto produk di online shop? Jika iya, Anda tidak sendiri. Banyak orang kesulitan merangkai kata-kata caption atau keterangan produk meski sebenarnya mereka paham betul detail barang yang dijual. Kesulitan ini dikarenakan tidak semua orang terbiasa menjelaskan produk secara tulisan. Namun bukan berarti hal ini tidak bisa dipelajari.

Caption atau keterangan pada foto produk memiliki fungsi yang penting, yaitu menjelaskan gambar maupun video yang Anda posting dan pesan apa yang ingin Anda sampaikan. Tercatat, 80 persen orang yang tertarik melihat gambar maupun video menarik di timeline mereka akan mengklik penjelasan. Bayangkan jika caption Anda biasa saja atau malah tidak ada, bisa-bisa Anda dianggap tidak profesional atau tidak siap dalam menyajikan sebuah konten.

Ketika membuat konten di Facebook, kebanyakan orang fokus hanya pada hasil visual berupa foto atau video kemudian caption disepelekan. Padahal jika Anda bisa membuat caption yang kreatif, menarik dan unik akan mengundang orang-orang berinteraksi sehingga pengunjung memberikan like pada konten Anda. Mereka juga bisa membagi konten Anda tersebut.

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana membuat caption yang menarik seperti keterangan pada foto produk online shop beromzet jutaan perbulan, Outletz.id akan memberikan beberapa contoh. Simak beberapa caption yang bisa Anda contoh dan aplikasikan pada online shop Anda.

1. Sesuaikan dengan Target

Photo by rahmani KRESNA on Unsplash

Konten yang berhasil menyasar audiens dikarenakan paham betul bahwa postingan tersebut sesuai dengan pasar dan target yang dituju. Tidak hanya dari foto dan video saja melainkan juga caption yang pas. Caption atau keterangan dinilai relevan dan relate dengan target. Misalnya targetnya anak SMA maka bahasa yang dipakai harus kekinian dan khas milenial. Anda juga perlu memikirkan sapaan untuk mereka. Gunakan “kamu” daripada “anda” untuk mendapatkan kesan informal dan luwes.

“Caption yang relevan dengan target akan mudah diterima dan makin menguatkan engagement Anda.”

Sebelum membuat konten, ada baiknya Anda fokus pada persona online shop atau lebih mudahnya siapa target yang tuju. Semakin Anda spesifik akan semakin memudahkan Anda dalam menarik audiens. Jika sudah disiapkan, maka persona ini harus dilakukan secara konsisten. Anda tidak boleh mengubah gaya bahasa dan harus menggunakan sapaan yang ringan khas anak SMA pada umumnya.

2. Ada Tujuan

Photo by rawpixel on Unsplash

Saat menciptakan keterangan pada foto atau video, pikirkan tentang “tujuan” di balik postingan tersebut. Apakah kamu berusaha terhubung dengan follower? Ingin mereka melakukan tindakan tertentu setelah membaca atau melihat postingan kamu? Atau karena kamu ingin berbagi tentang diri kamu pada follower?

“Memikirkan alasan utama mengapa Anda membuat postingan itu adalah langkah awal untuk menciptakan keterangan foto yang bisa menghasilkan rasa keterlibatan.”

Untuk memudahkan, Anda harus menjadwal postingan pada Facebook. Tambahkan pula detail konten yang akan diposting. Dengan begitu, Anda akan tahu tujuan caption. Pembuatan caption yang matang dan tidak terburu-buru akan menghasilkan caption yang sesuai dengan target market Anda.

3. Pancing percakapan

Photo by Anna Vander Stel on Unsplash

Sesekali buatlah caption yang memancing respon diskusi atau percakapan. Misalnya, daripada hanya menulis “Cappucino iced adalah favoritku”, Anda bisa mengubahnya menjadi “Aku suka banget cappucino iced saat musim panas. Apa minuman favoritmu di siang yang terik ini?” Pertanyaan yang terbuka adalah pemancing percakapan yang efektif dari pada pertanyaan “iya” atau “tidak”.

“Pilih kalimat tanya yang bisa mengundang diskusi panjang daripada hanya jawaban pendek.”

Selain caption, problem terbesar bisnis online adalah sulit mendapatkan supplier yang bisa dipercaya. Apalagi bila variasi stok barang terbatas, barang bukan dari tangan pertama sehingga harga awal sudah mahal atau supplier itu tidak bisa dihubungi saat orderan di online shop meningkat. Tidak ingin mendapatkan pengalaman seperti itu? Anda bisa mencoba aplikasi buatan anak bangsa, Outletz.id. Platform ini mempertemukan reseller dengan supplier terjamin. Mereka ini memiliki jaringan luas dengan variasi produk hingga ribuan. Untuk bisa bekerja sama dengan para supplier ini, Anda bisa mendaftar free user pada link berikut. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan juga free ebook menarik.

4. Buat cerita

Photo by Ben White on Unsplash

Cara terbaik untuk menciptakan keterlibatan dan respon di media sosial adalah dengan bercerita atau storytelling. Anda bisa menggunakan konsep berbagi tentang tantangan, anekdot, atau cerita yang berkaitan dengan audiens Anda di Facebook. Kemudian baru mengerucut pada produk yang Anda tawarkan.

“Storytelling memudahkan Anda menggambarkan konten dalam bentuk tulisan caption menarik.”

Pada dasarnya setiap orang suka mendengarkan dan membaca cerita. Ini mengembalikan ke kebiasaan lama saat kecil ketika orangtua mendongeng sebuah kisah. Karena itu, caption yang baik adalah cerita yang dibuat runut lalu memiliki kesinambungan dengan pesan yang Anda berikan. Caption seperti ini lebih bisa diterima audiens.

5. Pikirkan orang lain

Photo by Emre Gencer on Unsplash

Ada banyak tujuan ketika membuat sebuah caption. Anda bisa menggunakan keterangan foto untuk memberi informasi, memancing tawa, atau berbagi inspirasi. Sejauh ini cara yang mudah mendapatkan respon balik adalah tujuan berbagi inspirasi. Orang-orang mudah tersentuh dengan kisah inspiratif sehingga mereka mudah membagi ke teman yang lain maupun memberikan like.

“Konten inspiratif dengan caption yang menyentuh mudah mendapatkan respon balik dari audiens Anda.”

Cara lain untuk mendapat respon dari postingan di Facebook adalah membayangkan diri Anda ada di posisi mereka sbelum menuliskan caption. Beberapa pertanyaan ini bisa membantu Anda, misalnya, apakah audiens saya akan peduli? Apa yang akan saya pikirkan kalau ada postingan seperti ini di lini masa saya? Apakah keterangan foto ini merefleksikan diri saya?

Untuk Anda yang tertarik mendapatkan barang-barang dengan mutu terjamin dan bekerjasama dengan supplier yang bisa dipercaya, Anda bisa mengeceknya di Outletz.id. Anda perlu mendaftar free user untuk bisa menikmati manfaat baik lainnya. Informasi lengkap, klik link berikut.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: