3 Skill Dasar Bisnis Online Tingkatkan Konversi Penjualan

outletz-Skill-Dasar-Bisnis-Online-Tingkatkan-Konversi-Penjualan-produk-info-dropship-marketplace-instagram-media-sosial

Dengan menguasai skill dasar, bisnis online Anda bisa tahan lama. Tidak hanya itu, setiap kali Anda memposting produk maupun iklan terbaru akan banyak likes yang masuk. Belum lagi calon konsumen online yang mampir ke toko Anda. Jika produk yang dicari sesuai, maka transaksi penjualan terjadi.

Jika skill dasar ini diasah setiap hari dan dilakukan berturut-turut, maka jangan kaget bila konversi penjualan bisnis online Anda melesat cepat. Karena itu, skill dasar bisnis online ini wajib dikuasai orang-orang yang ingin menjadi pebisnis yang sukses.

Pada dasarnya bisnis online tertanam di benak orang-orang sebagai cara berdagang yang mudah. Terutama saat ini dengan banyaknya trik maupun cara memulai bisnis yang praktis, gratis dan tidak membutuhkan banyak waktu. Walaupun sebenarnya memulai bisnis online memang lebih mudah daripada jenis bisnis yang lain.

Namun tetap saja ada beberapa skill dasar bisnis online yang wajib dikuasai. Skill dasar tersebut nantinya membantu Anda untuk lebih cepat meraih kesuksesan di bisnis online nantinya. Outletz akan menjelaskan 3 skill basic bisnis online yang ampuh tingkatkan konversi penjualan. Cek ulasannya di bawah ini.

1. Konsep kreatif dan konsisten

Photo by Jo Szczepanska on Unsplash

Konsep kreativitas dalam bisnis online bisa berwujud kemampuan mengedit foto produk, mendesain halaman website, media sosial, membuat packaging produk yang unik hingga marketingnya. Sebanyak itu? Iya dan harus.

Jika tidak bisa mengerjakan desain menggunakan software tertentu atau kesulitan memahami media sosial apa saja yang mendukung bisnis online, Anda bisa meng-hire untuk menghandle kerjaan itu. Yang pasti Anda perlu tahu konsep bisnis online untuk brand.

“Lakukan proses kreativitas secara berulang untuk menarik perhatian calon konsumen maupun pelanggan bisnis online Anda.”

Proses transaksi bisnis online berjalan sangat pesat. Itulah sebabnya perlu dibutuhkan kreativitas. Dengan konsep yang kreatif, bisnis online bisa terlihat berbeda daripada pesaing Anda.

Tidak hanya kreatif, proses ini pun perlu dilakukan secara konsisten. Upaya yang dilakukan secara terus menerus ini akan mempermudah konsumen online mengenal brand Anda. Semakin banyak orang lain mengenal bisnis Anda, maka brand awareness akan meningkat. Hal ini berkaitan dengan melesatnya penjualan produk Anda.

2. Kemampuan copywriting

Photo by Nick Morrison on Unsplash

Banyak orang mengaku tidak bisa menuliskan apa yang ada di kepala mereka saat diperlukan caption menggambarkan keterangan produk. Padahal proses ini diklaim paling ampuh dalam transaksi menjual produk. Memangnya siapa lagi yang mengenal produk jualan jika bukan ownernya?

“Yang wajib Anda pahami adalah sebaiknya tuliskan pengalaman menggunakan produk daripada menjelaskan aspek maupun detailnya.”

Cara mudah menuliskan caption atau keterangan produk adalah mengambil angle dari sudut pandang Anda sendiri. Misalnya, apa pengalaman pertama yang Anda dapat saat menggunakan produk tersebut. Jika produk itu berupa makanan, taste apa yang Anda rasakan. Gambarkan semua itu dalam kolom caption pada media sosial maupun marketplace.

3. Pahami manajemen dasar

Photo by Estée Janssens on Unsplash

Jika skill kreatif telah berjalan dan dilakukan secara konsisten, Anda tidak akan kesulitan melakukan manajemen bisnis online. Manajemen dasar ini meliputi kemampuan administrasi, keuangan dan waktu. Memang hal basic ini tidak hanya baik untuk bisnis online tapi juga untuk offline.

“Proses kreatif bisnis online menjadi lebih sempuna jika Anda memiliki manajemen waktu, keuangan dan administrasi yang baik.”

Namun terkadang karena semuanya berjalan cepat dan praktis, pebisnis suka terlena dengan manajemen. Misalnya soal keuangan. Manajemen ini kerap menjadi masalah untuk pebisnis pemula. Karena tidak memiliki basic menata keuangan. Saat bisnis pecah telur, uang laba dibuat menraktir teman atau keluarga tanpa menghitung untung-ruginya. Tahu-tahu di akhir bulan, Anda sadar pemasukan lebih sedikit daripada pengeluaran.

Demikianlah 3 skill dasar bisnis online tingkatkan konversi penjualan. Ketiga cara di atas ampuh membuat penjualan Anda melesat karena marketing yang kreatif, caption unik dan dilakukan secara konsisten. Calon pembeli maupun pelanggan

Di komunitas kami di OUTLETZ, para Reseller sudah disediakan CONTENT PROMOSI DIGITAL yang sangat lengkap mulai dari Image Profesional, Sales Page, Video Marketing, Blog, Email Responder dan masih banyak lagi sehingga mereka tidak perlu repot & hanya fokus mencari PROFIT. Itulah enaknya menjadi Reseller di Platform Bisnis di OUTLETZ.

Mau segera mencoba outletz.id? https://outletz.id/solusisusahmiskin/

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: