3 Informasi Penting Minum Air Putih Untuk Jaga Kesehatan

Outletz-Informasi-Penting-Minum-Air-Putih-Perlu-Diketahui-Untuk-Jaga-Kesehatan-info-produk-dropship-bisnis

Air mineral atau yang lebih sering diucap air putih memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun karena bentuknya yang sederhana ini rupanya kerap disepelekan. Bahkan masih banyak orang yang menghindari minuman ini.

Daripada soft drink yang memiliki kadar gula dan tinggi kalori sehingga dapat menambah berat badan, air putih lebih cepat meluruhkan lemak. Dibandingkan dengan minuman perasa lainnya, air putih jelas lebih sehat karena tidak mengandung bahan pengawet, perasa atau pewarna.

Sudah waktunya Anda mulai membiasakan diri meminum air putih. Dengan segala manfaat baik dalam air putih, minuman ini tidak akan memberikan efek buruk pada tubuh Anda. Berikut ini informasi penting mengenai air putih yang perlu Anda ketahui. Cek ulasannya berikut ini.

1. Manfaat minum air putih

Photo by Pixabay on Pexels

Air putih merupakan cairan yang bebas kalori dan gula. Air putih merupakan pilihan yang sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja.

“Agar tidak dehidrasi, setiap orang disarankan meminum air putih 8 gelas ukuran 230 ml atau setara 2 liter per hari.”

Selain itu, manfaat minum air putih dapat dinikmati oleh beragam fungsi tubuh antara lain:

  • Menjaga kadar cairan tubuh sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, dan ginjal.
  • Mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman lain.
  • Menjaga kesegaran kulit sehingga kulit tidak terlihat kering dan berkerut.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

2. Takaran air putih

Photo by Photo Mix from Pixabay

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar 8 gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh, yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

“Selain dari meminum 2 liter per hari, tubuh bisa mendapat asupan cairan dari 20% dalam makanan.”

Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan, terbilang mudah. Tanda awal yang umumnya dirasakan ketika seseorang kekurangan cairan adalah merasa haus dan urine berwarna lebih gelap dari biasanya. Gejala lain yang mungkin juga dirasakan ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik yaitu merasa pusing, sakit kepala, mulut, bibir, dan mata terasa kering, buang air kecil dengan jumlah dan intensitas yang jarang, kurang energi, dan kelelahan.

Perlu diperhatikan juga beberapa kondisi dan aktivitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, antara lain:

  • Berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.
  • Cuaca yang sangat panas.
  • Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,4 liter sehari, sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

3. Tips memenuhi kebutuhan air putih

Photo by Louis Hansel on Unsplash

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperoleh manfaat minum air putih seperti yang dijelaskan di atas, yaitu:

  • Cobalah untuk membiasakan minum air putih tiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan.
  • Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa saat aktivitas tiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk meminumnya.
  • Anda bisa menambahkan irisan buah-buahan segar pada air putih agar terasa lebih enak, seperti pada minuman infused water.

Lalu dari sekian banyak air minum kemasan yang dipasarkan di luar, apakah sudah aman dan layak?

Ada beberapa ketentuan air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI, yakni air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan. Ingat selalu untuk memastikan air putih yang Anda minum layak dikonsumsi dan memenuhi standar kesehatan. Hal ini diperlukan untuk menghindari penyakit akibat meminum air yang terkontaminasi.

Jika minum air putih saja sangat bermanfaat, OW WATER lebih dari sekadar air putih. Dengan keunggulan air murni, beroksigen tinggi dan aktif, OW WATER membantu membersihkan detoks dalam tubuh, melancarkan metabolisme, meregenerasi sel tubuh, serta mempercepat koneksi syaraf.

OW Water juga memenuhi syarat kementrian kesehatan RI yang ada seperti tidak berasa, tidak berbau dan tidak berwarna, juga tidak mengandung bakteri. Dengan pengawasan laboratorium internal setiap hari, laboratorium eksternal setiap bulan, serta laboratorium BPOM setiap tahunnya, OW Water menjamin kualitas produk air demineral beroksigen dengan kandungan mineral anorganik kurang dari 2 ppm, kadar oksigen 28 ppm dan pH 6.8-7.2. Air aktif OW Water membuat produk OW Water rawan kontaminasi bau dari lingkungan sekitar. Sebaiknya simpanlah OW Water di tempat yang sejuk, kering dan hindarkan dengan benda-benda berbau tajam. Sekalipun kualitas dan manfaat OW Water tetap terjaga, tak dipungkiri setiap stockist, member dan customer hendaknya berhati-hati dalam menyimpan POW Water ini.

Minum 8 gelas air putih setiap hari dapat didampingi dengan minum 1 botol OW Water pada saat bangun tidur untuk pencegahan, dan 2 botol sebelum tidur dan setelah bangun tidur untuk penyembuhan. Tambahkan asupan OW WATER di saat Anda berolahraga dapat menjaga stamina tubuh tetap prima dan tidak mudah lelah. Untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi kesehatan, batasi asupan minuman yang manis, berkalori tinggi dan memiliki kandungan bahan aditif (perasa, pengawet, pewarna).

Demikianlah 3 informasi penting minum air putih yang perlu Anda ketahui. Jadikan meminum air putih menjadi kebiasaan agar pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Selamat mencoba hidup sehat.

Ira Kurnia

Ira has wrote professionally for the past 3 years as content creator at Ads & Buzz Digital Advertising Agency. Her specialty is Online Business & Marketing, which is highly sought after topics for most entrepreneurs while searching online. "Stay Positive and Good Things will happen to you"

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: