3 Kesalahan Fatal Pebisnis Online Gagal di Tahun Pertama

OUTLETZ-Kesalahan-Fatal-Pebisnis-Online-shop-Gagal-Tahun-Pertama-dropship-omzet-puluhan-perbulan

Pernahkah Anda merasa gagal dalam berbisnis? Entah karena toko mulai sepi, usaha yang Anda bangun tidak kunjung menampakkan hasil, stok barang menumpuk di gudang, dan lainnya. Kegagalan ini tentu membuat siapapun terpuruk. Hingga kadang membuat orang-orang malas mencoba lagi. Padahal untuk bisa sukses dan tahan banting, Anda haru mau bangkit dan mencoba lagi. Banyak orang mengatakan, “Gagal adalah kesuksesan yang tertunda!”

Tidak ada orang yang ingin merasakan kegagalan atas segala usaha selama ini. Apalagi sudah keluar banyak uang untuk ads, waktu untuk persiapan bisnis online dan lain-lain. Namun faktanya menurut statistik dari Forbes majalah bisnis dan finansial terkemuka di Amerika Serikat, 80% bisnis online gagal di tahun pertama.

Kegagalan memang tidak bisa diprediksi namun Anda bisa menghindari kesalahan yang kerap menjadi penyebab online shop tutup. Bercermin dari kenyataan pahit tersebut, Outletz.id akan membagikan 3 sebab pebisnis online gagal di tahun pertama. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Tidak Konsentrasi

Photo by rawpixel on Unsplash

Setiap orang bisa menjadi pebisnis tanpa harus menempuh pendidikan akademik jurusan ekonomi. Siapapun memiliki kesempatan memulai online shop. Tanpa dibatasi gender, usia hingga pendidikan terakhir. Memulai online shop bisa kapan saja dan dilakukan dimana saja. Tidak jarang seorang karyawan perusahaan menyambi dengan membuka online shop di sela pekerjaannya. Ada pula ibu rumah tangga yang ingin menambah uang saku dengan membuka online shop.

“Tidak fokus pada produk tertentu membuat bisnis online Anda terkesan tidak serius dan kurang konsentrasi.”

Karena berbisnis online mudah, sejauh ini anggapan orang tentang online shop terkesan dipandang sebelah mata dan kerap disepelekan. Karena itulah orang yang terjun membuka online shop sering tidak bisa fokus. Mereka yang tidak konsentrasi ini tidak matang dalam menjalankan bisnis online. Sehingga kalap dan akhirnya menjual semua yang bisa ditawarkan pada calon konsumen. Dampaknya feed Instagram kerap terlihat berantakan, tidak menarik dan kehilangan konsumen.

2. Kurang Motivasi

Photo by Thought Catalog on Unsplash

Biasanya passion memulai online shop selalu terasa menggebu-gebu. Kebanyakan orang antusias pada proses awal. Namun setelah itu melemah dan kadang merasa bosan. Ada banyak faktor mengapa pebisnis kurang merasa ada motivasi. Biasanya karena online shop jarang ada transaksi pembelian, merasa apa yang sudah diupayakan tidak ada respon dari pengguna media sosial karena konten jarang likes maupun share dan salah bergaul.

“Jarang teman atau bahkan tidak memiliki circle pebisnis bisa menjadi seseorang akan gagal dalam membangun bisnis online.”

Pernahkah Anda mendengar bahwa lingkungan yang mendukung bisa meningkatkan keberhasilan usaha Anda. Prakteknya bisa jadi seseorang menjadi tidak niat dan bosan karena lingkungan sekitar tidak sepaham dengannya. Misalnya ketika penjualan online shop menurun, Anda bingung pada siapa meminta saran. Ini akan jauh berbeda bila Anda bergabung dengan komunitas bisnis online sehingga Anda bingung kemana bercerita tentang kondisi usaha Anda. Ada banyak orang memberikan saran dan Anda bisa mengambil kesimpulan dari pendapat mereka.

3. Tidak Ketemu Barang yang Tepat

Photo by Brooke Lark on Unsplash

Gagalnya berbisnis online rupanya bisa dikarenakan menjual barang yang tidak tepat. Bertemu dengan produk yang pas bisa jadi ini seperti menemukan jodoh. Anda harus paham betul produk yang akan Anda tawarkan. Ada peribahasa berkata tak kenal maka tak sayang. Ketika Anda tidak mengenal betul barang tersebut, cara pemasarannya pun salah. Akibatnya target pasar tidak tertuju sehingga online shop Anda sepi dan tidak ada pembeli.

“Menjual barang yang tidak pas dengan karakter Anda bisa menjadi penyebab bisnis gagal di tahun pertama.”

Tepat tidaknya barang yang Anda tawarkan memang tidak ada tolok ukurnya. Setiap pebisnis memiliki ciri dan karakter masing-masing. Misalnya sebenarnya Anda tidak paham jualan bisnis keluarga namun karena dipaksa dan Anda tinggal menjalankan saja, maka akibatnya bisnis berjalan tidak maksimal. Solusinya cari produk yang sesuai dengan keahlian Anda dan setidaknya Anda paham betul produk tersebut.

Itulah 3 penyebab terbesar kenapa pebisnis pemula gagal pada tahun pertama. Ini memang momok dan sebaiknya Anda harus menghindari ketiga faktor di atas. Jika Anda saat ini sedang mengalami salah satu atau 3 masalah di atas, maka secepatnya cari jalan keluar.

Beruntung Anda karena membaca artikel ini. Sebab Outletz.id dan Digimaru.org sedang mengadakan event Digimaru Road to 100 yang khusus membantu Anda menghindari kegagalan berbisnis online. Dengan mengikuti event menarik ini, Anda bisa menambah pengetahuan mengenai perkembangan bisnis online hingga mendapatkan solusi menghindari bisnis gagal. Jika tertarik lebih lanjut, info selengkapnya klik ► http://digimaru.org/digimaru-outletz/.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: