3 Tips Mudah Berbisnis Online Untuk Anak Kost

3 Tips Mudah Berbisnis Online Untuk Anak Kost

Faktanya banyak anak kost bermasalah dengan uang saku sehingga mereka membutuhkan tambahan keuangan di akhir bulan. Masalah ini membuat mereka perlu berhemat. Bahkan hingga mengganti menu makan hanya dengan mie instant atau menghemat keperluan mereka sehari-hari. Nah, jika Anda masuk dalam bagian barusan, sudah waktunya mengubah gaya hidup menjadi lebih baik.

Salah satu solusi yang pas untuk menjawab permasalahan anak kost adalah mulai berbisnis online. Peluang bisnis online bisa datang dari mana saja tergantung bagaimana seseorang jeli memanfaatkan peluang. Bagi anak kost yang mungkin jauh dari orang tua dan tidak mendapat uang saku super mepet dan tidak memadai setiap bulannya, Anda bisa mencoba berbisnis kecil-kecilan. Tentunya dengan modal yang anda miliki saat ini.

Namun karena bisnis online bisa dilakukan oleh siapa saja. Ini bisa menjadi boomerang untuk Anda karena banyak orang yang juga mulai terjun di bidang ini. Anda sudah memiliki banyak pesaing. Untuk bisa menarik perhatian konsumen online, Anda wajib memikirkan hal unik yang akan menjadi pembeda. Jika Anda sama dengan yang lain, maka pengguna internet tidak akan mengetahui bisnis online Anda.

Lalu bagaimana jika Anda yang seorang anak kost tertarik memulai berbisnis online? Akankah kesulitan, mengingat dana yang terbatas. Outletz.id telah merangkum apa saja yang perlu dilakukan anak kost saat akan memulai bisnis online. Berikut ini 3 tips mudah berbisnis online untuk anak kost.

1. Lakukan riset mendalam

3 Tips Mudah Berbisnis Online Untuk Anak Kost
Photo from Matthew Henry on StockSnap

Karena kekurangan dana, maka ada hal lain yang perlu dilakukan lebih dalam daripada pebisnis lainnya, yaitu riset. Cari tahu produk yang memiliki masa depan akan ngetren dan dicari konsumen online. Langkah mudah ini bisa dilakukan dengan cara search di marketplace. Di sana banyak sekali produk-produk. Gunakan kolom pencarian untuk memudahkan Anda.

“Riset yang baik akan mengurangi 70% pengeluaran biaya bisnis online.”

Jika sudah tahu akan menjual produk apa, Anda perlu mencari supplier barang itu. Perhatikan jumlah rate agar Anda bertemu dengan supplier yang baik. Yang leboh enak lagi jika Anda tetarik untuk berbisnis online dropship. Cara ini lebih hemat dan efisien untuk anak kost karena tidak membutuhkan tempat penyimpanan dan proses pengiriman dilakukan oleh pihak supplier. Anda hanya perlu berjualan, mendapatkan konsumen dan menunggu audiens mendapatkan barang mereka.

Salah satu aplikasi yang mewadahi supplier dengan ribuan produk terbaik dan menggunakan bisnis online dropship adalah https://outletz.id. Aplikasi ini membantu Anda yang akan memulai berbisnis online sehingga tidak kesulitan dan merasa memiliki banyak teman. Karena selain dibantu CS, Anda bisa bertemu dengan member Outletz.id lainnya. Setiap bulan diadakan pertemuan yang bisa digunakan untuk berbagi pengalaman pebisnis-pebisnis lainnya.

Mau mencoba berbisnis online dropship? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

2. Buat pembukuan yang baik

3 Tips Mudah Berbisnis Online Untuk Anak Kost
Photo by Denny Müller on Unsplash

Salah satu hal yang membuat pebisnis gagal adalah pembukuan bisnis yang buruk. Adanya barang masuk dan keluar tidak sama. Hingga uang masuk dan uang masuk. Hal mendetail perlu dimasukkan juga untuk mengantisipasi jika ada dana tidak terduga. Seperti promo mendadak yang perlu Anda buat.

“Pembukuan bisnis online yang baik akan membantu Anda dalam mengantisipasi pengeluaran tak terduga.”

Saat bisnis online berjalan, ada banyak hal yang membutuhkan dana. Jika Anda tidak perhatian pada hal ini dan tidak menabung untuk keperluan di lain hari, maka bisnis Anda bisa tidak dijaga dengan baik. Cara mudah untuk mengatur pembukuan ini adalah dengan mencatat pengeluaran dan pemasukkan Anda. Sadarlah jika Anda tidak bisa semena-mena menggunakan uang dari bisnis yang Anda bangun. Prioritaskan untuk bisnis online Anda, maka semuanya akan berjalan baik dan lancar.

3. Promosi di media sosial

3 Tips Mudah Berbisnis Online Untuk Anak Kost
Photo by NordWood Themes on Unsplash

Bukan rahasia lagi bahwa promosi lewat media sosial bisa dilakukan secara berbayar, namun bisa pula gratis. Tapi, walau sama-sama membantu meningkatkan volume penjualan, antara gratis dan berbayar jelas lebih efektif yang berbayar karena lebih tertarget. Saat ini media sosial semisal Facebook dan Instagram menawarkan ads atau iklan berbayar buat yang pengin produknya makin dikenal.

“Dengan menggunakan iklan berbayar, Anda akan semakin mudah menjangkau pengguna internet yang bukan audien online shop Anda.”

Dikutip dari Facebook, biaya beriklan di media sosial tersebut dimulai dari US$ 5 hingga US$ 50 ribu per minggu. Biaya iklan bisa Anda tekan sesuai dengan jangkauan daerah target market yang Anda tuju. Untuk anak kost, biaya tersebut terbilang mahal. Namun ada cara promosi lainnya yang tidak membutuhkan sebesar iklan berbayar seperti mengikuti SFS (shoutout for shoutout) di media sosial.

Demikianlah 3 tips mudah berbisnis online untuk anak kost. Ketiga cara di atas bukanlah pedoman yang saklek. Untuk bisa sukses berbisnis online, selalu cari cara yang sedang tren. Ingat bisnis online akan selalu berkembang, tidak diam dan stagnan. Selamat mencoba dan pantang menyerah.

Di OUTLETZ, para Reseller dipertemukan dengan 200an Supplier Bonafid dengan 3000an Item Produk SIAP JUAL dari berbagai Kategori & bukan hanya itu, OUTLETZ juga menyediakan CONTENT PROMOSI DIGITAL yang sangat lengkap mulai dari Image Profesional, Sales Page, Video Marketing, Blog, Email Responder dan masih banyak lagi sehingga mereka tidak perlu repot & hanya fokus mencari PROFIT. Itulah enaknya menjadi Reseller di Platform Bisnis di OUTLETZ.

Mau merasakan jadi reseller di Outletz.id? Klik ► https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: