4 Skill Bisnis Online Meningkatkan Omset Jelang Akhir Tahun

outletz-Skill-Bisnis-Online-Meningkatkan-Omset-Jelang-Akhir-Tahun-promo-bulan-desember-harbolnas

Memasuki bulan Desember, tiap pebisnis online sudah siap dengan promo yang bakal digebyar saat akhir tahun. Tujuannya untuk menarik massa, mengembangkan bisnis menjadi lebih luas dan tentu saja, meningkatkan omset penjualan. Tidak hanya di marketplace maupun e-commerce yang mulai bergeliat menyambut harbolnas (hari belanja nasional) tapi juga penjualan di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Tapi tahukah Anda jika promo besar-besaran tersebut perlu ditunjang skill bisnis online yang mumpuni. Skill ini adalah salah satu komponen penting dalam mengembangkan bisnis yang selama ini sudah Anda bangun.

Mengembangkan bisnis online adalah langkah selanjutnya setelah Anda membuka toko online di Instagram. Proses ini tidak lebih menantang saat Anda memulai berbisnis online. Karena tentu saja ada hal-hal baru yang Anda pelajari. Untuk bisa sukses mengembangkan bisnis online, Anda perlu memiliki persiapan dengan mempertebal skill berbisnis online.

Praktisi bisnis online telah menemukan teori mengenai hal tersebut. Bahwa, semakin cepat online shop dapat memperoleh pelanggan dan semakin rendah biaya untuk mendapatkannya, semakin cepat online shop bisa mendapatkan pertumbuhan yang menguntungkan. 

Upaya peningkatan omset hanya terjadi setelah olshop telah menemukan dan menguasai proses berulang yang efektif dan efisien: efektif dalam arti bahwa itu menghasilkan produk atau layanan dengan kualitas yang diharapkan konsumen dan siap untuk dibayar, dan efisien dalam merasakan bahwa biaya unit produksi turun secara signifikan pada volume yang lebih tinggi. Mengembangkan bisnis online bisa berhasil didukung dengan skill-skill berikut ini. Tanpa ini, bisnis online tidak mungkin bisa melewati jurang kegagalan menuju tahap bertahan. Cek 4 skill bisnis online meningkatkan omset jelang akhir tahun.

1. Belajar, dan belajar cara belajar

outletz-Skill-Bisnis-Online-Meningkatkan-Omset-Jelang-Akhir-Tahun-promo-bulan-desember-harbolnas

Untuk bisa bertahan dan sukses dalam mengembangkan bisnis online, Anda perlu belajar dan belajar. Kebiasaan ini sukses membantu perusahaan lainnya menuju kesuksesan. Pada tahun 1906, Ford memproduksi 8.729 mobil. Sepuluh tahun kemudian, itu menghasilkan 734.811 mobil, meningkat 84 kali lipat. Pada tahun 1996, Amazon menerima beberapa ratus pesanan untuk buku setiap hari. Hari ini Amazon menerima lebih dari 2 miliar pesanan setiap hari untuk pengiriman hari yang sama atau hari berikutnya. Pada tahun 1987, Starbucks mengoperasikan enam toko di Seattle. Sekarang mengoperasikan lebih dari 30.000 toko di seluruh dunia.

Semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa banyak belajar. Membiasakan belajar tidak bisa menggunakan cara yang tergesa-gesa dan disuruh. Semua ini dilakukan melalui proses yang panjang. Berikut 5 komponen membuat belajar menjadi kebiasaan:

  • Melihat belajar sebagai sebuah perjalanan: Apa yang kurang digembar-gemborkan dalam sebagian besar cerita pebisnis online yang sukses adalah perjalanan belajar. Ini termasuk mempelajari hal-hal yang berhasil serta hal-hal yang tidak, proses yang mempersiapkan para pebisnis online membedakan peluang yang menjanjikan dari yang tidak terlalu menjanjikan. Menganalisis pelajaran dari setiap pengalaman dan memodifikasi proses manajemen yang sesuai untuk dapat membantu sebuah bisnis online menjadi pembelajar yang lebih baik dan lebih cepat.
  • Biarkan pengalaman menjadi guru Anda: Filsuf John Dewey berpendapat bahwa belajar adalah yang paling substantif dan bertahan lama ketika pelajar dipaksa untuk berinteraksi dengan dunia nyata. Jadi belajar yang paling bisa bertahan lama adalah dengan cara praktek dan melakukan.
  • Mencoba bereksperimen: Google memperbolehkan karyawannya mengambil 20 persen dari waktu kerjanya untuk bereksperimen dengan proyek baru. Facebook juga mendorong karyawannya bereksperimen dengan program Hack-A-Months. Mencoba bereksperimen dengan hal-hal yang baru membuat kreator atau siapapun itu tidak berhenti belajar. Seperti kata Tim Harford, kolumnis Financial Times yang mengamati, “ketika masalah mencapai tingkat kompleksitas tertentu, teori formal tidak akan sampai sejauh proses percobaan dan kesalahan yang sangat cepat.”
  • Bersiaplah untuk gagal: Tidak banyak orang siap dengan kegagalan. Tidak banyak pebisnis yang mau belajar kegagalan dari pebisnis lain. Yang dikejar kebanyakan adalah soal mencari untung, bagaimana meningkatkan omset dan lain sebagainya. Padahal mempelajari cara menghadapi kegagalan adalah komponen yang vital seorang pebisnis online. Seorang pengusaha Reid Hoffman mencatat, “jika Anda mengatur sehingga tidak memiliki peluang gagal, Anda juga tidak memiliki peluang sukses. Kuncinya adalah mencari cara ketika Anda tiba di pos pemeriksaan kegagalan, Anda tahu kapan harus berhenti. ”
  • Belajar lebih cepat dari saingan Anda: Arie de Geus, mantan kepala tim perencanaan strategi Shell Oil, mengamati bahwa “kemampuan untuk belajar lebih cepat daripada pesaing Anda merupakan satu-satunya keunggulan yang berkelanjutan.” Daftar inovator yang mampu membuat prototipe pertama tetapi dikalahkan oleh peserta baru dalam perlombaan untuk membawa produk ke massa sudah lama. Leica memperkenalkan kamera foto pertama, tetapi Canon adalah yang pertama menciptakan pasar massal untuk itu. BlackBerry mendominasi pasar smartphone sejak awal hingga 2011 tetapi tidak mampu mengimbangi inovasi perangkat lunak dan perangkat keras yang diperkenalkan oleh iPhone Apple dan ponsel Android.

2. Berorganisasi

outletz-Skill-Bisnis-Online-Meningkatkan-Omset-Jelang-Akhir-Tahun-promo-bulan-desember-harbolnas

Perusahaan kecil biasanya memiliki organisasi kecil untuk alasan yang sangat baik: perlu dilakukan diskusi untuk menentukan keadaan dan masa depan oleh organisasi kecil tersebut. Akibatnya, struktur organisasi bergerak fleksibel, praktik manajemen tidak dikotak-kotakkan, dan otoritas pengambilan keputusan terletak di beberapa orang. Lalu jika Anda merasa bisnis online sedang tidak dikelola dengan baik, apa yang perlu diperbaiki? Mulailah dengan audit kompetensi — identifikasi orang-orang yang dimiliki perusahaan dan orang-orang yang tidak memilikinya.

Pengembangan bisnis online tidak melulu soal bagian luar saja, tapi juga bagian dalam seperti tim kerja Anda. Peningkatan bisnis perlu seorang penjelajah, yang ahli dalam menemukan hal-hal baru, serta menganalisa, yang pandai dalam tugas yang diulang-ulang. Ini memerlukan spesialisasi.

“Peningkatan bisnis online, bagaimanapun, membutuhkan reboot organisasi tim kerja.”

Jika dalam tim kecil sudah bisa berorganisasi secara kuat, proses berlanjut ke peningkatan kapasitas yang membutuhkan disiplin. Pada gilirannya, menuntut perusahaan atau bisnis online itu sendiri untuk memformalkan struktur organisasinya dengan secara eksplisit dalam menetapkan wewenang, tanggung jawab, dan mendelegasikan pengambilan keputusan. Nilai dari struktur organisasi formal lebih besar di dunia yang semakin kompleks di mana pembuatan smartphone, mobil, perangkat lunak, dan produk lainnya bergantung pada jaringan kompetensi yang semakin mengglobal. Struktur organisasi memungkinkan kerja sama, koordinasi, dan akuntabilitas seiring pertumbuhan perusahaan.

3. Menciptakan pasar

outletz-Skill-Bisnis-Online-Meningkatkan-Omset-Jelang-Akhir-Tahun-promo-bulan-desember-harbolnas

Sebagian besar bisnis online harus berporos dengan cara kecil dan besar untuk menemukan pola bisnis yang unggul. Di antara pertanyaan yang harus sering dijawab: apa fokus bisnis Anda? siapa target pelanggan dan apa yang mereka inginkan? apa produk yang ditonjolkan? Apa yang keuntungan yang didapat konsumen? dan bagaimana konsumen membayar: hanya biaya satu kali atau biaya berulang? bagaimana Anda menciptakan nilai ekonomi dan cara mendapatkannya?

Pertanyaan-pertanyaan di atas adalah formula yang lebih dulu diketahui pebisnis online. Sebab ketika memiliki jawaban, maka bisnis itu bisa berjalan dan sukses di masa depan. Inilah beberapa contoh perusahaan besar yang berasal dari perombakan bisnis kecil yang tidak berhasil. Twitter dimulai ketika Odeo, sebuah perusahaan yang didedikasikan untuk podcasting, tetapi diubah menjadi platform microblogging setelah mengamati bahwa iTunes ingin memasuki ruang podcasting. Nama awal Instagram adalah Burbn, sebuah aplikasi yang menggabungkan game dengan fotografi, tetapi menyederhanakan bisnisnya untuk fokus pada fotografi saja.

“Menciptakan pasar membutuhkan skill bisnis online yang tidak hanya bertahan, tapi berkembang mengikuti zaman dan target marketnya.”

Selain itu, jangan lupakan bahwa proses berulang bisa membuat bisnis Anda menemukan produk yang tepat. Misalnya, mengubah kebutuhan pelanggan, kompetensi, dan persaingan. Hal ini memaksa pebisnis online untuk beralih sampai mereka menemukan peluang sukses berjualan produk. Pemilik asli Starbucks, Jerry Baldwin, Gordon Bowker, dan Zev Siegl, ingin berada dalam bisnis memanggang kopi, tetapi Howard Schultz, yang mengakuisisi Starbucks pada tahun 1987, ingin berada di bisnis coffee-bar. Impian Schultz adalah untuk menciptakan kembali pengalaman bar kopi Italia di Amerika Serikat. Setelah banyak iterasi (pengulangan), Schultz dan timnya menetapkan karakteristik produk Starbucks: biji kopi berkualitas tinggi, aroma kopi yang kuat, layanan cepat, barista yang ramah, dan menu makanan terbatas.

4. Meningkatkan modal

outletz-Skill-Bisnis-Online-Meningkatkan-Omset-Jelang-Akhir-Tahun-promo-bulan-desember-harbolnas

Modal dibutuhkan pebisnis online mulai dari prototipe ke skala (atau segmen niche ke pasar massal). Seringkali, modal yang dibutuhkan jauh lebih besar daripada yang bisa dibiayai oleh pebisnis online. Banyak wirausahawan mengumpulkan modal awal dari anggota keluarga, teman, dan investor serta modal hutang (pinjaman) dari individu, kartu kredit, bank, dan platform pinjaman alternatif seperti LendingClub.

Berapa modal yang harus dikumpulkan? Seperti yang dikatakan Scott Kupor, “jawabannya adalah mengumpulkan modal sebanyak mungkin yang memungkinkan bisnis online dan kebutuhannya aman mencapai tujuan untuk pengumpulan dana modal berikutnya.” Yang menjadi kesamaan dari tujuan-tujuan utama adalah bahwa risiko berkurang: bisnis online telah mengembangkan produk, mengakuisisi pelanggan utama, dan memenuhi beberapa target finansial dan operasional.

Satu mazhab pemikiran mengatakan bahwa perusahaan akan melakukannya dengan baik untuk menghindari peningkatan modal terlalu banyak. Merefleksikan $ 38 juta yang ia kumpulkan untuk Fieldglass selama enam tahun, Shekhawat mengatakan kepada saya, “Kalau dipikir-pikir, kami mungkin mengumpulkan sekitar $ 8 juta lebih dari yang kami butuhkan, yang membuat untuk ekuitas mahal pada penilaian yang relatif sederhana saat itu.” David Packard, pendiri Hewlett-Packard, terkenal mengamati bahwa “lebih banyak perusahaan meninggal karena gangguan pencernaan daripada kelaparan.” Apa yang ia coba katakan adalah bahwa perusahaan tanpa modal besar dipaksa untuk membuat pilihan ekonomi sulit yang berfungsi sebagai katalis untuk inovasi .

Demikianlah 4 skill bisnis online meningkatkan omset jelang akhir tahun. Desember adalah bulan yang menyenangkan bagi konsumen karena bisa membeli barang dengan harga miring. Desember juga bulan yang baik untuk para bisnis online menjaring semakin banyak konsumen. Sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda bisa mendapatkan konsumen lebih banyak sebelum kembali berjuang di tahun depan. Selamat mencoba dan sukses selalu.

Jika Anda masih banyak yang ditanyakan dan ingin mencurahkan permasalahan langsung ke pakarnya, ada baiknya Anda bergabung dengan komunitas Outletz.id. Komunitas bisnis online ini diikuti segala kalangan pelaku bisnis online seperti reseller maupun supplier. Outletz.id merupakan jembatan yang mewadahi orang-orang yang mau belajar berbisnis online. Untuk mengupdate pengetahun, setiap bulannya diadakan seminar bisnis online yang mendatangkan pakar bisnis online. Di sana selain mereka berbagi pengalaman, Anda juga bisa berdiskusi.

Mau segera bergabung? Klik ►https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: